November 2006

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
< November 2006 >
M S S R K J S
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, gunakan format berikut:

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Kamis, 30 November 2006[sunting | sunting sumber]

30 - PM Irak Nouri al-Maliki menghadapi pemberontakan yang kian meluas di pemerintahannya setelah dua politikus senior Sunni bergabung dengan para politikus Syi'ah yang mengkritik kebijakannya. Wakil Presiden Tariq al-Hashemi menyatakan ia ingin melihat pemerintahan al-Maliki mundur dan koalisi baru yang sanggup menjamin pengambilan keputusan secara kolektif menggantikannya. (AP)

30 - Paus Benediktus XVI bersama seorang imam Muslim berdoa bersama di Masjid Biru, masjid paling terkenal di kota Istanbul, Turki. Doa singkat yang diucapkan Paus di dalam hati ini menyampaikan pesan rekonsiliasi setelah hampir tiga bulan lalu kata-kata Paus tentang Islam dan Nabi Muhammad SAW membangkitkan kemarahan umat Islam di seluruh dunia. (AP)

30 - FBI bergabung dengan mitranya di Britania Raya dalam melakukan penyelidikan tentang kematian Alexander Litvinenko, karena keracunan polonium 210, 23 November lalu. (AP)

30 - Somalia terancam perang habis-habisan setelah serangan bunuh diri menghantam sebuah pusat pemerintahan di Baidoa. (AFP)

30 - Calon utama pihak oposisi dalam pemilihan presiden di Venezuela, Manuel Rosales, menyerukan agar Presiden Hugo Chavez tidak curang dalam pemilu mendatang, sementara perpecahan politik di negara itu kian melebar. (AP)

Rabu, 29 November 2006[sunting | sunting sumber]

29 - Pertemuan puncak antara Presiden George W. Bush dan PM Nouri al-Maliki mendadak dibatalkan. Hal yang hampir tak pernah terjadi ini tampaknya berkaitan dengan dokumen yang bocor ke pihak pers yang ditulis oleh Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Stephen Hadley, yang isinya mempertanyakan kemampuan al-Maliki dalam mengendalikan kekerasan di Irak. (AP)

29 - Pemerintah Britania menemukan jejak radiasi dalam dua pesawat terbang British Airways. Perusahaan itu mengimbau kepada puluhan ribu penumpang yang menumpang pesawat itu ke atau dari Moskwa agar melapor dalam rangka penyelidikan mengenai kematian bekas mata-mata Rusia Alexander Litvinenko. (AP)

29 - Paus Benediktus XVI tiba di Istanbul dalam rangka memperbaiki hubungan dengan Gereja Ortodoks yang telah terputus hampir 1000 tahun yang lalu. (AFP)

29 - Presiden George W. Bush tiba di Yordania untuk bertemu dengan PM Nouri al-Maliki dari Irak guna menangkal konflik antara kelompok Sunni dan Syi'ah di negara itu. Pertemuan ini ditunda sehari karena kemelut politik di Irak. (AFP) (AP)

29 - 36 politikus Irak yang setia kepada Muqtada al-Sadr memboikot partisipasi mereka di pemerintah untuk memprotes rencana pertemuan PM al-Maliki dengan Presiden Bush. (AP)

29 - Colin Powell, mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa Irak telah terjerumus ke dalam perang saudara dan semua pemimpin dunia harus menerima "kenyataan" ini. (Reuters)

29 - Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Ternate, Maluku Utara dan Manado, Sulawesi Utara, pada pukul 08.32 WIB. (Kompas)

Senin, 27 November 2006[sunting | sunting sumber]

27 - Wakil Menlu Amerika Serikat, Thomas Shannon, menyatakan AS akan berusaha menjalin kerja sama yang kuat dengan presiden terpilih Nikaragua, Daniel Ortega. (AP)

27 - Rafael Correa dari Ekuador menjadi tokoh kiri terbaru yang terpilih sebagai presiden di Amerika Latin. Hasil sementara pemilihan presiden menunjukkan ia unggul dengan 56,9% suara, sementara Alvaro Noboa hanya memperoleh 43,1%. (AFP)

