Januari 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
< Januari 2007 >
M S S R K J S
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, gunakan format berikut:

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Rabu, 31 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Britania

31 Januari 2007 - Polisi Britania menginterogasi 9 orang lelaki, kebanyakan asal Pakistan, yang dituduh merancang penculikan dan pemenggalan seorang tentara Britania yang beragama Islam. (AFP)

31 Presiden Hugo Chavez memperoleh kekuasaan penuh dari Parlemen Venezuela untuk secara sendirian mentransformasi lembaga-lembaga pemerintahan di negara itu. (AFP)

31 - Sebuah cuplikan berita TV memperlihatkan Fidel Castro yang tampak lebih sehat, meskipun tidak jelas apakah ia akan mengambil alih kepemimpinan di Kuba yang diserahkannya kepada adiknya, Raul. (AFP)

31 - Irak menghentikan semua penerbangan dari dan ke Suriah dan menutup lintasan perbatasannya dengan Iran untuk menangkal kekerasan yang bertebaran di Baghdad dan daerah sekitarnya. 9AP)

31 - Sekitar 75.000 orang demonstran turun ke jalan-jalan di Mexico City memprotes kenaikan harga bahan makanan dasar seperti tortilla, dan menuntut perubahan dalam kebijakan ekonomi negara itu. Para demonstran ini terdiri dari aktivis serikat buruh, petani dan kelompok kiri lainnya. (AP)

31 - Partai separatis di Quebec, Kanada, berada dalam kekacauan dalam menghadapi pemilihan umum musim semi mendatang. Sementara itu, Andre Boisclair, pemimpinnya, mengalami tekanan berat karena partainya melempem. (Reuters)

31 - Sekitar 40 negara berapat di Tokyo untuk menetapkan kuota nasional untuk tuna yang jumlahnya telah jauh berkurang karena penangkapan yang berlebihan. Kuota ini diharapkan dapat mencegah punahnya ikan ini. (AFP)

Selasa, 30 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

30 - Pengarang Sidney Sheldon meninggal dunia. [metrotv]

{{{title}}}
Italia

30 - Pemerintah kota Venezia, Italia, berusaha memperkuat fondasi menara lonceng Gereja San Marco agar tidak runtuh. (Reuters)

30 - Satuan Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB yang seluruhnya terdiri dari perempuan tiba di Liberia untuk menolong kepulihan negara di Afrika Barat itu dari perang saudara selama 14 tahun. (Reuters)

30 - Pihak kepolisian Turki telah diperingatkan setahun yang lalu tentang komplotan untuk membunuh wartawan Armenia-Turki, Hrant Dink, demikian dikatakan oleh media setempat. (Reuters)

30 - Kaum pemberontak Somali mengancam untuk melawan pasukan pemelihara perdamaian yang dikirim ke negara mereka sementara para pemimpin Afrika berjuang untuk menyusun sebuah pasukan internasional ke negara yang dilanda anarki di Tanduk Afrika itu. (Reuters)

30 - Bill Johnson, warga negara Australia, dituduh berkomplot untuk membunuh PM Manasseh Sogavare dari Kepulauan Solomon. (AFP)

30 - Chad dan Sudan saling menuduh pihak yang lain mendukung kaum pemberontak dalam sebuah sesi tertutup pada pertemuan puncak Uni Afrika. (AFP)

30 - Wabah kolera merebak di Harare, ibukota Zimbabwe, karena pelayanan kota ini tidak berfungsi. Perusahaan Air Nasional negara ini tidak berhasil mendapatkan bahan-bahan kimia untuk membersihkan air, sehingga kualitas pasokannya memburuk. (AFP)

Senin, 29 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Anglikan

29 - Gereja Inggris akan mengganti lagu-lagu untuk komuninya dengan lagu-lagu karya U2. "Musik rock pun dapat menjadi wahana spiritualitas yang mendalam," ujar Uskup Grantham, Timothy Ellis, yang mengumumkan rencana kebaktian unik ini. (Reuters)

29 - Sudan kehilangan kesempatan untuk menjadi ketua Uni Afrika setelah organisasi itu memilih Ghana dalam pertemuan puncaknya. Ban Ki-Moon, Sekjen PBB, juga mengecam Sudan atas konflik yang berkepanjangan di Darfur. (AFP)

