Februari 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
< Februari 2007 >
M S S R K J S
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, gunakan format berikut:

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Rabu, 28 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

28 - Sekitar 300 warga di Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, bentrok dengan aparat polisi setempat, menewaskan satu orang dan melukai delapan warga lainnya. (Kompas)

28 - Bursa saham Amerika Serikat menguat setelah Ketua Cadangan Federal Ben Bernanke mengatakan bahwa ekonomi negara itu siap untuk bertumbuh secara moderat. Kata-katanya ini menenangkan para investor setelah harga saham anjlok hebat kemarin. (Reuters)

28 - Amerika Serikat akan memulai perundingan normalisasi hubungan dengan Korea Utara di New York minggu depan, namun Departemen Luar Negeri AS tidak menjanjikan banyak harapan. (Reuters)

28 - Negara-negara tetangga Irak, termasuk Suriah dan Iran, setuju untuk menghadiri konferensi regional tentang krisis keamanan di negara itu. (AP)

28 - PM Romano Prodi dari Italia berhasil memperoleh mosi percaya, yang menjamin kelangsungan pemerintahannya yang baru berusia 9 bulan. (AP)

Selasa, 27 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Istano Basa

27 - Istano Basa di Pagaruyung, Sumatera Barat musnah terbakar akibat sambaran petir. Bangunan ini merupakan replika istana raja Pagaruyung yang sebelumnya juga terbakar pada tahun 1804. (Singgalang)

27 - Bursa saham sedunia mengalami anjlok terburuk sejak Serangan 11 September 2001 setelah terjadi aksi penjualan saham di Tiongkok yang membangkitkan keprihatinan bahwa harga saham terlalu diperbesar. Indeks di Dow Jones jatuh 546,02 poin, lalu menguat sedikit dengan 416,02 poin. (Reuters)

27 - Luis Moreno-Ocampo, jaksa kepala Mahkamah Kejahatan Internasional menyebutkan Ahmed Haroun, menteri dalam negeri Sudan dan Ali Muhammad Ali Abd-al-Rahman, alias Ali Kushayb sebagai terdakwa-terdakwa pertama yang akan diajukan dalam kasus Darfur. (Reuters)

27 - Human Rights Watch mendesak Presiden George W. Bush agar mengungkapkan identitas, nasib dan keberadaan dari semua tahanan yang disekap dalam fasilitas rahasia CIA sejak 2001. (Reuters)

27 - Sebuah bom meledak di pintu utama pangkalan militer Bagram milik Amerika Serikat di Afganistan, tak jauh dari tempat keberadaan Wakil Presiden Dick Cheney. Para pejabat militer mengumumkan "siaga tiga", dan Cheney dilarikan ke tempat perlindungan. (AP)

27 - Mahkamah Internasional (MI) menetapkan bahwa Pembantaian Srebrenica yang menewaskan 8000 Muslim Bosnia adalah sebuah tindakan genosida. Selain itu, MI menganggap Serbia tidak bersalah atas pembantaian tersebut, tapi Serbia telah gagal mencegah dan mengadili para pelaku pembantaian tersebut. (Guardian Unlimited)

{{{title}}}
Korea Utara

27 - Para pejabat dari kedua Korea mempersiapkan perundingan tingkat tinggi yang akan membuka jalan bagi bantuan makanan untuk Korea Utara, setelah negara itu berjanji menghentikan program nuklirnya. Agenda perundingan mencakup pula penyatuan kembali keluarga yang terpisah, pembukaan jalur kereta api lintas batas dan proyek ekonomi bersama. (AFP)

Senin, 26 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

26 - Mayoritas tipis rakyat AS kini menginginkan adanya tenggat waktu untuk penarikan pasukan AS dari Irak, sementara sejumlah besar menyatakan tidak setuju dengan perang ini. (Reuters)

26 - Karena beratnya tuntutan perang di Irak dan Afganistan, militer Amerika Serikat terancam tidak mampu untuk menjawab dengan segera dan sempurna bila terjadi krisis lain. Penilaian ini disampaikan oleh Jenderal Peter Pace kepada Kongres (AP)

26 - Wakil Presiden Irak Adel Abdul-Mahdi nyaris tewas dalam suatu usaha pembunuhan ketika ledakan hebat menghantam ruang rapat pemerintah hanya beberapa jam setelah diperiksa oleh tim AS dengan bantuan anjing pelacak bom. (AP)

26 - Presiden Mahmoud Ahmadinejad dikritik oleh sejumlah pemimpin Iran karena retorikanya cenderung membuat Barat menjatuhkan sanksi kepada Iran. (AP)

26 - Wakil Presiden Dick Cheney melakukan kunjungan mendadak di Pakistan di tengah keprihatinan yang meningkat mengenai upaya Presiden Pervez Musharraf dalam menghadapi Al-Qaeda dan Taliban. (AFP)

Minggu, 25 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

25 - Setelah lima kali dikalahkan, Martin Scorsese akhirnya memperoleh penghargaan Academy Award sebagai Sutradara Terbaik untuk filmnya The Departed. Film ini juga mendapatkan penghargaan sebagai Film Terbaik. (AP)

25 - Louis Farrakhan, pemimpin Nation of Islam, mengatakan bahwa "waktunya telah tiba", dan bahwa "Yesus Kristus dan Nabi Muhammad akan berangkulan dalam kasih bila mereka berada di panggung di belakangnya." (AP)