27 - Perundingan terakhir antara Uni Eropa dan Turki mengenai masalah Siprus telah gagal. Hasil perundingan ini ikut menentukan penerimaan Turki sebagai anggota Uni Eropa. (AFP)

27 - Israel menyatakan siap membebaskan banyak orang Palestina yang ditawannya sebagai ganti seorang tentaranya yang ditangkap oleh kaum militan bulan Juni lalu. (Reuters)

27 - Pasukan-pasukan keamanan Turki ditempatkan di seluruh kota di Ankara dan Istanbul sehari sebelum kedatangan Paus Benediktus XVI. Beberapa protes kecil berlangsung di kedua kota itu, namun kali ini keamanan akan lebih diperketat dibandingkan pada kunjungan Presiden George W. Bush tahun 2004. (AP)

Sabtu, 25 November 2006[sunting | sunting sumber]

25 - Untuk pertama kalinya, Pinochet menyatakan bertanggung jawab atas semua tindakannya selama pemerintahannya sebagai diktator pada 1973-1990, yang menyebabkan ribuan orang dibunuh, disiksa, dan dipenjarakan tanpa diadili. (AP)

25 - Lebih dari 300 sekolah di Thailand selatan akan ditutup mulai 27 November hingga waktu yang belum ditentukan setelah serangan kaum pemberontak menyebabkan tewasnya dua orang guru. (AP)

25 - Negara-negara Barat harus bersiap-siap menghadapi masa depan yang didominasi oleh RRT dan India, dua kekuatan ekonomi yang akan mengubah keseimbangan kekuatan dunia, demikian dikatakan oleh mantan Presiden Bank Dunia James Wolfensohn (AFP)

25 - Israel dan Palestina menyepakati diberlakukannya gencatan senjata mulai hari Minggu ini di seluruh Jalur Gaza. Langkah ini membangkitkan harapan dihidupkannya kembali perundingan damai yang telah lama mati. (AP)

Jumat, 24 November 2006[sunting | sunting sumber]

24 - Alexander Litvinenko, agen KGB yang berubah menjadi pengritik Kremlin menuduh Presiden Vladimir Putin telah melakukan tindakan "barbar dan kejam". Pemerintah Britania mengumumkan dalam jenazah Litvinenko ditemukan bahan radioaktif beracun. (AP)

24 - Rwanda memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Perancis sebagai protes atas seruan seorang hakim Perancis agar Presiden Paul Kagame diadili atas pembunuhan Juvenal Habyarimana, presiden Rwanda sebelumnya, yang menyebabkan genosida di negara itu. (Reuters)

24 - Michael Stone, seorang militan Protestan dan bekas anggota paramiliter, menerjang masuk ke gedung Dewan Perwakilan Irlandia Utara dengan senapan dan alat pelontar untuk memprotes usaha-usaha untuk memulihkan pembagian kekuasaan di provinsi itu. (AFP)

24 - Pembunuhan Pierre Gemayel dan kian memuncaknya ketegangan menyebabkan kian banyak warga Lebanon yang memutuskan untuk meninggalkan negerinya. Sejak serangan Israel di musim panas lalu, sekitar 100.000 warga negara itu telah minggat dari negara tersebut. (AP)

Kamis, 23 November 2006[sunting | sunting sumber]

23 - Pemberontak Sunni meledakkan lima bom mobil dan menembakkan mortir ke distrik Syi'ah terbesar di Bagdad. Sedikitnya 161 orang tewas dan 257 orang cedera. (AP)

23 - Mantan mata-mata Rusia, Alexander Litvinenko, meninggal dunia tiga minggu setelah ia keracunan secara misterius. Rusia dituduh sebagai dalang peracunannya. (AFP)

23 - Beirut Pusat berubah menjadi lautan manusia ketika ratusan ribu rakyat Lebanon tumpah ke jalan dalam rangka penguburan Pierre Gemayel yang dibunuh Selasa lalu. (AFP)

23 - Fatma Omar An-Najar, seorang nenek Palestina berusia 64 tahun, menjadi orang tertua yang melakukan bom bunuh diri di Gaza. Tindakannya ini menyebabkan dua orang tentara Israel luka-luka ringan. (AP)

