Jalan Tol Waru–Juanda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Motorway CZ.svg Jalan Tol Waru-Juanda
Tol Waru Juanda dari Malang.jpg
Jalan Tol Waru-Juanda dari arah Malang
Panjang 12,8 km
Pembangunan 1996-2008
Pengelola PT Citra Margatama Surabaya, Tbk

Jalan Tol Waru–Juanda adalah sebuah jalan tol sepanjang 12,8 kilometer yang menghubungkan antara Bundaran Waru, Sidoarjo, selatan Kota Surabaya dengan Bandar Udara Internasional Juanda. Jalan tol ini diresmikan penggunaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008. Jalan tol ini dioperasikan oleh PT Citra Margatama Surabaya yang merupakan anak perusahaan PT Citra Marga Nushapala Persada.

Jalan Tol sepanjang 12 km ini melintasi Surabaya dan Sidoarjo dan memiliki gerbang tol di 6 lokasi yaitu :

1. Gerbang Tol Menanggal : 6 gardu
2. Gerbang Tol Berbek 1 : 2 gardu
3. Gerbang Tol Berbek 2 : 2 gardu
4. Gerbang Tol Tambaksumur 1 : 2 gardu
5. Gerbang Tol Tambaksumur 2 : 2 gardu
6. Gerbang Tol Juanda : 6 gardu

Saat ini Jalan Tol Waru–Juanda setiap jalur terdiri atas 2 lajur, masing-masing lajur memiliki lebar 3.5m dengan bahu jalan dalam 0.5m dan bahu jalan luar 2m. Kecepatan kendaraan minimal adalah 60 km/jam dan maksimal adalah 80 km/jam.

Jalan Tol Waru-Bandara Juanda ini diharapkan memperlancar akses dari dan menuju Bandara Juanda serta mengatasi kemacetan di sekitar Bundaran Waru, Jl. Jemur Andayani, Jl. Brigjen Katamso dan Jl. Raya Wadungasri yang selama ini merupakan simpul-simpul kemacetan di kawasan Surabaya Selatan dan Sidoarjo. Jalan tol ini akan terintegrasi dengan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto yang dioperasikan oleh PT Marga Nujyasumo Agung (anak perusahaan Jasa Marga) dan Tol Aloha-Wonokromo-Perak yang akan dioperasikan oleh PT Margaraya Jawa Tol