Wikipedia:Transwiki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Transwiki adalah suatu pemindahan suatu artikel dari suatu wiki (asal) ke wiki lainnya (tujuan). Pemindahan ini dilakukan terutama untuk membuat setiap proyek tetap disiplin dengan kriteria artikel yang layak dimasukkan di dalamnya, sambil tetap mempertahankan isi artikel yang telah dibuat dan lebih cocok untuk dimasukkan ke proyek lain.

Jenis transwiki[sunting sumber]

Transwiki ke Wiktionary[sunting sumber]

Dilakukan untuk artikel yang hanya bersifat definisi kata seperti isi dalam kamus.

Gunakan {{pindah/Wiktionary}} untuk mengusulkan pemindahan suatu artikel ke Wiktionary. Templat ini akan memasukkan artikel tersebut ke dalam Kategori:Artikel yang harus dipindah ke Wiktionary: 15 halaman.

Transwiki ke Wikiquote[sunting sumber]

Dilakukan untuk artikel yang bersifat kutipan tokoh, film, peristiwa, dll., serta peribahasa.

Gunakan {{pindah/Wikiquote}} untuk mengusulkan pemindahan suatu artikel ke Wikiquote. Templat ini akan memasukkan artikel tersebut ke dalam Kategori:Artikel yang harus dipindah ke Wikiquote: 3 halaman.

Transwiki ke Wikibooks[sunting sumber]

Dilakukan untuk artikel yang bersifat instruksi, manual, petunjuk, dll. Artikel yang berupa hasil riset orisinal juga harus dimasukkan ke Wikibooks.

Gunakan {{pindah/Wikibooks}} untuk mengusulkan pemindahan suatu artikel ke Wikibooks. Templat ini akan memasukkan artikel tersebut ke dalam Kategori:Artikel yang harus dipindah ke Wikibooks: 2 halaman.

Transwiki ke Wikisource[sunting sumber]

Dilakukan untuk artikel yang bersifat salinan produk hukum, dokumen bersejarah, naskah pidato, lirik lagu, dan hal-hal lain yang berupa salinan lengkap sumber pertama, kecuali jika diperlukan sebagai kutipan.

Gunakan {{pindah/Wikisource}} untuk mengusulkan pemindahan suatu artikel ke Wikisource. Templat ini akan memasukkan artikel tersebut ke dalam Kategori:Artikel yang harus dipindah ke Wikisource: 6 halaman.

Alternatif transwiki[sunting sumber]

Selain transwiki, alternatif lain yang dapat dipertimbangkan terhadap suatu artikel adalah.

  • Dikembangkan; jika artikel tersebut kira-kira dapat dikembangkan atau dijadikan rintisan, berikan tag {{kembangkan}} atau tag rintisan yang sesuai.
  • Dijadikan halaman disambiguasi; jika artikel itu memiliki beberapa makna yang beberapa diantaranya memiliki entri ensiklopedia.
  • Digabungkan dengan artikel lain dan selanjutnya dialihkan ke halaman tersebut.

Lihat pula[sunting sumber]