Jalan Tol Palembang–Indralaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gerbang Tol Palembang

Tol Palembang-Indralaya atau disingkat Tol Palindra merupakan jalan tol yang dibangun di Palembang, Sumatera Selatan. Tol ini mempunyai panjang seluas 22 kilometer dan dibagi dalam tiga sesi: Sesi I, sepanjang 10 km dari KTM Rambutan-Indralaya, sesi II, Pemulutan-KTM Rambutan sepanjang lima kilometer, dan sesi III, Palembang-Pemulutan sepanjang tujuh kilometer.[1]

Ruas Palindra diprediksi menghabiskan dana sekitar Rp 3,4 triliun, bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN), investasi swasta, dan pinjaman ke PT Hutama Karya sebagai kontraktor yang ditunjuk pemerintah. Pembangunan jalan tol ini membutuhkan lahan seluas 302 hektare.

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, membuka jalan dengan melakukan peletakan batu pertama jalan Tol Palembang-Inderalaya (Palindra) di Ogan Ilir, Palembang, Sumatera Selatan, pada tanggal 30 April 2015. Tol Palindra merupakan salah satu megaproyek Trans Sumatera[2] yang menelan dana investasi sebesar Rp 360 triliun dengan tahap awal ruas Palindra sepanjang 22 kilometer dan Bakauheni-Tebanggi sepanjang 150 kilometer.

Menteri Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Mulyono mengatakan, pembangunan ruas tol akan terintegrasi dengan pengembangan pelabuhan Merak-Bakaheuni. Jalan dari pelabuhan itu akan terkoneksi dengan Patunglaya hingga menuju pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) sebagai program Nawa Cita Presiden Jokowi tentang Tol Laut.

Pada tanggal 12 Oktober 2017, Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol ini dan pengguna jalan dapat menggunakannya secara gratis hingga akhir tahun 2017.[1][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Putsanra, Dipna Videlia. "Jokowi Resmikan Tol Palembang-Indralaya". tirto.id. Diakses tanggal 10 Desember 2017. 
  2. ^ Liputan6.com. "Jokowi Resmikan Jalan Tol Palembang-Indralaya Seksi I". liputan6.com. Diakses tanggal 10 Desember 2017. 
  3. ^ "Tol Palembang Indralaya Diresmikan, Gratis Sampai Akhir Tahun". Republika Online. Diakses tanggal 10 Desember 2017.