Juni 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
< Juni 2007 >
M S S R K J S
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, gunakan format berikut:

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Sabtu, 30 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

30 Juni 2007 - Thomas Mooney, seorang diplomat senior Amerika Serikat di Siprus dilaporkan hilang sejak 48 jam sebelumnya. (Reuters)

30 - Paus Benediktus XVI mengimbau umat Katolik Tiongkok yang berjumlah 12 juta agar mengatasi permusuhan dan tidak percaya antara anggota gereja bawah tanah dan gereja yang dikelola pemerintah. (AP)

30 - Partai yang berkuasa di Kongo memenangi tahap pertama dari pemilihan legislatif dua putaran yang diadakan di tengah-tengah kekacauan dan tuduhan penipuan yang meluas. (AFP)

30 - Polisi Mesir menangkap 50 orang mahasiswa anggota Ikhwanul Muslimin yang dilarang pemerintah, ketika mereka sedang berlibur di Alexandria, di pantai utara negara itu. (Reuters)

30 - Menteri Pertahanan Jepang Fumio Kyuma mengatakan bahwa penjatuhan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika Serikat tidak terhindari. Komentarnya ini mengundang kritik keras pihak korban yang selamat. Sejumlah anggota parlemen oposisi menyerukan agar ia dipecat. (AP)

Jumat, 29 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Filipina

29 - Antonio Trillanes, yang baru disumpah sebagai senator Filipina, berjanji akan menyingkirkan Presiden Gloria Arroyo. Trillanes adalah pemimpin kudeta pada Juli 2003. (AFP)

29 - Demokratisasi di Republik Tiongkok dan kurangnya pembaruan demokratis di Hong Kong sejak kembali ke tangan Tiongkok telah meningkatkan perlawanan di kalangan negara pulau itu untuk bersatu kembali dengan Tiongkok daratan. (AFP)

29 - Di luar kebiasaannya, Palang Merah Internasional mengecam pemerintahMyanmar atas pelanggaran hak asasi manusia warga sipil dan para tahanan yang menyebabkan "penderitaan yang mendalam". (AP)

Kamis, 28 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

28 - Mesir akhirnya melarang total praktik sunat perempuan yang banyak dilakukan dengan menyingkirkan klitoris. Beberapa hari lalu praktik ini menewaskan seorang gadis 12 tahun. (AFP)

28 - PM Palestina Salam Fayyad menyampaikan peringatan keras kepada ratusan khatib, termasuk pendukung Hamas, agar tidak menganjurkan kekerasan dari mimbar masjid. (AP)

28 - Irlandia memilih wali kota berkulit hitam yang pertama, Rotimi Adebari, seorang kelahiran Nigeria yang tiba tujuh tahun lalu sebagai pencari suaka politik. (AP)

28 - Paus Benediktus XVI akan meneruskan rencananya untuk mengizinkan lebih banyak gereja menggunakan misa berbahasa Latin lama. Langkah ini dikhawatirkan akan membatalkan sejumlah pembaruan penting yang liberal di Gereja Katolik Roma. (AP)

28 - Pihak penyelidik mencari tahu siapa yang menyunting artikel tentang pegulat Chris Benoit di Wikipedia bahasa Inggris, yang menyebutkan kematian istrinya beberapa jam sebelum polisi menemukan jenazah pasangan itu beserta anak lelaki mereka yang berumur 7 tahun. (AP)

Rabu, 27 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

27 - Para ahli arkeologi Mesir mengidentifikasikan sebuah mumi di makam KV60 di Lembah Para Raja sebagai Ratu Firaun Hatshepsut. (CNN)

{{{title}}}
CIA

27 - CIA merekrut seorang bekas agen FBI untuk mendekati dua orang gangster Amerika yang paling dicari untuk meracuni Fidel Castro pada tahun pertama kekuasaannya, demikian diungkapkan dokumen-dokumen CIA yang baru dibuka. (AP)

27 - Senat AS mengeluarkan surat pemanggilan paksa kepada Gedung Putih dan kantor Wakil Presiden Dick Cheney, meminta dokumen-dokumen menyangkut kegiatan pemerintah dalam mematai-matai rakyat secara tidak sah. (AP)

27 - Mantan Presiden Peru Alberto Fujimori mengatakan, upaya untuk mengekstradisinya ke tanah airnya Peru atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan korupsi tidak akan menghalangi pencalonannya untuk duduk di Parlemen Jepang. (AP)

27 - Human Rights Watch menuduh militer Filipina melakukan "perang kotor" terhadap para aktivis sayap kiri, dan mengatakan bahwa pemerintah belum menuntut satupun tentara atas pembunuhan atau penghilangan paksa mereka. (AP)

27 - Tony Blair memperoleh tugas baru sebagai utusan khusus untuk Timur Tengah, namun ia menghadapi kemarahan bangsa Arab atas perang di Irak dan Lebanon dan karena persepsi bahwa ia mewakili Presiden Bush. (AP)

27 - Ashraf Marwan, menantu almarhum Presiden Gamal Abdel Nasser, meninggal dunia. Ia dicurigai sebagai agen ganda untuk Israel. (AP)

{{{title}}}
Tiongkok

27 - Tiongkok menutup 180 pabrik makanan setelah para inspektur menemukan bahan-bahan kimia industri dipergunakan dalam produk-produk dari permen hingga makanan laut. (AP)

27 - Kedua puluh dua penumpang pesawat carter yang jatuh di Kamboja kemarin dinyatakan tewas semuanya. Kebanyakan dari mereka adalah wisatawan Korea Selatan dan Ceko. (BBC News Online)

27 - Majzoub al-Khalifa, penasihat Presiden Sudan, tewas dalam kecelakaan mobil di Sudan utara. Khalifa adalah kepala mediator pemerintah dalam perundingan yang menghasilkan perdamaian di wilayah Darfur. (Reuters)

