Tempuran sungai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pertemuan Sungai Bhagirathi dan Alaknanda menghasilkan Sungai Gangga di Devprayag, India
Tempuran yang sama dilihat dari hulu pada waktu yang berbeda; perhatikan pusaran sedimen dari Alaknanda.

Tempuran, kuala, muara (dapat pula merujuk ke pertemuan sungai dan laut), konfluens (bahasa Inggris: confluence), atau konfluks (bahasa Inggris: conflux), dalam ilmu geografi, terbentuk bila dua atau lebih badan sungai yang mengalir bergabung bersama-sama dan membentuk aliran sungai tunggal.[1] Tempuran sungai dapat terjadi dalam beberapa konfigurasi. Yang pertama, titik pertemuan di mana anak sungai bergabung dengan sungai yang lebih besar (sungai utama). Lalu, pertemuan sungai di mana dua aliran bertemu untuk menjadi hulu sungai dengan nama baru (seperti pertemuan Sungai Monongahela dan Sungai Allegheny di Pittsburgh, membentuk Sungai Ohio). Dan yang terakhir, pertemuan di mana sungai yang awalnya terpisah menjadi dua aliran sungai (membentuk pulau sungai) bergabung kembali di hilir.

Studi ilmiah mengenai konfluens[sunting | sunting sumber]

Konfluens dipelajari dalam berbagai ilmu. Hidrologi mempelajari pola aliran khas dari tempuran sungai dan bagaimana mereka menimbulkan pola erosi, gosong sungai, dan gerusan air.[2] Air yang mengalir dan akibatnya sering dipelajari dengan model matematika.[3] Konfluens juga relevan dengan distribusi makhluk hidup, yaitu ilmu ekologi, "Pola umum [pada ujung dari pertemuan, yaitu] peningkatan aliran sungai dan penurunan lereng mendorong perubahan yang sesuai dalam karakteristik habitat."[4]

Ilmu lain yang relevan dengan studi konfluens adalah ilmu kimia, karena terkadang pencampuran air dari dua aliran sungai seringkali memicu reaksi kimia, terutama dalam aliran sungai yang tercemar. Survei Geologi Amerika Serikat memberikan contoh: "perubahan kimia terjadi ketika aliran sungai yang terkontaminasi dengan drainase tambang asam yang kemudian bercampur dengan aliran sungai dengan pH air hampir netral; reaksi ini terjadi sangat cepat dan mempengaruhi pengangkutan logam yang berikutnya ke ujung dari zona pencampuran air."[5]

Fenomena alam pada tempuran yang jelas terlihat bahkan bagi orang-orang awam adalah perbedaan warna antara kedua aliran sungai. Menurut Lynch, "warna setiap sungai ditentukan oleh banyak hal: jenis dan jumlah vegetasi di daerah aliran sungai (DAS), sifat geologis, bahan kimia terlarut, sedimen dan kandungan biologis, biasanya ganggang." Lynch juga mencatat bahwa perbedaan warna dapat bertahan hingga bermil-mil pada sungai utama sebelum akhirnya menyatu sepenuhnya.[6]

Zona aliran pertemuan sungai[sunting | sunting sumber]

Fitur hidrodinamik dari pertemuan sungai / flume dapat dipisahkan menjadi enam zona berbeda yang dapat diidentifikasi, juga disebut zona aliran pertemuan.

Perilaku aliran sungai hidrodinamis pada sebuah temperan dapat dibagi menjadi enam fitur yang berbeda,[7] yang umumnya disebut zona aliran pertemuan (bahasa Inggris: confluence flow zones), yang mencakup:

  1. Zona stagnasi
  2. Zona defleksi aliran
  3. Zona pemisahan aliran atau resirkulasi
  4. Zona kecepatan maksimum
  5. Zona pemulihan aliran
  6. Lapisan geser

Tempuran dalam hidup manusia[sunting | sunting sumber]

Air mancur di Point State Park di Pittsburgh, di titik pertemuan Allegheny (atas) dan Monongahela

Karena sungai sering berfungsi sebagai perbatasan politik, tempuran terkadang menjadi tanda demarkasi dari tiga entitas politik yang saling berbatasan, seperti bangsa, negara, atau provinsi, membentuk sebuah tripoint.

Sejumlah kota besar, seperti Chongqing, St. Louis, dan Khartoum, terbentuk pada tempuran sungai. Pada sebuah kota, tempuran sering kali membentuk titik yang menonjol secara visual, sehingga tempuran kadang-kadang dipilih sebagai lokasi untuk bangunan atau monumen publik yang menonjol, seperti di Koblenz, Lyon, dan Winnipeg. Kota yang memiliki tempuran sungai juga sering membangun taman di tempat tersebut, atau kadang-kadang sebagai proyek pembangunan kota, seperti di Portland dan Pittsburgh. Dalam kasus lain, tempuran sungai adalah situs industri, seperti di Philadelphia atau Mannheim. Seringkali tempuran terletak di dataran banjir bersama dari kedua sungai dan tidak ada yang dibangun di atasnya, misalnya di Manaus.