23 - Menteri Luar Negeri Australia Alexander Downer mengatakan ada bukti jelas bahwa Voreqe Bainimarama, panglima militer Fiji, akan melakukan kudeta dalam dua minggu ini. (AFP)

23 - Jepang untuk sementara menghentikan impor unggasnya dari Korea Selatan karena merebaknya flu burung di negara itu yang membunuh sekitar 6.000 ekor ayam. (AP)

Rabu, 22 November 2006[sunting | sunting sumber]

22 - Jumlah kursi Partai Sosialis di Majelis Rendah Belanda meningkat drastis, namun Partai Demokratik Kristen Balkenende bertahan sebagai partai paling dominan.

22 - Pipa gas Pertamina yang berada di bawah luberan lumpur Lapindo Brantas di Porong, Sidoarjo meledak, disusul jebolnya sejumlah titik tanggul penahan lumpur. Akibatnya lima orang tewas dan belasan luka bakar cukup parah. Kobaran api yang sangat besar menyala di titik ledakan dekat Km 38 Jalan Tol Porong-Gempol. (Jawa Pos)

22 - Jumlah warga sipil Irak yang tewas mencapai tingkat tertinggi pada Oktober lalu, dengan 3709 korban atau 120 orang per harinya. Sementara itu, 100.000 orang melarikan diri ke luar negeri setiap bulannya untuk menghindari kekerasan yang kian parah di negara itu. (Reuters)

22 - Daniel Ortega, presiden terpilih Nikaragua, akan menghidupkan kembali program kesehatan, penghapusan buta huruf dan pertanian yang membuatnya sukses ketika pemerintahan kiri Sandinista berkuasa pada 1980-an. (Reuters)

22 - Vojislav Seselj, pemimpin ultranasionalis Serbia mogok makan sejak sekitar 10 hari lalu di tahanannya. Ia menolak muncul dalam pendengaran pendahuluan terakhir sebelum dimulainya proses peradilannya minggu depan. (AP)

22 - Parlemen Britania menyetujui undang-undang yang mengizinkan dibubarkannya Dewan Irlandia Utara Januari mendatang dan diselenggarakannya pemilihan umum yang memungkinkan dihidupkannya sebuah pemerintahan Katolik-Protestan. (AP)

Selasa, 21 November 2006[sunting | sunting sumber]

21 - Pierre Gemayel, Menteri Perindustrian Lebanon, ditembak mati di siang hari. Pembunuhan ini meningkatkan perebutan kekuasan antara pemerintah Lebanon yang didukung Amerika Serikat dan Hizbullah yang didukung Suriah. (AP)

21 - Irak dan Suriah memulihkan hubungan diplomatik penuh kedua negara setelah 24 tahun berselisih. Langkah ini diharapkan Irak dapat menangkal dukungan Suriah terhadap kaum militan dan mendorong negara-negara Arab lainnya untuk membantu Irak. (Reuters)

21 - Dokter-dokter Inggris yang merawat Alexander Litvinenko, pengritik Presiden Vladimir Putin, menyatakan tak mungkin menemukan apa yang digunakan untuk meracuninya. Kremlin dituduh sebagai otak kejadian ini, namun hal ini disangkal. (Reuters)

21 - Sebuah studi yang diminta oleh Paus Benediktus XVI tentang penggunaan kondom untuk melawan AIDS berhasil melewati halangannya yang pertama dan kini sedang diteliti oleh para teolog terkemuka tentang kemungkinannya untuk dicantumkan dalam sebuah dokumen kepausan. (Reuters)

21 - Delapan buruh tambang tewas dalam sebuah ledakan gas di sebuah tambang di Polandia selatan, sementara 15 lainnya dikhawatirkan keselamatannya. (AP)

Senin, 20 November 2006[sunting | sunting sumber]

20 - Presiden AS George W. Bush mengadakan kunjungan dan bertemu Presiden Yudhoyono beserta anggota kabinet dan 9 tokoh sipil di Bogor, Jawa Barat. (Kompas)(Republika)