{{{title}}}
Indonesia

25 - Kapal perang TNI-AL dan kapal-kapal nelayan mengangkat 21 jenazah dari Laut Jawa, sehingga korban kebakaran KM Levina I bertambah menjadi 41 orang. (AP)

25 - KM Levina I tiba-tiba tenggelam sementara sejumlah penyelidik keamanan, polisi, dan wartawan berada di kapal itu. Seorang kamerawan Lativi dilaporkan tewas, dua orang terluka parah dan sejumlah orang lainnya hilang. (Kompas)

25 - PM Timor Timur, Jose Ramos Horta, resmi mengumumkan pencalonannya sebagai presiden dalam pemilihan umum negaranya April mendatang. (Reuters)

25 - Vilanculos, sebuah tujuan wisata paling populer di Mozambik, mengalami kerusakan berat setelah dihantam taufan siklon Favio yang menyebabkan puluhan ribu orang kehilangan tempat tinggalnya. Kendati begitu, korban jiwa sangat terbatas, berkat sistem peringatan dan evakuasi yang dilakukan oleh pemerintah. (AP)

25 - 23 orang korban peledakan kereta api di India hari Minggu lalu, dikuburkan secara massal tanpa sempat diidentifikasikan. Keluarga mereka berhak menggalinya kembali bila tes DNA memastikan identitas mereka. (BBC)

Sabtu, 24 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

24 - Dewan Negara Bagian Virginia, Amerika Serikat dengan dukungan penuh anggotanya mengungkapan "penyesalan yang mendalam" atas peranan negara bagian itu dalam perbudakan. (AP)

24 - Sebuah truk tangki minyak dengan bahan peledak menewaskan 40 orang ketika truk itu meledak di pasar dekat sebuah masjid Sunni di kota Habaniya di provinsi Anbar yang terus bergolak di Irak barat. Para korbannya termasuk perempuan dan anak-anak. (Reuters)

24 - Perancis menyatakan negara itu "condong untuk bekerja sama" dengan pemerintahan koalisi Fatah dan Hamas di Palestina. Namun Presiden Mahmoud Abbas tidak memperoleh indikasi yang jelas bahwa Uni Eropa akan mengakhiri blokade ekonomi yang telah menyebabkan penderitaan masyarakat di negaranya. (Reuters)

24 - Presiden Sudan Omar al-Bashir berkata kepada para hadirin konvensi nasional Nation of Islam bahwa Amerika Serikat telah membesar-besarkan masalah yang terjadi di wilayah Darfur dengan maksud untuk menguasai negaranya seperti yang telah terjadi di Irak. (AP)

24 - Amerika Serikat dan Australia memperingatkan kemungkinan terjadinya "mimpi buruk" oleh Iran yang semakin berani karena kalahnya pihak koalisi di Irak. (SMH)

Jumat, 23 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

23 - Jean-Bertrand Aristide, presiden Haiti yang tergulingkan, meramalkan bahwa ia akan kembali ke negaranya, "bila kondisinya tepat," namun ia tidak punya rencana untuk kembali ke pemerintahan. (AP)

23 - Raja Abdullah II dari Yordania menyatakan bahwa prospek perdamaian Timur Tengah semakin suram, dan kesempatan yang ada mungkin adalah yang terakhir. (AP)

{{{title}}}
Indonesia

23 - 5 kapal TNI-AL masih mencari 17 orang korban kebakaran KM Levina I yang menewaskan 16 penumpang (sumber lain menyebutkan 17 penumpang). (AFP)

23 - India akan memberikan insentif kepada para pembuat kepingan mikro untuk memikat raksasa industri ini dan menjadikan India pusat produsen kepingan. (AFP)

23 - PM Korea Selatan Han Myung-sook akan mengundurkan diri awal bulan depan, di tengah-tengah berita bahwa ia mungkin akan mencalonkan diri untuk pemilihan presiden negara itu Desember tahun ini. (AP)

23 - Seorang anggota pasukan pemelihara perdamaian Australia menembak mati seorang warga sipil Timor Timur dalam suatu bentrokan di dekat ibukota Dili. (BBC)

Kamis, 22 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

22 - Rachman Kili-kili, mantan petinju Indonesia ditemukan mati bunuh diri di Palembang. [http://www.detiksport.com/tinju/index.php/home.read/tahun/2007/bulan/02/tgl/23/time/013623/idnews/745949/idkanal/77

(Detikcom)]

22 - Fons Rademakers, sutradara film Max Havelaar (1976), meninggal dunia. Film ini sempat dilarang beredar di Indonesia. Rademakers memperoleh Oscar pada 1987 untuk film asing terbaik, De Aanslag. (BBC)

22 - Human Rights Watch mengatakan bahwa Arab Saudi telah melanggar hukum internasional dengan memerintahkan hukum pancung atas empat perampok Sri Lanka dan kemudian mempertontonkan jenazah mereka tanpa kepala di depan umum di Riyadh. (AP)

22 - Osama Hassan Mustafa Nasr, seorang ulama Mesir, mengatakan bahwa ia telah diculik di Italia oleh agen-agen CIA dan kemudian disiksa di penjara. (AP)

22 - Sedikitnya 17 orang tewas setelah KM Levina I jurusan Tanjung PriokPangkal Balam, Bangka yang mengangkut 291 penumpang terbakar di Selat Sunda. (Detikcom)