Selasa, 26 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

26 - Jutaan uang logam India diselundupkan ke Bangladesh dan dijadikan pisau cukur. Akibatnya, banyak wilayah India kekurangan uang logam. (BBC News Online)

26 - Paus Benediktus XVI mengubah peraturan pemilihan paus hingga membutuhkan 2/3 suara dari semua kardinal yang mengikuti konklaf. Peraturan ini mengembalikan tradisi Vatikan yang lama, mengubah keputusan Paus Yohanes Paulus II pada 1996 yang hanya mensyaratkan mayoritas sederhana. (AP)

26 - Pemerintah Iran mendadak memberlakukan penjatahan bahan bakar minyak sehingga membangkitkan kemarahan rakyat yang menyerang sejumlah pompa bensin sebagai tanda protes mereka. (AP)

26 - Pengadilan di Turki mendukung posisi yang lama dipegang Turki bahwa Patriark Ortodoks yang berbasis di Istanbul hanyalah pemimpin komunitas Ortodoks Yunani di kota itu, dan bukan pemimpin rohani orang-orang Kristen Ortodoks sedunia yang berjumlah 300 juta orang. (AP)

{{{title}}}
Thailand

26 - Thailand membakar hampir tiga ton obat-obat terlarang senilai AS$150 juta untuk menandai Hari Penyalahgunaan dan Pengedaran Obat-obat Terlarang PBB. (AFP)

26 - Indonesia melarang terbang setidaknya 11 perusahaan penerbangan yang gagal memperbaiki rekor keamanan mereka, demikian diumumkan oleh Departemen Perhubungan RI. Empat di antaranya dibekukan izin operasinya, tiga dicabut izinnya, dan tiga lagi tidak memenuhi syarat untuk diikutsertakan dalam pengkategorian. (Surya Online)

26 - Hujan lebat menghalangi ribuan orang penyelamat yang mencari di hutan-hutan yang lebat para penumpang dan awak sebuah pesawat carter yang jatuh di Kamboja. Mereka semua dikhawatirkan tewas. (AFP)

Senin, 25 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

25 - Senator Richard Lugar, tokoh senior Partai Republik, mengatakan bahwa strategi Bush di Irak gagal dan bahwa Amerika Serikat harus mengurangi peranan militernya. (AP)

25 - Juma Gul, anak lelaki berusia 6 tahun, mengaku dibujuk oleh kaum militan Taliban untuk menjadi pelaku bom bunuh diri di Afganistan. (AP)

25 - PM Israel Ehud Olmert berjanji membebaskan 250 tahanan Palestina dan memperbaiki kehidupan di Tepi Barat untuk memperkuat kedudukan Presiden Mahmoud Abbas setelah Hamas merebut kekuasaan di Gaza. (AP)

25 - Pasukan pemelihara perdamaian PBB mengucapkan selamat tinggal kepada enam rekan mereka - tiga dari Spanyol dan tiga lagi dari Kolombia - yang terbunuh oleh sebuah bom mobil sementara mereka berpatroli di Lebanon selatan. (AP)

{{{title}}}
Pakistan

25 - Hujan lebat menyebabkan kekacauan di Karachi, Pakistan, menewaskan 228 orang, dan menyebabkan aliran listrik padam. Korban tewas umumnya disebabkan sengatan listrik, pohon-pohon yang tumbang, rumah-rumah yang runtuh dan kecelakaan lalu lintas. (Reuters)

25 - Selandia Baru diduga akan mengenakan sanksi terhadap rezim sementara Fiji sebagai langkah balasan terhadap pengusiran Komisioner Tingginya, Michael Green. (Fiji Times Online)

Minggu, 24 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

24 - Brigjen. Mick Bednarek, panglima Amerika Serikat yang memimpin serangan di Baghdad utara, menyatakan bahwa tentara Irak mungkin terlalu lemah untuk mempertahankan daerah yang telah dikuasai.

24 - Sepupu Saddam Hussein, Ali Hassan al-Majid yang dijuluki "Ali Kimia" dan dua orang anggota rezim lainnya, dijatuhi hukuman gantung karena membantai hingga 180.000 warga Kurdi dengan senjata kimia, serangan artileri dan eksekusi massal 20 tahun lalu. (AP)

24 - Israel mencairkan dana yang sangat dibutuhkan kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas, sehari sebelum ia bertemu pemimpin Mesir, Israel, dan Yordania dalam pertemuan puncak untuk memperkuat kedudukannya dalam perjuangannya melawan Hamas. (AP)

24 - Museum Sejarah Yahudi Polandia akan dibangun di tempat yang dulunya berdiri Ghetto Warsawa. Museum multi-media ini akan memamerkan berbagai hal yang berkaitan dengan Holocaust, namun tujuan utamanya adalah mengenang komunitas Yahudi yang dulu sangat berkembang selama seribu tahun di sana. (AP)

Sabtu, 23 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Australia

23 - Bangsa Australia telah memilih untuk melupakan bordil-bordil yang diisi dengan 3000 "perempuan penghibur" Jepang dan Korea di Rabaul, wilayah Australia, selama Perang Dunia II, demikian klaim sejarawan Hank Nelson. (SMH)

23 - Calon pihak oposisi untuk pemilihan presiden Republik China, 2008 mendatang, Ma Ying-jeou, memilih Vincent Siew, yang pernah menjabat sebagai menteri perekonomian dan perdana menteri untuk mendampinginya sebagai wakil presiden. (Taiwan News Online)