Minggu, 19 November 2006[sunting | sunting sumber]

19 - Pertemuan APEC berakhir di Hanoi, Vietnam, menghasilkan Deklarasi Hanoi yang berisi antara lain komitmen mendorong perdagangan bebas. (Kompas)

Sabtu, 18 November 2006[sunting | sunting sumber]

18 - Presiden Xanana Gusmao meminta maaf atas kekerasan yang mengguncangkan Timor Timur itu selama enam bulan terakhir. (AFP)

18 - Kebebasan beragama di Vietnam lebih terasa setelah pemerintah mengurangi pembatasan yang selama ini diberlakukan di negara komunis itu. (AFP)

18 - Jan Egeland, Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk urusan kemanusiaan, mengatakan bahwa tentara Sudan dan milisi yang didukung pemerintah melakukan tindakan-tindakan "teror yang tak terlukiskan" terhadap warga sipil, termasuk anak-anak, di Darfur. (AP)

Jumat, 17 November 2006[sunting | sunting sumber]

17 - Pemerintah Belanda mengumumkan rencananya untuk mengeluarkan undang-undang yang melarang pemakaian burqa dan pakaian lainnya yang menutupi seluruh wajah. Langkah ini diambil dengan alasan keamanan, agar imigran berasimiliasi dengan masyarakat Belanda. (Reuters)

17 - Hans Blix, inspektur senjata PBB mengatakan bahwa Korea Utara akan berhasil menguasai teknologi senjata nuklir meskipun uji cobanya baru-baru ini kurang berhasil. (AP)

17 - RRT yang menghukum mati lebih banyak orang dari negara manapun di dunia, membuka sebuah pameran 10 hari yang mempromosikan prestasinya dalam hak asasi manusia. (Reuters)

Kamis, 16 November 2006[sunting | sunting sumber]

16 - Lebih dari 200 orang India telah bermigrasi ke Israel setelah mereka resmi diakui sebagai Yahudi. Para pemimpin agama Yahudi mengumumkan, lebih dari 6.000 anggota suku Bnei Menashe di timur laut India adalah keturunan bangsa Israel kuno. (AFP)

15 - Komandan pasukan Amerika Serikat di Irak, Jenderal John Abizaid, memperingatkan Kongres agar tidak membuat jadwal penarikan tentara AS dari negara itu, dan sebaliknya memperkuat pemerintah Irak. (AP)

15 - Turki membekukan semua hubungan militernya dengan Perancis sehubungan dengan pertikaian tentang pembunuhan massal terhadap orang Armenia yang digambarkan Perancis sebagai genosida, namun dibantah oleh Turki. (AP)

15 - PM Kanada Stephen Harper mengatakan bahwa negaranya tidak akan mengurangi kritik tajamnya terhadap praktik pelanggaran hak asasi manusia oleh Republik Rakyat Tiongkok demi keuntungan hubungan dagangnya dengan negara adikuasa Asia tersebut. Perusahaan-perusahaan Kanada yang berbisnis dengan Tiongkok mengeluh bahwa kritik-kritik tajam negaranya mempersulit hubungan dagang mereka. (Reuters)

15 - Stasiun televisi Al Jazeera mulai menyelenggarakan siaran dalam bahasa Inggris yang diharapkan dapat memberikan perspektif non-Barat kepada penonton yang berbahasa Inggris di seluruh dunia. (AP)

Selasa, 14 November 2006[sunting | sunting sumber]

14 - Presiden Joseph Kabila dinyatakan menang dalam putaran kedua pemilihan umum di Kongo, setelah berhasil mengumpulkan 60% suara dan mengalahkan saingannya Jean-Pierre Bemba. Namun pihak Bemba menuduh bahwa pemilu ini diwarnai oleh kecurangan. (AP)

14 - Hamas menegaskan bahwa partai ini tidak akan mengakui Israel bahkan setelah pemerintahan kesatuan mengambil alih kekuasaan di Palestina. Hal ini memperumit upaya untuk membentuk koalisi yang lebih moderat yang akan membuka jalan bagi masuknya bantuan asing yang sangat dibutuhkan. (AP)