Rabu, 21 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

21 - PM Tony Blair mengumumkan Britania akan mulai menarik mundur pasukannya dari Irak. Gedung Putih menggambarkan langkah ini sebagai tanda "kemajuan", namun pihak oposisi Demokrat menggunakan kesempatan ini untuk menekan Bush untuk menarik pulang pasukan AS. (Reuters)

21 - Kaum pemberontak Irak meledakkan sebuah truk yang membawa tabung-tabung gas klor. Ini adalah kali kedua mereka menggunakan serangan "kotor" dengan senjata kimia dalam dua hari. (AP)

21 - PM Romano Prodi mengundurkan diri setelah kalah dengan memalukan di Senat Italia, namun tak tertutup kemungkinan bahwa Presiden Giorgio Napolitano akan memintanya menyusun pemerintahan yang baru. (AP)

{{{title}}}
Filipina

21 - PBB menuduh militer Filipina atas berbagai pembunuhan politik yang mengguncangkan negara itu. Kebanyakan target pembunuhan ini adalah pihak gerilyawan sayap kiri. (AFP)

21 - Boeing 737-300 Adam Air KI 172 tergelincir saat mendarat di Bandara Juanda, Surabaya. Pesawat mengalami kerusakan namun semua penumpangnya selamat. (Detikcom)

Selasa, 20 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

20 - Wakil Presiden Dick Cheney menyatakan bahwa AS ingin menyelesaikan misinya di Irak dan "pulang dengan terhormat", meskipun perang ini semakin tidak populer di dalam negeri dan diragukan di kalangan sekutu AS. (Reuters)

20 - Tiga atlet menyelesaikan pertandingan berlari menempuh jarak sejauh sejauh 6.437,4 km, melintasi Gurun Sahara dan melewati enam negara. Mereka adalah Charlie Engle dari Amerika Serikat, Ray Zahab dari Kanada dan Kevin Lin dari Taiwan. (AP)

20 - PBB melaporkan bahwa para milisi Janjaweed sedang mengumpulkan kekuatan di utara Al-Junaynah, ibu kota negara bagian Darfur Barat, Sudan. (Reuters)

20 - Seorang laki-laki bersenjata menembak mati Zil-e-Huma Usman, menteri kesejahteraan sosial Provinsi Punjab, Pakistan ketika ia berjalan ke podium untuk berpidato di Gujranwala. (AP)

Senin, 19 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

19 - Konflik berlanjut antara tentara Yaman dengan para pengikut Abdul-Malik al-Hawthi, tokoh Syi'ah pemberontak di utara negara itu telah menewaskan lebih dari 100 orang pada lima hari terakhir ini. (AP)

19 - Sebuah panel anti-rasisme PBB mempertanyakan kebijakan Israel dalam melestarikan tempat-tempat suci, dan meminta negara itu menjelaskan apakah Israel juga melindungi tempat-tempat suci agama-agama lain di luar Yudaisme. (AP)

{{{title}}}
India

19 - Dua gerbong kereta api India-Pakistan diserang ledakan bom dan menewaskan setidaknya 66 orang. Pemerintah India mengatakan bahwa ini adalah upaya untuk menggagalkan proses perdamaian antara kedua negara. (AP)

19 - Pemerintah Australia akan mendesak Amerika Serikat untuk memastikan bahwa David Hicks, warga Australia yang ditahan di Teluk Guantanamo, diadili segera sehingga ia dapat pulang pada akhir tahun ini. (Reuters)

Minggu, 18 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

18 - India berencana membangun sejumlah panti asuhan untuk menampung bayi-bayi perempuan yang dibuang keluarganya dalam upaya mengatasi praktik aborsi janin perempuan yang meluas di negara itu. (AP)

18 - Pejabat Nazi Perancis Maurice Papon yang terbukti bersalah, meminta agar ia dikuburkan bersama medali Legiun Kehormatan yang diperolehnya atas darma baktinya bagi Perancis. Papon meninggal hari Sabtu pada usia 96 tahun setelah operasi jantung. (Reuters)

18 - Jajak pendapat BBC di seluruh dunia menunjukkan bahwa 56% orang tidak percaya bahwa akan terjadi "benturan peradaban" yang melahirkan konflik hebat antara Islam dan Barat. Hanya 28% yang percaya bahwa konflik itu akan terjadi. (AP)

18 - Pemimpin rohani Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak akan mencapai tujuannya di Timur Tengah. (AP)

{{{title}}}
Tiongkok

18 - Penduduk Beijing menyambut datangnya Tahun Babi dengan meriah. Sekitar 2,2 miliar perjalanan di Tiongkok akan ditempuh dalam migrasi manusia terbesar di dunia karena jutaan orang memenuhi kereta api dan bus untuk berkumpul dan berpesta dengan keluarga mereka. (Reuters)

18 - Amerika Serikat dan Israel tidak akan bekerja sama dengan pemerintahan koalisi Palestina kecuali bila Israel diakui, demikian kata PM Ehud Olmert. (BBC)

Sabtu, 17 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

17 - Para peserta pawai Mardi Gras memadati New Orleans, Louisiana sementara ribuan orang menanti parade dan memenuhi French Quarter. Orang berharap pesta kali ini akan membawa pemulihan dari Badai Katrina. (Reuters)

17 - Pangeran Harry, orang ketiga di takhta Britania Raya dapat dikirim ke Irak pada akhir Februari ini. (Reuters)