Jumat, 22 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

22 - Ismail Haniyeh, pemimpin Hamas dan perdana menteri Palestina yang dipecat oleh Presiden Mahmoud Abbas dari Fatah, menyerukan perundingan baru antara kedua faksi itu, demikian dinyatakan oleh kantor Haniyeh. (Reuters)

22 - Ayatollah Ahmad Khatami, seorang ulama tingkat tinggi Iran menyatakan bahwa fatwa yang menyerukan pembunuhan atas Salman Rushdie tidak dapat dicabut. (AP)

22 - Kaum pemberontak di Niger menyerang sebuah basis militer tak jauh dari perbatasan dengan Libya, menewaskan 13 dan melukai 30 orang tentara, serta menahan setidaknya 47 orang lainnya. (AP)

22 - Hormisdas Nsengimana, seorang pastor Katolik Rwanda yang dituduh melakukan pembunuhan dan genosida, diajukan ke pengadilan di Pengadilan Kriminal Internasional untuk Rwanda. (AFP)

22 - Mata uang Zimbabwe kembali merosot nilainya setelah duta besar Amerika Serikat meramalkan bahwa inflasi yang tak terkendali akan memaksa Presiden Robert Mugabe turun. Dolar Zimbabwe yang diikat kepada dolar AS diperdagangkan pada 170.000-200.000 per AS$1 di pasar gelap. (Reuters)

22 - Ekuador mengatakan pariwisata mengancam Kepulauan Galapagos dan meminta UNESCO untuk memasukkan habitat itu ke dalam daftar situs yang terancam. (AP)

{{{title}}}
Jepang

22 - Pemerintah Okinawa di selatan Jepang mendesak pemerintah negara itu untuk menarik perintah mengubah buku pelajaran yang menyatakan tentara Jepang memaksa warga sipil bunuh diri pada akhir Perang Dunia II. (AP)

22 - Masa depan Presiden Pervez Musharraf menjadi goyah setelah upayanya untuk menyingkirkan Ketua Mahkamah Agung, Iftikhar Mohammed Chaudhry, tiga bulan lalu memukul balik dan mengancam karier politiknya. (AP)

Kamis, 21 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

21 - Presiden Palestina Mahmoud Abbas mempertimbangkan kemungkinan untuk mengadakan pemilihan umum untuk memilih presiden dan anggota parlemen untuk memperkuat posisinya. (AP)

21 - Pemerintah Selandia Baru melarang upaya sepasang suami-istri untuk secara resmi menamai bayi lelaki mereka "4real", dengan alasan angka tidak diizinkan di awal nama. (AP)

21 - Pemerintah Bush hampir memutuskan untuk menutup fasilitas tahanan di Teluk Guantanamo dan memindahkan semua tahanannya ke penjara-penjara militer di tempat lain. (AP)

21 - 14 orang tentara Amerika Serikat tewas di Irak, kebanyakan karena bom tepi jalan yang sangat kuat di Baghdad. (AP)

21 - Senat AS menyetujui usul yang akan memaksakan peningkatan yang tajam dalam standar penggunaan bahan bakar mobil dari 25 mil per galon menjadi 35 mil pada 2020. (Reuters)

21 - Central Intelligence Agency akan membuka ratusan halaman dokumen tentang operasi-operasi rahasia di masa 30 tahun yang lalu. Demikian dinyatakan oleh Direktur CIA, Michael Hayden. (Reuters)

Rabu, 20 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
IPDN

20 - Kekerasan di kampus IPDN berulang kembali dengan korban Yogi Riyad (21), seorang Wasana Praja. Yogi hampir buta karena kornea matanya terkena emblem pada topinya yang diambil paksa oleh seorang pengasuhnya. Pada 16 Juni 2007 Yogi dikirim ke Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung, dengan sobekan di kornea mata kanannya. (Kompas)

20 - Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev membubarkan Majelis Rendah Parlemen dan meminta diadakannya pemilihan umum lebih awal. Langkah ini disebut pihak oposisi sebagai manuver untuk memperkuat kekuasaannya. (AP)

20 - Mahmoud Zahar, seorang pejabat Hamas, memperingatkan Israel berjanji untuk membalas serangan negara itu terhadap pihak militan. (AP)

20 - Dewan Hak Asasi Manusia PBB memutuskan untuk memperpanjang tugas para ahlinya yang berada di wilayah Darfur, Sudan barat, untuk enam bulan lagi. (AFP)

20 - Australia mengumumkan akan membeli lima kapal perang rancangan Spanyol seharga AS$9,3 miliar untuk meningkatkan kapasitasnya dalam menghadapi ancaman militer di wilayah itu. (AFP)

20 - Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengecam kaum militan Hamas dan menuduh mereka berusaha membangun suatu "kerajaan kegelapan" di Jalur Gaza. (AP)

20 - Moez Garsallaoui, warga Tunisia dan istrinya diadili di Swiss dengan tuduhan mengelola situs internet yang mendukung kelompok-kelompok yang terkait dengan Al-Qaeda. (AP)

{{{title}}}
Jepang

20 - Sebuah ledakan merobek sebuah spa khusus untuk perempuan di Tokyo, menewaskan tiga orang dan melukai tiga orang lainnya. (Asahi Shimbun)

20 - Partai Baru Rakyat, sebuah partai gurem di Jepang, meminta Alberto Fujimori, bekas presiden Peru yang dituduh melakukan kejahatan terhadap umat manusia, mencalonkan diri untuk pemilu di Majelis Tinggi Jepang bulan depan. (Asahi Shimbun)

Selasa, 19 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

19 - Sebuah truk bermuatan bom menyerang sebuah tempat suci Syi'ah di pusat kota Baghdad dan menewaskan setidaknya 78 orang dan melukai lebih dari 200 lainnya. (AP)

