Usayd bin Hudhayr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Usayd bin Hudhayr (Arab:أسيد بن حضير) adalah salah seorang sahabat nabi Muhammad dari Suku Aws dari kalangan Anshar. Usayd digelari kaumnya dengan sebutan “Al Kamil” (yang sempurna), karena otaknya yang cemerlang dan kebangsaannya yang masih murni. Dia menguasai pedang dan pandai menulis. Sebagai penunggang kuda yang cekatan dia memiliki ketepatan memanah. Di samping itu dia dikenal sebagai pembaca dan penulis dalam masyarakat.

Usayd bin Hudhayr wafat pada bulan Sya’ban tahun 20 H di Baqi’. Dia meninggal pada masa Khalifah Umar bin Khaththab memerintah dan dia meninggalkan hutang sebesar empat ribu dirham.

Genealogi[sunting | sunting sumber]

Usayd bin Hudhayr bin Simak bin Atik bin Nafi’ bin Ummul Qais bin Zaid bin Abdul Asyhal. Ayahnya juga seorang pahlawan yang terhormat dan disegani.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Usayd memeluk Islam dari Mush’ab bin ‘Umayr, dengan Islamnya Usayd, menyebabkan sahabatnya yang bernama Sa’ad bin Muadz masuk Islam pula. Usayd bin Hudhayr dan Sa’ad bin Mu’adz adalah dua pemimpin suku Aws dari kalangan Anshar. Dengan Islamnya ke dua tokoh ini, menyebabkan pula seluruh masyarakat Aws masuk Islam. Maka jadilah Madinah sesudah itu menjadi tempat hijrah Rasulullah dan tempat berdirinya pusat pemerintahan Islam yang besar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]