17 - Presiden Ekuador Rafael Correa mengatakan akan mundur bila para pendukungnya gagal memenangkan kontrol dalam majelis untuk menyusun ulang konstitusi negara itu. (AP)

17 - Sekitar 40 tahanan lolos dari penjara di Dili, Timor Timur, hingga menambah keprihatinan keamanan di negara itu yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi pemilihan umum. (Canadian Press)

17 - Senat Amerika Serikat berhasil menghalangi perdebatan tentang penyusunan resolusi yang mengkritik kebijakan Presiden Bush untuk menambah pasukan di Irak. (BBC)

{{{title}}}
Indonesia

17 - Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat epidemi HIV tercepat di Asia, khususnya di antara para pengguna obat bius dan para pekerja seks. (Reuters)

17 - Bintang Bollywood legendaris, Amitabh Bachchan menyatakan tidak berminat untuk mencalonkan diri sebagai presiden India, setelah beberapa partai dilaporkan bermaksud mencalonkan dirinya. (AFP)

17 - Seorang hakim dan 12 orang lainnya tewas ketika sebuah bom yang kuat meledak di ruang pengadilan di Quetta, ibukota provinsi Baluchistan, Pakistan. 25 orang lainnya luka-luka, beberapa di antaranya berada dalam keadaan kritis. (AP)

Jumat, 16 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

16 - Sebuah kapal penuh dengan migran Somali dan Ethiopia terbalik di Teluk Aden sehingga sekurang-kurangnya 112 orang tewas, demikian diumumkan seorang pejabat Yemen. (AP)

16 - Ribuan korban banjir di Mozambik membutuhkan bantuan makanan selama beberapa bulan mendatang setelah tanaman mereka hancur. (AFP)

16 - Presiden Peru Alan García akan menjual pesawat kepresidenan untuk mengurangi biaya berlebihan dalam pemerintahannya. Presiden sebelumnya, Alejandro Toledo, katanya, menghambur-hamburkan uang, dan gagal menolong orang miskin di Peru. (AP)

16 - Robert Adler, salah satu penemu remote TV, meninggal dunia kemarin karena gagal jantung pada usia 93 tahun. (AP)

{{{title}}}
Myanmar

16 - Human Rights Watch mengutuk keputusan pemerintah militer Myanmar untuk memperpanjang satu tahun lagi penahanan rumah Tin Oo, wakil utama penerima Penghargaan Perdamaian Nobel, Aung San Suu Kyi. Tin Oo bersama Suu Kyi telah ditahan sejak Mei 2003. (AFP)

Kamis, 15 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

15 - Pasukan keamanan Mesir menahan 80 anggota Ikhwanul Muslimin yang dilarang di negara itu sebagai bagian dari peningkatan upaya pemerintah untuk menindak lawan politiknya yang paling kuat. (Reuters)

15 - Jan Ruff O'Herne, seorang mantan jugun ianfu memberikan kesaksiannya di depan Sub-Komite Hubungan Luar Negeri Dewan Perwakilan AS bersama dua rekannya dari Korea Selatan tentang kekejaman tentara Jepang yang menjadikan mereka budak seks selama Perang Dunia II. (AP)

15 - Presiden Vladimir Putin memecat Presiden Chechnya, Alu Alkhanov, dan mengangkat PM Ramzan Kadyrov sebagai penjabat sementara penggantinya. Menurut Kremlin, Alkhanov "mundur karena kehendaknya sendiri", namun Alkhanov menyangkal pernyataan ini. (AP)

15 - Pengadilan Jerman menjatuhkan hukuman 5 tahun penjara atas aktivis ekstrem kanan Ernst Zündel karena menyangkal Holocaust. Jerman bertekad menuntut mereka yang menyangkal bahwa Nazi membunuh 6 juta orang Yahudi pada masa Perang Dunia II. (AP)

{{{title}}}
Korea Utara

15 - Korea Utara dan Selatan sepakat untuk memulai kembali perundingan tingkat tinggi dan merintis jalan bagi bantuan makanan setelah Pyongyang setuju untuk menutup reaktor Yongbyon sebagai ganti 50.000 ton bahan bakar atau bantuan yang setara. (Reuters)

15 - Kesepakatan untuk membentuk pemerintahan koalisi di Palestina tertunda setelah pihak Hamas mengajukan serangkaian prasyarat untuk pembubaran pemerintahannya. Tanpa pembubaran ini, yang mestinya terjadi hari Kamis ini, perjanjian untuk berbagi kekuasaan tidak dapat dilanjutkan. (AlJazeera)

Rabu, 14 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

14 - Presiden George W. Bush mengatakan ia tidak ragu bahwa pemerintah Iran menyediakan senjata yang sanggup menembus lapisan baja untuk membunuh tentara-tentara Amerika Serikat di Irak. Ia juga menegaskan akan melawan upaya Kongres untuk menahan dana peperangan. (AP)

14 - Flynt Leverett, mantan pembantu Condoleezza Rice di Dewan Keamanan Nasional, menuduh bahwa Rice menyesatkan Kongres dalam soal Iran. (Reuters)

14 - Para ilmuwan berhasil mendeteksi kelemahan virus AIDS dan berharap bahwa ini akan menolong mereka mengembangkan vaksin yang lebih baik untuk melawan penyakit yang tak tersembuhkan ini. (Reuters)

14 - Parlemen baru Serbia menolak rencana PBB untuk memberikan kemerdekaan kepada provinsi Kosovo yang memisahkan diri. (AlJazeera)