19 - Taiwan akan melanjutkan rencana referendum untuk menetapkan keputusan menjadi anggota PBB dengan namanya sendiri, meskipun terdapat keberatan keras dari Tiongkok dan Amerika Serikat. (AP)

19 - Kontroversi sekitar pemberian gelar kebangsawanan kepada pengarang Salman Rushdie meningkat menjadi pertikaian diplomatik setelah Iran dan Pakistan memanggil duta besar Britania untuk menyampaikan protes, dan dibalas oleh kecaman oleh London. (AFP)

19 - Kekerasan di Irak menjadi salah satu faktor utama bagi peningkatan pengungsi dunia hingga hampir 10 juta orang pada akhir tahun lalu, demikian dilaporkan oleh UNHCR. (AFP)

19 - Para pemimpin Hamas di Tepi Barat bersembunyi di bawah tanah karena kampanye penculikan dan penangkapan oleh pihak Fatah, namun kaum militan itu memperingatkan mereka akan keluar dari persembunyiannya untuk mengguncangkan kestabilan pemerintahan Mahmoud Abbas. (AP)

19 - Walikota New York City, Michael R. Bloomberg mengumumkan bahwa ia memutuskan afiliasinya dengan Partai Republik, sebuah langkah yang dinilai membuka jalan bagi pencalonannya sebagai presiden dari pihak independen. (NYT)

19 - Tiongkok akan membangun jalan raya senilai AS$20 juta di Gunung Everest sebagai bagian dari jalur relai obor Olimpiade. (AP)

19 - Blockbuster mengumumkan bahwa pelanggan toko penyewaan video itu lebih menyukai Cakram Blu-ray daripada HD DVD, dan karenanya hanya akan menyimpan format tersebut. (iTWire)

Senin, 18 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Israel

18 - Parlemen Israel mengukuhkan pengangkatan Ehud Barak sebagai menteri pertahanan Israel yang baru. (AP)

18 - Sebuah tim penyidik internasional menginfiltrasi sebuah ruang mengobrol internet yang digunakan oleh para pedofilia dan berhasil mengidentifikasikan lebih dari 700 pelakunya di seluruh dunia. Mereka juga berhasil menyelamatkan 31 orang anak. (AP)

18 - Vilma Espin Guillois, istri Penjabat Presiden Kuba, Raul Castro, dan salah satu tokoh perempuan paling kuat di negara itu, meninggal dunia dalam usia 77 tahun. (AP)

18 - Lebih dari seribu penduduk desa di Sichuan, Tiongkok, membawa jenazah seorang siswa ke pos polisi dan memprotes petugas yang mereka tuduh telah melindungi si pelaku pembunuhan itu. (AP)

18 - Kaum Maois Nepal meningkatkan tuntutan untuk penghapusan segera monarki di negara itu, sambil menolak usul baru untuk mengganti raja yang tidak populer dengan Pangeran Hridayendra yang berusia 4 tahun. (AFP)

18 - Sebuah sekolah dan biara milik komunitas kecil Katolik Roma di Jalur Gaza diserbu, dibakar, dan dirampok dalam pertempuran sekitar markas besar keamanan penting di daerah itu. (AP)

Minggu, 17 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Selandia Baru

17 - PM Selandia Baru, Helen Clark, menolak penjelasan terakhir Komodor Frank Bainimarama yang mengusir duta besar Selandia Baru, Michael Green, bahwa ia telah ikut campur dengan urusan dalam negeri Fiji. (Sydney Morning Herald)

17 - Seorang pembantu rumah tangga Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia yang bernama Ceriyati mengaku sering dipukuli majikannya, mencoba melarikan diri dari lantai 16 apartemennya dengan menggunakan tali yang dibuat dari potongan-potongan kain. Shamelin (33) turun ke lantai 12, lalu panik ketakutan dan ditolong oleh barisan pemadam kebakaran. (Sydney Morning Herald)

17 - Ratusan pendukung Fatah meninggalkan Jalur Gaza yang kini dikuasai Hamas sementara Hamas mengancam akan meneruskan perangnya melawan pasukan Mahmoud Abbas di tepi Barat. (Reuters)

Sabtu, 16 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

16 - Pihak keamanan di Baghdad hanya menguasai penuh 40 persen daerah kota itu lima bulan setelah kampanye untuk menenangkan pergolakan di sana, demikian diumumkan oleh Letjen. Raymond Odierno. (AP)

16 - Mahkamah Agung Jepang menolak tuntutan 42 warga Tiongkok akan ganti rugi sebesar AS$6,89 juta karena dipaksa menjadi jugun ianfu selama Perang Dunia II. (AP)

16 - Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan bahwa perubahan iklim adalah salah satu sebab konflik di wilayah Darfur, Sudan. Bencana kekeringan sering menyebabkan perebutan sumber-sumber air di sana. (AP)

{{{title}}}
Korea Selatan

16 - Lee Han-seop, lelaki 59 tahun yang diculik lebih dari 30 tahun lalu oleh pihak Korea Utara, berhasil melarikan diri dari negara itu dan kini berlindung di konsulat Korea Selatan di Tiongkok. (AP)

16 - Salman Rushdie memperoleh anugerah gelar kebangsawanan dari Ratu Elizabeth II. (BBC News)

Jumat, 15 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

15 - Pemerintah Tiongkok menghancurkan sebuah patung Guru Rinpoche di biara tertua di Tibet, demikian laporan sebuah kelompok aktivis. Tindakan ini digambarkan sebagai usaha Beijing untuk melenyapkan budaya Buddhis yang unik di Tibet. (AP)

15 - Negara-negara Arab memberikan dukungannya kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang moderat, tetapi juga menyerukan segera dihentikannya pertikaian sehingga kesatuan tanah Palestina dapat terjaga. (AP)

