Maret 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
< Maret 2007 >
M S S R K J S
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, gunakan format berikut:

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Sabtu, 31 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Australia

31 - Tempat-tempat usaha dan pemilik rumah di Sydney, Australia memadamkan lampu selama 1 jam sebagai peringatan akan pemanasan global. Sementara itu lampu-lampu keamanan, jalan raya, serta pelabuhan tetap menyala. (AP)

31 - Menteri Luar Negeri Korea Selatan Song Mi-soon menyerukan agar Jepang menyelesaikan pertikaian yang muncul karena masa lampau militeristik negara itu demi perbaikan hubungan antara kedua negara. (Reuters)

31 - Pengawal hutan menemukan kerangka dua singa Asia yang langka dan anaknya yang diduga telah dibunuh oleh pemburu liar di pinggiran habitat alamiah mereka di Babaria, India barat. Dalam dua bulan ini 9 ekor singa langka telah dibunuh. (AP)

Jumat, 30 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

30 - Aktivis hak asasi manusia Maria Julia Hernandez, yang membantu para korban perang saudara El Salvador, meninggal dunia pada usia 68 tahun karena serangan jantung. (AP)

30 - Pemerintah Brasil akan memberikan akses internet gratis kepada suku-suku Indian di daerah Amazon untuk menolong melindungi hutan tropis terbesar di dunia. (AP)

30 - Kejahatan pihak ekstremis sayap kanan meningkat 14% dan serangan kekerasan terhadap orang asing meningkat 37% di Jerman, demikian diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri Jerman. (AP)

30 - Penyanyi senior legendaris Chrisye wafat. Jenazahnya dimakamkan di TPU Jeruk Purut. (Kompas)

Kamis, 29 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Amerika Serikat

29 - Menteri Pertahanan AS Robert Gates mengatakan bahwa Kongres dan Gedung Putih harus membahas cara-cara untuk menutup penjara militer di Teluk Guantanamo, tanpa membebaskan tahanan-tahanannya yang paling berbahaya. (Reuters)

29 - Meskipun diancam veto, Senat menyetujui rancangan undang-undang penarikan pasukan Amerika Serikat dari Irak paling akhir 31 Maret 2008. (Reuters)

29 - Presiden Kuba Fidel Castro menunjukkan tanda-tanda bahwa ia akan kembali ke dunia politik setelah 8 bulan menderita sakit, meskipun belum jelas peranan apa yang akan dimainkannya kelak. (AP)

29 - Di tengah-tengah kecaman para pemimpin Barat, pemimpin-pemimpin Afrika Selatan menyerukan dicabutnya sanksi terhadap Zimbabwe. (AFP)

29 - Annette Lu, wakil presiden Taiwan, mengatakan bahwa bila ia terpilih sebagai presiden negara itu, ia akan menggunakan sentuhan feminin untuk mengurangi permusuhan dengan Tiongkok (AP)

29 - Para pemimpin Arab meneruskan rencana untuk mengembangkan program-program nuklir, meskipun pada saat yang sama mereka memperingatkan kemungkinan perlombaan senjata nuklir yang diciptakan oleh dua rival kuat mereka, Israel dan Iran. (AP)

29 - Beberapa bom bunuh diri yang menyerang pasar-pasar Syi'ah di Baghdad dan di sebuah kota di utaranya menewaskan sekurang-kurangnya 104 orang dan melukai sejumlah orang lainnya, bertepatan dengan hari pertama Duta Besar Amerika yang baru, Ryan Crocker, menggantikan dubes yang lama. (AP)

Rabu, 28 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

28 - Pemerintah Britania telah membekukan hubungan bilateralnya dengan Iran sampai pertikaian tentang penangkapan 15 pelaut dan marinir Britania di perairan Irak diselesaikan. Sementara itu, Britania tetap melanjutkan upaya-upaya diplomatik dengan para pejabat Iran untuk membebaskan personel militer negara itu. (BBC News)

{{{title}}}
Tiongkok

28 - Tim penyelamat berusaha menyelamatkan setidaknya 20 buruh tambang yang terjebak di bawah tanah setelah ledakan gas menghantam sebuah tambang batu bara di Jincheng, Shanxi, Tiongkok utara. (AP)

28 - San Francisco menjadi kota pertama di Amerika Serikat yang melarang penggunaan kantong plastik belanja dan mengharuskan toko-toko menawarkan pembelinya kantong kertas, plastik yang mudah hancur menjadi kompos atau kantong kain yang dapat digunakan kembali. (AP)

28 - Korea Utara terancam krisis pangan terbesar dalam dasawarsa ini karena gagal panen dan anjloknya bantuan dari pihak donor. (AP)

28 - Paris kembali dilanda huru-hara dan penjarahan yang dilakukan oleh banyak keturunan Afrika atau Afrika Utara, yang segera menjadi topik kampanye dalam kampanye pemilihan presiden di Perancis. (AP)

28 - Toshimasa Iue, Presiden Sanyo Electric dan anggota keluarga pendiri perusahaan itu, akan mengundurkan diri Senin depan setelah benturan dengan kelompok finansial tentang rencana restrukturisasi. (AFP)

28 - Mayjen. (Purn) Zacky Anwar Makarim dalam kesaksiannya menyangkal bahwa di Timor Timur terjadi pelanggaran berat hak asasi manusia setelah rakyat Timtim memilih untuk berpisah dari Indonesia. (AFP)

Selasa, 27 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Irak

27 - Undang-undang Irak akan mengizinkan kaum Baathis untuk kembali ke pos-pos pemerintahan. (BBC News)