{{{title}}}
Iran

14 - 18 orang tewas ketika sebuah bom meledak di sebelah bus milik Pengawal Revolusi Iran di kota Zahedan. (Reuters)

14 - Gurbanguli Berdymukhamedov diangkat sumpahnya sebagai presiden baru Turkmenistan. Ia berjanji akan mengikuti kebijakan-kebijakan Saparmurat Niyazov, namun juga menjanjikan perubahan di negaranya yang puluhan tahun dipimpin dalam sebuah kultus individu yang sangat kuat. Berdymukhamedov memperoleh hampir 90% suara dalam pemilihan umum hari Minggu lalu. (AP)

14 - Muqtada al-Sadr dilaporkan telah meninggalkan Baghdad untuk bersembunyi di Tehran, Iran, sementara itu, para pembantunya mengatakan al-Sadr masih berada di Irak. (Reuters)

Selasa, 13 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

13 - Dewan Pendidikan Kansas, Amerika Serikat, menolak standar sains yang dianggap memusuhi evolusi dan membatalkan perjuangan kaum konservatif Kristen dalam pengajaran di sekolah-sekolah negeri tentang asal usul kehidupan. (Reuters)

13 - Sulejman Talovic, seorang pengungsi Bosnia adalah pelaku penembakan di sebuah mal di Salt Lake City, Utah, kemarin yang menyebabkan tewasnya 5 orang, namun motifnya masih misterius. (Reuters)

13 - Presiden Venezuela, Hugo Chavez, mempercepat upaya nasionalisasi di negaranya menuju sosialisme versinya sendiri. (Reuters)

13 - India dan Pakistan yang terkenal dengan berbagai peraturan hukum dan administrasi yang menghambat bisnis dan investor, pelan-pelan merampingkan birokrasinya, demikian laporan yang dikeluarkan oleh Bank Dunia. (AFP)

Senin, 12 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Guinea

12 - Presiden Guinea Lansana Conte mengumumkan keadaan darurat di negaranya setelah dilanda protes dengan kekerasan selama tiga hari. Setidaknya 27 orang terbunuh dalam peristiwa ini. (AP)

12 - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad memperlunak sikapnya tentang Irak dan mengatakan ia menginginkan dialog dan bukan konfrontasi di wilayah yang bergolak itu. (AP)

12 - Sebuah kapal dengan 400 imigran gelap Afrika dan Asia akhirnya diizinkan merapat di Mauritania setelah 10 hari terombang-ambing di perairan internasional di lepas pantai barat laut negara itu. (AP)

12 - Misi militer NATO di Afganistan terancam gagal kecuali bila organisasi itu meningkatkan bantuannya, demikian dinyatakan oleh Komite Pertahanan Senat Kanada. (Reuters)

12 - Pemerintah Kanada mengumumkan akan mengeluarkan dana sebesar AS$1,3 miliar untuk mengatasi peningkatan panas bumi dan polusi. (Reuters)

12 - PM Timor Timur Jose Ramos Horta mendesak Dewan Keamanan PBB untuk memperpanjang tugas Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB selama satu tahun lagi, terutama karena bulan-bulan mendatang akan kritis menjelang pemilihan umum nasional pertama di negara itu. (AP)

Minggu, 11 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

11 - Mulai hari Valentine mendatang, kaum lelaki di Britania Raya bebas membeli Viagra tanpa resep dokter di apotek. (Reuters)

[[Berkas:|80px||S. Niyazov|alt={{{title}}}]]
S. Niyazov

11 - Rakyat Turkmenistan memilih pengganti Presiden Saparmurat Niyazov yang meninggal dunia 21 Desember lalu. Para calonnya lebih dari satu orang, tapi semuanya berasal dari partai yang sama. (AP)

11 - Pasukan kemanan Filipina menembak mati seorang dan menangkap dua orang lainnya dari 49 tahanan yang lolos dari tahanan sembilan hari lalu. (AFP)

Sabtu, 10 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

10 - Shanghai memulai program restorasi pada salah satu dari dua sinagoga yang tersisa di kota itu sebagai bagian dari usaha Tiongkok untuk memulihkan warisan Yahudi di kota yang pernah menampung puluhan ribu pengungsi Yahudi pada Perang Dunia II. (AP)

10 - Protes-protes sporadis rakyat Palestina berlanjut di Yerusalem dan Tepi Barat sebagai reaksi terhadap upaya perbaikan di sekitar Masjidil Aqsa yang dituduh para pemimpin Muslim akan merusakkan tempat suci Islam itu. (AP)

10 - Presiden Thabo Mbeki berjanji akan menangani kemiskinan, kriminalitas dan mempercepat redistribusi tanah kepada orang-orang kulit hitam sebagai upaya untuk memerangi penyakit masyarakat di Afrika Selatan. (Reuters)

10 - Presiden Rusia Vladimir Putin mempersalahkan kebijakan Amerika Serikat yang mendorong negara-negara lain mencari senjata nuklir untuk mempertahankan diri dari "penggunaan kekuatan militer yang hampir tidak terbatasi". (AP)

10 - Taiwan berjanji akan berpegang pada keputusan untuk membuang kata "China" dari nama perusahaan-perusahaan negara dan sebaliknya menggunakan kata "Taiwan". (AFP)

