Kabupaten Kendal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kabupaten Kendal
Transkripsi bahasa daerah
 • Hanacarakaꦏꦼꦟ꧀ꦝꦭ꧀
Curug Sewu
Lambang resmi Kabupaten Kendal
Motto: 
Ngesṭi widdhi
(Jawa) Mengharap rida Tuhan
Peta
Kabupaten Kendal is located in Jawa
Kabupaten Kendal
Kabupaten Kendal
Peta
Kabupaten Kendal is located in Indonesia
Kabupaten Kendal
Kabupaten Kendal
Kabupaten Kendal (Indonesia)
Koordinat: 7°01′32″S 110°10′07″E / 7.0256°S 110.1685°E / -7.0256; 110.1685
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
Tanggal berdiri28 Juli 1605
Dasar hukumUU No. 13/1950
Dinamai berdasarkanPohon kendal (Cordia dichotoma)
Ibu kotaKota Kendal
Jumlah satuan pemerintahan
Daftar
Pemerintahan
 • BupatiDico Ganinduto
 • Wakil BupatiWindu Suko Basuki
 • Sekretaris DaerahSugiono (Plh)
Luas
 • Total1.118,13 km2 (431,71 sq mi)
Populasi
 • Total1.032.816
 • Kepadatan924/km2 (2,390/sq mi)
Demografi
 • AgamaIslam 99,06%
Kristen 0,87%
- Protestan 0,51%
- Katolik 0,36%
Hindu 0,03%
Buddha 0,03%
Kepercayaan 0,01%[1]
 • IPMKenaikan 72,29 (2020)
Tinggi[2]
Zona waktuUTC+07:00 (WIB)
Kode pos
Kode area telepon0294
Pelat kendaraanH xxxx D**/M*/U*
Kode Kemendagri33.24 Edit the value on Wikidata
DAURp 1.006.102.383.000.-(2020)[3]
Semboyan daerahKendal Beribadat
(Bersih, Indah, Barokah, Damai, Aman, dan Tertib)
Flora resmiKendal[4]
Fauna resmiAyam[5]
Situs webwww.kendalkab.go.id

Kendal (bahasa Jawa: ꦏꦼꦟ꧀ꦝꦭ꧀, translit. Kendhal) adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ibu kotanya ada di kecamatan Kendal dan masuk dalam Wilayah Metropolitan Kedungsapur yang merupakan Wilayah Metropolitan terbesar keempat setelah Jabodetabekpunjur, Gerbangkertosusila, dan Cekungan Bandung. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Temanggung di selatan, serta Kabupaten Batang di barat. Kendal dikenal sebagai Kota Santri karena terdapat ribuan Ponpes terutama di Kecamatan Kaliwungu, serta juga dikenal dengan Kota Seni dan Budaya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Umum[sunting | sunting sumber]

Nama Kendal diambil dari nama sebuah pohon yakni Pohon Kendal. Pohon itu pada mulanya tidak ada yang tahu namanya tetapi ketika Pakuwojo bersembunyi di pohon itu di dalam pohon itu terang benderang akhirnya pohon itu dinamakan pohon Qondhali yang berarti penerang dan akhirnya daerah tempat pohon itu dinamakan Qondhali karena orang Jawa tidak fasih berbahasa Arab maka jadi Kendal. Pohon yang berdaun rimbun itu sudah dikenal sejak masa Kerajaan Demak pada tahun 1500–1546 M yaitu pada masa Pemerintahan Sultan Trenggono. Pada awal pemerintahannya tahun 1521, Sultan Trenggono pernah memerintah Sunan Katong untuk memesan Pusaka kepada Pakuwojo.

Peristiwa yang menimbulkan pertentangan dan mengakibatkan kematian itu tercatat dalam Prasasti. Bahkan hingga sekarang makam kedua tokoh dalam sejarah Kendal yang berada di Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu itu masih dikeramatkan masyarakat secara luas. Menurut kisah, Sunan Katong pernah terpana memandang keindahan dan kerindangan pohon Kendal yang tumbuh di lingkungan sekitar. Sambil menikmati pemandangan pohon Kendal yang tampak "sari" itu, Dia menyebut bahwa di daerah tersebut kelak bakal disebut "Kendalsari". Pohon besar yang oleh warga masyarakat disebut-sebut berada di pinggir Jalan Pemuda Kendal itu juga dikenal dengan nama Kendal Growong karena batangnya berlubang atau growong.

Dari kisah tersebut diketahui bahwa nama Kendal dipakai untuk menyebutkan suatu wilayah atau daerah setelah Sunan Katong menyebutnya. Kisah penyebutan nama itu didukung oleh berita-berita perjalanan Orang-orang Portugis yang oleh Tom Peres dikatakan bahwa pada abad ke 15 di Pantai Utara Jawa terdapat Pelabuhan terkenal yaitu Semarang, Tegal dan Kendal. Bahkan oleh Dr. H.J. Graaf dikatakan bahwa pada abad 15 dan 16 sejarah Pesisir Tanah Jawa itu memiliki yang arti sangat penting.

Sejarah Berdirinya Kabupaten Kendal[sunting | sunting sumber]

Adalah seorang pemuda bernama Joko Bahu seorang abdi dalem kerajaan Mataram. Joko Bahu dikenal sebagai seorang yang mencintai sesama dan pekerja keras hingga Joko Bahu pun berhasil memajukan daerahnya. Atas keberhasilan itulah akhirnya Sultan Agung Adi Prabu Hanyokrokusumo mengangkatnya menjadi Bupati Kendal bergelar Tumenggung Bahurekso. Selain itu Tumenggung Bahurekso juga diangkat sebagai Panglima Perang Mataram pada tanggal 26 Agustus 1628 untuk memimpin puluhan ribu prajurit menyerbu VOC di Batavia. Pada pertempuran tanggal 21 Oktober 1628 di Batavia Tumenggung Bahurekso beserta ke dua putranya gugur sebagai Kusuma Bangsa. Dari perjalanan Sang Tumenggung Bahurekso memimpin penyerangan VOC di Batavia pada tanggal 26 Agustus 1628 itulah kemudian dijadikan patokan sejarah lahirnya Kabupaten Kendal.

Perkembangan lebih lanjut dengan momentum gugurnya Tumenggung Bahurekso sebagi penentuan Hari jadi dinilai beberapa kalangan kurang tepat. Karena momentum tersebut merupakan sejarah kelam bagi seorang tokoh yang bernama Bahurekso. Sehingga bila tanggal tersebut diambil sebagai momentum hari jadi dikhawatirkan akan membawa efek psikologis. Munculnya istilah "gagal dan gugur" dalam mitologi Jawa dikawatirkan akan membentuk bias-bias kejiwaan yang berpengaruh pada perilaku pola rasa, cipta dan karsa warga Kabupaten Kendal, sehingga dirasa kurang tepat jika dijadikan sebagai pertanda awal mula munculnya Kabupaten Kendal.