29 - Ali Hassan al-Majid, sepupu Saddam Hussein yang dijuluki Ali Kimia, menyatakan bahwa Pengadilan Tinggi Irak tidak berhak mengadilinya, karena ia memiliki kekebalan hukum yang sama seperti pasukan-pasukan Amerika Serikat. (AP)

29 - Sebuah tim riset Taiwan telah berhasil memproduksi vaksin anti flu burung yang lulus ujian-ujian awal pada tikus. (AFP)

29 - Para aktivis yang mengejar sebuah kapal penangkap ikan paus Jepang telah menawarkan hadiah sebesar AS$25.000 untuk informasi yang dapat menolong mereka melacak para pemburu tersebut. (AFP)

29 - Menteri Ekonomi Ekuador, Ricardo Patino diangkat sebagai penjabat sementara menteri pertahanan negara itu mengisi jabatan yang lowong setelah tewasnya Guadalupe Larriva dalam sebuah kecelakaan helikopter. (AP)

29 - Saif al-Islam, anak lelaki Moammar Khadafy, pemimpin Libya, mengatakan bahwa kelima perawat Bulgaria dan dokter Palestina tidak akan dihukum mati. Keenam orang ini dijatuhi hukuman mati atas tuduhan menulari anak-anak itu dengan virus AIDS. (Reuters)

Jumat, 26 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

26 - Surat kabar tertua di dunia yang masih terbit, mengakhiri pencetakannya dan beralih ke bentuk digital. Jumlah pembaca Post- och Inrikes Tidningar, yang didirikan oleh Ratu Kristina dari Swedia, terus merosot karena kalah dalam persaingan. (AFP)

26 - Selandia Baru menyatakan 15 Februari sebagai "Hari Domba Nasional". Di negara ini terdapat 60 juta domba, sementara penduduknya hanya 4 juta orang. (Canadian Press)

26 - Jody Williams, penerima Penghargaan Perdamaian Nobel 1997 akan memimpin tim PBB untuk meneliti pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Darfur, Sudan. (AFP)

26 - Untuk menghindari kekacauan seperti yang telah terjadi di Irak, Gedung Putih mengumumkan perubahan besar dalam strateginya di Afganistan dengan mengirimkan miliaran dolar sebagai bantuan keuangan dan militer ke negara itu. (Pravda)

26 - Spanyol menjanjikan bantuan keuangan darurat sebanyak 7 juta euro untuk Palestina. Madrid juga akan terus mendorong semua upaya diplomatik untuk mendorong proses perdamaian yang macet selama ini. (Ha'aretz)

26 - Indonesia akan mengadakan pertemuan khusus dengan pihak Hamas tahun ini untuk menolong mendamaikan kelompok yang berkuasa di Palestina dengan faksi-faksi lainnya. (Ha'aretz)

26 - Senat menyetujui pengangkatan Jenderal David Petraeus sebagai panglima tentara Amerika Serikat yang baru di Irak, meskipun ia mendukung penambahan pasukan, yang ditentang oleh banyak senator. (AFP)

Kamis, 25 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

25 - Kotak hitam dan bangkai Adam Air KI-574 ditemukan kapal USNS Mary Sears di perairan Majene, Sulawesi Barat. (Kedubes AS) [Antara (sumber)]

Rabu, 24 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

24 - Moshe Katsav mundur dari jabatannya sebagai Presiden Israel untuk sementara ini di tengah berbagai tuduhan kriminal terhadapnya.

{{{title}}}
Chili

24 - Sanak keluarga mantan Presiden Chili, Eduardo Frei Montalva mengajukan sebuah pengaduan ke pengadilan yang menyatakan bahwa Montalva dibunuh dengan racun oleh "sekelompok individu yang terkait dengan intelijen militer" pada 1982. (AP)

24 - Komisi Hubungan Luar Negeri Senat Amerika Serikat menolak rencana pengiriman tambahan pasukan ke Irak seperti yang diusulkan oleh Presiden Bush. (AP)

24 - Senator John Kerry (Demokrat) menyatakan tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilihan umum 2008. (AP)

24 - Guadalupe Larriva, perempuan pertama yang menjabat menteri pertahanan Ekuador, tewas dalam sebuah tabrakan di udara antara dua helikopter, hanya sembilan hari setelah menduduki jabatannya. Bersamanya tewas pula anak perempuannya dan lima orang perwira militer. (Reuters)

