Persatuan Muballigh Kota Batam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Persatuan Muballigh Kota Batam (PMB) Kota Batam adalah sebuah Ormas Islam di Batam, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Persatuan Muballigh Kota Batam atau yang disingkat (PMB) adalah organisasi dakwah Islam yang ada di Kota Batam. di mana disinilah tempat para Da'i dan Da'iah merancang strategi dalam menyampaikan risalah Islamiah untuk keutuhan persatuan dan kesatuan umat Islam kususnya dan umumnya mempertahan kan kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dicetuskan Pada : Pada Tanggal 08 Jumadil Akhir 1420 H. bertepatan dengan 18 September 1999 M di Kota Batam.

Logo/Lambang[sunting | sunting sumber]

Lambang Persatuan Muballigh Batam adalah gambar bola dunia di hiasi pelangi disebelah atas dan disebelah bawah terhampar lautan, di tengah bola dunia terdapat peta Batam dengan kitab Al-Qur’an diposisi jantung Kota Batam di bawah gambar lautan tertulis ”PERSATUAN MUBALLIGH KOTA BATAM” melingkar searah pelangi, diapit oleh tulisan “PMB” ditengahnya.

Arti dan Kiasan Lembaga[sunting | sunting sumber]

1. Gambar bola dunia mengambarkan wawasan Persatuan Muballigh Kota Batam dalam merefleksikan cita – citanya senantiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia.

2. Gambar pelangi melambangkan bahwa persatuan Muballigh Kota Batam di tengah masyarakat sekaligus dimaksudkan kehadirannya maupun membuat situasi menjadi indah dan damai.

3. Gambar kitab Al-Qur’an terbuka melambangkan gerakan Persatun Muballigh Kota Batam adalah menegakan amal ma’ruf nahi munkar.

4. Gambar laut melambangkan cita – cita ideal Persatuan Muballigh Kota Batam untuk mewujutkan masyarakat sejatra lahir dan batin suasana madani dan penuh peradaban.

5. Gambar peta Batam melambangkan bahwa Persatuan Muballigh Kota Batam merupakan organisai lokal yang memposisikan diri sebagai mitra daerah dalam mengembangkan kemajuan Batam.

6. Warna putih di dalam lambang melambanggkan kesucian dalam mencapai visi dan misi Persatuan Muballigh Kota Batam.

7. Warna hijau di dalam lambang melambanggkan kesubutran dan kesejatraan yang menjadi cita – cita Persatuan Muballigh Kota Batam.

8. Warna kuning di dalam lambang melambanggkan kejayaan dan kemenangan yang menjadi target Persatuan Muballigh Kota Batam dalam mencapai maksud dna tujuan.

9. Warna merah di dalam lambang melambanggkan keberanian menjadi modal dasar Persatuan Muballigh Kota Batam dalam mengembangkan tugas – tugasnya.

10.Warna hitam di dalam lambang melambanggkan keteguhan dan kesungguhan sebagai sikap Persatuan Muballigah Kota Batam menghadapi persoalan yang dihadapi.