Batalyon Zeni Tempur 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Yon Zipur 3 Kodam III Siliwangi)
Lompat ke: navigasi, cari
Batalyon Zeni Tempur 3/Yudha Wyogrha
Logo Yonzipur 3.png
Dibentuk 16 Januari 1947
Negara Indonesia
Cabang Zeni
Tipe unit Satuan Bantuan Tempur
Bagian dari Kodam III/Siliwangi
Markas Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Julukan Yonzipur 3/Yudha Wyogrha
Situs web www.ditziad.mil.id

Batalyon Zeni Tempur 3/Yudha Wyogrha, disingkat Yon Zipur 3/YW merupakan batalyon organik dari Kodam III/Siliwangi. Batalyon Zeni ini berawal dari pendirian Batalyon Genie Pionier Divisi I Siliwangi pada tanggal 16 Januari 1947 di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Markas Yonzipur 3/Yudha Wyogrha berada di kesatrian Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada masa perang kemerdekaan laskar-laskar bergerak dan berjuang dengan dilandasi rasa tanggung jawab yang besar terhadap kelangsungan hidup Negara Indonesia, maka teknisi yang tergabung dalam badan-badan perjuangan mengambil alih semua instalasi dan bangunan-bangunan penting dari tangan penjajah untuk digunakan sebagai sumber pendukung perjuangan selanjutnya, pada tingkat Kementrian Pertahanan tanggal 15 Oktober 1945 di bentuk Dinas Genie. Di daerah Garut, Jawa Barat kompi-kompi Genie mulai terbentuk pada tanggal 9 Juni 1946 yang di BP-kan kepada resimen Delapan Devisi I/Siliwangi dan kepada Brigade 4 Devisi 5/Siliwangi, guna menunjang tugas dan perjuangan pada masa itu maka Devisi I/Siliwangi merasa perlu adanya Batalyon genie di Jawa Barat sehingga pada tanggal 15 Januari 1947 dibentuklah Batalyon Genie Pionir di bawah pimpinan Kapten Adam Sasmita yang berkedudukan di Tasikmalaya. Batalyon Zeni Tempur 3/YW Kodam III/Siliwangi dibentuk berdasarkan sejarah tuntutan tugas dan perjuangan pada masa Kemerdekaan. Sejak terbentuknya pada masa perang kemerdekaan, kesatuan Batalyon Genie Pionir tumbuh dan berkembang sampai saat ini menjadi Batalyon Zeni Tempur 3/YW Dam III/Siliwangi. Perkembangan tersebut dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang berlaku pada setiap saat sehingga dapat tumbuh rasa percaya diri dan mendewasakan Yonzipur 3/YW dalam mengemban tugas-tugas yang di bebankan oleh Komando atas.[1]

Awal Pembentukan Satuan[sunting | sunting sumber]

Dilandasi rasa tanggung jawab yang besar terhadap kelangsungan hidup bangsa para bekas KNIL, PETA, Heiho dan pemuda-pemuda BKR berkumpul di Batujajar untuk membentuk Satuan Genie Pionir Jawa Barat diawali dengan membentuk sekolah Zeni Pionir pada tanggal 2 Nopember 1945 untuk melatih para pemuda yang disiapkan untuk tugas mengikuti Batalyon Infanteri dalam bergerilya mempertahankan kemerdekaan yang telah di Proklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 yang lalu. Kompi Genie Pionir dibawah pimpinan Bapak Krono Sentono di BP-kan kepada Resimen Delapan Divisi-I Siliwangi, sedangkan didaerah Garut Jawa Barat pada tanggal 9 Juni 1946 dibentuk satu Kompi Genie dibawah pimpinan Kapten Adam Sasmita Atmaja yang di BP-kan Kepada Brigade 4 Devisi-1 Slw. Guna menunjang tugas dan perjuangan pada masa itu maka Devisi-1 Slw merasa perlu adanya Batalyon Genie sehingga pada tanggal 15 Januari 1947 dibentuklah Batalyon Zeni Tempur 3 yang berkedudukan di Tasikmalaya dengan Komandan Batalyon adalah Kapten Adam Sasmita Atmaja sebagai Komandan Batalyon Pertama.

Perkembangan Satuan[sunting | sunting sumber]

Sejak dari terbentuknya pada masa perang kemerdekaan, Kesatuan Batalyon Genie Pionir yang terus berkembang sampai saat ini menjadi Batalyon Zeni Tempur 3. Perkembangan tersebut sangatlah dipengaruhi oleh situasi kondisi yang berkembang pada setiap saat dan merupakan pengalaman yang justru dapat menumbuhkan rasa kepercayaan pada diri sendiri dan mampu mendewasakan Batalyon Zeni Tempur 3 Dam III/Slw dalam mengemban tugas yang dibebankan oleh Komando Atas.

Referensi[sunting | sunting sumber]