27 - Mantan pemimpin pemberontak Angkatan Baru Pantai Gading, Guillaume Soro, telah diangkat sebagai perdana menteri negara itu. Soro dan musuh bebuyutannya, Presiden Laurent Gbagbo menandatangani perjanjian perdamaian awal bulan ini. (BBC News)

27 - Kaum separatis Quebec mengalami kekalahan telak dalam pemilu Quebec, sementara Partai Liberal yang berkuasa pun kehilangan posisi mayoritasnya dengan munculnya Partai Aksi Demokratis (ADQ) yang menghendaki otonomi yang lebih luas bagi Quebec, namun masih tetap dalam Federasi Kanada. (BBC News)

Senin, 26 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

26 - PM Shinzo Abe meminta maaf di depan parlemen Jepang atas penggunaan jugun ianfu oleh negaranya selama Perang Dunia II. Pernyataan ini menunjukkan sedikit kemajuan dalam upayanya menjelaskan posisinya, namun tampaknya belum memuaskan para kritikusnya di luar negaranya. (BBC News)

26 - Pemerintahan Romano Prodi yang rapuh menghadapi pemungutan suara yang genting lainnya menyangkut kehadiran pasukan Italia di Afganistan. Partai-partai kiri sekutu Prodi menginginkan 1.800 pasukan Italia segera ditarik pulang. (BBC News)

26 - Perempuan sehat yang menelan aspirin dosis rendah hingga menengah dapat mengurangi risiko kematian dini, khususnya karena penyakit jantung. (BBC News)

{{{title}}}
Sri Lanka

26 - Pasukan pemberontak Macan Tamil mengebom sebuah pangkalan militer dekat bandar udara internasional di utara Kolombo sehingga tiga orang tewas dan 16 luka-luka. Ini adalah serangan udara pertama para pemberontak ini. (BBC News)

Minggu, 25 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

25 - PM Armenia, Andranik Margaryan meninggal karena serangan jantung (BBC News)

25 - Presiden Venezuela, Hugo Chavez, mengatakan bahwa pemerintahnya berencana untuk menciptakan "hak milik bersama" sebagai bagian dari reformasi menyeluruh menuju sosialisme, dan bahwa para petugas akan menyita tanah-tanah pertanian yang luas dan mendistribusikan kembali tanah-tanah yang dianggap "menganggur". (AP)

25 - Militer Israel mencabut larangan terhadap orang-orang Palestina yang berkendaraan dengan warga Israel atau asing lainnya di Tepi Barat. Larangan yang banyak dikritik kelompok-kelompok hak asasi manusia ini tidak pernah diberlakukan. (AP)

25 - Larry Sanger, salah satu pendiri Wikipedia, mengumumkan peluncuran Citizendium, alternatif Wikipedia, yang diharapkan akan bebas dari vandalisme dan ketidakkonsistenan. Para penyumbangnya diminta memberikan nama mereka yang sebenarnya, dan para pakar dalam bidang-bidang tertentu akan diminta untuk memeriksa keakuratan artikel-artikelnya. (AP)

{{{title}}}
Jepang

25 - Gempa bumi dengan ukuran 7,1 pada skala Richter mengguncang Jepang pada pukul 10.00 waktu setempat atau 08.00 WIB, menewaskan setidaknya 1 orang dan melukai 85 lainnya serta menimbulkan tsunami kecil (±10 cm). (Reuters) (Metrotvnews)

25 - Donald Tsang, kepala eksekutif Hong Kong, memenangi masa jabatan kedua dalam perebutan kepemimpinan yang diadakan pertama kali sejak wilayah itu dikembalikan ke tangan Tiongkok. (BBC News)

Sabtu, 24 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

24 - Dewan Keamanan PBB sepakat bulat untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran atas ambisi nuklirnya. Sanksi ditujukan pada ekspor senjata Iran, bank milik negara dan Pengawal Revolusinya. Menlu Iran Manouchehr Mottaki langsung menolak tuntutan Dewan agar Iran segera menghentikan proyek pengayaan uraniumnya. (Reuters)

24 - Mao Anqing, satu-satunya anak Mao Zedong yang diketahui masih ada, meninggal dunia pada usia 84 tahun. Tak disebutkan apa penyebab kematiannya. (AP)

24 - Rana Bhagwandas, seorang hakim senior Hindu Pakistan, diangkat menjadi penjabat Ketua Mahkamah Agung negara itu di tengah-tengah krisis yudisial yang melanda pemerintahan Presiden Pervez Musharraf. (AP)

24 - Bentrokan senjata antara pasukan pemerintah dengan kaum milisi di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo menewaskan 150 orang. (BBC News)

Jumat, 23 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
AS

23 - Dewan Perwakilan AS untuk pertama kalinya memberikan batas waktu kepada Perang Irak setelah menyetujui untuk menarik pasukan Amerika Serikat pada tahun depan, meskipun Presiden Bush mengancam akan memvetonya. (AP)

23 - Pasukan-pasukan Iran menangkap 15 orang tentara Britania di muara yang memisahkan Iran dengan Irak, sehingga menimbulkan krisis diplomatik antara kedua negara. (Reuters)

23 - Salam al-Zobaie, wakil perdana menteri Irak, seorang politikus Arab Sunni terkemuka, terluka ketika seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya di sebuah ruangan ketika al-Zobaie sedang salat Jumat. (Reuters)

23 - Para pemain kriket Piala Dunia Pakistan memberikan sampel DNA mereka, sementara polisi Jamaika menyelidiki pembunuhan atas pelatih mereka Bob Woolmer dan menunggu hasil penyelidikan atas jenazahnya tentang sebab-sebab kematiannya. (Reuters)