Dari Hasil Seminar yang diadakan tanggal 15 Agustus 2006, dengan mengundang para pakar dan pelaku sejarah, seperti Prof. Dr. Djuliati Suroyo (guru besar Fakultas sastra Undip Semarang), Dr. Wasino, M.Hum (dosen Pasca Sarjana Unnes), H. Moenadi (Tokoh Masyarakat Kendal), dengan moderator Dr. Singgih Tri Sulistiyono, serta setelah diadakan penelitian dan pengkajian secara komprehensif menyepakati dan menyimpulkan bahwa momentum pengangkatan Bahurekso sebagai Bupati Kendal, dijadikan titik tolak diterapkannya hari jadi. Pengangkatan bertepatan pada 12 Rabiul Awal 1014 H atau 28 Juli 1605. Tanggal tersebut persis hari Kamis Legi malam jumat pahing tahun 1527 Saka. Penentuan Hari Jadi ini selanjutnya ditetapkan melalui Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Kendal Nomor 20 Tahun 2006, tentang Penetapan Hari Jadi Kabupaten Kendal (Lembaran Daerah no 20 Tahun 2006 Seri E nomor 15). Sejarah Kendal juga terdapat di perpustakaan Leiden University, Leiden, Belanda.

Kaliwungu pernah berjaya sebagai pusat pemerintahan sejak awal berdirinya Kabupaten Kendal. Namun karena kondisi perpolitikan di pusat Mataram pada waktu itu dan adanya pertimbangan untuk perkembangan pemerintahan, menyebabkan pusat pemerintahan tersebut pindah ke Kota Kendal hingga sekarang. Sehingga akhirnya Kaliwungu hanya digunakan untuk tempat tinggal kerabat Ayah Bupati yang sering disebut sebagai Kasepuhan. Sedangkan pemerintahannya dijadikan sebagai daerah administrasi yaitu Distrik Kaliwungu.

Lambang[sunting | sunting sumber]

Lambang pertama Kabupaten Kendal

Lambang pertama Kabupaten Kendal ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Tahun 1967 tentang Lambang Daerah Kabupaten Kendal.

Pada tahun 2011, Bupati Widya Kandi Susanti meluncurkan lambang baru, dan dikukuhkan dengan Perda No. 21 Tahun 2011. Lambang ini memuat:

  • perisai kuning yang di atasnya terdapat pita merah putih dan selendang hijau
  • motto Ngesti widdhi di antara sebilah keris
  • roda gerigi 10 gigi
  • padi 28 butir dan kapas 7 kuntum
  • perahu bermotif batik mengapung di atas lautan
  • nama kendal 1605

Pada tahun 2017, sejumlah pihak mengajukan komplain terhadap lambang baru Kabupaten Kendal. Bupati Mirna Annisa membuat sebuah surat keputusan untuk mengkaji ulang serta memberi kesempatan kepada masyarakat terkait penggunaan lambang Kendal 2011. Menanggapi hal tersebut, Teguh Yuwono, pakar kebijakan publik Universitas Diponegoro, menyebut bahwa lambang sangat penting sebagai sebuah identitas daerah, mengatakan bahwa "tanpa logo, orang tidak mengenal suatu daerah atau negara." Anis Rufiyanto selaku pakar desain grafis mengatakan bahwa logo lama Kendal cukup sakral, sementara "logo baru sangat standar." Masduki Yussak selaku mantan Bupati Kendal juga menyayangkan penggantian lambang daerah karena "hilangnya kendil" di lambang baru.[6]

Pemerintah Kabupaten Kendal memutuskan untuk mengembalikan lambang tersebut ke lambang lama pada September 2019. Kabag Hukum Setda Kendal Nur Fuad mengatakan bahwa sosialisasi diadakan untuk menyerap aspirasi dan menyebarkan informasi terkait penggantian lambang, sebelum disampaikan ke DPRD Kendal.[7] Proposal kembali ke lambang lama tersebut ditolak mentah-mentah oleh Pansus II DPRD Kabupaten Kendal.[8] Susanti, yang kelak menjadi anggota DPRD Kendal cukup menyayangkan pencopotan spanduk, baliho, dan atribut kampanye lainnya oleh Satpol PP karena dianggap "tebang pilih (...) Logo Kendal yang sekarang bukan logo tersebut, kenapa Satpol PP tidak berani mencopotnya?" Bintang Yudha Daneswara juga menyoroti tenda-tenda di seputaran Alun-alun Kendal di depan Kantor Bupati, masih menggunakan lambang lama, seraya berkata bahwa pemasangan logo yang tidak sesuai dianggap "menyalahi perda." Ironisnya, Annisa menganggap bahwa penggunaan lambang lama "tidak menyalahi aturan (...) Perda itu justru dibuat pada masa Bupati Widya Kandi Susanti, bukan saya."[8][9]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Kabupaten Kendal terletak pada 109°40'–110°18' Bujur Timur dan 6°32'–7°24' Lintang Selatan. Batas wilayah administrasi Kabupaten Kendal meliputi:

Utara Laut Jawa
Timur Kota Semarang dan Kabupaten Semarang
Selatan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Temanggung
Barat Kabupaten Batang

Jarak terjauh wilayah Kabupaten Kendal dari Barat ke Timur adalah sejauh 40 Km, sedangkan dari Utara ke Selatan adalah sejauh 36 Km.
Kabupaten Kendal dan terletak 25 km di sebelah barat Kota Semarang Kendal dilalui jalan Pantura (jalan negara) yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya. Kendal mempunyai luas wilayah sebesar 1.002,23 Km2 untuk daratan dan luas wilayah sebesar 313,20 Km2 totalnya seluas 1315,43 Km2 yang terbagi menjadi 20 Kecamatan dengan 265 Desa serta 20 Kelurahan.

Kabupaten Kendal mempunyai pantai sepanjang 41,0 Km2, terbentang di 25 Kelurahan/Desa yaitu desa Mororejo, Wonorejo (Kecamatan Kaliwungu), kemudian Desa Purwokerto,Turunrejo (Kecamatan Brangsong), kemudian Kelurahan Banyutowo, Karangsari, Bandengan, Balok, Kalibuntu (Kecamatan Kendal), kemudian Desa Wonosari, Kartika Jaya, Pidodo Wetan, Pidodo Kulon (Kecamatan Patebon), kemudian Desa Margorejo, Korowelang Anyar, Korowelang Kulon, Kalirandu Gede, Kali Ayu,Juwiring, Sidomulyo (Kecamatan Cepiring), selanjutnya Desa Kali Rejo,Tanjung Mojo, Jungsemi, Sendang Kulon (Kecamatan Kangkung), serta Desa Sendang Sikucing, Gempol Sewu (Kecamatan Rowosari).