24 - Ekonomi Tiongkok bertumbuh 10,7% pada 2006. Ini adalah pertumbuhan tertinggi ekonomi negara itu sejak 1995, ketika pertumbuhannya mencapai 10,9%. (AFP)

24 - Sekjen PBB Ban Ki-moon memperingatkan kemungkinan pecahnya perang antara Eritrea dan Ethiopia bila perundingan damai di antara keduanya tidak mengalami kemajuan. (AP)

Selasa, 23 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
AS

23 - Para pejabat Gedung Putih mencoba mengorbankan pembantu wakil presiden, Scooter Libby untuk melindungi otak strategi Bush, Karl Rove, demikian dikatakan oleh pengacara Libby. (AP)

23 - Indonesia mengirimkan tambahan 200 pasukan Brimob ke Poso, Sulawesi Tengah, setelah terjadinya tembak-menembak dalam pengejaran terhadap sejumlah orang yang dicurigai sebagai anggota militan, yang menyebabkan tewasnya 11 orang. Menurut polisi, dua kompi tambahan ini akan ditempatkan di Poso untuk memperkuat keamanan di sana. (AFP)

Senin, 22 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Nikaragua

22 - Presiden Daniel Ortega dari Nikaragua menyatakan akan mengurangi gajinya dan gaji para menteri di kabinetnya. Menurut Ortega, gajinya per bulan adalah AS$3.200, sementara menteri-menterinya tidak akan digaji lebih dari AS$3.200. Sebelumnya, Presiden Enrique Bolanos digaji sekitar AS$10.200 sementara beberapa menteri digaji lebih dari AS$5.000, (AP)

22 - Keputusan Presiden Bush untuk menambah pasukan Amerika Serikat di Irak menghadapi tantangan yang kian meningkat dari partainya sendiri, Partai Republik. (AP)

22 - Jenderal cadangan Gabi Ashkenazi diangkat sebagai pengganti Letjen. Dan Halutz sebagai Panglima tentara Israel. Halutz mengundurkan diri minggu lalu karena kecaman masyarakat atas kegagalan Israel dalam perang musim panas lalu menghadapi para gerilyawan Hizbullah. (AP)

22 - Dua gempa bumi terjadi masing-masing di Yogyakarta dan Semarang. Gempa di Yogyakarta terjadi pada pukul 13:36 WIB dengan pusat gempa 30 km selatan Yogyakarta (8°02′LS 110°13′BT / 8,03°LS 110,21°BT / -8.03; 110.21) pada kedalaman 10 km. Gempa di Semarang terjadi pada pukul 20:14 WIB dengan pusat gempa 57 km tenggara Semarang (7°24′LS 110°49′BT / 7,4°LS 110,81°BT / -7.4; 110.81) pada kedalaman 33 km. (detik) (detik)

Minggu, 21 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Serbia

21 - Partai Radikal, sebuah partai garis keras nasionalis Serbia memperoleh dukungan paling banyak dalam pemilihan umum negara itu. Namun tak ada kepastian bahwa dengan 28% suara, partai ini akan dapat membentuk pemerintahan. (Reuters)

21 - Wakil Presiden Nigeria Atiku Abubakar, kembali ke negaranya setelah sebulan berlibur di Amerika Serikat. Beberapa bulan terakhir ini Abubakar dan Presiden Olusegun Obasanjo saling menuduh bahwa pihak yang lain melakukan korupsi. (AFP)

21 - Komisi Keadilan dan Perdamaian dari Gereja Katolik Roma di Zimbabwe menyerukan kepada pemerintah agar menanggapi keluhan para dokter negara yang sedang mogok dan mengatakan bahwa pemogokan mereka yang telah beberapa minggu berlangsung merugikan para pasien yang miskin. (AFP)

21 - PM Irak Nouri al-Maliki tidak lagi memberikan perlindungan kepada milisi Syi'ah pengikut Muqtada al-Sadr, setelah pihak intel Amerika Serikat meyakinkannya bahwa kelompoknya disusupi pasukan-pasukan bunuh diri yang membuatnya terisolir di dunia Arab dan di antara kaum moderat di dalam negeri. (AP)

