Kawasan Konservasi Perairan Daerah Kabupaten Padang Pariaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kawasan Konservasi Perairan Daerah Kabupaten Padang Pariaman (KKPD Kabupaten Padang Pariaman) adalah salah satu kawasan konservasi perairan daerah yang ada di Sumatera Barat, Indonesia.[1] Dalam pembagian administratif Indonesia. KKPD Kabupaten Padang Pariaman berada di wilayah Kabupaten Padang Pariaman. KKPD Kabupaten Padang Pariaman dijadikan sebagai salah satu kawasan konservasi berbasis Nagari di Sumatera Barat. Wilayahnya mempunyai keanekaragaman hayati yang dapat dimanfaatkan secara ekologi maupun ekonomi. Penetapan kawasan ini berdasarkan pada Surat Keputusan Bupati Padang Pariaman Nomor 02 Kep/BPP-2010 yang diterbitkan pada tanggal 2 Januari 2010. Awalnya, KKPD Kabupaten Padang Pariaman dimanfaatkan sebagai suaka alam perairan. Luas kawasannya adalah 684 Hektare. Wilayahnya berada di Kecamatan Batang Gasan yang memanjang sejajar dengan garis pantai. Dalam sistem koordinat geografi, posisinya di koordinat 0o33’ 00’’ Lintang Selatan dan 100o 07’ 00” Bujur Timur. Dalam KKPD Kabupaten Padang pariaman terdapat 98 spesies ikan terumbu karang yang dikelompookkan ke dalam 22 famili. Spesies ikan dengan kelimpahan terbanyak adalah Neopomacentrus azryson, Caesio xanthoptera dan Ctenochaetus sriatus. Pesisir pantai KKPD Kabupaten Padang Pariaman merupakan habitat penyu untuk kegiatan bertelur dan berkembang biak. Di KKPD Kabupaten Padang Pariaman dapat ditemukan jenis penyu hijau dan penyu sisik yang bertelur secara aktif pada bulan Agustus sampai Desember. KKPD Kabupaten Padang Pariaman dapat dicapai dari Kota Padang memakai transportasi darat. Wilayah perairan di KKPD Kabupaten Padang Pariaman merupakan habitat terumbu karang, estuari dan laguna. Bagian pantai yang berpasir ditumbuhi cemara laut.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dinas Perikanan". dkp.sumbarprov.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-12. Diakses tanggal 18 Juli 2021. 
  2. ^ Dermawan, dkk. (2014). Status Pengelolaan Efektif Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Indonesia: Profil 113 Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Jakarta: Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. hlm. 151. ISBN 978-602-7913-22-6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-13. Diakses tanggal 2021-07-17.