David Petraeus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
David Petraeus
Direktur Badan Intelijen Pusat
Masa jabatan
6 September 2011 – 9 November 2012[1]
Presiden Barack Obama
Deputi Michael Morell
Didahului oleh Michael Morell (pemangku jabatan)
Digantikan oleh Michael Morell (pemangku jabatan)
Komandan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional
Masa jabatan
23 Juni 2010 – 18 Juli 2011
Didahului oleh Stanley McChrystal
Digantikan oleh John Allen
Komandan Komando Pusat Amerika Serikat
Masa jabatan
31 Oktober 2008 – 30 Juni 2010
Didahului oleh Martin Dempsey (pemangku jabatan)
Digantikan oleh John Allen (pemangku jabatan)
Informasi pribadi
Lahir David Howell Petraeus
7 November 1952 (umur 62)
Cornwall-on-Hudson, New York, AS
Suami/istri Hollister "Holly" Knowlton (m. 1974)[2]
Alma mater United States Military Academy
Ranger School
United States Army Command and General Staff College
Universitas Princeton
Dinas militer
Dinas/cabang Angkatan Darat Amerika Serikat
Masa dinas 1974–2011
Pangkat US-O10 insignia.svg Jenderal
Perang Pasukan Stabilisasi
Operasi Penegakan Demokrasi
Operasi Gurun Musim Semi
Perang Irak
Perang Afganistan
Penghargaan Lihat di bawah
Jenderal David Petraeus

David Howell Petraeus (lahir 7 November 1952; umur 62 tahun) adalah seorang Jenderal dalam Angkatan Darat Amerika Serikat, panglima Pasukan Multi-Nasional Irak (MNF-I), panglima tertinggi pasukan AS dan koalisi di Irak, serta Direktur CIA dari tanggal 6 September 2011 sampai ia mengundurkan diri pada tanggal 9 November 2012.[3] Ia dikukuhkan menjadi Panglima MNF-I oleh Senat dengan suara 81-0 pada 26 Januari 2007. Ia menggantikan Jenderal George Casey yang telah dicalonkan oleh Presiden George W. Bush untuk menjadi Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat. Dalam posisinya ini, Petraeus akan membawahi semua pasukan di Irak dan melaksanakan rancangan strategi Irak yang baru yang diajukan oleh pemerintahan Bush.[4] [5]

Pada tanggal 30 Juni 2011, dengan suara bulat Petraeus dikonfirmasi sebagai Direktur CIA berikutnya oleh Senat Amerika Serikat.[6] Petraeus melepaskan komandonya atas pasukan AS dan NATO di Afghanistan pada tanggal 18 Juli 2011, dan pensiun dari Angkatan Darat AS pada tanggal 31 Agustus 2011.[7] pada tanggal 9 November 2012, Petraeus mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur CIA, menyusul skandal perselingkuhannya yang dilaporkan dalam investigasi FBI.[8]

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

David Petraeus dilahirkan pada 1952 dalam sebuah keluarga Belanda-Amerika. Ayahnya, Sixtus, adalah seorang kapten pelaut. Petraeus bertumbuh di Cornwall on Hudson, New York. Waktu masih kecil ia dijuluki "Peaches" (“Persik”) pada tahun 1960-an, karena teman-temannya di Little League keliru mengucapkan nama keluarganya. Ia lulus dari SMA Cornwall Central dan kemudian melanjutkan ke Akademi Militer Amerika Serikat di West Point yang tidak jauh dari kota tempat tinggalnya.[9]

Ia menikah dengan Holly Knowlton (anak Jenderal AD purnawirawan William A. Knowlton, yang menjadi pengawas di West Point saat itu) dua bulan setelah lulus dari pendidikan militernya. Mereka mempunyai dua orang anak yang telah dewasa: seorang anak lelaki dan seorang anak perempuan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Petraeus berdinas sebagai perwira infantri setelah lulus dari Akademi Militer Amerika Serikat pada 1974. Petraeus ia mendapatkan Penghargaan Jenderal George C. Marshall sebagai lulusan terbaik dari Sekolah Staf Komando Angkatan Darat AS Angkatan 1983. Ia kemudian memperoleh gelar MPA (Master of Public Administration) (Magister dalam Administrasi Negara) dan Ph.D. dalam hubungan internasional dari Sekolah Masalah Internasional dan Negara Woodrow Wilson, Universitas Princeton, dan kemudian menjabat sebagai asisten professor dalam mata kuliah Hubungan Internasional di Akademi Militer AS. Disertasi Ph.D.-nya, "The American Military and the Lessons of Vietnam" (Militer Amerika dan Pelajaran dari Vietnam), membahas pengaruh Perang Vietnam terhadap pemikiran militer menyangkut penggunaan kekuatan militer. Ia juga menyelesaikan sebuah program fellowship di Universitas Georgetown.

Dalam kemiliteran[sunting | sunting sumber]

Sebelum penugasannya di Irak, Petraeus adalah Asisten Kepala Staf Operasi Pasukan Stabilisasi NATO dan Wakil Komandan Satuan Tugas Kontra-Terorisme Antar-Badan Gabungan AS – Bosnia.