21 - Gempa bumi berskala 6,5 SR melanda Manado, Sulawesi Utara sekitar pukul 19.27 WITA, disusul dengan gempa 5,5 SR pada pukul 19.54 WITA. Pusat gempa diperkirakan berada 160 km tenggara Manado (1°24′LU 126°17′BT / 1,4°LU 126,28°BT / 1.4; 126.28) pada kedalaman 51 km. Gempa ini juga dirasakan di Tomohon, Ternate, dan Halmahera. (detik)

Sabtu, 20 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}

20 - Para bos stasiun televisi Britania semakin tersudutkan oleh sebuah acara yang memicu gejolak rasial antara Britania dan India. Jade Goody dikeluarkan dari acara "Celebrity Big Brother" karena tindakan dan komentarnya yang dinilai rasialis. (AFP)

20 - 40% atau 400.000 pegawai negeri di Libya akan kehilangan pekerjaan mereka dalam rencana anggaran tahun 2007 yang diajukan kepada parlemen. (AFP)

20 - PM Somalia, Ali Mohammed Gedi, menolak setiap mediasi antara pemerintahnya dengan Uni Pengadilan Islam yang terguling. Demikian dinyatakannya ketika tiba di Sudan untuk perundingan selama tiga hari. (AFP)

20 - Ogun Samast, remaja lelaki berusia 16 atau 17 tahun, ditahan polisi Turki karena dicurigai sebagai pelaku pembunuhan atas Hrant Dink kemarin. Dink, wartawan Armenia-Turki ditembak mati di depan kantor surat kabarnya di Istanbul. (AP)

20 - Amerika Serikat dilaporkan telah meminta izin kepada Republik Ceko untuk menempatkan pangkalan radarnya yang akan menjadi bagian dari sistem pertahanan perlu kendali global. Pengumuman yang disampaikan oleh perdana menteri Ceko ini mengundang peringatan dari Rusia yang menyatakan akan melakukan tindakan balasan. (AP)

{{{title}}}
Benediktus XVI

20 - Paus Benediktus XVI berniat memperbaiki hubungan dengan Tiongkok guna menolong para pemeluk Katolik Roma yang menderita di sana. Hubungan Vatikan-Beijing terputus pada 1951 setelah pihak komunis mengambil alih kekuasaan di negara itu. (AP)

20 - Gempa bumi berkekuatan 3,4 SR mengguncang Yogyakarta selama 2-3 detik pada pukul 05:58 WIB. Pusat gempa diperkirakan di Patahan Opak-Oya (8°30′LS 110°00′BT / 8,5°LS 110°BT / -8.5; 110), selatan Bantul pada kedalaman 10 km. (detik)

Jumat, 19 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

19 - Hrant Dink, wartawan Armenia-Turki ditembak mati di depan kantor surat kabarnya. Dink berulang kali diancam dan diadili karena berbicara tentang genosida Armenia oleh pemerintah Turki pada awal abad ke-20. (AP)

19 - Seorang pembantu utama Muqtada al-Sadr ditangkap oleh pasukan-pasukan Amerika Serikat dan Irak di Baghdad di tengah tekanan yang kian menguat terhadap pihak milisi Syi'ah menjelang peningkatan langkah-langkah pengamanan di kota itu. (AP)

{{{title}}}
Israel

19 - Israel mencairkan dana pajak AS$100 juta kepada pihak Palestina. Langkah ini memperkuat kedudukan Presiden Mahmoud Abbas menjelang perundingannya dengan pihak Hamas. (AP)

19 - Pemerintah sementara Somalia menyambut penyerahan senjata-senjata berat oleh para jawara sementara Uni Afrika berapat untuk memberikan wewenang pengiriman suatu pasukan stabilisasi ke negara itu. AFP (sumber)

19 - Sekitar seribu unggas dimusnahkan di Pisangan Timur, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jakarta sebagai bagian pemberantasan flu burung di provinsi ini. Gubernur Sutiyoso, didampingi Menkes RI Siti Fadilah Supari, menjanjikan ganti rugi sebesar Rp.12.500 per ekor bagi warga. (KOMPAS)

19 - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,7 SR mengguncang Yogyakarta pada pukul 09:44 WIB. Pusat gempa diperkirakan berada di laut kedalaman 33 km pada koordinat 10°16′LS 109°40′BT / 10,27°LS 109,67°BT / -10.27; 109.67, 283 km sebelah selatan Yogyakarta. (detik)