15 - Salam Fayyad, perdana menteri Palestina yang baru ditunjuk oleh Mahmoud Abbas menggantikan Ismail Haniyeh dianggap sebagai harapan terbaik untuk membujuk Barat untuk menghentikan sanksi internasionalnya terhadap pemerintah Palestina. (AP)

15 - Kolombia akan menjadi negara pertama di Amerika Latin yang mengakui hak-hak kaum homoseksual untuk memperoleh asuransi kesehatan, warisan, dan keamanan sosial dalam rancangan undang-undang yang telah disetujui oleh Kongres. (AP)

15 - Jend. Peter Pace, Ketua Kepala Staf Gabungan tentara Amerika Serikat di Irak, mengatakan bahwa ia tidak bersedia mundur dari jabatannya secara sukarela karena hal itu akan merugikan moril pasukannya. Akibatnya, ia diberhentikan oleh Menteri Pertahanan Robert Gates. (BBC News)

15 - Polri mengumumkan penangkapan Zarkasih, pemimpin Jemaah Islamiyah yang dibekuk di Yogyakarta pada 9 Juni 2007. (Detik)

{{{title}}}
India

15 - Jatav, lelaki petani India berumur 73 tahun, gagal untuk ke-39 kalinya dalam ujian kelas 10 SMAnya. Ia berjanji akan mencoba lagi tahun depan dengan harapan bahwa pendidikan akan meningkatkan pekerjaannya dan prospeknya untuk menikah. (AP)

15 - Sekitar 1.000 anak diduga telah dijual sebagai budak di Tiongkok tengah dan dipekerjakan dalam kondisi yang brutal di tempat pembakaran batu bata yang primitif. (Reuters)

Kamis, 14 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

14 - Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengumumkan keadaan darurat dan membubarkan pemerintahan persatuan yang dipimpin oleh Hamas setelah kelompok militan itu menghabisi kelompok Fatah, saingannya, dan mengambil alih kekuasaan di Jalur Gaza. (AP)

14 - Pratibha Patil, gubernur negara bagian Rajashtan di India barat laut, dipilih oleh pemerintah koalisi negara itu sebagai kandidat presiden negara itu. Bila terpilih, Patil akan menjadi perempuan pertama yang menjadi presiden India. (AP)

14 - Lebih dari 30 tahun setelah perang berakhir, Vietnam masih dihantui oleh Agen Oranye. Zat yang mengancam kesehatan ini masih terdapat dalam jumlah yang sangat tinggi di bekas pangkalan udara Amerika Serikat di Danang. (AP)

14 - Presiden Argentina, Nestor Kirchner, mengatakan Britania memenangi "perang kolonial" di Falkland yang tidak dapat diterima di mata dunia, dan karenanya berjanji akan mengusahakan dikembalikannya kepulauan itu dengan cara damai. (BBC News)

14 - Tiga belas sekolah di Thailand selatan dibakar, dan guru-guru semakin dijadikan sasaran dalam konflik yang berdarah. Pihak pemerintah menuduh pelakunya adalah pihak pemberontak separatis. (BBC News)

{{{title}}}
Malaysia

14 - PM Malaysia Abdullah Ahmad Badawi berjanji akan menjatuhkan hukuman berat kepada para pedagang manusia setelah negaranya dimasukkan oleh Amerika Serikat dalam daftar hitam negara yang terlibat dalam penyelundupan manusia. (AFP)

14 - Pemerintah militer Fiji mengusir duta besar Selandia Baru karena meningkatnya ketegangan pasca-kudeta antara kedua negara yang mengundang "reaksi keras" dari Wellington. (AFP)

14 - Setidaknya tiga mesjid Sunni diserang di selatan Baghdad. Tindakan ini diduga merupakan pembalasan atas penghancuran dua menara di tempat suci Syi'ah di Samarra sehari sebelumnya. (AP)

Rabu, 13 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

13 - Tiongkok mengecam cara berpikir "Perang Dingin" oleh Amerika Serikat setelah Presiden Bush menghadiri peresmian tugu peringatan bagi mereka yang dibunuh oleh rezim-rezim komunis. (AP)

13 - Imelda Marcos dibebaskan oleh pengadilan di Filipina atas lima tuduhan bahwa ia telah menghindarkan pajak. Imelda pernah menghadapi lebih dari 900 tuduhan pidana dan perdata, kebanyakan untuk pelanggaran hukuman tentang suap dan korupsi selama masa pemerintahan suaminya. (AP)

13 - Serge Maheshe, seorang jurnalis Kongo yang bekerja untuk Radio Okapi yang disponsori oleh PBB, ditembak mati di kota Bukavu di Republik Demokratik Kongo di sebelah timur. (AFP)

13 - Sebuah bom menewaskan Walid Eido, seorang anggota parlemen Lebanon yang terkenal vokal, anti-Suriah, dan dekat dengan almarhum PM Rafik Hariri yang juga tewas di Beirut dua tahun lalu. (AP)

13 - Melida Anaya Montes, guru sekolah yang dikenal sebagai "Comandante Ana Maria" dari gerilyawan kiri Front Pembebasan Nasional Farabundo Marti (FMLN), dikebumikan kembali di El Salvador, tanah airnya, 24 tahun setelah ia dibunuh di Nikaragua. (AP)

{{{title}}}
Indonesia

13 - Abu Dujana bersama tujuh orang lainnya yang dicurigai sebagai teroris, ditahan Sabtu lalu di tempat yang tidak diumumkan. Dujana diduga sebagai pelaku bom Bali 2002 dan serangkaian serangan lainnya. (Kompas)

13 - Sebuah panel hakim Kamboja dan internasional menyetujui aturan-aturan yang membuka jalan untuk membentuk majelis pengadilan atas Khmer Merah yang didukung oleh PBB untuk mengadili para pelakunya atas tuduhan melakukan genosida. (AFP)