Setelah lulus dari Akademi Militer Amerika Serikat pada 1974, ia ditugasi di Infantri. Ia telah memegang jabatan sebagai pemimpin dalam satuan-satuan infantri dalam angkutan udara, mesin, dan serangan udara di Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

Sekurang-kurangnya ia telah terluka dua kali dalam tugas. Pada 1991, Petraeus, yang saat itu menjabat sebagai komandan batalyon dari Iron Rakkasans, 3-Resimen Infatri ke-187, secara tidak sengaja tertembak di dadanya oleh sebuah M-16 dalam sebuah latihan dengan peluru hidup di Fort Campbell, Kentucky, ketika seorang tentara terinjak sebuah senapan dan meletus. Petraeus dibawa ke Pusat Medis Universitas Vanderbilt, Nashville, Tennessee, dan di sana ia dioperasi oleh Bill Frist yang belakangan menjadi seorang Senator.[10]. Pada 2000, dalam sebuah terjun payung, payung terjun Petraeus menguncup pada suatu ketinggian yang tidak seberapa (sekitar 60 kaki atau 20 meter), yang mengakibatkan ia mendarat keras dan mematahkan tulang selangkangannya.

Penugasan di Irak[sunting | sunting sumber]

Petraeus memimpin Divisi Angkutan Udara ke-101 pada Invasi Irak 2003 dan pada pendudukan kesatuan itu atas Mosul hingga pertengahan 2004. Petraeus banyak dipuji karena efektivitasnya dalam menata Mosul, di mana ketertiban masyarakat dengan segera runtuh pada 2004, tak lama setelah Divisi ke-101 meninggalkannya.

Tak lama setelah ditunjuk sebagai komandan lapangan di Irak, Petraeus mengamati bahwa pada saat pengangkatannya, pasukan AS secara historis tidak disiapkan untuk memerangi para pemberontak, dan bahwa meskipun mempunyai kekuatan luar biasa untuk pertempuran konvensional, mereka tidak mempunyai pengalaman Britania dengan imperiumnya dan pengalamannya dengan Ulster dan Malaya, dan secara intelektual tidak siap untuk menghadapi rumitnya perang gerilya. Ia juga mencatat bahwa Britania, dengan sejarah kolonial mereka telah jauh lebih pandai dalam menggabungkan diplomasi setempat dengan kekuatan militer..[11]

Pada Juni 2004, Petraeus ditugasi untuk melatih Tentara Irak yang aru dan pasukan keamanan negara itu sebagai komandan Komando Transisi Multi-Nasional - Irak. Ia melepaskan jabatan itu pada September 2005. Petraeus kemudian diberi tugas untuk memimpin Pusat Gabungan Persenjataan AS (CAC).

Pusat Gabungan Persenjataan AS yang bermarkas besar di Fort Leavenworth, Kansas, adalah komando yang mengawasi Sekolah Staf Komando dan 17 sekolah, pusat, dan program pendidikan lainnya yang terletak di seluruh AS. Pusat Persenjataan GAbungan ini juga bertanggung jawab atas penyusunan manual doktrin Tentara, melatih para perwira yang ditugasi maupun yang tidak ditugasi, mengawasi latihan-latihan bersama yang penting, mengintegrasikan sistem komando perang dan konsepnya, serta mengawasi pusat militer untuk pengumpulan dan penyebaran pelajaran yang telah diperoleh.

Kritik 2007[sunting | sunting sumber]

Kolonel Douglas A. Macgregor (Purn.), dari Angkatan Darat AS, mendaftarkan sejumlah kritik terhadap Jenderal Petraeus dalam edisi PBS (Stasiun Televisi Publik) 23 Januari 2007, News Hour with Jim Lehrer. Ia menyatakan bahwa Jen. Petraeus memulai posisinya yang baru (sebagai panglima militer AS di Irak) dengan tiga kekeliruan.

Kutipan: "Pertama, ia memimpin Divisi Angkutan Udara ke-101 dalam perjalanan ke Baghdad. Ini adalah suatu komando yang tidak menonjol. Asisten komandan divisinya pada akhir operasi itu begitu kecewa dengan kegagalan Divisi ke-101 untuk mendukung keberhasilannya sehingga ia mengatakan bahwa Korps ke-5 berperang ibaratnya dengan sebelah tangan diikat ke belakang. Divisi Infantri Ke-3 telah melaksanakan pertempuran ini.

Tanda penghargaan dan bintang[sunting | sunting sumber]

Catatan dan rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Petraeus resigns CIA, citing affair; FBI investigating
  2. ^ [1]
  3. ^ "David Petraeus resigns from CIA". USA Today. Diakses 2012-11-09. 
  4. ^ "Petraeus Calls Iraq Situation Dire". The New York Times. 23 Januari 2007. 
  5. ^ Gordon, Michael (5 Januari 2007). "Bush to Name a New General to Oversee Iraq". The New York Times. 
  6. ^ Kathleen Hennessey (June 30, 2011). "Senate confirms David Petraeus as CIA director". Los Angeles Times. Diakses 2011-06-30. 
  7. ^ Karen Parrish (July 1, 2011). "Petraeus Confirmed as CIA Director". U.S. Department of Defense. American Forces Press Service. Diakses 2011-07-01. 
  8. ^ "NBC: David Petraeus resigns from CIA". November 9, 2012. Diakses 2012-11-09. 
  9. ^ Bruno, Greg; 11 Januari 2007; New Iraq commander is Cornwall's favorite son; Times-Herald Record; diakses 13 Januari 2007.
  10. ^ Atkinson, Rick (7 Januari 2007). "Iraq Will be Petaeus's Knot to Untie". The Washington Post. hlm. A15. 
  11. ^ New US general will copy British 'softly-softly' style: The Times, 7 Januari 2007, hlm. 6-7 dan online

Pranala luar[sunting | sunting sumber]