Maja, Lebak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Maja
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiBanten
KabupatenLebak
Pemerintahan
 • Camat-
Luas- km²
Kepadatan- jiwa/km²
Desa/kelurahan-

Maja adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Indonesia. Yang terdiri atas 14 Desa, yaitu Desa Maja, Desa Maja Baru, Desa Sangiang, Desa Tanjungsari, Desa Cilangkap, Desa Pasirkecapi, Desa Pasirkembang, Desa Padasuka, Desa Mekarsari, Desa Binong, Desa Gubugan Cibeureum, Desa Curugbadak, dan Desa Sindangmulya.

Kecamatan Maja mempunyai wilayah yang cukup strategis yang langsung berbatasn dengan wilayah Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang, dan merupakan jalan lintas provinsi menuju Kabupaten Bogor.

Maja sendiri telah ditetapkan sebagai Kota Kekerabatan berdasarkan Surat Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) No. 02/KPTS/M/1998. Kota Kekerabatan Maja diproyeksikan menjadi salah satu penyangga di bagian barat Metropolitan Jakarta.

Sementara, saat ini di sisi barat Jabodetabek terdapat lahan yang masih luas dan memiliki potensi yaitu Maja, yang terletak pada 3 kabupaten yaitu Lebak, Tangerang dan Bogor. Luas area Maja secara keseluruhan mencapai 10.900 Ha dengan rincian Kecamatan Maja di Kabupaten Lebak seluas 5.250 Hektar, Kecamatan Cisoka dan Tigaraksa di Kabupaten Tangerang seluas 2.650 Ha, dan Kecamatan Tenjo di Kabupaten Bogor seluas 3.000 Ha.