14 - Sudan menegaskan bahwa Uni Afrikalah yang bertanggung jawab atas pasukan penjaga keamanan di Darfur dan menolak kehadiran pasukan gabungan dengan PBB. (Reuters)

14 - Seorang marinir Amerika Serikat menyatakan dirinya tidak bersalah membunuh seorang kakek Irak, meskipun rekannya memberikan kesaksian bahwa ia menembakkan 10 peluru kepada korbannya. (Reuters)

14 - India dan Pakistan kembali ke meja perundingan damai, dengan terorisme sebagai agenda utamanya. Sementara itu gerilyawan pro-Pakistan melakukan dua serangan bom di Kashmir hingga melukai 28 orang. (AFP)

14 - Kol. Gregorio 'Gringo' Honasan, tokoh militer yang dituduh sebagai salah satu anggota komplotan dalam kudeta yang gagal bulan Februari lalu di Filipina, berhasil ditangkap setelah sembilan bulan menghindar dari kejaran polisi. (AFP)

Senin, 13 November 2006[sunting | sunting sumber]

13 - Krisis politik di Lebanon semakin mendalam ketika kabinet negara itu menyetujui rancangan keputusan PBB untuk membentuk sebuah pengadilan untuk mengadili para pembunuh PM Hariri meskipun enam menteri pro-Suriah mengundurkan diri. Suriah dituduh terlibat dalam kasus pembunuhan ini. (Reuters)

13 - Iran menyatakan siap mempertimbangkan permintaan AS untuk berunding setelah sekutu-sekutu AS mendesak agar AS bersedia berunding dengan negara itu. Sebelumnya, PM Tony Blair dari Britania menyerukan agar Suriah dan Iran terlibat dalam upaya mengatasi kekerasan di Irak dan menyelamatkan upaya perdamaian di Timur Tengah. (Reuters)

13 - Negara-negara Asia dan Pasifik siap menyetujui serangkaian langkah untuk memerangi terorisme di wilayah itu. (Reuters)

13 - Presiden Bush bersikap skeptis dalam menghadapi tekanan dari pihak mayoritas Demokrat di Kongres Amerika Serikat, agar mengurangi jumlah tentara Amerika Serikat dan mengubah strategi perang di Irak. (Reuters)

13 - Empat remaja Meksiko melemparkan bom-bom Molotov ke sebuah restoran McDonald's di kota Oaxaca yang telah lama dilanda konflik. Akibatnya jendela-jendela, kursi dan tempat bermain di restoran itu rusak. (AP}

Minggu, 12 November 2006[sunting | sunting sumber]

12 - Sebuah bom bunuh diri meledak, menewaskan sedikitnya 35 orang dan melukai 50 orang pada pusat perekrutan polisi di Bagdad, Irak. (AP)

12 - Muhamad Nuh, korban yang dirawat akibat ledakan bom di Jakarta Timur, diduga adalah pelaku pengeboman tersebut. (Kompas)

Sabtu, 11 November 2006[sunting | sunting sumber]

11 - Sebuah surat suara yang dikirim lewat pos dalam pemilu paruh waktu AS 2006 yang muncul di Fort Lauderdale, Florida ternyata menggunakan perangko Jenny terbalik tahun 1918 yang langka dan diduga bernilai sekitar AS$500.000. Perangko tersebut kemudian diketahui sebagai perangko palsu. (Reuters) (BBC)

11 - Daniel Ortega memenangi pemilihan presiden Nikaragua dan berjanji akan menjalin hubungan erat dengan Amerika Serikat dan para veteran pasukan Contra yang dilatih dan dipersenjatai AS untuk melawan dirinya. (AP)

11 - Pemimpin demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi mengatakan kepada utusan PBB yang menemuinya bahwa kesehatannya baik, namun ia membutuhkan kunjungan dokter yang lebih teratur. (AFP)

11 - Kekerasan balas dendam antara pasukan keamanan dan pemberontak Tamil makin meningkat di Sri Lanka, meskipun negara-negara asing menekan kedua pihak agar perang terbuka besar-besaran dapat terhindari. (AFP)