23 - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mendadak membatalkan rencana perjalanannya ke New York untuk berbicara di depan Dewan Keamanan PBB sebelum pemungutan suara hari Sabtu untuk menjatuhkan sanksi atas aktivitas nuklir negara itu. (AP)

23 - Belgia menyatakan pemerintahan koalisi Palestina lebih moderat daripada pendahulunya yang dipimpin oleh Hamas, dan mendesak agar membebaskan seorang tentara Israel yang ditawan, menghentikan kekerasan dan menempatkan seluruh pasukan keamanan di bawah satu komando. (AP)

Kamis, 22 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Nepal

22 - Ratusan polisi anti-huru-hara mematroli dua kota perbatasan di tenggara Nepal untuk memberlakukan jam malam setelah bentrokan berdarah antara kaum Maois dengan sebuah kelompok etnis menewaskan setidaknya 26 orang. (Reuters)

22 - Sekjen PBB Ban Ki-moon nyaris terluka pada kunjungan pertamanya ke Baghdad setelah sebuah roket Katyusha jatuh hanya beberapa meter dari sebuah gedung tempat ia memberikan konferensi pers. (Reuters)

22 - Uskup Agung Gereja Katolik Zimbabwe, Pius Ncube, menganjurkan agar rakyat turun ke jalan-jalan untuk memprotes peningkatan kekerasan oleh negara dan menggulingkan Presiden Robert Mugabe. (AP)

22 - Italia menolak kritik dari Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa setelah pihak Taliban membebaskan Daniele Mastrogiacomo, wartawan La Repubblica, dengan membayar uang tebusan. (AFP)

22 - Komisi IV DPR menilai pengadaan kereta rel listrik bekas dari Jepang dengan pola hibah melanggar aturan sebab jika dilakukan antarpemerintah, prosesnya harus lewat Bappenas. (KoranIndonesia)

22 - Dua anjing Labrador yang dipinjam Malaysia berhasil menemukan hampir 1 juta keping DVD bajakan. (AP)

22 - Harapan untuk berbagi kekuasaan antara pihak Katolik dan Protestan di Irlandia Utara meningkat setelah Britania menawarkan lebih banyak bantuan keuangan untuk kedua kekuatan politik itu. (AP)

22 - Penangkapan Abu Dujana menjadi prioritas Polri saat ini selain Noordin M. Top. (KoranIndonesia)

Rabu, 21 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Indonesia

21 - Tiga tokoh militan dinyatakan bersalah dalam kasus pemenggalan atas tiga orang gadis remaja di Sulawesi Tengah. Mereka dijatuhi hukuman penjara antara 14 hingga 20 tahun. (AP)

21 - Hujan lebat menyebabkan tanah longsor, mengubur tiga rumah, dan menewaskan 31 orang di Kashmir bagian Pakistan, 21 orang lainnya di desa Doba Sayedan di pegunungan Himalaya, dan 10 orang lagi di Bagh, sebuah kota di selatan negara itu. (AP)

21 - Para uskup Gereja Episkopal Amerika Serikat mengukuhkan dukungan mereka terhadap kaum homoseksual dan menolak permintaan agar menyerahkan sebagian otoritasnya atas sejumlah gereja kepada kelompok konservatif di luar Amerika Serikat. (AP)

21 - Para pemimpin Partai Demokrat memperkirakan bahwa Dewan Perwakilan akan menyetujui sebuah rancangan undang-undang yang memberikan batas waktu yang ketat untuk penarikan tentara AS dari Irak. (Reuters)

21 - Presiden Bush semakin mendekati konfrontasi total dengan Kongres yang dikuasai Demokrat menyangkut pemecatan 8 jaksa federal, sementara sebuah sub-komite Dewan menyetujui pemanggilan paksa sejumlah tokoh di sekitar Gedung Putih. (AP)

{{{title}}}
Korea Utara

21 - Perundingan perlucutan program nuklir Korea Utara macet karena Pyongyang menuntut dananya sebesar AS$25 juta yang ada di sebuah bank di Makau dicairkan terlebih dulu. (AP)

21 - Petinju Indonesia kembali tewas setelah bertanding. Anis Dwi Mulya menghembuskan napas terakhir pada 20 Maret 2007 di RS UKI Cawang setelah menjalani operasi di kepala akibat pendarahan otak (subdural dan epidural hematoma). (Indopos)

21 - Pertempuran sengit antara pasukan-pasukan Sri Lanka dan Macan Tamil menyebabkan setidaknya 12 orang tewas dan 30 orang luka-luka dari kedua belah pihak. Pihak Macan Tamil menyerang sebuah kamp militer di Sittandy dengan mortir, dan dibalas dengan serangan yang sama. (AFP)

21 - Pemerintah Kepulauan Marshall mengirimkan sebuah kapal untuk memasok air minum ke pulau-pulau sekitarnya setelah menyatakan keadaan darurat setelah musim kering yang berkepanjangan. (AFP)

21 - Tom Zreika, presiden Perhimpunan Muslim Lebanon, organisasi Islam terbesar di Australia menyerukan agar para ulama Islam negara itu berperan sebagai penyelamat kehidupan dan pemadam kebakaran untuk memperbaiki citra mereka. (AFP)

Selasa, 20 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

20 - Wartawan Italia Daniele Mastrogiacomo, yang dibebaskan setelah dua minggu ditahan oleh pihak Taliban di Afganistan, tiba dengan selamat di Roma dan disambut oleh istri dan kedua anaknya. PM Italia Romano Prodi dan bos Mastrogiacomo, Ezio Mauro, juga hadir untuk menyambutnya di bandara Ciampino. (AFP)

20 - Harapan untuk menyelamatkan tiga orang buruh di tambang batubara Ulyanovskaya semakin kecil, meskipun satuan-satuan penyelamat telah bekerja keras dan menantang maut. (Reuters)

