Kawasan Konservasi Perairan Daerah Kabupaten Konawe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kawasan Konservasi Perairan Daerah Kabupaten Konawe (KKPD Kabupaten Konawe) adalah salah satu kawasan konservasi yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Dalam pembagian administratif Indonesia, KKPD Kabupaten Konawe berada di wilayah administratif Kabupaten Konawe. Nama awal dari KKPD Kabupaten Konawe adalah Suaka Perikanan Kabupaten Konawe. Status baru KKPD Kabupaten Konawe diperoleh setelah diterbitkannya Surat Keputusan Bupati Konawe Nomor 225/04.DKP/SK-PENCADANGAN/I/2013. Luas kawasan KKPD Kabupaten Konawe adalah 10.430 Hektare.[1] Kawasan KKPD Kabupaten Konawe terbagi di Kecamatan Lalonggasumeeto (4.157 hektare), dan Kecamatan Soropia (6.273 hektare). Di Kecamatan Lalonggasumeeto, KKPD Kabupaten Konawe berada di wilayah desa yang terdiri dari Desa Batu Gong, Desa Watunggarandu, Desa Toolawawo, Desa Lalonggasumeeto, Desa Bumi Indah, Desa Puuwonua, Desa Lalornbonda, Desa Raparnbinopaka, Desa Nii Tanasa, Desa Toli-toli dan DesaWawobungi. Sedangkan di wilayah Kecamatan Soropia, KKPD Kabupaten Konawe terbagi ke dalam Desa Waworaha, Desa Soropia, Desa Atowatu, Desa Toronipa, Desa Bokori, Desa Mekar, Desa Bajo lndah, Desa Tapulaga, Desa Sorue Jaya, Desa Saponda, Desa Telaga Biru, Desa Bajoe, Desa Leppe, dan Desa Saponda Laut. Ekosistem di KKPD Kabupaten Konawe adalah terumbu karang, padang lamun, dan hutan bakau.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Data Kawasan Konservasi Suaka Perikanan Kabupaten Konawe". kkji.kp3k.kkp.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-15. Diakses tanggal 16 Juli 2021. 
  2. ^ Dermawan, dkk. (2014). Status Pengelolaan Efektif Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Indonesia: Profil 113 Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Jakarta: Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. hlm. 471. ISBN 978-602-7913-22-6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-13. Diakses tanggal 2021-07-15.