10 - Gempa bumi berkekuatan 4,2 SR mengguncang Gunungsitoli, Sumatera Utara sekitar pukul 08:24 WIB. Pusat gempa berada pada kedalaman 33 km di koordinat 3°19′LU 96°08′BT / 3,31°LU 96,13°BT / 3.31; 96.13, sekitar 227 km barat laut Gunungsitoli. (Detik.com)

Jumat, 9 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

9 - Penerima Penghargaan Perdamaian Nobel dan penyelidik Holocaust Elie Wiesel diseret dari sebuah lift dan dipukuli pada sebuah konferensi perdamaian di sebuah hotel di San Francisco 1 Februari lalu. Ia didesak agar menyangkal terjadinya Holocaust. (AP)

9 - Flu burung yang merebak melalui burung-burung liar yang bermigrasi, kini kian luas menyebar lewat perdagangan unggas, kata seorang pakar PBB dalam bidang ini. (Reuters)

9 - Hamas mendesak pihak Barat untuk menerima pemerintahan bersatu Palestina yang baru, namun mengatakan mereka tidak akan pernah mengakui Israel ataupun menaati kesepakatan damai yang telah ditandatangani oleh pendahulu mereka, Fatah. (Reuters)

9 - Polisi-polisi Israel dengan paksa masuk ke wilayah sekitar Masjidil Aqsa di Yerusalem dan melempari granat-granat pengejut terhadap orang-orang Palestina yang memprotes penggalian dekat tempat ketiga paling suci dalam agama Islam. (Reuters)

9 - Walikota Salatiga, Jawa Tengah, Totok Mintarto meninggal dunia sekitar pukul 15:45 di RS dr Karyadi Semarang karena diabetes dan lever. (Detik.com)

Kamis, 8 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
AS

8 - Kelompok supremasi kulit putih Ku Klux Klan dilaporkan meningkat jumlah anggotanya karena memanfaatkan masalah imigran gelap untuk merekrut anggota-anggota barunya. (Reuters)

8 - Faksi-faksi yang bersaingan di Palestina, Fatah dan Hamas, menandatangani persetujuan untuk mengakhiri pertumpahan darah antara pengikut-pengikut mereka dan mendapatkan kembali bantuan Barat yang dibekukan karena sikap Hamas yang memusuhi Israel. (Reuters)

8 - Nigeria, Benin, dan Togo membentuk sebuah organisasi regional yang bertujuan meningkatkan integrasi ekonomi ketiga negara Afrika barat yang bertetangga ini. (AFP)

8 - Afrika Selatan salah satu negara dengan epidemi HIV/AIDS terbesar di dunia, mengungkapkan rencananya untuk mencoba vaksin AIDS terbesar. Dalam rencana ini, 3.000 orang yang negatif HIV akan disuntik vaksin MRKAd5 HIV-1 dan dilihat apakah infeksi HIV akan dapat dicegah atau dikurangi. (Reuters)

8 - Daging potong dan berbagai kebutuhan sehari-hari lenyap dari toko-toko swalayan di Venezuela. Pemerintahan Presiden Hugo Chavez mempersalahkan spekulator sementara pihak industri menuduh semua disebabkan oleh kontrol harga oleh pemerintah. (AP)

8 - Seorang kakek 66 tahun di Brasil menyelamatkan cucu lelakinya yang berusia 8 tahun dari lilitan ular anakonda sepanjang lima meter dengan memukulinya dengan batu dan pisau selama setengah jam. (AP)

8 - Perusahaan produk bangunan James Hardie mengumumkan persetujuannya untuk membayar miliaran dolar sebagai ganti rugi bagi para korban yang menderita penyakit-penyakit yang mematikan karena terpapar oleh produk-produk asbes. (AFP)

Rabu, 7 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

7 - Para ekonom Kuba sibuk mempelajari cara-cara meningkatkan ekonomi negara itu, sesuai anjuran Penjabat Presiden Raul Castro, sejak ia mengambil alih kekuasaan sejak Fidel jatuh sakit. (Reuters)

[[Berkas:|80px||Hizbullah|alt={{{title}}}]]
Hizbullah

7 - Pasukan-pasukan Lebanon dan patroli Israel saling tembak di perbatasan mereka. Ini adalah insiden pertama sejak Lebanon menempatkan tentara regulernya setelah perang Israel melawan para gerilyawan Hizbullah musim panas lalu. (Reuters)

7 - Sebuah helikopter Marinir Amerika Serikat jatuh dan menewaskan ketujuh awaknya di timur laut Baghdad. Ini adalah pesawat kelima AS yang jatuh dalam waktu kurang dari tiga minggu. (AP)

7 - Gereja Episkopal Kuba mengangkat Pdt. Nerva Cot Aguilera sebagai uskup perempuan pertama dari denominasi ini di sebuah negara berkembang. (AP)

7 - Austria membongkar sebuah jaringan pornografi anak-anak yang melibatkan lebih dari 2.360 tersangka dari 77 negara, demikian dikatakan oleh Günther Platter, menteri dalam negeri negara itu. (BBC)

7 - Prachanda, pemimpin Maois Nepal menyatakan pengikutnya dan pemerintah akan menawarkan konsesi dan perundingan untuk mengakhiri gelombang pergolakan etnis di selatan negara itu. (AFP)

Selasa, 6 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Iran

6 - Seorang diplomat Iran diculik oleh beberapa orang bersenjata di Irak ketika ia mengendarai mobilnya melalui Baghdad tengah. Iran mengutuk penculikan ini dan menuduh pasukan Amerika Serikat berada di balik kejadian ini. (AP)

