Maja, Lebak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Maja
Negara Indonesia
ProvinsiBanten
KabupatenLebak
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total... jiwa
Kode Kemendagri36.02.13 Edit nilai pada Wikidata
Kode BPS3602190 Edit nilai pada Wikidata
Luas109 km²
Desa/kelurahan-

Maja adalah kecamatan di Kabupaten Lebak, provinsi Banten, Indonesia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Wilayah Kecamatan Maja berada di bagian utara Kabupaten Lebak dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah timur. Di sebelah barat, Kecamatan Maja berbatasan dengan Kecamatan Rangkasbitung. Wilayah Kecamatan Maja di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang. Sedangkan di sebelah selatan, wilayah Kecamatan Maja berbatasan dengan Kecamatan Sajira dan Kecamatan Curugbitung.[1] Kecamatan Maja merupakan jalan alternatif lintas provinsi menuju Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Dasar hukum[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Maja sendiri telah ditetapkan sebagai Kota Kekerabatan berdasarkan Surat Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) No. 02/KPTS/M/1998. Kota Kekerabatan Kecamatan Maja diproyeksikan menjadi salah satu penyangga di bagian barat Metropolitan Jakarta Raya.

Sementara, saat ini di sisi barat Jakarta Raya terdapat lahan yang masih luas dan memiliki potensi yaitu Kecamatan Maja, yang terletak pada 4 kabupaten yaitu Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang dan Kabupaten Bogor. Luas area Kecamatan Maja secara keseluruhan mencapai 10.900 Ha (109 km²) dengan rincian Kecamatan Maja di Kabupaten Lebak seluas 5.250 hektar, Kecamatan Solear (sebelumnya masih wilayah Kecamatan Cisoka) dan Tigaraksa di Kabupaten Tangerang seluas 2.650 Ha, dan Kecamatan Tenjo di Kabupaten Bogor seluas 3.000 Ha.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Maja terdiri atas 14 desa, yaitu:

  1. Desa Maja
  2. Desa Maja Baru
  3. Desa Sangiang
  4. Desa Tanjung Sari
  5. Desa Cilangkap
  6. Desa Pasir Kecapi
  7. Desa Pasir Kembang
  8. Desa Padasuka
  9. Desa Mekarsari
  10. Desa Binong
  11. Desa Gubugcibeureum
  12. Desa Curug Badak
  13. Desa Sindangmulya
  14. Desa Buyut Mekar

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Maja memiliki 30 Sekolah Dasar Negeri (SDN), dan 2 Sekolah MI Swasta. Terdapat juga 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) dan 5 sekolah MTS swasta. Untuk Sekolah tingkat SLTA sendiri Maja Memiliki 2 Sekolah Sekolah Menengah Atas Negeri Yaitu SMAN 1 Maja & SMAN 2 Maja, 1 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yaitu SMKN 1 Maja, dan memiliki 3 Sekolah SMK Swasta yaitu, SMKS PGRI Maja, SMKS Assalamiyah, dan SMKS Arrizhkan, dan Memiliki 2 Sekolah Madrasah Aliyah Swasta (MAS) yaitu MAS Al-Riyadhul Janah, dan MAS Nurul Amal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ginandar (2022). Toponimi Nama-nama Kecamatan di Kabupaten Lebak. Lebak: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak. hlm. 58. ISBN 978-623-978-556-7.