Kamis, 18 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Kabupaten Poso

18 - Dua ledakan bom kembali terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah; pukul 18:00 WITA di belakang Gereja Eklesia Poso dan pukul 22:30 WITA di depan Pasar Sentral Poso. (Media)

Rabu, 17 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

17 - Kepala Staf Angkatan Bersenjata Israel, Letjen. Dan Halutz, mengundurkan diri dalam menghadapi berbagai tuntutan agar ia membayar kegagalan Israel dalam perang musim panas lalu di Lebanon. Keputusan ini menambah tekanan terhadap PM Ehud Olmert dan Menteri Pertahanan Amir Peretz. (AP)

Selasa, 16 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

16 - Pemerintah Israel menyatakan bahwa suatu investigasi kriminal telah dibuka menyangkut peranan PM Ehud Olmert dalam penjualan salah satu bank terbesar negara itu. Ini adalah kemunduran terbaru yang dialami pemimpin yang semakin tidak populer itu. (AP)

16 - Senator Christ Dodd mengusulkan sebuah rancangan undang-undang yang akan mengharuskan Presiden George W. Bush meminta persetujuan Kongres terlebih dulu sebelum mengirimkan tambahan pasukan Amerika Serikat ke Irak. (AFP)

{{{title}}}
Fidel Castro

16 - Dalam pertemuan dengan sejumlah tamu dari Amerika Latin, Fidel Castro dilaporkan mempersiapkan peralihan kekuasaan yang diharapkan akan melindungi pemerintahan yang telah dibangunnya selama 40 tahun. (AP)

16 - Senator Barack Obama memulai kampanye kepresidenan yang - bila ia menang - akan menjadikannya orang Afrika-Amerika pertama yang menghuni Gedung Putih. (AP)

16 - Nicolas Sarkozy, kandidat dari Uni Gerakan Rakyat dan Ségolène Royal, kandidat dari Partai Sosialis Perancis, resmi menjadi calon untuk pemilihan presiden Perancis mendatang. (AP)

16 - Kondisi Fidel Castro dilaporkan memburuk setelah tiga kali operasi yang gagal dan komplikasi infeksi di dalam ususnya. (AP)

Senin, 15 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

[[Berkas:|80px||Barzan Ibrahim|alt={{{title}}}]]
Barzan Ibrahim

15 - Pemerintah Irak menggantung dua pembantu dekat Saddam Hussein dan menyebabkan kemarahan umat Sunni di negara itu. Barzan Ibrahim, saudara tiri Saddam yang berbadan gemuk putus kepalanya ketika lantai di bawah kakinya terbuka. Terhukum kedua, Awad Hamed al-Bandar, ketua pengadilan revolusioner Saddam, mati seperti yang diharapkan, tergantung di tali gantungan. (AP)

15 - Para jaksa penuntut Thailand mengajukan tuduhan bahwa partai Thai Rak Thai yang dua kali menang dalam pemilihan umum negara itu, melakukan kecurangan dalam pemilu. (AFP)

15 - Sebuah kelompok ekstrem kanan baru terbentuk di parlemen Eropa. Pemimpin-pemimpinnya termasuk Jean-Marie Le Pen dan Alessandra Mussolini, cucu Benito Mussolini. (AFP)

15 - Sebuah kapal kargo bertabrakan dengan sebuah hidrofoil dekat jalur masuk ke pelabuhan Messina di Sisilia, hingga menewaskan empat orang dan lusinan penumpang lainnya luka-luka. (AP)

Minggu, 14 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

14 - Kaum pemberontak Maois Nepal akan resmi memasuki ajang politik negara itu, setelah kabinet menyetujui sebuah konstitusi sementara yang akan memberikan 25 persen kursi di parlemen sementara kepada kelompok ultra kiri itu. (Reuters)

14 - India siap memberlakukan kebijakan langit terbuka dengan Asia Tenggara guna meningkatkan perjalanan lewat udara dan memperkuat ikatan ekonomi antara keduanya, demikian dikatakan PM Manmohan Singh. (AFP)

14 - Dua kereta api penumpang di Hua Hin, Thailand bertabrakan, menyebabkan dua orang tewas dan 107 lainnya luka-luka. (AP)

