Scooter Libby

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lewis "Scooter" Libby

I. Lewis "Scooter" Libby Jr. (lahir di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat, 22 Agustus 1950; umur 64 tahun) adalah seorang pengacara Amerika dan mantan pembantu utama Wakil Presiden Amerika Serikat Dick Cheney. Libby adalah Kepala Staf Cheney dan Asisten Wakil Presiden untuk Urusan Keamanan Nasional dari 2001 hingga 2005. Kehadirannya yang terus-menerus di belakang layar dalam pemerintahan Bush membuat ia dijuluki sebagai "Dick Cheney-nya Dick Cheney."[1][2]

Pada pemerintahan George H. W. Bush, Libby bertugas di Departemen Pertahanan sebagai wakil utama di bawah sekretaris (Strategi dan Sumber-sumber), dan belakangan dikukuhkan oleh Senat sebagai wakil untuk kebijakan di bawah menteri pertahanan . [3] Libby dianggap sebagai tokoh utama dalam gerakan neo-konservatif. [4][5][6]

Pada 28 Oktober 2005, Libby melepaskan jabatannya di pemerintah, beberapa jam setelah dikenai tuduhan oleh Kantor Penasihat Khusus Departemen Kehakiman Amerika Serikat sebagai bagian dari investigasi juri agung tentang kebocoran CIA tentang bagaimana Valerie Plame dibongkar penyamarannya sebagai pegawai CIA. [7] Pada Januari 2006 Libby bergabung dengan Hudson Institute sebagai penasihat senior, dengan fokus pada "masalah-masalah yang terkait dengan Perang melawan Teror dan masa depan Asia." [8] Peradilan Libby atas affair Plame dimulai pada 16 Januari 2007.

Masa kecil dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Libby dilahirkan di New Haven, Connecticut [9] dalam sebuah keluarga Yahudi [10][11] dan dibesarkan di Florida. Ayahnya adalah seorang bankir investasi yang sukses. Berbagai sumber melaporkan bahwa nama sebenarnya adalah Irving (atau bentuk singkatnya Irve atau Irv) [12] dan Libby telah memberikan keterangan yang berbeda-beda tentang asal usul nama julukannya. [13] Setelah lulus dari Sekolah Eaglebrook dan Andover, sekolah berasrama yang eksklusif di New England, Libby lulus dari Universitas Yale pada 1972. Profesornya adalah Paul Wolfowitz yang merupakan mentornya dan menghasilkan pengaruh politik yang mendalam padanya. [14] Libby memperoleh gelarnya, Juris Doctor (J.D.), dari Sekolah Hukum Columbia pada 1975.

Libby menikah dengan Harriet Grant, seorang mantan pengacara staf untuk Komisi Senat untuk Keyakiman yang saat itu diketuai oleh Senator Demokrat Joe Biden. Libby dan Grant tinggal di McLean, Virginia dan mempunyai dua orang anak. [15] Saudara perempuan Libby, Sandra Libby, menikah dengan John Rendon, pemimpin Rendon Group, sebuah perusahaan hubungan masyarakat Washington yang bertanggung jawab atas pembentukan Kongres Nasional Irak.

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari Columbia, Libby diterima untuk berpraktik di pengadilan Negara Bagian Pennsylvania pada 27 Oktober 1976, dan ia berpraktik di Philadelphia. Ia mendapatkan izin untuk berpraktik di Pengadilan District of Columbia pada 19 Mei 1978.

Libby mula-mula masuk dalam dinas pemerintahan di Departemen Luar Negeri Amerika Serikat pada 1981, sebagai anggota dari Staf Perencanaan Kebijakan di Kantor Sekretaris departemen tersebut. Dari 1982 hingga 1985 ia menjabat di departemen itu sebagai direktur proyek-proyek khusus di Biro Urusan Asia Timur dan Pasifik. Pada pemerintahan George H. W. Bush, Libby bertugas di Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai wakil utama di bawah sekretaris (Strategi dan Sumber-sumber), dan belakangan dikukuhkan oleh Senat AS sebagai sekretaris di bawah Menteri Pertahanan untuk Kebijakan. Libby adalah salah satu pengarang rancangan "Pedoman Perencanaan Pertahanan" bersama Paul Wolfowitz untuk Menteri Pertahanan Dick Cheney pada 1992.