6 - Seorang polisi senior Istanbul diskors dari jabatannya karena mengabaikan petunjuk tentang ancaman terhadap Hrant Dink, wartawan Armenia-Turki yang dibunuh baru-baru ini. Ancaman ini konon telah muncul sejak tahun lalu. (AP)

6 - Tentara Perlawanan Tuhan, kelompok pemberontak di Uganda mengatakan akan melakukan serangan baru terhadap pemerintah yang berkuasa, kecuali bila pemerintah setuju untuk memindahkan perundingan damai ke tempat baru di luar Juba, Sudan selatan. (Al Jazeera)

6 - Pembelotan massal oleh 23 politikus dari partai Uri yang berkuasa di Korea Selatan menghantam posisi partai itu sebagai kelompok terbesar di parlemen nasional negara itu. Mereka keluar dari partai itu untuk membentuk partai baru menjelang pemilhan presiden bulan Desember mendatang. (Al Jazeera)

{{{title}}}
Thailand

6 - PM Surayud Chulanont memecat Jen. Kowit Wattana, kepala polisi Thailand, yang dikritik karena gagal memecahkan serangkaian ledakan bom di ibukota negara itu pada malam Tahun Baru. Watana diberikan jabatan tidak aktif di kantor perdana menteri, dan digantikan oleh Jen. Seriphisut Temiyawej. (AP)

6 - Pakistan dan Turki sepakat untuk bekerja sama dalam menghidupkan kembali usaha perdamaian di Timur Tengah, demikian dikatakan Presiden Pervez Musharraf. (AP)

Senin, 5 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

5 - Kapten Lisa Nowak, seorang astronot Amerika Serikat, ditangkap karena dituduh mencoba melakukan penculikan terhadap seorang perempuan yang diduga sebagai pacar kekasihnya. Ia juga dituduh merusakkan barang bukti dan melakukan pemukulan. (AP)

5 - Presiden Suriah, Bashar Assad, mengatakan bahwa pemerintahan Bush tidak mempunyai visi tentang bagaimana menciptakan perdamaian di Irak dan bahwa Suriah dapat menolong meredakan krisis itu bila diminta. (AP)

[[Berkas:|80px||UNICEF|alt={{{title}}}]]
UNICEF

5 - Utusan dari 58 negara dan sejumlah LSM bertemu di Paris dalam konferensi dua hari yang disponsori oleh UNICEF dan Departemen Luar Negeri Perancis untuk menyusun strategi untuk mencegah rekrutmen anak-anak sebagai tentara dan mengintegrasikan bekas tentara anak-anak kembali ke masyarakat. (AP)

5 - Didymus Mutasa, menteri keamanan nasional Zimbabwe, mengatakan kepada para petani kulit putih terakhir yang masih tinggal di negara itu bahwa mereka akan dipenjarakan bila menolak menaati batas waktu untuk meninggalkan tanah pertanian mereka. (AP)

{{{title}}}
Tony Blair

5 - PM Tony Blair menyatakan bahwa ia akan "tetap menaruh minat besar" terhadap proses perdamaian di Timur Tengah setelah mengundurkan diri dari jabatannya September mendatang. (AFP)

Minggu, 4 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

4 - Lebih dari seratus tokoh Yahudi Britania terkemuka membentuk kelompok pembangkang sebagai tanggapan terhadap bias pro-Israel di antara organisasi-organisasi besar Yahudi di negara itu. (AFP)

4 - Polisi menembaki para pengunjuk rasa di kota Malangawa dan Birgunj, Nepal selatan, dan menewaskan sekurang-kurangnya tiga orang serta melukai beberapa orang lagi (AP)

{{{title}}}
Jepang

4 - Partai-partai oposisi Jepang menuntut pengunduran diri menteri kesehatan Jepang, Hakuo Yanagisawa, karena menyebut perempuan sebagai "mesin beranak". (Reuters)

4 - Seorang hakim Arab Saudi menghukum 20 orang asing dengan 20 cambukan dan beberapa bulan tahanan di penjara karena menghadiri sebuah pesta di Jeddah yang menyajikan minuman keras dan perempuan berdansa dengan laki-laki. (AP)

4 - Mokhtar Lamani, utusan khusus Liga Arab ke Irak untuk membujuk para pemimpin Syi'ah, Sunni, dan Kurdi untuk berdamai, telah mengundurkan diri karena merasa gagal, kecewa, dan hampir putus asa. Katanya, misinya gagal karena dukungan negara-negara Arab sangat lemah, kebijakan Amerika Serikat, dan para pemimpin Irak menolak untuk bekerja sama. (AP)

{{{title}}}
Siti Fadilah Supari

4 - Menteri Kesehatan Indonesia Siti Fadilah Supari menuntut hak kekayaan intelektual terhadap virus flu burung H5N1 yang vaksinnya sedang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Australia CSL. (ABC)

4 - Hampir 160.000 ekor kalkun dikumpulkan di Britania setelah virus flu burung H5N1 merebak untuk pertama kalinya di negara itu. (AFP)

4 - Sebuah serangan udara yang dipimpin NATO di sebuah kota di selatan Afganistan telah menewaskan seorang pemimpin senior Taliban. (AP)