14 - Seorang lelaki Buddhis dipenggal kepalanya oleh pemberontak Islam di Thailand selatan. Di tubuhnya terdapat catatan yang memperingatkan agar umat Buddhis segera meninggalkan tempat tersebut yang telah dilanda kekerasan berdarah selama tiga tahun. (AP)

Sabtu, 13 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Jepang

13 - Jepang mengeluarkan peringatan akan kemungkinan terjadinya gelombang tsunami setelah gempa bumi dengan kekuatan 8,3 pada skala Richter mengguncang Hokkaido, bagian timur negara itu. (Reuters)

13 - ASEAN berencana untuk mengubah kebijakannya untuk tidak ikut campur dalam urusan dalam negeri negara-negara anggotanya. ASEAN telah lama dikritik sebagai macan ompong karena membiarkan junta militer Myanmar melakukan pelanggaran hak asasi manusia. (SMH)

Jumat, 12 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

12 - Ledakan terjadi di kompleks Kedutaan Besar Amerika Serikat di Athena, Yunani. Belum diketahui apa penyebabnya serta apakah jatuh korban dalam peristiwa ini. (Reuters)

Kamis, 11 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

11 - Presiden Iajuddin Ahmed menyatakan keadaan darurat dan menunda pemilu yang rencananya akan berlangsung pada 22 Januari hingga waktu yang tak ditentukan. Pemerintahan sementara dibentuk dan dipimpin Fakhruddin Ahmed.

11 - Aparat gabungan Brimob dan Detasemen Khusus Markas Besar Polri melakukan penangkapan di tempat persembunyian 24 orang yang termasuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) yang diduga terlibat dalam kerusuhan di Poso. Dua orang di antaranya tewas dalam penangkapan itu.[SP)

11 - 10 hari setelah hilangnya Adam Air Penerbangan 574, beberapa bagian pesawat itu ditemukan nelayan di pesisir pulau Sulawesi.MSNBC

Rabu, 10 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
George W. Bush

10 - Berlawanan dengan pandangan masyarakat Amerika Serikat yang umumnya menuntut perubahan kebijakan di Irak, Presiden George W. Bush mengumumkan rencananya untuk mengirimkan 21.500 pasukan tambahan ke Irak. (Reuters)

10 - PM Nouri al-Maliki memerintahkan para milisi Syi'ah untuk menyerahkan senjata mereka atau menghadapi risiko diserang habis-habisan. Ini adalah bagian dari komitmen yang diuraikan Presiden Bush untuk mengendalikan kekerasan di Irak. (AP)

Selasa, 9 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

9 - Vatikan menyambut baik penemuan untuk mengambil sel induk dari cairan amnion tanpa menggunakan embrio manusia dan menyebutkan bahwa hal ini membuktikan bahwa ilmu kedokteran dapat berkembang tanpa harus bertentangan dengan keyakinan Katolik Roma. (Reuters)

9 - Kelompok separatis Basque, ETA mengklaim sebagai pelaku bom mobil yang menewaskan dua orang di Bandar Udara Barajas, Madrid pada akhir minggu Tahun Baru, namun menyebutkan pula bahwa "gencatan senjata" yang permanen masih utuh. (Reuters)

Senin, 8 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Sudan

8 - Sudan memperlunak sikapnya terhadap pengiriman pasukan PBB ke Darfur, sehingga pasukan internasional bertopi baja biru itu dapat melindungi warga sipil di wilayah barat negara itu. (Reuters)

8 - Presiden sementara Somalia, Abdullahi Yusuf untuk pertama kalinya sejak terpilih dua tahun lalu masuk ke Mogadishu, ibukota negara itu. (AP)

8 - Para ilmuwan Amerika Serikat menemukan sumber baru untuk sel induk yang kelak dapat memperbaiki organ-organ manusia. Para peneliti berhasil mengumpulkan sel-sel dari cairan amniotik yang terdapat dalam rahim ibu yang sedang mengandung. (BBC)

8 - Stanisław Wielgus mengundurkan diri sebagai Uskup Agung Warsawa setelah pengakuannya bahwa ia bekerja sama dengan Służba Bezpieczeństwa selama Perang Dingin.Radio Polonia

