Grantham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Grantham adalah sebuah kota pasar yang berukuran menengah di Lincolnshire, Inggris dengan penduduk sekitar 35.000 orang (40.000 termasuk Great Gonerby). Kota ini terletak di tepi Sungai Witham, dan dilalui oleh East Coast Main Line (antara perhentian untuk Peterborough dan Newark Northgate) serta jalan utama A1 dari London ke Edinburgh yang melaluinya (kota ini dilewatkan pada 1962). Daerah pertokoan utama di High Street, hingga baru-baru ini, adalah bagian dari A52 yang sibuk (yang merentang ke Nottingham di dekatnya), dan Wharf Road dan London Road (di sebelah Sainsburys).

Dua orang yang termasyhur di seluruh dunia yang terkait dengan kota ini adalah Sir Isaac Newton, yang belajar di The King's School, Grantham yang masih ada hingga sekarang, dan Baroness Margaret Thatcher, yang belajar di Kesteven and Grantham Girls' School (K.G.G.S). Thatcher, yang lahir di Grantham, masih diingat secara pribadi oleh banyak penduduk kota ini.

Secara politik, kota ini adalah bagian dari wilayah pemilihan Grantham dan Stamford (baru-baru ini diubah), dan di Parlemen diwakili oleh Anggota Parlemen Partai Konservatif Member of Parliament Quentin Davies, dan mempunyai sejarah yang panjang dalam memilih anggota-anggota Konservatif untuk Parlemen. Dewan setempat, Dewan Distrik South Kesteven, juga dipimpin oleh Konservatif. Anggota-anggotanya terdiri atas 31 Konservatif, 11 Independen, 10 Buruh dan 5 Demokrat Liberal. Hal ini berubah dari pimpinan Partai Buruh sebelumnya, dan mencerminkan perubahan demografi di wilayah ini. Desa-desa di South Kesteven yang lebih banyak penduduk kelas menengahnya membuat proporsi suara Konservatif di sini sulit ditandingi.


Klub sepak bola Grantham Town adalah tim sepak bola lokal, yang saat ini bermain dalam Divisi Pertama Unibond. Klaim utama yang membuat klub sepak bola Grantham Town (yang dijuluki 'The Gingerbreads') terkenal ialah bahwa Martin O'Neill memulai jenjang manajemennya di sini. Klub ini didirikan pada 1874 dan saat ini mereka bermain di stadion olahraga South Kesteven yang berkapasitas 7.500 penonton (tertutup 1.950, kursi 750), meskipun rata-rata kehadiran penontonnya di bawah kapasitasnya. Lapangan ini juga berfungsi sebagai stadion atletik kota ini (satu dari tiga stadion yang ada di Lincolnshire), di sebelah Grantham Meres Leisure Centre di Trent Road.

Orang terkenal kelahiran Grantham[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]