Jalan Haji Samanhudi (Jakarta)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Salah satu bangunan di Jalan Haji Samanhudi, pusat perbelanjaan Metro Atom Plaza Pasar Baru.

Jalan Haji Samanhudi adalah salah satu jalan utama di Jakarta. Nama jalan ini diambil dari nama seorang tokoh pergerakan nasional Indonesia, Samanhudi. Jalan sepanjang 1 kilometer ini bermula dari Jembatan Gunung Sahari sampai persimpangan Stasiun Sawah Besar. Jalan ini hanya melintasi kelurahan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Pada masa lampau, jalan ini bernama Defensielijn van den Bosch atau Garis pertahanan van den Bosch. Nama Van den Bosch juga biasa dihubungkan dengan benteng. Di Batavia, defensielijn (garis pertahanan) itu terbentang dari belakang Stasiun Pasar Senen (Jalan Bungur Besar), memanjang dari ujung selatan ke utara. Di ujung utara, defensielijn membelah ke arah barat melintas Sawah Besar, Krekot, Gang Ketapang dan di Petojo garis pertahanan ini memanjang hingga Monas.[1][2] Jalan ini masuk ke dalam wilayah Weltevreden.[3]

Di jalan ini terdapat Harco Pasar Baru, Metro Pasar Baru, dan Metro Atom Plaza Pasar Baru. Di bagian timur jalan ini melintas Kali Ciliwung.[4] Jalan ini menjadi salah satu lokasi pengendalian ketat selama Libur Natal dan Tahun Baru di tahun 2020.[5]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Jalur Angkutan umum Berikut ini adalah trayek angkutan umum yang melayani Jalan Haji Samanhudi

  • Angkutan Umum Pengganti Bemo JP01 Pasar Baru—Kota
  • Mikrolet M12 Senen—Kota

Stasiun KRL Commuter Line

Persimpangan[sunting | sunting sumber]

Jalan ini memiliki 2 persimpangan, yaitu:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ aegi, ed. (2009-10-22). "Menghidupkan Kembali Citadelweg". Kompas.com. Diakses tanggal 2022-08-05. 
  2. ^ "Benteng Bastion Frederik Hendrik: Simbol Kolonial yang Diruntuhkan Bung Karno". Sindonews.com. Diakses tanggal 2022-08-05. 
  3. ^ Primus, Josephus (2022-10-10). "Weltevreden, Tempat Pelesir Orang Gedongan Tempo Doeloe Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-12-05. 
  4. ^ Prayoga, Ricky (2022-04-20). Merung, Guido, ed. "10 lokasi sungai Jakarta Pusat dikeruk". Antara News Manado. Diakses tanggal 2022-12-05. 
  5. ^ Arbi, Ivany Atina (2020-12-25). "DKI Tutup Area Publik pada Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Daftarnya Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-12-05.