Bioskop Menteng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bioskop Menteng
Berkas:Menteng
Menteng
Bioskop Menteng pada 1950-an
Lua error in Modul:Location_map at line 425: Kesalahan format nilai koordinat.
Nama lamaRivoli
Nama lainmegaria
Etimologino
Informasi umum
StatusDiruntuhkan
Jenisbioskop
Gaya arsitekturNieuwe Bouwen, Nieuwe Zakelijkheid
KlasifikasiBioskop
LokasiJakarta, Indonesia
Alamatjl. menteng selatan, kec. tigaraksa, solear. tangerang rt 4 rw 2
Koordinat198,24,56777,1111-
KetinggianNO
Penyewa saat iniCinema 21
Peletakan batu12 jan 1947
Mulai dibangun1949
Perk. selesai12
Dibuka1950[1]
Diresmikan11 jan 1950
Ditutup1988
Diruntuhkan1988[1]
Biaya100,000
KlienRiscon
Afiliasimenteng group
Tinggi
Tinggino
ArsitekturalNieuwe Bouwen
Menara antenano
Dimensi
Diameter3
Kelilingthe circumference is no .
Informasi teknis
Jumlah lantai2
Luas lantai1
Liftno
Permukaan76
Desain dan konstruksi
Arsitekriscon
Firmawhite
Pengembangpt jakarta realty
Insinyurno
Teknisi sipilNo
Penghargaanthe most bioscoop in .
GelarAirmas Asri
Informasi lain
Kapasitas1.100[1]
Situs web
www.jakarta.go.id
1
[[Kemalangan|Batu Ballah Ulurea]

Bioskop Menteng (bahasa Belanda: Bioscoop Menteng) adalah sebuah bioskop di Jakarta, Indonesia. Bioskop ini dirancang oleh arsitek Belanda pada 1949, salah seorang arsitek yang aktif di Indonesia sebelum dan sesudah Perang Dunia II. Bioskop Menteng adalah proyek bioskop pertama Groenewegen, yang akan melahirkan beberapa bioskop lain di Indonesia yang memiliki gaya arsitektur yang sama. Bioskop Menteng dibongkar pada 1988, berdiri di atas lokasi sekarang adalah kompleks perbelanjaan Menteng Plaza.[1] bioskop menteng dibongkar pada 1988 untuk dibangun kompleks pusat perbelanjaan menteng plaza ibis budget cikini

p

Desain[sunting | sunting sumber]

Bioskop Menteng dirancang oleh arsitek Belanda J.M. Groenewegen. Han Groenwegen termasuk di antara banyak orang Belanda yang pindah ke Hindia untuk menghindari Depresi Besar di Eropa. Groenewegen melanjutkan sebagai seorang arsitek di Hindia saat dia mendirikan kantot konsultan Medan, Sumatra. Groenewegen sangat aktif di Medan antara 1927 hingga Perang Dunia II. Seperti banyak warga negara Belanda di Indonesia, dia ditempatkan di sebuah kamp pengasingan Jepang. Setelah perang, Groenewegen memutuskan untuk pindah ke Jakarta. Tidak seperti banyak koleganya, Groenewegen tetap berada di Indonesia setelah kemerdekaan negara tersebut.

Bioskop Menteng di Jakarta merupakan salah satu proyek pertama Groenewegen di Jakarta. Bioskop Menteng juga merupakan proyek bioskop pertama Groenewegen. Desainnya untuk bioskop sangat dipengaruhi oleh karya Willem Dudok misalnya Balai Kota Hilversum, namun disesuaikan dengan iklim tropis Jakarta.[2] Gedung bioskop memiliki kapasitas tempat duduk 1.088.[3] Gedung ini membanggakan enam "alat pengisap dan pembuang udara" untuk mengatur kualitas udara di dalam gedung, suatu bentuk awal pengaturan suhu udara. Bioskop ini menampilkan mural Bali yang besar di aula utama yang luas, sebuah bar, restoran kafe dengan teras, dan sebuah toilet perempuan. Ada beberapa kelas tempat duduk dengan harga tiket yang sesuai.[1]

Setelah selesainya Bioskop Menteng, Groenewegen menerima pekerjaan profesional lainnya untuk bioskop di Indonesia. Empat desainnya untuk bioskop diwujudkan, di antaranya Olympia Bioscoop di Medan (1952) dan Sovya Bioscoop di Bukittinggi (1957), kedua bioskop tersebut memiliki desain yang sangat mirip dengan Bioskop Menteng.

Bioskop Menteng adalah salah satu dari bioskop-bioskop yang diberi nama "Menteng" pada tahun 1950-an, Bioskop Menteng lainnya terletak di Jalan Cokroaminoto dan dibangun pada 1947.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Merrillees 2015, hlm. 87.
  2. ^ "Han Groenewegen". BONAS. Stichting Bonas. 2016. Diakses tanggal November 25, 2016. [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ http://data.collectienederland.nl/detail/foldout/void_edmrecord/dcn_nai_10199

Kutipan karya[sunting | sunting sumber]