{{{title}}}
Irak

20 - Taha Yassin Ramadan, wakil presiden Irak di bawah Saddam Hussein digantung sebelum fajar atas tuduhan membunuh 148 orang warga Syi'ah. (AP)

20 - Kebakaran di sebuah panti jompo di Rusia selatan menyebabkan setidaknya 63 orang tewas. (AP)

20 - Human Rights Watch mengatakan gejolak yang kian meningkat di Thailand selatan terutama disebabkan oleh kegagalan pemerintah untuk menghentikan penghilangan paksa di wilayah tersebut. HRW menuduh pihak keamanan Thai menggunakan penghilangan paksa sebagai alat intimidasi terhadap penduduk. (AFP)

20 - Irak meminta Jepang untuk memperpanjang masa tugas misi angkatan udaranya karena peranannya yang besar dan vital. (AFP)

20 - Mayor Alfredo Reinado dikhawatirkan akan menodai pemilihan presiden di Timor Timur bulan depan. Reinado yang didukung oleh penduduk, menolak menyerah kepada pasukan-pasukan Australia. (AFP)

20 - Berita-berita tentang pencemaran udara di Hong Kong mengancam reputasinya sebagai salah satu tujuan wisata utama Asia. Pencemaran ini terutama datang dari daerah perindustrian Sungai Mutiara di Tiongkok selatan. (AFP)

Senin, 19 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

19Jaksa Agung Amerika Serikat, Alberto Gonzales diduga tidak akan dapat bertahan lebih lama lagi dalam jabatannya setelah semakin diragukan ketidakberpihakannya dalam keputusannya dalam memecat 8 jaksa federal akhir tahun lalu. (AP)

19Waleed bin Attash, yang digambarkan sebagai agen al-Qaeda, mengaku telah merancang pengeboman kapal perang USS Cole dan dua kedutaan besar Amerika Serikat di Afrika hingga menewaskan ratusan orang. (AP)

{{{title}}}
AS

19 - Dalam peringatan empat tahun perang Irak dan di tengah dukungan yang kian menipis di dalam maupun di luar negeri, Presiden Bush meminta kesabaran bangsanya dalam perang ini. (Reuters)

19 - Sebuah lukisan Marilynn Monroe oleh Andy Warhol yang dibeli sehara AS$250 pada 1962 dapat mencapai harga lebih dari AS$15 juta, kata para juru lelang Christie's. (Reuters)

19 - Mukhtaran Mai, perempuan Pakistan yang, atas perintah dewan sukunya, lima tahun lalu ditelanjangi, ramai-ramai diperkosa dan ditinggalkan begitu saja karena disangka telah mati, memperoleh Penghargaan Utara-Selatan dari Dewan Eropa. (AFP)

19 - Pemerintah Zimbabwe memanggil dan mengancam akan mengusir para duta besar negara-negara Barat yang dituduhnya mendukung pihak oposisi untuk menyingkirkan Presiden Robert Mugabe dari kekuasaannya. (Reuters)

19 - Lima aktivis Greenpeace memblokir pintu gerbang utama tempat kediaman PM Stephen Harper sebagai protes atas kegagalannya untuk mendukung Protokol Kyoto tentang perubahan iklim. (Reuters)

19 - Ledakan di tambang batu bara Ulyanovskaya di Siberia telah menewaskan sekurang-kurangnya 61 orang, sementara 88 orang lainnya berhasil diselamatkan. Pada saat ledakan terjadi, setidaknya ada 168 buruh tambang di bawah tanah. Beberapa lusin buruh masih terjebak di dalamnya. (BBC News)

19 - Singapura akan mencari sumber baru untuk mendapatkan pasir setelah Indonesia melarang ekspor pasir ke negara itu. (BBC News)

19 - AS menyatakan siap berunding dengan anggota kabinet yang bukan anggota Hamas.(Al Jazeera) (BBC)

19 - Amerika Serikat menyatakan telah mencapai kesepakatan dengan Korea Utara mengenai perselisihan soal sanksi ekonomi terhadap Korea Utara, bersamaan dengan dilanjutkannya perundingan mengenai program nuklir Korea Utara.(AFP)

Minggu, 18 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

18 - Tujuh tentara AS terbunuh akibat bom tepi jalan dan pertempuran di Irak. Sementara itu, polisi Irak memperkirakan akan muncul lebih banyak serangan bom kimia setelah rentetan bom klor menewaskan dua orang dan menyebabkan 350 orang terkena penyakit sehari sebelumnya.(AFP)

{{{title}}}
Thailand

18 - Tiga orang murid sekolah tewas dan tujuh orang lainnya luka-luka dalam suatu serangan maut pada sebuah sekolah Islam di daerah Thailand selatan, sehingga menyebabkan ratusan penduduk desa berdemonstrasi. (AP)

Sabtu, 17 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

17 - Pada 2050 penduduk dunia akan mencapai 9,2 miliar dan penduduk Indonesia 280 juta, bila angka total tingkat kesuburan masih berada di kisaran 2,5 sampai 2,6. (KoranIndonesia)

17 - Tiga bom mobil bunuh diri dengan tangki-tangki penuh gas klor menyebabkan 350 orang sakit dan dua orang tewas di Provinsi Anbar, Irak. Serangan ini membangkitkan rasa khawatir baru akan kampanye baru yang menggunakan senjata non-konvensional di Irak. (AP)

