Kantor Pos Kota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kantor Pos Kota di Alun-Alun Fatahillah, 2015

Kantor Pos Kota adalah bangunan bersejarah di Kota Tua Jakarta, Indonesia. Gedung ini dirancang oleh Ir. R. Baumgartner tahun 1929[1] dengan nama Post- en telegraaf kantoor. Kantor Pos Kota adalah salah satu bangunan yang mengelilingi Alun-Alun Fatahillah.

Bangunan ini dirancang dengan gaya modern awal (Nieuwe Zakelijkheid) yang populer di Belanda dan Hindia Belanda pada akhir 1920-an. Gaya arsitekturnya disesuaikan dengan iklim tropis Indonesia dan dihiasi "fasade ganda", elemen khas dalam arsitektur Hindia tropis. Bangunan-bangunan di dekat Kantor Pos Kota juga dirancang dengan gaya yang sama, termasuk Museum Bank Mandiri (1929).[1]

Saat ini terdapat galeri seni kontemporer di Kantor Pos Kota.

Kantor Pos ini masih dapat dipakai untuk membayar pajak, iuran bulanan dan juga mengirim surat.

Seiring berjalannya waktu, kantor pos mulai kehilangan kejayaan karena berkembangnya teknologi. Sebelumnya, Pemerintah Jakarta telah merencanakan program revitalisasi kawasan Kota Tua dengan langkah konservasi gedung-gedung di kawasan tersebut. Dengan langkah ini, gedung-gedung akan difungsikan menjadi fasilitas seni, budaya, pendidikan dan industri kreatif.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Het Indische bouwen: architectuur en stedebouw in Indonesie : Dutch and Indisch architecture 1800-1950. Helmond: Gemeentemuseum Helmond. 1990. hlm. 28–31. Diakses tanggal March 30, 2015. 
  2. ^ Tempo.Co. "Sejarah Gedung Pos di Kota Tua yang Dikonservasi". Tempo News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-09-02.