Indralaya, Ogan Ilir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Indralaya
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Selatan
KabupatenOgan Ilir
Pemerintahan
 • CamatRahmini
Luas
 • Total77,65 km2 (29,98 sq mi)
Populasi
 • Total42.498 jiwa
 • Kepadatan547/km2 (1,420/sq mi)
Kode Kemendagri16.10.04 Edit the value on Wikidata
Desa/kelurahan-

Indralaya adalah ibu kota Kabupaten Ogan Ilir yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dari Kabupaten Ogan Ilir. Indralaya juga merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, Indonesia. Kota ini merupakan kota satelit dari Palembang dengan jarak 31 km. Indralaya juga menjadi bagian dari kawasan metropolitan Palembang Raya[1] yang dirancang oleh Pemerintah pusat untuk membuat kawasan "10 Jakarta Baru". Hal itu juga senada dengan telah dibangunya tol dalam kota Palembang-Indralaya Palindra yang memperpendek jarak antara Palembang dengan Indralaya terutama akses kemudahan bagi mahasiswa Unsri karena Indralaya boleh dikatakan sebagai "Depoknya" Palembang Raya sebagai kota pendidikan.[butuh rujukan]

Luas wilayah Kecamatan Indralaya adalah 77,65 km2 yang terbagi ke dalam 17 Desa dan 3 Kelurahan. Desa yang terluas di daerah ini adalah Desa Tanjung Seteko dengan luas 38,20 km2, sedangkan desa yang paling kecil luasnya adalah Desa Ulak Segelung dengan luas 0,15 km2. Kecamatan Indralaya terdiri dari 67 dusun dan 50 RT.

Kota ini juga dilintasi oleh Jalan Raya Lintas Sumatra dan Jalan Tol Trans Sumatra ruas Palembang-Indralaya dan ruas Simpang Indralaya-Prabumulih.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. BPIW Susun Pengembangan Metropolitan Baru Palembang Raya. Siaran pers. Diakses pada 2017-11-03.