Manmohan Singh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Manmohan Singh
Perdana Menteri India
Petahana
Mulai menjabat
22 Mei 2004
Presiden A. P. J. Abdul Kalam
Pratibha Patil
Pranab Mukherjee
Didahului oleh Atal Bihari Vajpayee
Menteri Keuangan
Masa jabatan
26 Juni 2012 – 31 Juli 2012
Didahului oleh Pranab Mukherjee
Digantikan oleh P. Chidambaram
Masa jabatan
30 November 2008 – 24 Januari 2009
Didahului oleh P. Chidambaram
Digantikan oleh Pranab Mukherjee
Masa jabatan
21 Juni 1991 – 16 Mei 1996
Perdana Menteri P. V. Narasimha Rao
Didahului oleh Yashwant Sinha
Digantikan oleh Jaswant Singh
Menteri Perkeretaapian
Masa jabatan
19 Mei 2011 – 13 Juli 2011
Didahului oleh Mamata Banerjee
Digantikan oleh Dinesh Trivedi
Menteri Luar Negeri
Masa jabatan
6 November 2005 – 24 Oktober 2006
Didahului oleh K. Natwar Singh
Digantikan oleh Pranab Mukherjee
Informasi pribadi
Lahir 26 September 1932 (umur 81)
Gah, Punjab, Kemaharajaan Britania[1]
Partai politik Kongres Nasional India (1991–sekarang)
Afiliasi politik
lain
Front Persatuan (1996–2004)
Aliansi Progresif Bersatu (2004–sekarang)
Suami/istri Gursharan Kaur (1958–sekarang)
Anak Upinder
Daman
Amrit
Tempat tinggal Panchavati
Alma mater Universitas Panjab, Chandigarh
St John's College, Cambridge
Nuffield College, Oxford
Agama Sikhisme
Situs web pmindia.gov.in

Dr. Manmohan Singh (bahasa Punjabi: ਮਨਮੋਹਨ ਸਿੰਘ}}, bahasa Hindi: मनमोहन सिंह) adalah Perdana Menteri India yang ke-14. Ia lahir di Gah, Barat Punjab (sekarang Pakistan), 26 September 1932; umur 81 tahun, adalah anggota Partai Kongres Nasional India. Sebagai perdana menteri dari etnis Sikh pertama di India, Singh diambil sumpahnya pada 22 Mei 2004. Bahasa ibunya adalah bahasa Punjabi.

Ia lahir dari keluarga miskin Sikh. Ia pindah ke kota suci Sikh Amritsar di utara India ketika berusia 14 tahun. Ayahnya adalah penjaja buah yang dikeringkan di Amritsar. Singh adalah siswa yang serius belajar. Tak jarang ia belajar dengan mengandalkan cahaya lampu jalan karena di rumah selalu rusuh serta aliran listrik sering padam. “Almarhum ayah kami sering mengejek bahwa Manmohan Singh akan menjadi perdana menteri suatu saat karena Singh belajar lebih giat dari yang lain,” kata Surjit Singh (adiknya).

Ia mulai belajar di Universitas Punjab pada 1948. Setelah menamatkan gelar sarjana (1952) dan mendapatkan gelar master (1954) dari Universitas Punjab, ia meraih gelar sarjana (1957) dari Universitas Cambridge (St. John's College) dan gelar D.Phil (1962) dari Universitas Oxford (Nuffield College). Dia lulus First Class Honours dalam Ekonomi dengan tesis tentang pentingnya peran ekspor dan perdagangan ekspor pada perekonomian India.

Pada tahun 1958, menikah dengan Shrimati Gursharan Kaur dan menjadi ayah dari tiga anak perempuannya. Singh menekuni profesi sebagai seorang ekonom dan pernah bekerja di IMF (Dana Moneter Internasional). Ia merupakan salah seorang perdana menteri India yang berpendidikan baik. Ia meraih penghargaan Outstanding Parliamentarian Award pada 2002. Sebelum menjadi perdana menteri, ia bekerja di kementrian keuangan pada masa pemerintahan Perdana Menteri Narasimha Rao. Ia kemudian menjabat sebagai Menteri Keuangan India pada era 1990-an di saat terjadi suatu krisis keuangan. Ia mendapat tugas di Sekretariat UNCTAD dan Sekretaris Jenderal Komisi Selatan di Jenewa (1987-1990).

Pada 1971, Dr. Singh menjadi anggota Pemerintahan India sebagai Penasihat Ekonomi dalam Kementrian Perdagangan. Ini segera diikuti pengangkatannya sebagai Ketua Penasihat Ekonomi dalam Kementrian Keuangan pada 1972. Di antara banyak kedudukan pemerintahan yang telah dipegangnya ialah Sekretaris dalam Kementrian Keuangan, Wakil Ketua Komisi Perencanaan, Gubernur Bank Cadangan India, Penasihat Perdana Menteri, dan Ketua Komisi Dana Universitas.

Ia menjadi pimpinan oposisi di Upper house pada periode 1998 - 2004 saat India diperintah oleh koalisi tengah pimpinan Partai Bharatiya Janata. Pada dekade 1990-an, ia dijuluki sebagai arsitek di balik reformasi perekonomian India. Ia mewakili India pada banyak konferensi internasional dan pada beberapa organisasi internasional. Ia memimpin Delegasi India pada Pertemuan Kepala Pemerintahan Persemakmuran di Siprus (1993) dan pada Konferensi HAM Sedunia di Wina pada 1993 dan telah menjadi anggota Majelis Parlemen Atas India (the Rajya Sabha) sejak 1991 serta Pemimpin Oposisi antara 1998-2004.