Sabtu, 3 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

3 - Banjir telah menyebabkan 20 orang tewas dan 200.000 orang meninggalkan rumahnya di Jakarta, tanpa ada tanda-tanda bahwa banjir itu akan mereda. Menurut Menteri Lingkungan Hidup, Rachmat Witoelar, pemerintah mengeluarkan izin bangunan, meskipun jelas-jelas melanggar studi dampak lingkungan." (AP) (AFP)

3 - Puluhan ribu orang berdemonstrasi di Madrid, Spanyol, menolak perundingan dengan kelompok separatis ETA yang bulan lalu meledakkan sebuah mobil yang menghancurkan proses perdamaian yang baru lahir. (AP)

3 - Ribuan demonstran turun ke jalan-jalan di Oaxaca de Juárez, Meksiko menuntut pengunduran diri Ulises Ruiz, gubernur negara bagian itu. Ini membuktikan bahwa gerakan yang sudah berlangsung 8 bulan ini masih kuat, meskipun ratusan orang telah ditangkap. (AP)

3 - Tiga mantan perwira tinggi militer Amerika Serikat, Letjen. Robert G. Gard, Jend. Joseph P. Hoar, dan Laksamana Madya Jack Shanahan, menyerukan kepada Britania agar ikut meredakan krisis program nuklir Iran. Aksi militer terhadap Teheran akan menjadi bencana untuk seluruh wilayah itu, kata mereka. (AP)

{{{title}}}
Filipina

3 - Sebuah truk minyak meledak di Filipina selatan karena remnya blong pada sebuah turunan di jalan raya di kota Tigbao, provinsi Zamboanga del Sur, lalu menabrak sisi gunung dan menewaskan 50 orang. (AP)

3 - Pasukan-pasukan Fatah dan Hamas berbentrokan lagi di Jalur Gaza dan mengabaikan kesepakatan gencatan senjata yang diumumkan sehari sebelumnya. (AP)

3 - Menteri Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar mempersalahkan pembangunan yang tak terkendali di daerah resapan air sebagai penyebab banjir di Jakarta. (AFP)

Jumat, 2 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

2 - Komunitas intelijen Amerika Serikat menerbitkan sebuah laporan yang sangat pesimistis tentang situasi di Irak. Kalaupun keamanan ditingkatkan, perpecahan sektarian mengancam pemerintah dan dapat menyebabkan anarki, pembagian wilayah, atau munculnya diktator yang baru. (Washington Post)

2 - Badai melanda negara bagian Florida tengah di Amerika Serikat, menghancurkan ratusan rumah dan menewaskan paling kurang 19 orang. (AP)

2 - Presiden Rafael Correa memecat Jenderal Pedro Machado, panglima angkatan bersenjata Ekuador, seminggu setelah kecelakaan helikopter yang menewaskan menteri pertahanan negara itu, tanpa melihat hasil investigasi tentang musibah tersebut. (AP)

2 - Khawatir bahwa negaranya akan terjerumus dalam perang saudara, para ulama Sunni terkemuka di Lebanon mengeluarkan fatwa yang melarang umat Muslim saling membunuh, khususnya sesama Muslim dan menyerang tempat-tempat pribadi maupun publik. (AP)

2 - Banjir melanda kawasan Jakarta dan Banten, melumpuhkan akses ke pusat Jakarta dan mengganggu saluran komunikasi dan listrik. (BBC)(Kompas)(Tempo)(Kompas)(Kompas)

{{{title}}}
Australia

2 - Mamdouh Habib, yang pernah ditahan di Teluk Guantanamo karena dicurigai membantu Al Qaeda menyatakan bahwa ia akan ikut serta dalam pemilu untuk memperebutkan kursi di parlemen New South Wales, Australia. (Reuters)

2 - Sejumlah pasukan bersenjata menyerang penjara di Kidapawan City, provinsi Cotabato, Filipina dan membebaskan sekurang-kurangnya 49 tahanan, termasuk 3 orang yang dicurigai pelaku pengeboman. Para penyerbu ini diyakini berasal dari kelompok Jemaah Islamiyah. (M&G)

Kamis, 1 Februari 2007[sunting | sunting sumber]

1 - PM Ehud Olmert dimintai kesaksiannya di hadapan sebuah komite yang diangkat oleh pemerintah untuk melakukan investigasi tentang kegagalan Israel dalam perang Lebanon pada musim panas lalu. (People's Daily Online

1 - Sebuah berita tentang hukuman mati Saddam Hussein yang dipasang di tempat rekreasi di tahanan Teluk Guantanamo telah dicabut, setelah pengacara seorang tahanan di situ menuduh para petugas menggunakannya untuk meneror para tahanan. (AP)

1 - Ekuador mengangkat Lorena Escudero, juga seorang perempuan, untuk menjadi menteri pertahanan negara itu menggantikan Guadalupe Larriva. Escudero adalah seorang profesor, peneliti dan konsultan, dengan gelar doktor dalam studi Amerika Latin, peneliti dan konsultan. (AP)

1 - Seorang pekerja di ladang minyak ditemukan tewas di negara bagian Akwa Ibom, Nigeria selatan, setelah diculik hari Selasa lalu, di Issiat dekat kota Oron. Masyarakat setempat dicurigai sebagai pelaku penculikannya. (AFP)

{{{title}}}
Windows Vista

1 - Sistem operasi Windows Vista yang baru diluncurkan oleh Microsoft ternyata memiliki kelemahan yang memungkinkan para hacker menyerang lewat sistem pengenalan suara yang ada pada sistem ini. (PCWorld)