17 - Palestina membentuk sebuah pemerintahan koalisi baru yang lebih moderat, untuk meyakinkan komunitas internasional untuk mengakhiri isolasinya dan mengakhiri sanksinya yang telah berlangsung satu tahun. Namun Israel mengumumkan tak akan berurusan dengan pemerintahan baru ini, karena tak mengakui secara eksplisit keberadaan negara Yahudi itu atau menolak kekerasan, seperti yang dituntut dunia internasional. (AP)

17 - Raouf Abdel Rahman, hakim yang menjatuhkan hukuman mati atas Saddam Hussein dilaporkan telah mencari suaka di London karena khawatir nyawanya terancam di Irak. (Reuters)

17 - Tiga aktivis oposisi Zimbabwe ditangkap kembali ketika berusaha meninggalkan negara itu. Dua dari mereka konon dipukuli polisi dan berniat ke Afrika Selatan untuk mendapatkan pengobatan. (AP)

17 - Sutradara Spanyol Pedro Almodovar bergabung dengan puluhan ribu massa berdemonstrasi di Madrid untuk memprotes perang di Irak dan menuntut ditutupnya tahanan militer Amerika Serikat di Teluk Guantanamo, Kuba. (AP)

{{{title}}}
Korea Utara

17 - Korea Utara menegaskan tidak akan menghentikan kegiatan nuklirnya kecuali dananya yang disimpan di Banco Delta Asia di Makau dicairkan. (AP)

Jumat, 16 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

16 - Greenpeace Indonesia melakukan aksi agar degradasi hutan Indonesia masuk dalam catatan Guinness World Record sebagai yang terparah di dunia. (KoranIndonesia)

16 - Hakim Federal Amerika Serikat, Gladys Kessler, mengatakan bahwa larangan yang dikeluarkannya untuk pemasaran rokok sebagai "light" dan "low tar" harus diberlakukan bukan hanya di AS tetapi juga di luar negeri. (Reuters)

16 - Setelah beberapa minggu bekerja sama dengan rencana keamanan yang baru, Muqtada al-Sadr, ulama Syi'ah radikal mengecam pasukan Amerika Serikat sebagai pasukan pendudukan dan mengajak para pengikutnya untuk menolak AS. (AP)

16 - Pihak oposisi Zimbabwe berjanji akan terus berjuang untuk menggulingkan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, sementara pemimpin Gerakan untuk Perubahan Demokratis, Morgan Tsvangirai, meninggalkan rumah sakit dengan kursi roda setelah dipukuli oleh pihak keamanan. (AFP)

16 - Pemerintah Jepang menyatakan tidak menemukan bukti-bukti bahwa militer atau pemerintahnya telah memaksa ribuan perempuan untuk bekerja di bordil-bordil militer sebagai jugun ianfu. (AP)

16 - Suku Kurdi di Halabja, Irak utara, memperingati serangan kimia tahun 1988 oleh Saddam Hussein yang menyebabkan tewasnya sekitar 5.600 orang suku tersebut. Saddam menuduh suku Kurdi telah membantu Iran pada bulan-bulan terakhir perang Iran-Irak. (AP)

Kamis, 15 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Macan Dahan

15 Maret 2007 - Uji genetika atas Macan Dahan oleh para peneliti di Institut Kanker Nasional AS mengungkapkan bahwa binatang ini adalah sebuah spesies yang unik dan tidak sama dengan yang terdapat di daratan Asia Tenggara seperti yang diyakini selama ini. (AP)

15 - Asosiasi Pilot Sedunia memprotes kriminalisasi terhadap pilot pesawat Garuda Indonesia Penerbangan 200. Mereka menilai, langkah aparat Polri menyidik dan memeriksa Pilot Capt. Marwoto Komar dan Kopilot Gagam A. Rohman menyalahi peraturan penerbangan. (KoranIndonesia)

15 - Tokoh al Qaeda, Khalid Sheikh Mohammed mengaku bahwa ialah otak di balik pengeboman di Kuta, Bali, dan ia sendiri yang memenggal kepala wartawan Amerika Serikat Daniel Pearl. (Reuters)

15 - Para pendeta agama Maya melakukan upacara penyucian atas sebuah situs keagamaan Guatemala setelah dikunjungi oleh Presiden Bush awal minggu ini. Mereka mempersiapkan tempat ini untuk kunjungan Presiden Bolivia, Evo Morales bulan ini. (Reuters)

15 - Sejumlah besar cadangan es ditemukan di kutub selatan planet Mars. Para ilmuwan memperkirakan bila es itu mencair semuanya, seluruh planet akan ditutupi air sedalam 11 meter. (Reuters)

15 - Irena Sendler mendapat penghargaan dari pemerintah Polandia karena telah menyelamatkan 2.500 anak-anak Yahudi pada masa Holocaust. (AP)

Rabu, 14 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Amerika Serikat

14 - Tokoh al Qaeda, Khalid Sheikh Mohammed mengaku bahwa ia mengorganisasi Serangan 11 September di Amerika Serikat dan beberapa serangan lainnya, demikian diungkapkan transkrip militer di kamp tahanan Teluk Guantanamo, Kuba. (Reuters)

14 - Dewan Perwakilan AS menyetujui pembatalan perintah Presiden George W. Bush yang mengizinkan semua mantan presiden AS merahasiakan semua dokumen mereka tanpa batas waktu. (Reuters)

14 - Maha Ghosananda, biarawan Buddhis dan kandidat Penghargaan Perdamaian Nobel yang dijuluki "Gandhi dari Kamboja," meninggal dunia di Massachusetts. (Reuters)

14 - Para petani di India timur yang marah karena rencana pemerintah untuk membangun kompleks industri di atas tanah mereka, bentrokan dengan polisi sehingga mengakibatkan setidaknya 12 orang tewas. (AP)

