Sidney Sheldon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sidney Sheldon
Lahir 11 Februari 1917
Chicago, Illinois, Amerika Serikat
Meninggal 30 Januari 2007 (umur 89)
Rancho Mirage, California, Amerika Serikat
Pekerjaan Pengarang Novel
Kewarganegaraan Amerika Serikat
Periode menulis 1989 - 2005
Aliran sastra Fiksi Kriminalitas,
Thriller

[[1] www.hachettebookgroupusa.com/features/sidneysheldon/meet_ss.html%20Sidney%20Sheldon's%20Website]]

Sidney Sheldon (11 Februari 191730 Januari 2007) adalah seorang pengarang Amerika yang memperoleh sejumlah penghargaan dalam tiga bidang kariernya -- sebagai penulis drama Broadway, pengarang skenario TV dan film Hollywood, dan novelis yang laris. Sebagian dari karya-karya TVnya yang paling terkenal termasuk I Dream of Jeannie (1965-1970) dan The Patty Duke Show (1963-1966), tetapi baru ketika ia berusia 50 tahun dan mulai menulis novel-novelnya yang laris seperti Master of the Game (1982), The Other Side of Midnight (1973) dan Rage of Angels (1980) ia menjadi terkenal sekali.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Sheldon dilahirkan dengan nama Sidney Schechtel di Chicago, Illinois dari ayah seorang Yahudi-Jerman dan ibu seorang Yahudi-Rusia. Pada usia 10 tahun, ia berhasil untuk pertama kali berjualan. Ia memperoleh AS$10 untuk sebuah puisi. Pada masa Depresi, ia melakukan berbagai pekerjaan, belajar di Universitas Northwestern dan menyumbangkan drama-drama pendek ke berbagai kelompok drama.

Pada 1937 ia pindah ke Hollywood, California dan di sana ia memeriksa naskah-naskah dan bekerja sama untuk sejumlah film yag tidak begitu bagus (film kelas B). Setelah berdinas di militer pada Perang Dunia II sebagai seorang penerbang dalam Dinas Latihan Perang, sebuah cabang dari Korps Tentara Utara, Sheldon kembali ke kehidupan sipil dan pindah ke New York City. Di sana ia mulai menulis drama-drama musik untuk panggung Broadway sementara terus menulis skenario untuk Studio MGM dan Paramount Pictures. Ia memperoleh reputasi sebagai penulis yang produktif, misalnya suatu kali ia menulis tiga karya musik di Broadway: tulisan ulang untuk "The Merry Widow," "Jackpot" dan "Dream with Music." Suksesnya di Broadway membawanya kembali ke Hollywood dan mendapatkan tugas pertama menulis The Bachelor and the Bobbysoxer yang membuatnya memperoleh Academy Award untuk skenario asli terbaik pada 1947.

Ketika televisi menjadi medium yang laris, ia memutuskan untuk mencobanya. "Rasanya saya sedang perlu uang," kenangnya. "Saya berjumpa dengan Patty Duke suatu hari waktu makan siang. Karena itu saya memproduksi The Patty Duke Show, dan saya melakukan sesuatu yang tak perlah dilakukan orang lain di TV. Selama tujuh tahun, saya menulis setiap episode dari serinya."[1] Ia juga menulis untuk seri TV Hart to Hart dan Nancy. Yang paling terkenal adalah karyanya, seri I Dream of Jeannie, yang juga diciptakan dan diproduksinya, yang berlangsung hingga lima musim dari 1965-1970. "Pada tahun terakhir dari I Dream of Jeannie, itulah saya memutuskan untuk mencoba menulis novel," katanya pada 1982. "Setiap pagi dari pk. 9 hingga tengah hari, saya mempunyai seorang sekretaris di studio yang menerima semua panggilan telepon. Maksudnya, setiap panggilan telepon. Saya menulis setiap pagi — atau lebih tepatnya, mendiktekan — dan kemudian saya menghadapi bisnis TV."[1]

Pada 1969, Sheldon menuulis novelnya yang pertama, The Naked Face yang membuat ia memperoleh Penghargaan Edgar Allan Poe untuk Novel Pertama Terbaik dari Mystery Writers of America. Novelnya yang berikut, The Other Side of Midnight, menduduki tempat pertama dalam daftar novel terlaris New York Times seperti juga beberapa novelnya berikutnya. Beberapa di antaranya dibuat menjadi film bioskop atau miniseri TV.

Novel-novelnya seringkali menampilkan perempuan-perempuan yang bertekad keras, yang gigih dalam menghadapi dunia yang keras yang dikelola oleh para lelaki yang kejam.[1] Novel-novelnya memuat banyak ketegangan dan trik untuk membuat pembaca terus terpaku pada bukunya:[1]

"Saya mencoba menulis buku-buku saya sehingga si pembaca tidak dapat melepaskan bukunya," jelasnya dalam sebuah wawancara 1982. "Saya berusaha membangunnya begitu rupa sehingga ketika pembaca sampai pada akhir bab pertama, ia ingin membaca satu bab lagi. Ini adalah teknik lama dari seri hari Sabtu sore: biarkan si tokoh tergantung-gantung di ujung tebing pada akhir babnya."

Kebanyakan pembacanya adalah perempuan. Ketika ditanya mengapa demikian, ia berkata: "Saya suka menulis tentang perempuan yang berbakat dan cakap, tetapi yang terpenting, tetap mempertahankan keperempupanan mereka. Perempuan memiliki kekuatan yang luar biasa - keperempuanan mereka, karena lelaki tidak dapat tahan menghadapinya."[1] Buku adalah mediuam favorit Sheldon. "Saya suka menulis buku," komentarnya. "Film adalah sebuah medium kerja sama, dan setiap orang menebak-nebak kita. Bila kita menulis novel, kita bekerja sendirian. Ini adalah kemerdekaan yang tidak ada dalam medium lainnya manapun."[1]

Sheldon menikah selama 30 tahun dengan Jorja Curtright Sheldon, seorang aktris film dan panggung, yang meninggal dunia pada 1985 dan ia menikah kembali dengan Alexandra Kostoff, seorang mantan aktris cilik dan eksekutif iklan, pada 1989.[1]

Sheldon meninggal karena komplikasi yang muncul akibat pneumonia (radang paru-paru) pada 30 Januari 2007.[1]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun, Sheldon menulis untuk televisi, film, dan panggung, dan memperoleh Hadiah Oscar untuk Skenario Asli (1947) untuk The Bachelor and the Bobby-Soxer, sebuah Penghargaan Tony (1959) untuk drama musiknya Redhead, dan sebuah Penghargaan Emmy untuk karyanya I Dream of Jeannie, sebuah komedi situasi NBC.

Bibliografi - novel[sunting | sunting sumber]

(dalam kurung diberikan pula terjemahannya yang telah terbit dalam bahasa Indonesia)

Buku yang berjudul "Catoplus Terror" konon dikarang oleh Sidney Sheldon, tetapi buku ini tidak muncul dalam situs resmi Sheldon. Ada yang mengatakan bahwa buku itu ditulis oleh orang lain yang menggunakan nama yang sama. Buku yang berjudul "The Pavid Pavilion" juga buku yang lain yang ditulis oleh orang lain yang menggunakan nama yang sama.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h "Author Sidney Sheldon dies at 89", Associated Press, 30 Januari 2007

Pranala luar[sunting | sunting sumber]