Topografi[sunting | sunting sumber]

Secara umum, wilayah Kabupaten Kendal terbagi menjadi 2 (dua) daerah dataran, yaitu daerah dataran rendah (pantai) dan daerah dataran tinggi (pegunungan). Wilayah Kabupaten Kendal bagian utara merupakan daerah dataran rendah dengan ketinggian antara 0–10 meter dpl, yang meliputi Kecamatan:

  1. Weleri
  2. Rowosari
  3. Kangkung
  4. Cepiring
  5. Gemuh
  6. Ringinarum
  7. Pegandon
  8. Ngampel
  9. Patebon
  10. Kota Kendal
  11. Brangsong
  12. Kaliwungu

Wilayah Kabupaten Kendal bagian selatan merupakan daerah dataran tinggi yang terdiri atas tanah pegunungan dengan ketinggian antara 10–2.579 meter dpl, meliputi Kecamatan:

  1. Plantungan
  2. Pageruyung
  3. Sukorejo
  4. Patean
  5. Boja
  6. Limbangan
  7. Singorojo
  8. Kaliwungu Selatan

Iklim dan Curah Hujan[sunting | sunting sumber]

Mengingat wilayah Kabupaten Kendal yang terbagi menjadi 2 (dua) daerah dataran, maka kondisi tersebut memengaruhi kondisi iklim wilayah Kabupaten Kendal. Wilayah Kabupaten Kendal bagian utara yang didominasi oleh daerah dataran rendah dan berdekatan dengan Laut Jawa, maka kondisi iklim di daerah tersebut cenderung lebih panas dengan suhu rata-rata 27 °C. Sedangkan wilayah Kabupaten Kendal bagian selatan yang merupakan daerah pegunungan dan dataran tinggi, kondisi iklim di daerah tersebut cenderung lebih sejuk dengan suhu rata-rata 25 °C. Curah Hujan Rata-rata Tahunan 2.200 mm/Tahun.

Dalam Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air (RPSDA) Wilayah Sungai Bodri Kuto yang disahkan sesuai Peraturan Gubernur Jawa Tengah No. 40 Tahun 2012 tanggal 23 Agustus 2012, di Kabupaten Kendal ada 11 Daerah Aliran Sungai (DAS) sebagai berikut:

No Daerah Aliran Luas DAS Luas Daerah
Sungai (Km2) Irigasi (Ha)
1 Kuto 390,05 4.353
2 Damar 92,50 1.835
3 Bulanan 39,05 1.835
4 Blukar 143,05 1.108
5 Bodri 552,45 7.705
6 Buntu 29,35 0
7 Kendal 372,00 1.155
8 Blorong 128,30 2.577
9 Waridin 21,15 0
10 Aji 53,65 0
11 Plumbon 38,70 174
Total 1.860,25 20.742

Daerah Irigasi di DAS Buntu sudah menjadi kawasan pemukiman Kota Kendal, demikian pula di DAS Waridin, DAS Aji dan DAS Plumbon telah alih fungsi menjadi Kawasan Industri

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Daftar Bupati[sunting | sunting sumber]

      ABRI           GOLKAR           PDI-P           GERINDRA           INDEPENDENT
Flag of Indonesia.svg Bupati Kabupaten Kendal Emblem of Kendal Regency (2011).svg
No
Foto
Bupati
Masa Jabatan
Akhir Jabatan
Wakil Bupati
Keterangan
Masa Pemerintahan Kesultanan Mataram Flag of the Mataram Sultanate.svg
1
Tumenggung Bahurekso
(?-1628)
28 Juli 1605 26 Agustus 1628 N/A Adipati Pertama
2
Raden Ngabehi Wiroseco 1629 1641 N/A
3
Raden Ngabehi Mertoyudo 1641 1649 N/A
4
Raden Ngabehi Wongsodiprojo 1649 1650 N/A
5
Raden Ngabehi Wongsowiroprojo 1650 1661 N/A
6
Raden Ngabehi Wongsowirosroyo 1661 1663 N/A
7
Tumenggung Singowijoyo 1663 1668 N/A
8
Tumenggung Mertowijoyo I 1668 1700 N/A
9
Tumenggung Mertowijoyo II
(Kyai Kendil Wesi)
1700 1725 N/A
Masa Kolonial Belanda Flag of Netherlands.svg
10
Tumenggung Mertowijoyo III 1725 1739 N/A
11
Tumenggung Singowijoyo II 1739 1754 N/A
12
Tumenggung Soemonegoro I 1755 1780 N/A
13
Tumenggung Soemonegoro II 1780 1785 N/A
14
Tumenggung Soerohadinegoro II 1785 1796 N/A
15
Pangeran Ario Prawirodiningrat I 1796 1813 N/A
16
Pangeran Ario Prawirodiningrat II 1813 1830 N/A
17
Raden Tumenggung Purbodiningrat 1832 1850 N/A
18
KRT. Soerohadiningrat 1850 1857 N/A Bupati Asal Gresik
19
Pangeran Ario Notohamiprojo 1857 1891 N/A
20
Raden Mas Kamal Notonegoro 1891 1911 N/A
21
Patih Raden Cokro Hadisastro
(?-1914)
1911 1914 N/A Ipar R.A Kartini
22
Raden Mas Adipati Ario Notohamijoyo
(?-1949)
1914 1938 N/A
23
Raden Patih Notomudigdo 1938 1939 N/A Bupati Sementara
24
Raden Mas Saddin Purbonegoro 1939 1942 N/A
Masa Kolonial Jepang Flag of Japan.svg
25
Patih Raden Mas Kusuma Hudoyo 1942 1945 N/A Bupati Pada Masa Pendudukan Jepang
Masa Pemerintahan Indonesia Flag of Indonesia.svg
26
Soekarmo Djojonegoro 1945 1949 N/A Anggota Sangiin
27
Raden Roeslam[10] 1949 1950 N/A Bupati Sementara
28
Raden Prajitno Partodidjojo 1950 1956 N/A Patih Pekalongan
29
Raden Soedjono 1957 1960 N/A Bupati Blora
30
Raden Salatoen 1960 1966 N/A Wedana Weleri
31
Mayor
Soenardi
1966 1967 N/A
32
Letkol
RM Soerjo Soeseno
1967 1972 N/A
33
Drs.
Abdoes Saleh Ronowidjojo
1972 1979 N/A Bupati asal Madura
34
Drs.
Herman Soemarmo
(? -2018)
1979 1984 N/A Sekwilda Kota Tegal
35
Soedono Jusuf,
BA
21 Maret 1984 21 Maret 1989 N/A
36
Soemojo Hadiwinoto
SH
(1942-2012)
21 Maret 1989 21 Maret 1994 N/A
21 Maret 1994 21 April 1999 N/A
37
Drs
Djoemadi
21 April 1999 2000 N/A Bupati Sementara
38
H
Hendy Boedoro
SH. M.Si
(1957-2017)
2000 2002 Drs. H
Masduki Yusak
2002 2005 Lowong
22 Agustus 2005 22 Desember 2008 Dra. Hj
Siti Nurmarkesi
39
Dra Hj
Siti Nurmarkesi
(1961-)
22 Juli 2009 23 Agustus 2010 Lowong
40
dr Hj
Widya Kandi Susanti
(1964-)
23 Agustus 2010 23 Agustus 2015 KH
Mustamsikin
41
Mirna Annisa.jpg dr
Mirna Anissa
M.Si
(1981-)
17 Februari 2016 17 Februari 2021 Drs
Masrur Masykur
42
Dico M Ganinduto.jpg Dico Mahtado Ganinduto
B.Sc
(1990-)
26 Februari 2021 Petahana H
Windu Suko Basuki
SH
Bupati asal Jakarta

