Madi-hijau kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Madi-hijau kecil
Madi-hijau kecil di Taman Nasional Sri Phang Nga, Thailand
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. viridis
Nama binomial
Calyptomena viridis
Raffles, 1822

Madi-hijau kecil (Calyptomena viridis) adalah spesies burung dalam famili Eurylaimidae.

Penyebaran dan subspesies[sunting | sunting sumber]

Terdiri dari tiga subspesies, dengan daerah persebaran:[2]

  1. C. v. viridis (Raffles, 1822), tersebar di Sumatra, Pulau Nias, Pulau Batu, Kepulauan Lingga, Kepulauan Natuna Utara dan Borneo.
  2. C. v. caudacuta (Swainson, 1838), tersebar di Myanmar selatan (Tenasserim), Thailand barat daya dan Semenanjung Malaysia, termasuk kepulauan di Rah dan Phuket; dahulu juga ada di Singapura,dan mungkin di Pulau Pinang.
  3. C. v. siberu (Chasen dan Kloss, 1926), tersebar di Kepulauan Mentawai (Siberut, Pagai utara dan selatan).

Tempat hidup dan kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Madi-hijau kecil umum terdapat di hutan primer dan hutan sekunder, dataran rendah, dan perbukitan sampai ketinggian 1000 m dpl, jarang sampai ketinggian 1700 m dpl di Sumatra (termasuk pulau-pulau di sekitarnya) atau sampai ketinggian 1200 m di Kalimantan (termasuk Kepulauan Natuna). Biasanya hidup sendirian. Ditemukan pada tajuk tengah dan tajuk tinggi, jika diam sering tidak terlihat. Mudah dikenali dari suaranya. Memakan buah-buahan, terkadang invertebrata terutama serangga. Burung ini adalah burung penetap yang melakukan perpindahan secara lokal mengikuti musim buah di hutan. Musim berbiak Januari hingga Juni di Sumatra. Sarang berbentuk seperti buah labu yang tersusun dari serat tumbuhan, menggantung di antara percabangan kecil pohon, 1–2 m di atas tanah. Jumlah telur 1 sampai 3 butir.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Calyptomena viridis". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ a b "Madi-hijau Kecil". Kutilang Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-07. Diakses tanggal 3 April 2014.