Periode 1991-1996, ia menjabat Menteri Keuangan dalam pemerintahan Perdana Menteri PV Narasimha Rao untuk menyelamatkan perekonomian yang amburandul akibat krisis neraca pembayaran. Perannya dalam menghantar kebijakan perbaikan ekonomi India diakui pengamat dunia. Singh tidak terlihat seperti politisi dan kalah dalam pemilu parlemen tahun 1999. Faktanya, dia memang tidak pernah memenangkan pemilu dan tidak pernah duduk di kursi parlemen.

Singh meraih kursi di Lok Sabha dari wilayah selatan Delhi pada tahun 1999. Ia menjadi perdana menteri India karena para anggota Lower House of Parliament menyetujuinya. Ia juga seorang anggota Rajya Sabha dari Assam sejak 1991. Pada saat terjadi keguncangan politik, ia ditunjuk Ketua Partai Kongres I Sonia Gandhi untuk mengisisi posisi perdana menteri.

Sebelum menjadi menteri keuangan, Singh pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Sentral India. Dia memperoleh semua posisi itu setelah lebih dari satu dekade mengajar di berbagai universitas di India dan bekerja di Perserikatan Bangsa-Bangsa. India yang dipandang sebagai salah satu lokasi pertumbuhan ekonomi baru diketahui publik bahwa dialah pemikir di balik kampanye reformasi ekonomi saat tampil sebagai menkeu pada pemerintahan Partai Kongres.

Dia mengubah perekonomian berorientasi ke dalam negeri menjadi terbuka. Hal itu mampu membuat perekonomian India tumbuh dari rata-rata 2-3% menjadi rata-rata 6%. Singh membuka perekonomian bagi investasi asing dan memangn kas hambatan perdagangan. “Negara sedang terancam dan tidak ada waktu yang boleh terlewatkan dengan sia-sia,” demikian dikatakan di Parlemen India pada tahun 1991 saat ekonomi India mengalami persoalan besar. Ia kemudian mengurangi subsidi dan melakukan swastanisasi pada sebagian perusahaan negara.

Dia memaksa pebisnis untuk mendapatkan persetujuan pemerintah atas setiap keputusan apapun. “Jika Anda mengelola ekonomi secara kaku dan menutup diri dari dunia luar, tidak akan ada yang terangsang untuk bereproduksi dan membawa ide baru,” katanya. Investasi asing masuk, inflasi diturunkan dari 17% menjadi 8,5% yang kemudian hanya 4%. Di negara yang menjalankan sistem perekonomian mirip Uni Soviet, tindakan demikian menandai awal revolusi ekonomi India.

Meski demikian, ia adalah penentang liberalisasi ekonomi yang liar dan percaya bahwa pasar tidak bisa sepenuhnya dipercaya untuk membawa kemakmuran bagi warga miskin India. “Diperlukan kebijakan pembangunan yang manusiawi,” katanya. Dia mengatakan, India memerlukan emansipasi dari perang, keinginan, dan eksploitasi.

Karier Dr. Manmohan Singh[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan Karya[sunting | sunting sumber]

Bukunya berjudul India's Export Trends and Prospects for Self-Sustained Growth [Clarendon Press, Oxford, 1964] merupakan kritik awal kebijakan perdagangan berorientasi dalam batin India.

Di antara banyak hadiah dan penghargaan yang paling menonjol ialah kehormatan sipil terbesar kedua India (Padma Vibhushan tahun 1987), Penghargaan 100 Tahun Kelahiran Jawaharlal Nehru dari Kongres Ilmiah India (1995), Penghargaan Asia Money untuk Menteri Keuangan (1993-1994), Penghargaan Euro Money untuk Menteri Keuangan (1993), Penghargaan Adam Smith dari Universitas Cambridge (1956), dan Penghargaan Wrightuntuk Pelaksanaan Istimewa dari St. John's College di Cambridge (1955). Dr. Singh juga telah dianugerahi sejumlah perkumpulan lainnya termasuk dari Jepang, yakni Nihon Keizai Shimbun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hindus Contribution Towards Making Of Pakistan 22 May 2010. Retrieved 28 January 2011

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Indraprasad Gordhanbhai Patel
Gubernur Reserve Bank of India
1982–1985
Diteruskan oleh:
Amitav Ghosh
Didahului oleh:
Narasimha Rao
Wakil Ketua Komisi Perencanaan
1985–1987
Diteruskan oleh:
Punjala Shiv Shankar
Didahului oleh:
Yashwant Sinha
Menteri Keuangan
1991–1996
Diteruskan oleh:
Jaswant Singh
Didahului oleh:
Atal Bihari Vajpayee
Perdana Menteri India
2004–sekarang
Petahana
Ketua Komisi Perencanaan
2004–sekarang
Didahului oleh:
Kunwar Natwar Singh
Menteri Luar Negeri
2005–2006
Diteruskan oleh:
Pranab Mukherjee
Didahului oleh:
Palaniappan Chidambaram
Meteri Keuangan
2008–2009
Didahului oleh:
Pranab Mukherjee
Meteri Keuangan
2012
Diteruskan oleh:
Palaniappan Chidambaram