Libby, yang diinterogasi oleh FBI pada musim gugur 2003, dan memberikan kesaksian di depan sebuah dewan juri agung Federal pada 5 Maret, 2004 dan kembali pada 24 Maret 2004, menyatakan bahwa ia sama sekali tidak bersalah atas tuduhan-tuduhan itu dan bahwa ia akan dibebaskan. Ia tidak mengomentari secara terbuka tentang kontradiksi-kontradiksi yang jelas antara kesaksiannya dan kesaksian orang-orang lain.

Libby mempertahankan pengacaranya, Ted Wells, dari kantor pengacara Paul, Weiss, Rifkind, Wharton & Garrison untuk mewakilinya dalam kasus ini. Wells terkenal karena berhasil membela Mike Espy, Menteri Pertanian Clinton dalam menghadapi 30 tuduhan, dan ikut serta dalam pembelaan yang cemerlang untuk Menteri Tenaga Kerja Raymond Donovan. Setelah menyangkal rencananya untuk memohon agar kasusnya dibatalkan, dilaporkan bahwa Libby akan memberikan kesaksian pada pengadilannya, [16] yang dimulai pada 16 Januari 2007.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stephen Smith (28 Oktober 2005). "Libby: Lawyer, Adviser, Author". CBS News. Diakses 11 Oktober 2006. 
  2. ^ "Lewis ‘Scooter’ Libby, a quiet force: Vice president's former top aide is called ‘Dick Cheney's Dick Cheney’". MSNBC. 28 Oktober 2005. Diakses 11 Oktober 2006. 
  3. ^ U.S. Department of State Biography (Februari 2005) melalui archive.org.
  4. ^ Dickerson, John (3 Oktober 2005). Who Is Scooter Libby? Slate
  5. ^ Petras, James (3 November 2005). Israel and the Neocons: the Libby affair. CounterPunch
  6. ^ Raimondo, Justin (16 Desember 2005). Scooter Libby, Neocon Martyr. AntiWar.com
  7. ^ "Indictment in United States v. I. Lewis Libby". U.S. Department of Justice Office of Special Counsel. Diakses November 29.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help) (full text also available via Wikisource)
  8. ^ –––. Hudson Institute press release. USNewsWire.com 6 Januari 2006.
  9. ^ Pesca, Mike (19 Oktober 2005). Guarding the 'I' in I. Lewis 'Scooter' Libby. NPR
  10. ^ "Jews in the Bush Administration". Jewish Virtual Library. Diakses 11 Oktober 2006. 
  11. ^ Kampeas, Ron (6 November 2005). Did Libby's Jewishness impact the CIA leak scandal? Jerusalem Post
  12. ^ Mike Pesca of NPR (lihat catatan di atas) melaporkan: "Time dan situs Wikipedia menyebutkan "Irving," USA Today dan New York Times menyebutkan "Irv" tanpa huruf E. Tak ada yang mencatat singkatan "Jr.," meskipun ayah Libby juga Irving, yang dieja "Irve" dalam dua rujukan yang ditemukan untuknya dalam basis data Lexis-Nexis."
  13. ^ Libby telah memberikan berbagai penjelasan tentang bagaimana ia memperoleh nama julukannya. Pada beberapa kesempatan, Libby mengklaim bahwa nama julukannya, "Scooter", diperoleh ketika masih kecil ia disamakan dengan "the Scooter" Phil Rizzuto, sementara pada kesempatan lain ia mengklaim bahaw nama itu diberikan kepadanya oleh ayahnya yang, ketika melihat ia bergerak cepat melintasi ranjang bayinya, menggambarkannya seperti sebuah " skuter."
  14. ^ Walsh, Kenneth T. "A Rough Road For 'Scooter'?". U.S. News & World Report.  31 Oktober 2005. Diakses 23 September 2006.
  15. ^ Leibovich, Mark (23 Oktober 2005). In the Spotlight And on the Spot: Scooter Libby, Backstage No More. Washington Post
  16. ^ Merritt, Jeralyn. Libby to Testify at His Trial. Talk Left 23 September 2006

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Charles Burson
Kepala Staf Wakil Presiden Amerika Serikat
20012005
Diteruskan oleh:
David Addington
Didahului oleh:
Leon Fuerth
Asisten Wakil Presiden untuk Urusan Keamanan Nasional
20012005
Diteruskan oleh:
John P. Hannah