Dewan Perwakilan[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Kabupaten Kendal dalam dua periode terakhir.[11][12]

Partai Politik Jumlah Kursi dalam Periode
2014-2019 2019-2024
  PKB 6 Kenaikan 10
  Gerindra 4 Kenaikan 6
  PDI-P 9 Kenaikan 10
  Golkar 4 Penurunan 3
  NasDem 1 Kenaikan 2
  PKS 4 Penurunan 2
  Perindo (baru) 1
  PPP 5 Steady 5
  PAN 7 Penurunan 3
  Hanura 2 Penurunan 0
  Demokrat 3 Steady 3
Jumlah Anggota 45 Steady 45
Jumlah Partai 10 Steady 10

Kecamatan[sunting | sunting sumber]

Kabupaten Kendal terdiri dari 20 kecamatan, 20 kelurahan, dan 266 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 976.771 jiwa dengan luas wilayah 1.118,13 km² dan sebaran penduduk 873 jiwa/km².[13][14] Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Kendal.

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Kendal, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
Kecamatan Jumlah
Kelurahan
Jumlah
Desa
Status Daftar
Desa/Kelurahan
33.24.09 Brangsong 12 Desa
33.24.07 Boja 18 Desa
33.24.13 Cepiring 15 Desa
33.24.11 Gemuh 16 Desa
33.24.08 Kaliwungu 9 Desa
33.24.20 Kaliwungu Selatan 8 Desa
33.24.17 Kangkung 15 Desa
33.24.15 Kendal 20 - Kelurahan
33.24.06 Limbangan 16 Desa
33.24.19 Ngampel 12 Desa
33.24.01 Plantungan 12 Desa
33.24.02 Pageruyung 14 Desa
33.24.04 Patean 14 Desa
33.24.14 Patebon 18 Desa
33.24.10 Pegandon 12 Desa
33.24.18 Ringinarum 12 Desa
33.24.16 Rowosari 16 Desa
33.24.05 Singorojo 13 Desa
33.24.03 Sukorejo 18 Desa
33.24.12 Weleri 16 Desa
TOTAL 20 266

Website Desa dan Kelurahan[sunting | sunting sumber]

Sistem Informasi Desa dan Kelurahan Terintegrasi (DOKAR) di kembangkan pada tahun 2019 oleh Kabupaten Kendal dengan tujuan untuk menginformasikan berita, kegiatan, potensi, wisata dan menjadi satu data di Dashboard Informasi Kabupaten Kendal. Berikut alamat website Desa dan Kelurahan di Kabupaten Kendal:[15]

