Jalan Tol Serang–Panimbang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Motorway CZ.svg

Jalan Tol Serang-Panimbang
Informasi rute
Panjang:83.6 km (51,9 mi)
Persimpangan besar
Ujung yang sebelumnya:Jalan Tol Jakarta-Merak
Letak
Kota besar:Kota Serang
Kabupaten Serang
Lebak
Pandeglang
Sistem jalan bebas hambatan
AH 2

Jalan Tol di Indonesia

Jalan Tol Serang - Panimbang merupakan jalan tol yang menghubungkan Serang dan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung, Banten. Jalan Tol Serang–Panimbang akan tersambung dengan Jalan Tol Jakarta-Merak. Jalan tol ini memiliki panjang 83,6 kilometer dangan luas total 785 hektare. Jalan tol ini melewati Kota Serang, Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang dengan melewati 14 kecamatan dan 48 desa/kelurahan. Jalan tol ini digunakan untuk mendukung akses jalan menuju Taman Nasional Ujung Kulon serta Tanjung Lesung. Selain itu juga untuk mendukung akses pengiriman logistik/barang dari kawasan industri di Pandeglang, Banten hingga Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan Pelabuhan Merak, Banten.[1] Rencananya, jalan tol ini beroperasi pada tahun 2019 mendatang.

Seksi[sunting | sunting sumber]

Jalan Tol Serang-Panimbang
Panjang 83.6 km
Pembangunan -
Pengelola -

Jalan Tol Serang–Panimbang dibagi menjadi 3 seksi yaitu:[2]

Seksi Wilayah
I Kota Serang-Rangkasbitung
II Rangkasbitung-Bojong
III Bojong-Panimbang

Seksi I dari Kota Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km saat ini sedang dibangun dan ditargetkan selesai pada bulan November 2019 dan setelah uji kelayakan selama dua atau tiga bulan bisa dilalui pada awal 2020.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jalan Tol Serang – Panimbang". Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas. Diakses tanggal 30 April 2019. 
  2. ^ "Pembangunan Tol Serang-Panimbang Ditargetkan Rampung 2018". Tempo. Antara. 13 Juli 2016. Diakses tanggal 30 April 2019. 
  3. ^ Nazmudin, Acep (2 Maret 2019). Meiliana, Diamanty, ed. "November 2019, Serang-Rangkasbitung Terhubung Jalan Tol". Kompas. Diakses tanggal 30 April 2019.