Selasa, 12 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

12 - Tiongkok mempertimbangkan kemungkinan untuk mengizinkan rakyatnya menggunakan nama keluarga ganda untuk mengakhiri kebingungan karena bagi orang Tionghoa hanya tersedia sekitar 100 nama keluarga. (AP)

12 - Ratusan pejuang Hamas yang menembaki roket dan mortir berhasil merebut markas besar pasukan-pasukan keamanan Fatah di Gaza utara. Hamas mencetak kemenangan penting dalam perebutan kekuasaan yang berdarah atas jalur di tepi laut itu. (AP)

12 - Bekas PM Israel Ehud Barak menang atas Amir Ayalon dalam pemilihan pimpinan Partai Buruh. Barak dan Ayalon telah menyerukan mundurnya Ehud Olmert dari jabatannya sebagai perdana menteri negara itu karena dianggap gagal dalam perang melawan Hizbullah tahun lalu. (AP)

12 - Pengarang Nigeria Chinua Achebe memperoleh Penghargaan Internasional Man Booker, mengalahkan pengarang terkenal lainnya seperti Salman Rushdie, Doris Lessing dan Margaret Atwood. Untuk karyanya, "Things Fall Apart", Achebe memperoleh £60.000 atau sekitar AS$118.000. (AFP)

{{{title}}}
Indonesia

12 - Sebuah konferensi yang mempromosikan toleransi beragama dan pengakuan atas realitas Holocaust Yahudi dibuka di Bali. Konferensi ini digambarkan sebagai "kebalikan konferensi Teheran", Desember 2006, yang menganggap holocaust mitos. Ketua konferensi ini adalah mantan Presiden Abdurrahman Wahid. (AFP)

Senin, 11 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

11 - Park Geun-hye, anak perempuan bekas pemimpin militer Korea Selatan resmi mencalonkan dirinya sebagai presiden, sambil meminta maaf kepada mereka yang menderita di bawah pemerintahan ayahnya. (AP)

11 - Komite Penelitian Aset Thailand memerintahkan pembekuan aset senilai AS$1,6 miliar milik bekas PM Thaksin Shinawatra, sementara menunggu penetapan oleh pengadilan tentang keabsahan asal-usulnya. (AP)

11 - Tiongkok memecat dan menghukum sebagian dari lima pejabat yang gagal mencegah pencemaran yang menyebabkan merebaknya ganggang di salah satu danau terbesar di negara itu. (AP)

11 - Polisi menghalangi warga Mesir memberikan suaranya di daerah-daerah yang dikuasai oleh Ikhwanul Muslimin, dalam pemilihan umum pertama di bawah konstitusi yang telah diamandemen untuk menyingkirkan organisasi tersebut dari politik. (Reuters)

11 - Ratusan pendukung Jenderal Vang Pao berunjuk rasa di luar gedung pengadilan federal di Sacramento, California. Hakim telah menolak melepaskannya dengan uang jaminan sambil menantikan peradilan atas tuduhan bahwa ia berusaha menggulingkan pemerintahan Laos yang komunis. (The Washington Post)

{{{title}}}
Filipina

11 - Sekitar 11.000 perawat Filipina mengikuti ujian ulangan mereka setelah skandal kecurangan tahun lalu menyebabkan hasil ujian mereka diragukan. Kesebelas ribu peserta ujian itu duduk bersama 60.000 peserta lainnya yang pertama kali mengikuti ujian. (AFP)

11 - PBB mengungkapkan keprihatinannya atas pemulangan 163 orang pengungsi etnis Hmong oleh pemerintah Thailand kembali ke Laos yang diduga akan menganiaya dan menyiksa mereka. Nasib 8.000 pengungsi Hmong lainnya di Thailand kini menjadi tanda tanya besar. (Reuters)

11 - Ketua Mahkamah Agung Pakistan Iftikhar Muhammad Chaudhry menghadapi tuduhan-tuduhan baru dari pemerintah negaranya. Pemecatannya tiga bulan lalu telah menyebabkan Pakistan dilanda krisis politik yang hebat. (AFP)

Minggu, 10 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

10 - Longsor dan banjir karena hujan lebat di Tiongkok menewaskan 66 orang dan membuat hampir 600.000 orang lainnya kehilangan tempat tinggalnya. (AP)

10 - Sembene Ousmane (84), bapak perfilman Senegal dan salah satu perintis seni ini di Afrika, meninggal dunia di rumahnya setelah lama menderita sakit. (AP)

10 - Sejumlah tentara Amerika Serikat tertimbun jembatan yang runtuh karena ledakan mobil bom bunuh diri di selatan Baghdad. Berapa jumlah tentara yang menjadi korban serta bagaimana nasib mereka belum diketahui. (AP)

{{{title}}}
Vietnam

10 - Vietnam membebaskan Nguyen Vu Binh yang dijuluki "pembangkang dunia maya" menjelang kunjungan pertama seorang presiden negara itu ke Amerika Serikat setelah perang Vietnam. (AFP)

10 - Sekitar 13.000 warga Thailand turun ke jalan-jalan di Bangkok menentang pemerintahan yang diangkat oleh pihak militer setelah kudeta tahun lalu. Kebanyakan pengunjuk rasa diduga pendukung Thaksin Shinawatra. (AP)

10 - Ratusan orang dievakuasi dari rumah-rumah mereka, sementara badai hebat menghantam pantai timur Australia dan menyebabkan sebuah kota seperti baru saja dihantam gempa bumi. (AFP)

10 - Rumah Yusron al Mahfud, tersangka jaringan teroris kelompok Abu Dujana yang ditangkap oleh Detasemen Khusus 88, di desa Kebarongan, Kemrajan, Banyumas, Jateng masih dijaga oleh polisi (Metrotvnews)