Kecamatan Desa Website
Kangkung Sukodadi sukodadi-kangkung.desa.id
Kangkung Sendangkulon sendangkulon.desa.id
Kangkung Kaliyoso kaliyoso.desa.id
Kangkung Sendangdawung sendangdawung.kendalkab.go.id
Kangkung Gebongnom wetan gebanganomwetan.kendalkab.go.id
Kangkung Jungsemi jungsemi.kendalkab.go.id
Kangkung Kadilangu kadilangu.desa.id
Kangkung Kalirejo kalirejo-kangkung.kendalkab.go.id
Kangkung Kangkung kangkung.kendalkab.go.id
Kangkung Karangmalang Wetan karangmalangwetan.kendalkab.go.id
Kangkung Laban leban.desa.id
Kangkung lebosari lebosari.kendalkab.go.id
Kangkung Rejosari rejosari-kangkung.kendalkab.go.id
Kangkung Tanjungmojo tanjungmojo.kendalkab.go.id
Kangkung truko truko.desa.id
Limbangan Limbangan limbangan-kendal.desa.id
Limbangan Tabet tabet.kendalkab.go.id
Limbangan Margosari margosari.kendalkab.go.id
Limbangan Jawisari jawisari.desa.id
Limbangan tamanrejo tamanrejo.kendalkab.go.id
Limbangan Pagerwojo pagerwojo.kendalkab.go.id
Limbangan Pagertoyo pagertoyo.desa.id
Limbangan tambahsari tambahsari.kendalkab.go.id
Limbangan kedungboto kedungboto.desa.id
Limbangan gonoharjo gonoharjo.desa.id
Limbangan sriwulan sriwulan-limbangan.desa.id
Limbangan Sumberahayu sumberahayu.desa.id
Limbangan Peron peron-limbangan.desa.id
Limbangan Pakis pakis.desa.id
Limbangan ngresepbalong ngesrepbalong.kendalkab.go.id
Limbangan Gondang gondang-limbangan.desa.id
Boja Bebengan bebengan.desa.id
Boja Meteseh meteseh.desa.id
Boja Kliris kliris.desa.id
Boja Puguh puguh-boja.kendalkab.go.id
Boja Trisobo trisobo.desa.id
Boja Boja Boja-kendal.desa.id
Boja Banjarejo banjarejo.kendalkab.go.id
Boja Blimbing blimbing-boja.desa.id
Boja Campurejo campurejo.desa.id
Boja Kaligading kaligading.desa.id
Boja Karangmanggis karangmanggis.kendalkab.go.id
Boja Leban leban.desa.id
Boja Medono medono.kendalkab.go.id
Boja Ngabean ngabean.kendalkab.go.id
Boja Pasigitan pasigitan.kendalkab.go.id
Boja Purwogondo purwogondo.kendalkab.go.id
Boja Salamsari salamsari.desa.id
Boja Tampingan tampingan.kendalkab.go.id
Ngampel Putatgede putatgede.desa.id
Ngampel Dempelrejo dempelrejo-ngampel.desa.id
Ngampel Sumbersari sumbersari-ngampel.desa.id
Ngampel Rejosari rejosari-ngampel.kendalkab.go.id
Ngampel Kebonagung kebonagung-ngampel.desa.id
Ngampel Jatirejo jatirejo.kendalkab.go.id
Ngampel Winong winong-ngampel.desa.id
Ngampel Ngampel Kulon ngampelkulon.kendalkab.go.id
Ngampel Banyu Urip banyuurip.desa.id
Ngampel Sudipayung sudipayung.kendalkab.go.id
Ngampel Ngampel Wetan ngampelwetan.desa.id
Ngampel Bojonggede bojonggede.kendalkab.go.id
Weleri Bumiayu bumiayu.desa.id
Weleri Sambongsari sambongsari.desa.id
Weleri Karanganom karanganom.kendalkab.go.id
Weleri Manggungsari manggungsari.desa.id
Weleri Nawangsari Nawangsari.kendalkab.go.id
Weleri Karangdowo karangdowo.kendalkab.go.id
Weleri Montongsari montongsari.kendalkab.go.id
Weleri Ngasinan ngasinan.kendalkab.go.id
Weleri Payung payung.kendalkab.go.id
Weleri Penaruban penaruban.kendalkab.go.id
Weleri Penyangkringan penyangkringan.desa.id
Weleri Pucuksari pucuksari.kendalkab.go.id
Weleri Sidomukti sidomukti.kendalkab.go.id
Weleri Sumberagung sumberagung.kendalkab.go.id
Weleri Tratemulyo tratemulyo.kendalkab.go.id
Weleri Weleri weleri.kendalkab.go.id
Gemuh Triharjo triharjo.kendalkab.go.id
Gemuh Sojomerto sojomerto.kendalkab.go.id
Gemuh Cepokomulyo cepokomulyo.kendalkab.go.id
Gemuh Galih galih.kendalkab.go.id
Gemuh Gemuhblanten gemuhblanten.desa.id
Gemuh Gebang gebang.kendalkab.go.id
Gemuh Janarsari jenarsari.kendalkab.go.id
Gemuh Johorejo johorejo.desa.id
Gemuh Krompaan krompaan.kendalkab.go.id
Gemuh Lumansari lumansari.kendalkab.go.id
Gemuh Pamriyan pamriyan.kendalkab.go.id
Gemuh Poncorejo poncorejo.kendalkab.go.id
Gemuh Pucangrejo pucangrejo.kendalkab.go.id
Gemuh Sedayu sedayu.kendalkab.go.id
Gemuh Tamangede tamangede.kendalkab.go.id
Gemuh Tlahab tlahab.kendalkab.go.id
Plantungan Wonodadi wonodadi-plantungan.desa.id
Plantungan Karanganyar karanganyar-plantungan.desa.id
Plantungan Tirtomulyo tirtomulyo.desa.id
Plantungan Jati jati.desa.id
Plantungan Kediten kediten.desa.id
Plantungan Manggungmangu manggungmangu.desa.id
Plantungan Blumah blumah.kendalkab.go.id
Plantungan Bendosari bendosari.desa.id
Plantungan Jurangagung jurangagung.desa.id
Plantungan Mojoangung mojoagung.kendalkab.go.id
Plantungan Tlogopayung tlogopayung.kendalkab.go.id
Plantungan Wadas wadas.desa.id
Rowosari Tambaksari tambaksari-rowosari.desa.id
Rowosari Bulak bulak.desa.id
Rowosari Tanjungsari tanjungsari-rowosari.desa.id
Rowosari Wonotenggang wonotenggang.desa.id
Rowosari Gebanganom gebanganom.desa.id
Rowosari SendangSekucing sendangsikucing.desa.id
Rowosari Kebonsari kebonsari-rowosari.desa.id
Rowosari Gempolsewu gempolsewu.desa.id
Rowosari Tanjunganom tanjunganom-rowosari.desa.id
Rowosari Rowosari rowosari.desa.id
Rowosari Parakan parakan.desa.id
Rowosari Pojoksari pojoksari.desa.id
Rowosari Jati Purwo jatipurwo.desa.id
Rowosari Karangsari karangsari-rowosari.desa.id
Rowosari Sendangdawuhan sendangdawuhan.desa.id
Rowosari Randusari randusari-rowosari.desa.id
Brangsong Rejosari rejosari-brangsong.desa.id
Brangsong Turunrejo turunrejo.desa.id
Brangsong Sumur sumur-kendal.desa.id
Brangsong Kertomulyo kertomulyo.kendalkab.go.id
Brangsong Blorok blorok.kendalkab.go.id
Brangsong Brangsong brangsong.kendalkab.go.id
Brangsong Kebon Adem kebonadem.desa.id
Brangsong Penjalin penjalin.desa.id
Brangsong Purwokerto purwokerto-brangsong.desa.id
Brangsong Sidorejo sidorejo.kendalkab.go.id
Brangsong Tosari tosari.desa.id
Brangsong Tunggulsari tunggulsari.desa.id
Kaliwungu Karangtengah karangtengah-kaliwungu.desa.id
Kaliwungu Sarirejo sarirejo.desa.id
Kaliwungu Nolokerto nolokerto.desa.id
Kaliwungu Sumberejo sumberejo-kaliwungu.desa.id
Kaliwungu Kutoharjo kutoharjo.desa.id
Kaliwungu Mororejo Mororejo.kendalkab.go.id
Kaliwungu Krajankulon Krajankulon.kendalkab.go.id
Kaliwungu Kumpulrejo kumpulrejo-kaliwungu.kendalkab.go.id
Kaliwungu wonorejo wonorejo.kendalkab.go.id
Sukorejo Kalibogor kalibogor.desa.id
Sukorejo Kebumen kebumen-sukorejo.desa.id
Sukorejo Ngadiwarno Ngadiwarno.kendalkab.go.id
Sukorejo Peron peron-sukorejo.desa.id
Sukorejo Bringinsari beinginsari.kendalkab.go.id
Sukorejo Damarjati damarjati.kendalkab.go.id