11 - Bom meledak di sebuah restoran A&W di Jakarta Timur. Seorang laki-laki terluka dalam ledakan itu dan dirawat di sebuah rumah sakit terdekat. Motif peledakan ini belum diketahui. (Kompas)

Jumat, 10 November 2006[sunting | sunting sumber]

10 - Gerakan Islam Somalia menandatangani perjanjian perdamaian pendahuluan dengan ketua parlemen, Sharif Hassan Sheik Aden untuk menghindari perang yang mengancam, namun perjanjian ini diadakan tanpa wewenang pemerintahan sementara yang telah menuduh Aden meninggalkan barisan. (AP)

10 - Paus Benediktus XVI menyerukan umat Katolik di Jerman agar membuka dialog tentang iman dengan umat Muslim yang tinggal di sana serta perlu membekali diri dengan kecakapan bahasa dan pengetahuan yang memadai tentang sejarah gereja. (AP)

10 - Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad telah dipindahkan dari Unit Perawatan Intensif setelah mengalami serangan jantung ringan hari Kamis kemarin. Keluarganya melaporkan keadaannya makin membaik. (AFP)

10 - Robert Gates, yang telah dinominasikan sebagai Menteri Pertahanan Amerika Serikat menggantikan Donald Rumsfeld, memperkirakan AS akan menarik pasukannya dari Irak pada 2008. (AINA)

Rabu, 8 November 2006[sunting | sunting sumber]

8 - Donald Rumsfeld mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri pertahanan Amerika Serikat. Kekalahan besar Partai Republik dalam pemilu paruh waktu kemarin sebagian besar dianggap karena kegagalan Rumsfeld dalam perang di Irak. (AP)

Selasa, 7 November 2006[sunting | sunting sumber]

7 - Panama terpilih pada putaran ke-48 pemungutan suara di Sidang Umum PBB sebagai anggota Dewan Keamanan PBB mewakili Amerika Latin. (AP)

7 - Demokrat memperoleh 25 kursi tambahan di Dewan Perwakilan dan 4 kursi tambahan di Senat dalam pemilu pemilu paruh waktu. Hal ini terutama disebabkan oleh skandal dan korupsi di kalangan Republikan serta perang Irak yang kian tidak populer di Amerika Serikat. (AP)

7 - Kemenangan Demokrat dalam pemilu sela di Amerika Serikat membuat Nancy Pelosi, ketua fraksi minoritas Demokrat di Dewan Perwakilan AS menjadi perempuan pertama yang akan duduk sebagai ketua Dewan Perwakilan. (Washington Post)

7 - Proses perundingan damai di Nepal tampaknya memberikan harapan baru ketika kaum pemberontak Maois mengatakan bahwa mereka siap meletakkan senjata di bawah pengawasan PBB. (AFP

7 - Kabut asap masih pekat meski Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sempat diguyur hujan. Jarak pandang pun hanya 50 meter. [11]

Senin, 6 November 2006[sunting | sunting sumber]

6 - Daniel Ortega, tokoh pejuang Marxis Nikaragua tampaknya telah memperoleh cukup suara untuk mengalahkan keempat lawannya dalam pemilihan presiden negara itu. (AP)

6 - Felipe Perez Roque, menteri luar negeri Kuba mencabut kembali pernyataannya bahwa Fidel Castro akan kembali memerintah Desember mendatang. Ia juga menolak berkomentar apakah Castro akan cukup sehat untuk menghadiri pesta ulang tahunnya yang ke-80 bulan depan. (AP)

6 - Ratusan tentara AS menandatangani petisi agar negara itu menarik pasukannya dari Irak. Dokumen ini rencananya akan resmi diajukan kepada Kongres bulan Januari mendatang. (AFP)

6 - Menteri luar negeri Suriah mengatakan negaranya siap berunding kembali dengan Israel. Ia juga menganjurkan agar pemerintah Israel mendengarkan seruan-seruan dari dalam Israel sendiri untuk kembali berunding. (AP)