Minggu, 7 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

7 - Para aktivis perdamaian yang mengunjungi Kuba untuk memprotes penjara militer Amerika Serikat di Teluk Guantanamo mengungkapkan harapannya bahwa kepemimpinan Kongres yang baru di tangan Demokrat akan mengurangi sanksi perdagangan dan perjalanan terhadap negara pulau itu. (AP)

7 - Para anggota Parlemen Iran yang reformis mempersalahkan Presiden Mahmoud Ahmadinejad atas kegagalannya mencegah sanksi-sanksi PBB. (Reuters)

Sabtu, 6 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

6 - Israel telah menyusun rencana rahasia untuk menghancurkan fasilitas pengayaan uranium Iran dengan senjata nuklir taktis, demikian dilaporkan oleh surat kabar Britania, "Sunday Times". (Reuters)

6 - Pasukan-pasukan Ethiopia dan para pengunjuk rasa Somalia saling tembak di Mogadishu sehingga menewaskan tiga orang, sementara ratusan warga Somalia berdemonstrasi menentang pasukan-pasukan asing dan rencana perlucutan senjata oleh pemerintah setempat. (Reuters)

6 - Gordon Brown, menteri keuangan Britania yang diduga akan menggantikan PM Tony Blair mengatakan bahwa Saddam Hussein dihukum mati dalam cara yang layak disesali. Brown menentang hukuman mati dan berharap ada pelajaran yang dapat dipetik dari penggantungan Saddam, serta kesulitan yang dihadapi di Irak. (AP)

6 - Arab Saudi dan Perancis menyerukan Iran agar menerima tuntutan internasional untuk menghentikan pengayaan uranium dan mengatakan bahwa Timur Tengah harus bebas dari senjata pemusnah massal. (AP)

Jumat, 5 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

5 - Momofuku Ando, penemu mie instan, meninggal dunia pada usia 96 tahun. Ando, warga Jepang, dilahirkan di Taiwan dan mendirikan Nissin Food Products Co., salah satu perusahaan mie terbesar di dunia. (AP)

5 - Seorang penembak tak dikenal menembak mati seorang ulama Muslim setelah ia menyampaikan ceramahnya di Jalur Gaza, yang isinya menyerukan dihentikannya pertempuran antar faksi antara Hamas dan Fatah. (Reuters)

5 - Ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di Amman, Yordania untuk mengutuk hukuman mati atas Saddam Hussein. Mereka juga mengecam pengaruh Amerika dan pihak Syi'ah di dunia Arab. (AP)

Kamis, 4 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

4 - PM Palestina Ismail Haniyeh mengatakan bahwa ia dan Presiden Mahmoud Abbas sepakat untuk menyingkirkan orang-orang bersenjata dari faksi Hamas dan Fatah yang saling bersaingan dari jalan-jalan di Gaza. (Reuters)

4 - Frank Bainimarama, pemimpin kudeta Fiji, semakin memperkuat genggaman kekuasaannya setelah ia diambil sumpah sebagai perdana menteri sementara negara itu, tepat sebulan setelah kudeta tak berdarah yang menggulingkan pemerintahan terpilih di Fiji. (Reuters)

4 - Pasukan-pasukan bersenjata Somali menyerang sebuah truk tangki minyak dekat Mogadishu, melukai tiga orang, dan meningkatkan kekhawatiran akan kembalinya kekerasan antar klan yang telah berhenti selama 6 bulan pemerintahan Majelis Pengadilan Islam Somalia. (Reuters)

Rabu, 3 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

3 - 22 Piala Citra yang dianugerahkan dalam Festival Film Indonesia 2004-2006 dikembalikan oleh para pemenangnya sebagai protes atas keputusan juri yang memilih film Ekskul yang dituduh melanggar hak cipta ilustrasi musik sebagai pemenang festival 2006. (Kompas)

3 - Pemerintah Irak menangkap dua pengawal dan seorang pejabat yang mengawasi proses penggantungan Saddam Hussein atas pembuatan dan penyebaran video yang memperlihatkan tubuh mantan diktator Irak itu tergantung di jerat. (AP)

3 - Para anggota Kongres dari Partai Demokrat, Amerika Serikat, berjanji akan segera bertindak untuk membatasi pengaruh para pelobi dan menarik pulang tentara AS dari Irak. (AP)

3 - Gerald R. Ford, Presiden ke-38 Amerika Serikat dikebumikan di halaman museum kepresidenannya di Grand Rapids, Michigan. (AP)