Sukorejo Genting Gunung Gentinggunung.kendalkab.go.id
Sukorejo Harjodowo harjodowo.kendalkab.go.id
Sukorejo Kalipakis kalipakis.kendalkab.go.id
Sukorejo Mulyosari mulyosari.kendalkab.go.id
Sukorejo Ngargosari ngargosari.kendalkab.go.id
Sukorejo Pesaren pesarean.kendalkab.go.id
Sukorejo Purwo Sari purwosari.kendalkab.go.id
Sukorejo Selokaton selokaton.kendalkab.go.id
Sukorejo Sukorejo sukorejo.kendalkab.go.id
Sukorejo Taman Rejo tamanrejo-sukorejo.kendalkab.go.id
Sukorejo Tamping Winarno tampingwinarno.kendalkab.go.id
Sukorejo Trimulyo trimulyo.kendalkab.go.id
Pageruyung Surokonto Wetan surokontowetan.desa.id
Pageruyung Kebon gembong kebongembong.desa.id
Pageruyung Gebangan gebangan.desa.id
Pageruyung Tambahrejo tambahrejo.kendalkab.id
Pageruyung Bangunsari bangunsari-pageruyung.kendalkab.go.id
Pageruyung Getas Blawong getasblawong.kendalkab.go.id
Pageruyung Gondoharum gondoharum.desa.id
Pageruyung Krikil krikil.kendalkab.go.id
Pageruyung Pagergunung pagergunung.kendalkab.go.id
Pageruyung Pageruyung pageruyung.kendalkab.go.id
Pageruyung Parakan sabaran parakansebaran.kendalkab.go.id
Pageruyung Petung petung.kendalkab.go.id
Pageruyung Pucakwangi pucakwangi.kendalkab.go.id
Pageruyung Surokonto Kulon surokontokulon.kendalkab.go.id
Kaliwungu Selatan Protomulyo protomulyo.desa.id
Kaliwungu Selatan Darupono darupono.kendalkab.go.id
Kaliwungu Selatan Sidomakmur sidomakmur-kaliwunguselatan.desa.id
Kaliwungu Selatan Magelung magelung.desa.id
Kaliwungu Selatan Jerukgiling jerukgiling.kendalkab.go.id
Kaliwungu Selatan Kedungsuren kedungsuren.kendalkab.go.id
Kaliwungu Selatan Plantaran plantaran.kendalkab.go.id
Kaliwungu Selatan Sukomulyo sukomulyo-kaliwunguselatan.desa.id
Ringinarum Kedunggading kedunggading.kendalkab.go.id
Ringinarum Pagerdawung pagerdawung.desa.id
Ringinarum Purworejo purworejo-ringinarum.desa.id
Ringinarum Rowobranten rowobranten.desa.id
Ringinarum Caruban caruban.kendalkab.go.id
Ringinarum Kedungasri kedungasri.kendalkab.go.id
Ringinarum Mojo mojo.kendalkab.go.id
Ringinarum Ngawensari ngawensari.kendalkab.go.id
Ringinarum Ngerjo ngerjo.desa.id
Ringinarum Ringinarum ringinarum.kendalkab.go.id
Ringinarum Tejorejo tejorejo.kendalkab.go.id
Ringinarum Wungurejo wungurejo.kendalkab.go.id
Singorojo Singorojo singorojo-kendal.desa.id
Singorojo Ngareanak ngareanak.desa.id
Singorojo Cacaban cacaban.kendalkab.go.id
Singorojo Kalirejo kalirejo-singorojo.kendalkab.go.id
Singorojo Kertosari kertosari-singorojo.desa.id
Singorojo Kaliputih kaliputih.kendalkab.go.id
Singorojo Kedungsari kedungsari.desa.id
Singorojo Sukodadi sukodadi.desa.id
Singorojo Getas getas-singorojo.desa.id
Singorojo Merbuh merbuh.kendalkab.go.id
Singorojo Banyuringin banyuringin.kendalkab.go.id
Singorojo Trayu trayu.desa.id
Singorojo Cening cening.kendalkab.go.id
Patean Gedong gedong.kendalkab.go.id
Patean Pagersari pagersari-patean.desa.id
Patean Wirosari wirosari.kendalkab.go.id
Patean Curugsewu curugsewu.desa.id
Patean Kalibareng kalibareng.desa.id
Patean Kalices kalices.kendalkab.go.id
Patean Kalilupang kalilumpang.kendalkab.go.id
Patean Mlatiharjo mlatiharjo.kendalkab.go.id
Patean Pakisan Pakisan.kendalkab.go.id
Patean Plososari plososari.kendalkab.go.id
Patean Selo selo.kendalkab.go.id
Patean Sidodadi sidodadi.kendalkab.go.id
Patean Sidokumpul sidokumpul.kendalkab.go.id
Patean Sukomangli Sukomangli.kendalkab.go.id
Cepiring Cepiring cepiring.kendalkab.go.id
Cepiring Pandes pandes.desa.id
Cepiring Botomulyo botomulyo.desa.id
Cepiring Gondang gondang-cepiring.desa.id
Cepiring Damarsari damarsari.kendalkab.go.id
Cepiring Juwiring juwiring.desa.id
Cepiring Kaliayu kaliayu.kendalkab.go.id
Cepiring Kalirandugede kalirandugede.kendalkab.go.id
Cepiring Karangayu karangayu.kendalkab.go.id
Cepiring Karangsuno karangsuno.kendalkab.go.id
Cepiring Korowelang Anyar korowelanganyar.desa.id
Cepiring Korowelang Kulon korowelangkulon.kendalkab.go.id
Cepiring Margorejo margorejo-cepiring.desa.id
Cepiring Podosari podosari.kendalkab.go.id
Cepiring Sidomulyo sidomulyo-cepiring.desa.id
Pegandon Penanggulan penanggulan.kendalkab.id
Pegandon Puguh puguh-pegandon.desa.id
Pegandon Tegorejo tegorejo.desa.id
Pegandon Pegandon pegandon.kendalkab.go.id
Pegandon Dawungsari dawungsari.kendalkab.go.id
Pegandon Gubugsari gubugsari.kendalkab.go.id
Pegandon Karangmulyo karangmulyo.kendalkab.go.id
Pegandon Margomulyo margomulyo.kendalkab.go.id
Pegandon Pekuncen pekuncen.kendalkab.go.id
Pegandon Pesawahan pesawahan.kendalkab.go.id
Pegandon Pucang rejo pucangrejo.kendalkab.go.id
Pegandon Wonosari wonosari.kendalkab.go.id
Patebon Purwokerto purwokerto.desa.id
Patebon Lanji lanji.desa.id
Patebon Kebonharjo kebonharjo.desa.id
Patebon Jambearum jambearum.desa.id
Patebon Bangunrejo bangunrejo-patebon.desa.id
Patebon Bangunsari bangunsari-patebon.desa.id
Patebon Bulugede bulugede.desa.id
Patebon Donosari donosari.desa.id
Patebon Kartikajaya kartikajaya.desa.id
Patebon Kumpulrejo kumpulrejo.desa.id
Patebon Magersari magersari.desa.id
Patebon Margosari margosari.kendalkab.go.id
Patebon Pidodo Kulon pidodokulon.desa.id
Patebon Pidodo Wetan pidodowetan.kendalkab.go.id
Patebon Purwosari purwosari-patebon.desa.id
Patebon Sukolilan sukolilan.desa.id
Patebon Tambakrejo tambakrejo.kendalkab.go.id
Patebon Wonosari wonosari-patebon.desa.id
Kelurahan Balok balok.kendalkab.go.id
Kelurahan Ngilir ngilir.kendalkab.go.id
Kelurahan Bandengan bandengan.kendalkab.go.id
Kelurahan Pegulon pegulon.kendalkab.go.id
Kelurahan Patukangan patukangan.kendalkab.go.id
Kelurahan Pekauman Pekauman.kendalkab.go.id
Kelurahan Tunggulrejo Tunggulrejo.kendalkab.go.id
Kelurahan Sijeruk Sijeruk.kendalkab.go.id
Kelurahan kalibuntu wetan kalibuntuwetan.kendalkab.go.id
Kelurahan Bugangin bugangin.kendalkab.go.id
Kelurahan Jetis jetis.kendalkab.go.id
Kelurahan Jotang Jotang.kendalkab.go.id
Kelurahan Trompo Trompo.kendalkab.go.id
Kelurahan Sukodono Sukodono.kendalkab.go.id
Kelurahan Candiroto candiroto.kendalkab.go.id
Kelurahan Banyutowo banyutowo.kendalkab.go.id
Kelurahan Ketapang ketapang.kendalkab.go.id
Kelurahan Langenharjo langenharjo.kendalkab.go.id
Kelurahan Kebondalem kebondalem.kendalkab.go.id
Kelurahan Karangsari karangsari.kendalkab.go.id