Sabtu, 9 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

9 - Polisi menggunakan gas air mata terhadap para pemrotes yang melemparkan batu pada para peserta pawai tahunan hak kaum homoseksual di Bucharest, Rumania. Sekitar 100 orang ditahan karena melempari batu dan petasan pada polisi dan 400 peserta pawai. (AP)

9 - Tujuh juta warga Belgia diduga akan memberikan suaranya kepada Yves Leterme, ketua menteri Flandria, untuk menggantikan PM Guy Verhofstadt. Verhofstadt lebih populer di seluruh negeri, tetapi rakyat Belgia memilih partai, bukan individu, dan partai Demokrat Kristen Leterme jauh lebih unggul di Flandria. (Reuters)

9 - Aktivis anti globalisasi dan ekstrem kiri dari seluruh Italia berkumpul di Roma untuk memprotes Presiden Bush dalam kunjungannya ke Roma dan Vatikan. Ribuan polisi dikerahkan di Colosseum, Piazza Venezia di pusat kota dan tempat-tempat lainnya di tengah rasa kuatir bahwa kekerasan akan pecah. (AP)

{{{title}}}
India

9 - Sebuah kelompok yang mengaku mewakili jaringan teror Al-Qaeda mengumumkan perang suci terhadap India atas penguasaannya terhadap sebagian wilayah Kashmir. (AP)

9 - Yasushi Akashi, utusan khusus Jepang ke Sri Lanka, mengakhiri kunjungan empat harinya di negara itu sambil berkata bahwa ia masih berharap bahwa proses perdamaian yang tercabik-cabik di sana masih dapat diselamatkan. (AFP)

9 - Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan kepada para pemimpin gerakan Fatah bahwa keruntuhan koalisi yang rapuh dengan Hamas hanya akan menghasilkan lebih banyak kekacauan. (AP)

9 - Ratusan warga di Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah menggelar unjuk rasa menolak pemindahan ibukota Banggai Kepulauan di Salakan.(Metrotvnews)

Jumat, 8 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

8 - CIA menciptakan penjara-penjara rahasia di Polandia dan Rumania untuk menginterogasi orang-orang yang dianggap tokoh penting dalam gerakan teror, demikian dikatakan seorang investigator Eropa. (AP)

8 - Perbedaan pendapat yang tajam tentang perang Irak khususnya di Kongres, menyebabkan pemerintahan Bush mengganti Jend. Peter Pace sebagai Kepala Staf Gabungan tentara Amerika Serikat dan sebaliknya mengusulkan Admiral Michael Mullen sebagai gantinya. (AP)

8 - Para pejabat di Azerbaijan, negara dengan catatan hak asasi manusia yang buruk dan kaya dengan cadangan minyak buminya, menyambut seruan Moskwa untuk menggunakan instalasi radar mereka sebagai lokasi sistem anti rudal Amerika Serikat. (AP)

{{{title}}}
Australia

8 - Cuaca yang kacau menghantam wilayah Australia timur, mempermainkan sebuah kapal pengangkut yang besar, mendorong mobil-mobil ke sungai yang banjir, mengganggu penerbangan dan memutuskan kabel-kabel listrik. (AFP)

8 - Ratusan orang berunjuk rasa di Papua, menyerukan kepada PBB agar menekan pemerintah Indonesia untuk membatalkan Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) tahun 1969 yang mengesahkan penggabungan wilayah itu dengan Indonesia. (AFP)

8 - Banjir pesan rahasia dari Israel ke Suriah menunjukkan kesediaan Israel untuk menyerahkan Dataran Tinggi Golan sebagai ganti persetujuan perdamaian, demikian diungkapkan oleh harian Yediot Ahronot. (AP)

8 - Mahkamah Agung Sri Lanka mengeluarkan perintah untuk menghentikan pengusiran etnis minoritas Tamil dari Kolombo, ibukota negara itu, sehari setelah ratusan orang diusir di bawah moncong senjata. (AFP)

Kamis, 7 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

7 - Jumlah korban tentara Amerika Serikat yang tewas di Irak selama empat tahun perang telah mencapai lebih dari 3.500 orang. (AP)

7 - Pasukan-pasukan keamanan Palestina yang setia kepada Presiden Mahmoud Abbas berusaha meminta izin Israel untuk mengimpor rudal anti tank, granat dan persenjataan lain dalam perang mereka melawan Hamas. (AP)

7 - Dua dasawarsa setelah ledakan dan kebakaran di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, daerah di sekitar tempat itu telah berubah menjadi hunian binatang liar. (AP)

7 - Kayu Brasil yang membuat negara Brasil tersohor karena kayu itu bahan utama untuk membuat penggesek biola terkemuka, mendapatkan perlindungan tambahan untuk melindunginya dari kemusnahan. Brasil menyambut keputusan yang diambil dalam Konvensi Perdangangan Internasional untuk Spesies yang Terancam (CITES) di Belanda. (AP)

{{{title}}}
Republik China

7 - Bekas Presiden Republik Tiongkok Lee Teng-hui mengunjungi Kuil Yasukuni untuk memberikan penghormatan kepada almarhum kakaknya yang berjuang di pihak Jepang pada Perang Dunia II. Kunjungan ini mengundang kemarahan pihak Tiongkok. (AP)

Rabu, 6 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

6 - Presiden Kosta Rika mengumumkan bahwa negaranya memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan dan menjalin hubungan dengan Tiongkok. Keputusan ini diambil untuk menarik investasi asing, kata Arias. (AP)

6 - Ratusan tentara Turki melintasi perbatasan masuk ke Irak utara untuk mengejar para gerilyawan Kurdi yang melakukan serangan-serangan ke Turki dari tempat persembunyian mereka di sana. (AP)