3 - Raksasa energi ExxonMobil meminjam taktik industri tembakau dalam membangkitkan keraguan tentang perubahan iklim. ExxonMobil menghabiskan AS$16 juta untuk kelompok-kelompok yang mempertanyakan kebenaran meningkatnya panas bumi. (Reuters)

3 - Para pemberontak separatis Nigeria berhasil menggagalkan upaya pembebasan tiga orang Italia dan seorang Lebanon yang disanderanya. Gerakan Emansipasi Delta Niger menuduh perusahaan Italia, Agip, berusaha menyuap para pengawal untuk membebaskan keempat pekerja minyak itu. (AFP)

Selasa, 2 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

2 - Video tentang proses hukuman gantung Saddam Hussein memicu kritik internasional. Wakil Perdana Menteri Britania mengatakan penyebaran gambar-gambar itu "tidak dapat diterima" dan Vatikan mengecamnya sebagai "tontonan" yang melanggar hak asasi manusia. Sementara itu, PM Irak memerintahkan investigasi terhadap orang yang membocorkan video yang membangkitkan kemarahan itu. (AP) (AP)

2 - Letjen Dan Halutz, panglima militer Israel mengakui bahwa negaranya gagal mencapai semua tujuannya dalam perangnya musim panas lalu melawan gerilyawan Hizbullah. (AP)

2 - Shula Zaken, sekretaris pribadi PM Ehud Olmert dari Israel dikenai tahanan rumah selama 10 hari setelah diinterogasi selama beberapa jam. Zaken dituduh menerima suap, merusakkan kepercayaan dan menghalangi investigasi polisi. (AFP)

2 - Proses perbaikan kabel optik bawah laut yang rusak akibat gempa di Taiwan mengalami hambatan. Selain hambatan teknis berupa kerusakan salah satu kapal yang akan dipakai, gelombang laut yang besar juga mempersulit pekerjaan tersebut. Kompas

2 - Adam Air Penerbangan KI-574 ternyata masih hilang, belum diketahui secara pasti lokasi jatuhnya pesawat ini. Dan menurut Menhub Hatta Rajasa, korban 90 tewas tidak benar. Detik

Senin, 1 Januari 2007[sunting | sunting sumber]

1 - Pemerintah Irak memberangus stasiun TV Al-Sharkiya karena dituduh mengobarkan kekerasan sektarian. (AFP)

1 - Para pendukung bekas PM Thaksin Shinawatra diduga berada di belakang pengeboman di Bangkok yang menewaskan tiga orang dan melukai 38 lainnya. (AP)

1 - Pesawat Adam Air Penerbangan KI-574, jenis Boeing 737-400 dengan nomor seri PK-KKW hilang kontak dalam penerbangan dari Jakarta ke Manado via Surabaya.detik.com

1 - Sekurang-kurangnya 90 penumpang tewas dalam kecelakaan pesawat Adam Air Penerbangan KI-574, dalam perjalanan Jakarta-Manado via Surabaya. 12 orang ditemukan masih hidup. (AP)

1 - Pemerintah Irak memberangus stasiun TV Al-Sharkiya karena dituduh mengobarkan kekerasan sektarian. (AFP)

1 - Para pendukung bekas PM Thaksin Shinawatra diduga berada di belakang pengeboman di Bangkok yang menewaskan tiga orang dan melukai 38 lainnya. (AP)

1 - Pesawat Adam Air Penerbangan KI-574, jenis Boeing 737-400 dengan nomor seri PK-KKW jurusan Jakarta-Manado via Surabaya jatuh di daerah pegunungan sekitar kecamatan Matangga Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat setelah sebelumnya putus kontak. Sebanyak 90 korban tewas dan 12 penumpang belum ditemukan. detik.com

1 - 9 bom meledak dan menewaskan dua orang dan melukai 30 lainnya di Bangkok, Thailand, di tengah pesta menyambut Tahun Baru. Dua gelombang pengeboman menyerang Thailand, yang pertama terjadi hampir simultan pada hari Minggu, dan yang kedua setelah lewat tengah malam. (AP)

1 - Dua negara bekas komunis, Bulgaria dan Rumania, resmi menjadi bagian dari Uni Eropa. Kini Uni Eropa mempunyai 27 negara anggota dengan rakyat hampir setengah miliar orang. (AFP)