Rencana Pembangunan Daerah[sunting | sunting sumber]

  • The Light Library Kendal (Perpustakaan Kendal)
  • Alun-alun Boja
  • Creative Hub
  • Command Center
  • Revitalisasi Alun-alun Kendal
  • Revitalisasi Alun-alun Kaliwungu
  • jalur sepeda Kenjuran

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sektor pendidikan di Kabupaten Kendal terdiri dari berbagai macam. Dari mulai pendidikan formal, informal, dan non formal. Hampir disetiap Kecamatan terdapat sarana dan prasarana pendidikan. Terkait dengan pendidikan formalnya, di Kabupaten ini telah memiliki ratusan TK dan Sekolah Dasar atau yang sederajat. Demikian pula dengan SMP atau yang sederajat, semua kecamatan di kabupaten ini terdapat SMP atau yang sederajat. Demikian pula dengan pendidikan menengah. Di Kabupaten kendal pada awal tahun 2008 memiliki 30 SMA yang terdiri dari 14 SMA Negeri dan 16 SMA Swasta. Berdasarkan program yang dibuka dari 30 sekolah terdapat 4 sekolah yang memiliki program lengkap IPA, IPS dan Bahasa adalah: (1) SMA 1 Kendal, (2) SMA 1 Boja, (3) SMA 1 Weleri, dan (4) SMA 1 Sukorejo. Sedangkan pendidikan menengah kejuruan (SMK) memiliki 22 SMK yang terdiri dari 7 SMK Negeri dan 13 SMK Swasta dan 2 SMK kelas jauh di Pondok pesantren.

Untuk tingkat sekolah menengah pertama di kabupaten Kendal memililik SMP yang berstatus RSBI yaitu Rintisan Sekolah Berstandar Internasional. SMP RSBI di kabupaten Kendal ada dua yaitu: (1) SMP Negeri 1 Weleri dan (2) SMP Negeri 2 Kendal

SMA Negeri & Swasta[sunting | sunting sumber]

SMK Negeri/Swasta[sunting | sunting sumber]

MA/MAS Negeri/Swasta[sunting | sunting sumber]

Perguruan Tinggi[sunting | sunting sumber]

Kabupaten Kendal juga memiliki beberapa universitas atau perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta antara lain:

Demografi[sunting | sunting sumber]

Penduduk Kabupaten Kendal adalah semua orang yang berdomisili di wilayah geografis Kabupaten Kendal selama 6 bulan atau lebih dan atau mereka yang berdomisili kurang dari 6 bulan tetapi bertujuan untuk menetap. Jumlah penduduk Kabupaten Kendal Tahun 2004 sebanyak 899.211 jiwa, yang terdiri dari 443.974 (49,34%) penduduk laki-laki dan sebanyak 455.237 (50,66%) penduduk perempuan.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

pintu gerbang kota Kendal.

Kendal berada di jalur pantura yang sangat ramai, serta jalan Provinsi Ke selatan antara Kabupaten Kendal Dengan Kabupaten Temanggung.

Angkutan umum pada umumnya dilayani oleh bus, becak dan angkutan kota. Kendal juga dilintasi jalur kereta api, ada tiga stasiun (Weleri, Kalibodri dan Kaliwungu) dengan stasiun terbesarnya Weleri. Beberapa kereta api jarak jauh singgah di stasiun Weleri, sementara Stasiun Kalibodri dan Kaliwungu hanya berfungsi sebagai tempat persilangan dan persusulan KA saja. Sedangkan Stasiun Kendal Itu Nonaktif karena masih Kalah dengan moda Transportasi seperti mobil bus dan motor.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Kabupaten Kendal memiliki Stadion Utama Kebondalem, sebuah stadion tipe Stadion Madya Olimpiade kategori B yang memiliki kapasitas 12.000 penonton dan merupakan markas dari klub sepak bola Persik Kendal. Selain itu ada beberapa gelanggang olah raga di Kendal antara lain Stadion Bahurekso untuk olahraga sepak bola dan GOR Sasana Krida Bahurekso yang digunakan oleh beberapa klub bola voli dari Kendal.

Seni dan Budaya[sunting | sunting sumber]

Kabupaten Kendal kaya dengan kegiatan budaya baik yang bersifat tradisional maupun agamais seperti Syawalan Kaliwungu (event ini sudah terkenal hampir di seluruh Pulau Jawa), Tari Rodhat, Sedekah Laut Tanggul Malang, Pesta Laut Tawang dan Pantai Bandengan. Di samping itu terdapat beberapa makam dari tokoh-tokoh adat maupaun penyebar Agama Islam di antaranya adalah Makam Pangeran Djuminah, Kiai Asyari, Sunan Katong, Paku Wojo yang terletak di Kecamatan Kaliwungu, Makam Pangeran Benowo di Kecamatan Pegandon dan Makam Kiai Seapu di Kecamatan Boja. Di Cepiring juga ada pasar Cepiring dan berbagai macam padagang di antara toko sepeda BMS yang dari dulu sudah ada di sana.

Pakaian Adat Kendal[sunting | sunting sumber]

Putra: Blangkon model Mataram mondol trepes, jebeh nutup telinga. Busana bagian atas menggunakan beskap Sutowijayan (bagian depan nutup ke kanan dan jatuh lurus ke bawah dengan 3 saku, bagian belakang landung dan belahan di samping kiri dan kanan). Bagian bawah menggunakan nyamping/kain pesisiran menggunakan sabuk, epek timang, memakai keris/duwung, dan menggunakan selop tertutup.

Putri: Sanggul khas Kendal, rambut disasak dan dirapikan seperti halnya membuat sanggul jawa dan bagian samping kanan dan kiri dibentuk mepet telinga (tanpa sunggar). Kemudian untuk bentuk sanggulnya menggunakan sanggul Jawa Solo ukuran kecil dengan 3 tusuk konde model lingkar.

Tari Rodhat[sunting | sunting sumber]

Tari Rodhat/Lengguk, merupakan tari pergaulan yang bersifat massal yang diiringi alat musik terbang (semacam rebab) dengan lagu lagu pujian kepada Allah SWT seperti Selawatan dan Kasidahan.

Opak Abang[sunting | sunting sumber]

Opak Abang, merupakan akronimis dari kata kethoprak dan terbang. Artinya pertunjukan drama tradisional (kethoprak) yang diiringi musik dengan dominasi terbang. Kesenian ini berbasis pada drama tradisional yang menampilkan cerita-cerita babat dan legenda maupun cerita rekaan yang berkubang pada persoalan pada persolan kemanusiaan. Karakteristik yang paling menonjol pada kesenian ini di samping iringan musiknya yang menggunakan instrumen perkusi terbang, kostumnya yang khas berupa sarung dan peci. Hal ini memberikan tanda bahwa kesenian ini berbasis akrab dengan kondisi kemasyarakatan di sekitarnya.

Simthud Dhuror[sunting | sunting sumber]

Simthud Dhuror, merupakan selawatan untuk memuji junjungan Nabi Muhammad. Kalau di bulan Rabiul Awal (Maulud) diadakan Safari maulud, yaitu acara mauludan secara berkeliling/bergilir di penjuru kota/kabupaten.