14 - Alice Amafo, menteri transportasi, komunikasi dan pariwisata di kabinet Suriname mengundurkan diri di tengah laporan bahwa ia menggunakan uang negara lebih dari AS$13.000 untuk ulang tahunnya yang ke-30. Amafo adalah menteri kedua dari kabinet yang sekarang yang mengundurkan diri atas tuduhan penyelewengan. (AP)

Selasa, 13 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Zimbabwe

13 - Polisi Zimbabwe membebaskan puluhan aktivis oposisi dalam keadaan luka-luka dan berdarah ke tangan para pengacara mereka, sementara sekitar 12 orang lainnya, termasuk tokoh oposisi Morgan Tsvangirai masih dirawat di rumah sakit. (AP)

13 - Kyle Sampson, seorang pembantu utama Jaksa Agung Amerika Serikat Alberto Gonzales, mengundurkan diri setelah skandal pemecatan 8 orang jaksa yang diduga bermotifkan politik. (Reuters)

13 - Britania menjadi negara pertama yang mengusulkan undang-undang yang menetapkan batas emisi gas dalam rangka meningkatkan kampanyenya untuk pakta pemanasan global yang baru untuk menggantikan Protokol Kyoto. (Reuters)

13 - Enam mortir ditembakkan ke istana Presiden Somalia Abdullahi Yusuf beberapa jam setelah ia kembali dari Baidoa, daerah pertahanan di selatan. Tank-tank Ethiopia segera menutup daerah itu dan beberapa ratus tentara Ethiopia dan pemerintah membuat lapisan perlindungan sekitar istana. (AP)

13 - Komisi Pencegahan Penyiksaan Dewan Eropa menyatakan keprihatinannya atas praktik-praktik penyiksaan dan bentuk-bentuk perlakuan buruk lainnya oleh para petugas penegak hukum dan pasukan keamanan Chechnya. (AP)

13 - Trino Luna, gubernur provinsi Magdalena di Kolombia utara menyerahkan diri kepada penuntut umum federal karena hubungannya dengan pemimpin paramiliter sayap kanan Hernan Giraldo. (AP)

Senin, 12 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Sudan

12 - Sebuah misi hak asasi manusia PBB menuduh pemerintah Sudan berada di belakang pelanggaran HAM yang berat di Darfur dan menyerukan tindakan internasional untuk melindungi warga sipil di sana. (AFP)

12 - Setelah empat dasawarsa dalam politik dan 12 tahun sebagai kepala negara, Presiden Jacques Chirac memutuskan untuk meninggalkan politik Perancis tanpa menunjuk penggantinya sehingga pemilihan umum bulan April nanti membuka banyak kemungkinan. (AFP)

12 - Letjen. Kevin C. Kiley, kepala dinas kesehatan Angkatan Darat AS, dipaksa mengundurkan diri karena pelayanan yang buruk yang diberikan kepada tentara yang terluka di Walter Reed Army Medical Center. (AP)

12 - Untuk mengatasi keberatan Tiongkok dan Rusia, negara-negara Barat menawarkan sejumlah kompromi dalam pemberian sanksi kepada Iran atas program nuklirnya. (Reuters)

12 - PM Nepal, Girija Prasad Koirala, mengatakan bahwa Raja Gyanendra Bir Bikram Shah Dev harus mengundurkan diri karena ia mencoba menolong pihak-pihak yang berusaha mengguncangkan negara itu. (AFP)

12 - Maharani Michiko dari Jepang dilaporkan menderita stres. Salah satu penyebabnya, menurut pihak istana, adalah penerbitan buku "Princess Masako: Prisoner of the Chrysanthemum Throne" yang dianggap tidak menghormati keluarga kerajaan. (AP)

Sabtu, 10 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

10 - AS, Iran, dan sejumlah negara lain berunding di Irak untuk menghentikan kekerasan di negara tersebut. Ini adalah momen langka dimana perwakilan resmi AS dan Iran berbicara secara langsung. (AP)

10 - Militer AS menyatakan tindakan tentaranya menghapus video milik seorang wartawan AP yang berisi serangan militer AS terhadap warga sipil Afganistan adalah tindakan yang benar. (Al Jazeera)

10 - Warga Brasil menyambut kedatangan Presiden AS George Walker Bush dengan demonstrasi dan penghinaan terhadap Bush. Bush berada di Brasil mengawali turnya ke sejumlah negara Amerika Latin.(Guardian Unlimited)

Jumat, 9 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Uni Eropa

9 - Pemimpin Uni Eropa setuju untuk mengurangi pemanasan global dengan mengusahakan lebih banyak penggunaan sumber energi hijau seperti kincir angin, panel surya dan bahan bakar bio.(AP)

9 - Laporan kelompok hak asasi manusia B'Tselem menyebutkan tentara Israel menggunakan anak-anak Palestina sebagai tameng manusia dalam operasi di Nablus.(CS Monitor)

9 - AS dan Brazil, dua produser etanol terbesar di dunia, menandatangani MoU berisi kerjasama untuk meningkatkan penggunaan bahan bakar etanol.(AFP)

9 - Warga Siprus Yunani meruntuhkan tembok yang memisahkan ibukota Nikosia menjadi dua bagian, masing-masing didiami bangsa Yunani dan Turki.(BBC)

9 - Hasil pengundian babak perempat final sepak bola Liga Champions Eropa diumumkan. Chelsea akan berhadapan dengan Valencia, Liverpool melawan PSV Eindhoven, MU melawan AS Roma, serta AC Milan melawan Bayern München.(BBC)

9 - Otoritas Ethiopia mengatakan lima warga Eropa dan delapan warga lokal yang diculik orang bersenjata berada dalam kondisi baik. Kelima sandera telah ditahan selama seminggu.(Reuters)