Cara lain dari penggunaan tempuran oleh manusia adalah sebagai tempat suci dalam suatu agama. Rogers menyatakan bahwa orang-orang kuno yang hidup pada Zaman Besi di Eropa barat laut sering menjadikan lokasi berair sebagai tempat sakral, terutama sumber mata air dan temperan sungai.[8] Bangsa Slavia pra-Kristen memilih temperan sebagai situs untuk kuil berbentuk segitiga yang dibentengi, di mana di tempat tersebut mereka mempraktikkan pengorbanan manusia dan ritual suci lainnya.[9] Dalam agama Hindu, pertemuan dua sungai suci sering kali merupakan tempat ziarah untuk melakukan mandi ritual.[10] Di Pittsburgh, sejumlah penganut Mayanisme menganggap tempuran di kota mereka sebagai tempat sakral.[11]

Pertemuan dari dua saluran air[sunting | sunting sumber]

Pertemuan kanal
Diagram yang disederhanakan ini menunjukkan bagaimana bagian Kanal Industri di New Orleans juga berfungsi sebagai saluran untuk Gulf Intracoastal Waterway dan Mississippi River-Gulf Outlet Canal. Di bagian bawah, sebagian dari Intracoastal juga terbukti "bertemu" dengan Sungai Mississippi.

Kadang-kadang "konfluens" digunakan untuk menggambarkan pertemuan dua jenis aliran pasang atau pertemuan badan air nonsungai lainnya, seperti pertemuan antarkanal[12] atau pertemuan antara kanal dan danau.[13] Bagian 1,6  km dari Industiral Canal di New Orleans mengakomodasi Gulf Intracoastal Waterway dan Mississippi River-Gulf Outlet Canal ; Oleh karena itu ketiga saluran air itu bersatu di sana.

Istilah konfluens juga berlaku untuk penggabungan aliran antara dua gletser.[14]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Conflux – Definition of conflux by Merriam-Webster". merriam-webster.com. 
  2. ^ Sebuah karya yang dikutip secara luas adalah James L. Best (1986) Morfologi pertemuan saluran sungai. Kemajuan dalam Geografi Fisik 10: 157–174. Untuk kutipan kerja Terbaik, lihat [1] .
  3. ^ Kontribusi baru-baru ini dengan ulasan dari pekerjaan sebelumnya adalah Laurent Schindfessel, Stéphan Creelle dan Tom De Mulder (2015) "Pola aliran dalam pertemuan saluran terbuka dengan aliran anak sungai yang semakin dominan," Air 7: 4724-4751; tersedia online.
  4. ^ Dikutip dari Beechie et al. (2012), yang mengutip pekerjaan sebelumnya. Tim Beechie, John S. Richardson, Angela M. Gurnell, dan Junjiro Negishi (2012) "Proses daerah aliran sungai, dampak manusia, dan pemulihan berbasis proses." Dalam Philip Roni dan Tim Beechie (eds.) (2012) Stream dan Restorasi DAS: Panduan untuk Memulihkan Proses dan Habitat Sungai , John Wiley & Sons. Kutipan tersedia online di Google Buku.
  5. ^ US Geological Survey, "Bagaimana kontaminan bercampur pada pertemuan dua aliran?", Online di [2] .
  6. ^ David Lynch (2014) "The Confluence of Rivers"; Gambar Ilmu Bumi, di [3] .
  7. ^ Best, James L. (1987). "Flow Dynamics at River Channel Confluences: Implications for Sediment Transport and Bed Morphology". Recent Developments in Fluvial Sedimentology. hlm. 27–35. doi:10.2110/pec.87.39.0027. ISBN 978-0-918985-67-5. 
  8. ^ Rogers, Adam (2011) Kota Romawi Akhir di Inggris: Memikirkan Kembali Perubahan dan Penurunan . Cambridge: Cambridge University Press, hlm. 42. Kutipan tersedia online di Google Books.
  9. ^ Gasparini, Evel (nd) "Slavia agama", dalam Encyclopedia Brittanica , on line edition: [4]
  10. ^ Sumber: Letizia (2017), yang menulis, "seperti sungai dianggap entitas suci, pada pertemuan dua aliran 'kesucian' dari sungai pertama menambah dengan yang kedua. Pertemuan tampaknya memiliki semacam 'aditif ketenaran '... karena itu memberi peziarah kesempatan untuk mandi di dua sungai pada saat yang sama. "
  11. ^ Ann Rodgers, "Jadi, bagaimana Point mendapatkan pada kalender Maya?", Pittsburgh Post-Gazette , 22 Juni 2008. Di telepon pada [5] .
  12. ^ The U.S. Army Corps of Engineers refers to the confluence of the Assawoman Canal with the Bethany Loop Canal in Delaware. See: "CENAP-OP-R-Quarterly Report, 2004-05-12". Philadelphia Engineer District. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2004-10-17. Diakses tanggal 2006-03-11. 
  13. ^ Engineers in New Orleans refer to the confluence of the 17th Street Canal and Lake Pontchartrain. See: "Interim Closure Structure at 17th St. Canal". Task Force Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-06-25. Diakses tanggal 2006-03-11. 
  14. ^ Vladimir Kotlyakov dan Anna Komarova (2006) Kamus Geografi Elsevier: dalam bahasa Inggris, Rusia, Prancis, Spanyol, dan Jerman . Elsevier. Bagian yang dikutip dapat diakses di Google Buku .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Letizia, Chiara (2017) "Pertemuan Suci, antara Alam dan Budaya," dalam Marie Lecomte-Tilouine (ed. ) Alam, Budaya, dan Agama di Persimpangan Asia . Rutekan. Ekstrak tersedia online di Google Buku.

Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]

  • [6] Kumpulan foto-foto pertemuan yang penuh dan jelas, sebagian besar disebutkan dalam daftar di atas.