Laguna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Laguna Venesia di Italia. Dari sini kata laguna diserap ke bahasa-bahasa lain.
Hampir separuh daerah Kiritimati diliputi laguna, sebagian air tawar dan sebagian air asin.

Laguna (serapan dari bahasa Latin: Lacuna, yang berarti "ruang kosong";[1][2] atau dari bahasa Italia: Laguna, berarti "perairan tenang"[3][4]) adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Diadaptasi dari nama laguna Venesia, yang secara khusus menunjuk ke pembatas Venesia, tanah pembendung air laut, yang melindungi dari Laut Adriatik dengan pantai penghalang Lido (lihat Laguna Venesia).[5] Laguna menunjuk ke laguna pantai yang terbentuk oleh pasir atau karang di pantai yang dangkal dan laguna atol yang terbentuk dari pertumbuhan terumbu karang.[6][6] Jadi, air yang tertutup di belakang gugusan karang atau pulau-pulau atau di dalam atol disebut laguna.

Laguna pantai biasa ditemukan di pantai dengan pasang surut relatif kecil. Ia mencakup kira-kira 13 persen dari keseluruhan garis pantai. Umumnya memanjang sejajar dengan pantai dan dipisahkan dari laut oleh pulau penghalang, pasir dan bebatuan atau terumbu karang. Penghalang laguna bukan karang dibentuk oleh aksi gelombang atas arus pelabuhan yang terus menerus membuat sedimen kasar lepas pantai. Sekali penghalang laguna terbentuk, sedimen yang lebih runcing bisa menetap di air yang relatif tenang di belakang penghalang, termasuk sedimen yang dibawa ke laguna oleh sungai. Khasnya laguna pesisir memiliki bukaan sempit ke laut. Sebagai akibatnya, keadaan air dalam laguna bisa agak berbeda dari air terbuka di laut dalam hal suhu, salinitas, oksigen yang dibebaskan dan muatan sedimen.

Di Meksiko kadang penggunaan "laguna", digunakan untuk menunjukkan danau, contohnya Laguna Katemako.

Di Indonesia, ada sebuah teluk yang kadang disebut 'laguna', yang terletak di Teluk Tapanuli.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Harry Thurston Peck, Harpers Dictionary of Classical Antiquities (1898), Lacūna". www.perseus.tufts.edu (dalam bahasa Latin). Diakses tanggal 2021-07-24. 
  2. ^ "LACUNA 1, Glossarium mediae et infimae latinitatis, Du Cange et al". ducange.enc.sorbonne.fr (dalam bahasa Latin). Diakses tanggal 2021-07-24. 
  3. ^ "LAGONE, LAGUNA: Vocabolario della Crusca, Firenze - 1° edizione (1612)". www.lessicografia.it (dalam bahasa Italia). Diakses tanggal 2021-07-24. 
  4. ^ "LACUNA: Vocabolario della Crusca, Firenze - 4° edizione (1729-1738)". www.lessicografia.it (dalam bahasa Italia). Diakses tanggal 2021-07-24. 
  5. ^ "Laguna di Venezia: Valle Averto". Ramsar Sites Information Service. Diakses tanggal 25 April 2018. 
  6. ^ a b Society, National Geographic (2011-01-21). "lagoon". National Geographic Society (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-01-29.