Kamis, 8 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Jepang

8 Maret 2007 - Di bawah tekanan berat dari sejumlah negara Asia dan Amerika Serikat, PM Shinzo Abe mengatakan bahwa para anggota parlemen Partai Demokrat Liberal yang berkuasa di Jepang akan melakukan penyelidikan baru tentang jugun ianfu selama Perang Dunia II. (AP)

8 - PM Israel Ehud Olmert memberikan kesaksian bahwa perang melawan pasukan-pasukan Hizbullah di Lebanon telah direncanakan empat bulan sebelumnya, dan bahwa penangkapan dua tentara Israel oleh Hizbullah hanya memicu rencana serangan besar-besaran tersebut. (Reuters)

8 - Gulbuddin Hekmatyar, pemimpin pemberontak Afganistan mengatakan bahwa pasukannya telah memutuskan hubungan dengan Taliban dan ia terbuka untuk berunding dengan pihak pemerintahan Hamid Karzai. (AP)

8 - Qiangba Puncog, gubernur Tibet, mengatakan bahwa harapan Dalai Lama untuk kembali ke Tibet "sangat jauh", kecuali bila ia melepaskan harapannya untuk otonomi dan kemerdekaan. (AFP)

8 - Patrick Mercer, seorang anggota parlemen Britania dari Partai Konservatif dipaksa mengundurkan diri setelah membuat pernyataan yang bersifat rasialis. (AFP)

8 - Delapan bulan setelah perjalanannya di angkasa luar, astronot Lisa Nowak dipecat dari NASA karena dituduh berusaha menyingkirkan saingannya dalam hubungan percintaan segitiganya. (AP)

Rabu, 7 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Sudan

7 - Sejumlah pasukan yang diduga berasal dari Tentara Pembebasan Sudan membunuh dua anggota pemelihara perdamaian Uni Afrika dan melukai orang ketiga di wilayah Darfur, Sudan barat. (AP)

7 - Anggota-anggota parlemen Britania setuju untuk memperbarui Majelis Tinggi Britania, dengan membuat anggota-anggota Majelis sepenuhnya dipilih dalam pemilu. (AFP)

7 - Rogerio Lobato dijatuhi hukuman 7½ tahun penjara karena dinyatakan bersalah mengobarkan kekerasan di Timor Timur tahun lalu. Lobato, mantan menteri dalam negeri, adalah salah satu wakil ketua Fretilin yang berkuasa di negara ini. (AP)

7 - Pasukan keamanan Bangladesh menahan Tareque Rahman, anak PM Khaleda Zia atas tuduhan korupsi. Rumah pemimpin utama oposisi Sheikh Hasina Wajed juga diperiksa dan tiga tokoh politik terkemuka serta seorang editor suratkabar nasional ikut ditahan. (AFP)

7 - Pasukan Israel menangkap lebih dari 50 orang di markas intelijen Palestina di Ramallah, Tepi Barat. Dilaporkan tentara Israel mengepung kantor tersebut dengan dikawal oleh 100 kendaraan militer serta menembakkan senjata dan granat. Israel akhirnya melepaskan sebagian tawanan dan menahan 18 orang. (AFP)

7 - Garuda Indonesia Penerbangan GA-200 berpenumpang 133 orang meledak ketika mendarat di Bandar Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta. (Detik.com)

Selasa, 6 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

6 - Dua gempa bumi berkekuatan 6.4 dan 6.3 skala Richter mengguncang Padang, Sumatera Barat pukul 10.49 dan 12.49 WIB, dan membuat panik warga Sumatera Barat. Gempa dilaporkan terasa sampai Malaysia dan Singapura. Korban tewas 82 orang dan diduga masih akan bertambah. (BBC) (The Age)

6 - Kelompok-kelompok geng di Timor Timur mengancam akan mengacau di jalan-jalan setelah pasukan-pasukan internasional gagal menangkap pemimpin pemberontak Alfredo Reinado. (Reuters)

6 - Citra Israel, Iran, dan Amerika Serikat dianggap paling negatif menurut survei yang dilakukan oleh BBC. Responden di seluruh dunia diminta menilai 12 negara: Britania, Kanada, Tiongkok, Perancis, India, Iran, Israel, Jepang, Korea Utara, Rusia, Amerika Serikat, dan Venezuela. Kanada dan Jepang dianggap terbaik. (AP)

6 - Wakil Presiden Taiwan, Annette Lu mengumumkan pencalonannya sebagai presiden dalam pemilihan umum 2008 dan berjanji untuk meningkatkan kemakmuran dan memperbaiki hubungan dengan Tiongkok. (AFP)

Senin, 5 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

5 - Bursa saham sedunia kembali anjlok ketika harga-harga saham gagal bertahan dan rasa khawatir para investor menyebabkan merosotnya nilai saham di Eropa dan Asia. (AFP)

5 - Sebuah bom mobil yang ditujukan kepada para peziarah Syi'ah meledak di sebuah pasar di Baghdad dan menewaskan setidaknya 7 peziarah dan 38 orang lainnya. (AP)

5 - Kelompok riset dari Oxford, Inggris memperingatkan serangan terhadap Iran dapat memicu negara tersebut untuk mempercepat pembangunan senjata nuklir.(BBC)

5 - Tentara Australia di Timor Timur, didukung oleh helikopter dan kendaraan berlapis baja melanjutkan pencarian atas pemimpin pemberontak Timor Timur Alfredo Reinado setelah paya penangkapan pada hari Minggu gagal. (People's Daily)

Minggu, 4 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

4 - Militer Amerika Serikat mengakui tentara mereka telah membunuh 16 warga sipil Afganistan, dan melukai 24 lainnya di Nangarhar, Afghanistan Timur.(Al Jazeera)

