Pantai Papuma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sunset Papuma Beach (2017)

Pantai Papuma adalah sebuah pantai yang menjadi tempat wisata di Kabupaten Jember, provinsi Jawa Timur, Indonesia. Nama Papuma[1] sendiri sebenarnya adalah sebuah singkatan dari “Pasir Putih Malikan.

Pantai papuma berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Pantai papuma adalah salah satu pantai yang cukup populer dan terkenal di Jember. Walaupun jarak sekitar 40 kilometer cukup jauh dari pusat kota Jember. Namun, keindahan pasir putih Malikan ini cukup eksotis dan mampu menarik perhatian wisatawan lokal hingga mancanegara untuk datang kesana.

Papuma

Sejarah Pantai Papuma[sunting | sunting sumber]

Pantai Papuma mulai dibuka secara resmi sejak tahun 1994, namun di tahun 1998 wisata pantai di jember yang ini baru mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Menurut sejarah, dulu pada jaman penjajahan Jepang hutan yang ada di sekitar pantai Papuma ini dijadikan sebagai markas dan benteng Jepang ketika perang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • ^ "Wisata Pantai Papuma Di Jember Merupakan Pantai Paling Eksotis Yang Ada Di Jawa Timur". www.eastjava.com. Diakses tanggal 2019-06-13.