Barongan / Singa Barong

Kuliner Khas[sunting | sunting sumber]

Makanan[sunting | sunting sumber]

  • Momoh
  • Sate Bumbon
  • Rica Rica Menthog
  • Bebek Ijo
  • Soto Kendal
  • Pecel Kembang Turi
  • Kluban Turi
  • Bandeng Tanpa Duri (Tandu)
  • Mangut Lele
  • Brongkos
  • Telur Ikan Mimi
  • Panggang Ikan Klayar
  • Mangut Kepala Ikan Manyung

Minuman[sunting | sunting sumber]

  • Bir Jawa
  • Kopi Cacaban
  • Sirup Jahe

Oleh oleh[sunting | sunting sumber]

  • Kerupuk Petis
  • Kerupuk Rambak
  • Kerupuk Tayammum (Goreng Wedi)
  • Spesial Gulali Khas Kendal
  • Olahan Jambu Getas Merah
  • Emping Bandeng
  • Abon Bandeng Cabut Duri
  • Stik Balado Pedas
  • Kerupuk Duri Bandeng
  • Krecek Ketan Bandeng Cabut Duri
  • Sumpil
  • Ondal Andil

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Salah satu objek wisata terkenal di Kabupaten Kendal adalah Curug Sewu, yakni air terjun tiga tingkat setinggi 80 meter, terletak di Kecamatan Patean (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung).

Wisata Alam[sunting | sunting sumber]

Beberapa objek pariwisata lain di Kabupaten Kendal:

  • Pemandian air panas Gonoharjo Nglimut di lereng Gunung Ungaran
  • Pantai Muara Kencan di Kecamatan Patebon
  • Pantai Ngebum di Kecamatan Kaliwungu
  • Pantai Sendang Sekucing di Kecamatan Rowosari.
  • Agrowisata kebun teh Medini di Kecamatan Limbangan, di mana tampak pemandangan Kota Semarang dari atas di Gunung Ungaran yang berketinggian 2.100 meter
  • Goa Kiskendo di Kecamatan Singorojo; goa ini mempunyai legenda tentang Mahesa Sura dan Lembu Sura serta Sugriwa dan Subali
  • Kolam Renang Boja di Kecamatan Boja. Di tempat ini ada tersedia dua kolam yaitu kolam renang ukuran olimpiade dan kolam untuk anak anak. Wisata ini berada di pusat Kecamatan Boja.
  • Agrowisata Sekatul. Terletak di Kecamatan Limbangan, sekitar 30 km ke arah selatan dari Kendal. Terdapat perkebunan buah stroberi dan buah-buahan lainnya, pemancingan, serta taman bermain untuk anak anak.
  • Srendeng Agrowisata. Terletak di Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, merupakan wisata Agro berbasis pendidikan terdiri dari Wisata Kebun, Peternakan, Pertanian, Outbound, Mebel dan village tour.
  • Curug Semawur di Desa Blumah Kecamatan Plantungan
  • Curug Penglebur Gongso di Desa Gondang Limbangan
  • Agrowisata Ngebruk Patean Surga Buah Unggul di Sidokumpul Patean
  • Pantai Cahaya/The Sea. Penangkaran Satwa Langka sejenis mamalia air, juga ada Dolphin Therapy yaitu pengobatan dengan media lumba-lumba
  • Desa Wisata Cacaban. Terletak di desa Cacaban Singorojo Kendal
  • Curug Jeglong. Terletak di Desa Bendosari Kecamatan Plantungan
  • Bukit Tegal Santun di Sambongsari Weleri Kendal
  • Pantai Indah Kemangi di Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung
  • Daftar Wisata Kendal Terbaru Tahun 2022

Wisata Religi[sunting | sunting sumber]

Beberapa objek wisata religi di Kabupaten Kendal:

  • Makam Sunan Bromo di Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal
  • Makam Kiai Mandurorejo (bupati Pekalongan I) Protomulyo Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal
  • Makam Wali Gembyang di Patukangan Kota Kendal
  • Makam Wali Joko di Komplek Masjid Agung Kendal
  • Makam Wali Hadi di Komplek Masjid Agung Kendal
  • Makam Pangeran Djoeminah di Kaliwungu
  • Makam Tumenggung Mertowijoyo (bupati Kendal VIII / Kyai Kendil Wesi) di Sukolilan Patebon Kendal
  • Makam Sunan Abinowo di Pekuncen Pegandon
  • Makam Kiai Asy'ari di Kaliwungu
  • Makam Petilasan Krapyak di Jatirejo Ngampel Kendal
  • Makam Pengeran Benowo di Pekuncen Pegandon Kendal
  • Peziarahan Gua Bunda Maria Ratu Besokor di Kecamatan Weleri
  • Makam Pangeran Sambong di Sambongsari Weleri Kendal

Event[sunting | sunting sumber]

Tokoh Terkenal[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Visualisasi Data Kependudukan Kementerian Dalam Negeri - Dukcapil 2021" (Visual). www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diakses tanggal 1 Oktober 2021. 
  2. ^ "Metode Baru Indeks Pembangunan Manusia 2019-2020" (pdf). www.bps.go.id. Diakses tanggal 1 Oktober 2021. 
  3. ^ "Rincian Alokasi Dana Alokasi Umum Provinsi/Kabupaten Kota Dalam APBN T.A 2020" (pdf). www.djpk.kemenkeu.go.id. (2020). hlm. 8. Diakses tanggal 1 Oktober 2021. 
  4. ^ "Flora Identitas Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah". 2010-11-05. Diakses tanggal 2015-05-23. 
  5. ^ "Fauna Identitas Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah". 2010-10-03. Diakses tanggal 2015-05-23. 
  6. ^ Iswahyudi (2017-11-16). "Sejumlah Pihak Minta Logo Kabupaten Kendal Dikembalikan yang Lama". medcom.id. Diakses tanggal 2021-12-29. 
  7. ^ "Kendal Bersiap Ganti Lambang Daerah | Semarang Bisnis.com". Bisnis.com. 2019-09-04. Diakses tanggal 2021-12-29. 
  8. ^ a b Sailendra, Hanief. "Logo Lama Kendal di Tenda-tenda Depan Kantor Bupati Akan Ditertibkan - Suara Merdeka". Logo Lama Kendal di Tenda-tenda Depan Kantor Bupati Akan Ditertibkan - Suara Merdeka. Diakses tanggal 2021-12-29. 
  9. ^ Tasropi (2020-01-22). "Komisi A Persoalkan Logo Lama". RADARSEMARANG.ID. Diakses tanggal 2021-12-29. 
  10. ^ De Locomotief
  11. ^ PEROLEHAN KURSI DPRD KENDAL 2014-2019
  12. ^ Perolehan Kursi DPRD Kendal 2019-2024
  13. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Desember 2018. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  14. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 15 Januari 2020. 
  15. ^ "Dokar Kendal". dokar.kendalkab.go.id. Diakses tanggal 2022-03-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]