{{{title}}}
Mahmoud Ahmadinejad

4 - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dan Raja Saudi Abdullah, setuju untuk bekerjasama menghentikan permusuhan antara Muslim Sunni dan Syi'ah, dalam kunjungan Ahmadinejad ke Arab Saudi. (AFP)

4 - Sebuah kelompok di Irak yang terkait dengan Al-Qaeda menayangkan video eksekusi 18 anggota petugas keamanan Irak yang diculik. (Al Jazeera)

4 - Polisi Denmark telah menangkap lebih dari 600 orang di Kopenhagen, selama 3 hari terjadinya kerusuhan di kota itu. Kerusuhan terjadi akibat polisi mengusir para penghuni ilegal dari sebuah pusat remaja. (BBC)

Sabtu, 3 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}

3 - Penduduk di berbagai belahan dunia menyaksikan gerhana bulan total, saat bulan memasuki wilayah bayangan bumi. Gerhana ini telihat di Eropa, Afrika, Amerika Selatan dan bagian timur AS dan Kanada. Gerhana dimulai pada pukul 20.18 GMT dan berakhir pada 02.24 GMT esok harinya. (BBC)

Jumat, 2 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Libya

2 Maret 2007 - Moammar Gadhafi menyatakan sudah tiba waktunya bagi Libya untuk membuka diri terhadap dunia, dan bahwa suatu hari kelak, Libya tidak lagi membutuhkan dirinya sebagai pemimpin. (AP)

2 - Gadhafi juga mengeluhkan Libya belum menerima kompensasi yang sesuai sebagaimana dijanjikan AS karena Libya menghentikan riset nuklirnya. Gadhafi mengatakan hal ini dapat membuat negara lain, seperti Korea Utara dan Iran, tidak akan menghentikan program nuklir mereka. (BBC)

2 - Di tengah-tengah serangan baru oleh pihak Taliban di Afganistan, para panglima NATO menyatakan bahwa mereka masih kekurangan lebih dari 1.000 pasukan, meskipun negara-negara sekutu telah diminta untuk mengirimkan bantuannya. (AP)

2 - Para aktivis hak-hak perempuan di Filipina dan anggota parlemen Korea Selatan mengecam pernyataan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe, bahwa tak ada bukti bahwa tentara Jepang memaksa kaum perempuan menjadi budak seks selama Perang Dunia II. (AP)

2 - Miles Hilton-Barber, seorang penerbang buta berusaha terbang dari Britania ke Australia dalam usaha mengumpulkan dana sebesar ₤1 juta untuk mencegah kebutaan. (AFP)

2 - Parlemen Chechnya menyetujui penunjukan Ramzan Kadyrov oleh Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai presiden negara itu. Kelompok-kelompok hak asasi manusia menuduh bahwa tentara keamanan di bawah Kadyrov bertanggung jawab atas penculikan dan penyiksaan kaum pemberontak Chechnya. Yang lainnya mencurigai Kadyrov sebagai otak di balik pembunuhan Anna Politkovskaya (AP)

2 Maret 2007 - Tornado di tiga negara bagian selatan Amerika Serikat, yaitu Alabama, Georgia, dan Missouri menewaskan setidaknya 17 orang. (BBC)

{{{title}}}
Korea

2 - Korea Utara dan Selatan mengumumkan kesepakatan untuk memulai penyatuan kembali keluarga-keluarga yang terpisah sejak konflik kedua negara pada 1950-1953 (AFP)

Kamis, 1 Maret 2007[sunting | sunting sumber]

1 - Pakistan dilaporkan menangkap Mullah Obaidullah Akhund, salah satu dari tiga pemimpin paling senior Taliban, hanya beberapa jam setelah kunjungan Wakil Presiden Dick Cheney. (Reuters)

1 - PM Shinzo Abe menyangkal bahwa militer Jepang memaksa kaum perempuan bekerja di bordil-bordil militer sebagai jugun ianfu di seluruh Asia pada masa Perang Dunia II. Hal ini bertentangan dengan dokumen-dokumen Jepang yang diungkapkan pada 1992 yang menunjukkan hal sebaliknya. (AP)

1 - Presiden Alan García dari Peru melancarkan kampanye untuk memerangi kebiasaan jam karet dengan membunyikan sirene, lonceng gereja dan menaburkan konfeti pada Kamis tengah hari, meminta warga Peru menyesuaikan jamnya. (AP)

{{{title}}}
Somalia

1 - Presiden Argentina Néstor Kirchner memuji prestasi pemerintahannya dalam bidang ekonomi dan hak asasi manusia. Ekonomi Argentina bertumbuh 8,5% pada 2006, dan terus membaik sejak krisis finansial pada 2002. (AP)

1 - Pengarang feminis Nawal al-Saadawi akan dituntut oleh Dewan Penelitian Islam Al-Azhar karena drama tulisannya dianggap menghujat. (AFP)

1 - Tim pendahuluan pasukan pemelihara perdamaian Afrika, yang terdiri atas 30 tentara Uganda, tiba di Somalia tanpa pemberitahuan lebih dahulu. (AP)

1 - Mayor Alfredo Reinado, pemimpin pemberontak di Timor Timur, meminta berunding dengan pemerintah, sementara pasukan internasional yang dipimpin Australia mengepung tempat persembunyiannya. Reinado menolak menyerah dan bersumpah akan terus berjuang sampai mati. (AFP)

1 - Petugas penyidik sebab kematian di Australia mengeluarkan perintah penangkapan atas Muhammad Yunus Yosfiah atas kematian lima wartawan di Timor Timur 32 tahun yang lalu. (AFP)