6 - Polisi militer Israel menyelidiki dugaan bahwa Brigjen Yair Golan, komandan di Tepi Barat, menyuruh pasukannya menggunakan warga sipil Palestina sebagai tameng manusia, suatu pelanggaran terhadap larangan dari Mahkamah Agung Israel atas praktik itu. (AP)

6 - Presiden Venezuela, Hugo Chavez, menyerukan pembentukan pakta pertahanan bersama antara negaranya, Kuba, Nikaragua dan Bolivia dan membentuk bank pembangunan untuk mendanai proyek-proyek bersama. (AP)

6 - Sudan akan ditekan untuk menerima kehadiran pasukan gabungan Uni Afrika dan PBB di Darfur dalam pertemuan tripartit di Addis Ababa minggu depan. (AFP)

6 - Universitas Edinburgh memutuskan untuk mencabut kembali gelar kehormatan yang pernah diberikannya kepada Presiden Zimbabwe Robert Mugabe lebih dari 20 tahun yang lalu. Pada 1984 Mugabe diberikan gelar kehormatan itu sebagai tanda penghargaan atas jasanya bagi pendidikan di Afrika. (AFP)

{{{title}}}
Timor Timur

6 - Timor Timur menyatakan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa kerja yang dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari di negara itu selain bahasa resminya, yaitu bahasa Portugis dan bahasa Tetum. (Jakarta Post)

6 - Hari pertama aksi blokade menentang Pertemuan Puncak G8 ke-33 di Heiligendamm, Jerman. Siang hari, belasan ribu demonstran berhasil mencapai pagar besi yang mengelilingi lokasi pertemuan, dan menduduki gerbang antara Bad Doberan dan Heiligendamm. Di sebelah Timur Heiligendamm beberapa demonstran merangsek, polisi menggunakan meriam air dan gas air mata. (IMC UK)

6 - Seorang pegawai muda yang tak tahu apa-apa tentang peristiwa berdarah di Lapangan Tiananmen pada 1989 membiarkan penghormatan kepada para korban lolos di kolom iklan baris di sebuah surat kabar di Tiongkok barat daya. (Reuters)

Selasa, 5 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

5 - Panen yang gagal dan memburuknya krisis ekonomi akan membuat lebih dari sepertiga rakyat Zimbabwe membutuhkan bantuan pangan pada awal 2008. (AP)

5 - Beberapa bangunan di Vatikan akan menggunakan energi matahari sebagai cerminan keprihatinan Paus Benediktus XVI untuk menghemat sumber-sumber alam. (AP)

5 - Presiden Kuba Fidel Castro muncul di televisi negaranya dalam sebuah wawancara. Ia tampak lebih sehat dan berbicara lebih lambat dan membahas kenangan masa lampau, bukan tentang kepulihan dan masa depan kepemimpinan di Kuba. (AP)

5 - Ethiopia akan membuka serangkaian perayaan dalam menyambut milenium ketiga. Negara di Tanduk Afrika ini menggunakan kalender Julian yang ketinggalan sekitar 7 tahun dibandingkan dengan kalender Gregorian yang lebih umum digunakan di seluruh dunia. (AFP)

5 - Dalam Sidang Paripurna DPR ke-27 yang membahas persetujuan pemerintah atas resolusi PBB no. 1747 tentang program nuklir Iran, para anggota DPR yang mengusung hak interpelasi melakukan aksi ‘mogok sidang’ karena Presiden SBY tidak menghadiri sidang tersebut. (Okezone)

Senin, 4 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
AS

4 - James Seale, bekas anggota Ku Klux Klan, diadili karena menculik Henry Hezekiah Dee dan Charles Eddie Moore, dua orang kulit hitam yang kemudian dibunuh di Mississippi, Amerika Serikat pada 1964. Ia diancam hukuman seumur hidup untuk masing-masing kasusnya. (Reuters)

4 - Buku harian Rutka Laskier, gadis Yahudi 14 tahun yang dijuluki "Anne Frank Polandia", diterbitkan oleh Museum Holocaust "Yad Vashem" Israel. Laskier menggambarkan kengerian yang disaksikannya di sebuah ghetto Yahudi di Polandia, tak lama sebelum ia dikirim ke Auschwitz. (AP)

4 - Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengatakan bahwa negara-negara kaya harus membayar negara-negara miskin untuk melestarikan hutan-hutan mereka, karena negara-negara kayalah yang bertanggung jawab bagi kebanyakan emisi gas rumah kaca sedunia. (AP)

4 - Bekas Presiden Liberia Charles Taylor mengacaukan awal peradilan kejahatan perangnya dengan memboikot proses pembahasan kasusnya dan memecat pengacaranya. (AP)

4 - Presiden Timor Timur Jose Ramos Horta menuduh polisi menembak mati dua orang aktivis dalam sebuah kampanye untuk memilih pemimpin baru partai CNRT. Seorang lainnya luka-luka dalam serangan tersebut. (AFP)

4 - Para ilmuwan menemukan 24 spesies binatang baru di dataran tinggi Suriname timur, di antaranya katak dengan bercak ungu floresen. (AP)

4 - Rupert Murdoch meningkatkan pendekatannya untuk membujuk keluarga Bancroft yang menguasai Dow Jones & Co. untuk memberikan jaminan bahwa The Wall Street Journal akan tetap mempertahankan tradisi keunggulannya bila surat kabar itu dikuasainya. (AP)

Minggu, 3 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

Sabtu, 2 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

Jumat, 1 Juni 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
TNI-AL

1 - 13 personel prajurit Marinir, TNI-AL ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penembakan warga di Kecamatan Lekok, Pasuruan. (Kompas)