6 - Bank Indonesia memperkirakan cadangan devisa dalam mata uang asing mencapai sekitar 47 miliar Dolar Amerika pada akhir tahun 2007 atau lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya yang hanya diperkirakan 39,5 miliar Dolar Amerika. Metrotvnews.com

Minggu, 5 November 2006[sunting | sunting sumber]

5 - Saddam Hussein divonis hukuman gantung karena kejahatan terhadap umat manusia. (Kompas)

Sabtu, 4 November 2006[sunting | sunting sumber]

4 - Katharine Schori diangkat resmi sebagai uskup kepala Gereja Episkopal di Amerika Serikat dan menjadi perempuan pertama yang memimpin denominasi ini di seluruh Komuni Anglikan sedunia. (AP)

4 - Empat senator Demokrat menuntut penjelasan dari pemerintahan Bush tentang keputusannya memajang dokumen-dokumen program nuklir rahasia Saddam Hussein yang membeberkan cara-cara pembuatan senjata tersebut kepada umum. (AP)

4 - Sekitar 12.000 kaum nasionalis Turki yang berunjuk rasa di Ankara bersumpah untuk mempertahankan pemerintahan sekular dalam menghadapi pengaruh kelompok radikal Islam serta menuntut agar pemerintah tidak membuat terlalu banyak konsesi untuk menjadi anggota Uni Eropa. (AP)

Jumat, 3 November 2006[sunting | sunting sumber]

3 - Mizan Zainal Abidin terpilih sebagai Raja Malaysia terbaru.

Kamis, 2 November 2006[sunting | sunting sumber]

2 - Perancis memerintahkan diserahkannya 105 laporan intelijen kepada seorang hakim yang meneliti tuduhan-tuduhan bahwa negara itu membantu bekas pemerintahan Hutu di Rwanda melakukan genosida terhadap etnis Tutsi pada 1994. (Reuters)

2 - Korea Selatan akan segera menghapuskan peraturan yang melarang kaum perempuan mengenakan hot pants (celana pendek ketat) dan rok mini. Pada masa pemerintahan otoriter pada tahun 1970-an, dikeluarkan undang-undang kesopanan yang membuat polisi berhak menangkap atau mendenda perempuan yang berpakaian seperti itu. (Reuters)

2 - PM Surayud Chulanont menegaskan bahwa pemerintahnya tetap berkomitmen dengan kebijakan-kebijakan pasar, namun pada saat yang sama akan menjaga kelestarian lingkungan hidup. (AFP)

2 - Video yang menggambarkan pesta pernikahan yang mewah untuk anak penguasa Myanmar Than Shwe telah membangkitkan kemarahan di negara yang tergolong termiskin di dunia ini. Hadiah-hadiahnya diperkirakan bernilai lebih dari AS$50 juta, atau tiga kali lipat anggaran kesehatan negara itu. (AFP)

Rabu, 1 November 2006[sunting | sunting sumber]

1 - Korea Utara mengatakan bersedia kembali ke meja perundingan tentang perlucutan senjata nuklir, dengan syarat bahwa rekening-rekening banknya di luar negeri dicairkan. (AP)

1 - Dewan Keamanan PBB secara mutlak menyetujui untuk memperpanjang pemerintahan sementara Pantai Gading untuk tahun terakhir dan memberikan mandat baru kepada PM Charles Konan Banny, untuk menerapkan rencana perdamaian dan mempersiapkan pemilu yang lama tertunda. (AP)

1 - Guatemala dan Venezuela sepakat menarik diri dari pencalonan untuk Dewan Keamanan PBB dan mendukung Panama mewakili Amerika Latin. (AP)

1 - PM Meles Zenawi dari Ethiopia mengatakan, kaum militan yang terkait dengan Al-Qaeda yang menguasai sebagian besar wilayah Somalia merupakan ancaman bagi daerah Tanduk Afrika dan dunia. (AP)

1 - Para pemimpin Afrika Selatan memberikan penghormatan terakhir kepada P.W. Botha, dan memujinya atas peranannya dalam keruntuhan apartheid serta menawarkan upacara penguburan kenegaraan. Botha meninggal dunia dalam tidurnya Selasa kemarin. (AFP)