Juli 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
< Juli 2007 >
M S S R K J S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, gunakan format berikut:

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Senin, 30 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

30 - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Condoleezza Rice dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates berkunjung ke Timur Tengah untuk menawarkan tambahan bantuan terhadap negara sekutu Amerika Serikat. (Reuters)

30 - Presiden Palestina Mahmoud Abbas berkunjung ke Moskwa untuk mencari dukungan dari Russia. (Itar-Tass)

30 - Perwakilan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) mengunjungi situs reaktor air berat di Arak, Iran. (Reuters)

Minggu, 29 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

29 - Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengumumkan bahwa bantuan militer dan pertahanan dari Amerika Serikat untuk Israel akan meningkat menjadi $30 miliar dalam 10 tahun ke depan. (Irish Examiner)

29 - Partai Demokrat Liberal kalah telak dalam pemilu Majelis Tinggi Jepang sehingga majelis tinggi kini dikuasai pihak opisisi, Partai Demokratik.

29 - Perdana Menteri Britania Raya Gordon Brown tiba di Amerika Serikat untuk melakukan kunjungan resmi pertamanya dengan Presiden George W. Bush. (ABC News Australia)

29 - Irak mengalahkan Arab Saudi dalam laga final Piala Asia 2007. (New York Times)

Jumat, 27 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

27 - Korban tewas akibat bencana banjir dan tanah longsor di kepulauan Sulawesi, Indonesia, meningkat menjadi 107 jiwa. (AFP via ABC)

27 - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan Perdana Menteri Australia John Howard untuk membicarakan masalah keamanan dan kemungkinan kerjasama perjanjian perdagangan bebas di antara kedua negara. (AFP via ABC News Australia)

27 - Sedikitnya 5.000 orang di Zimbabwe ditangkap dalam beberapa bulan terakhir karena melanggar kebijakan pengontrolan harga. (AP via CNN)

27 - Menteri Lingkungan Selandia Baru David Benson-Pope mundur dari Kabinet. (Bloomberg)

Kamis, 26 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

26 - Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat menghentikan sebuah penelitian terapi gen dan meninjau kembali 28 penelitian lainnya setelah kematian seorang pasien. (AP via CNN)

26 - Dua orang tewas dan empat lainnya terluka dalam sebuah ledakan di Bandara Mojave, California. (Reuters)

26 - Sebuah bom mobil meledak di Baghdad membunuh sekurangnya 25 orang Irak dan melukai 50 orang lainnya. (ABC News Australia)

26 - Pasukan Israel berhasil membunuh empat militan dalam sebuah serangan ke Jalur Gaza. Tiga di antaranya merupakan anggota Jihad Islam dan seorang lainnya merupakan anggota Hamas. (BBC)

26 - Mantan Menteri Telekomunikasi Bangladesh Aminul Huq dihukum kurungan 31 tahun penjara atas perannya dalam kelompok teroris Jamaah al-Mujahidin Banglades. [www.andhranews.net/Intl/2007/July/26/Bangladesh-jails-former-9462.asp (AndhraNews)]

26 - Kebakaran Pasar Turi di Surabaya. [http: // Surabaya Tv (sumber)]

Rabu, 25 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

25 - Presiden Perancis Nicolas Sarkozy berkunjung ke Libya setelah pembebasan beberapa pekerja medis yang sebelumnya dipidana hukuman mati akibat kasus HIV di Libya. (Reuters via CNN)

25 - Korea Utara dan Korea Selatan mengadakan pertemuan tingkat tinggi untuk membahas sebuah masalah perbatasan. (BBC)

Selasa, 24 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

24 - Lima pendaki gunung tewas membeku di pegunungan Alpen Italia. (Reuters via News Limited)

24 - Tony Blair mengadakan pertemuan dengan pemimpin Israel dan Palestina dalam perjalanan pertamanya ke kawasan tersebut sebagai utusan perdamaian. (Reuters)

24 - Sebuah bom bunuh diri membunuh setidaknya 22 orang di kota Al Hillah, Irak. (BBC)

24 - Marie-Noëlle Thémereau mundur dari jabatannya sebagai Presiden Kaledonia Baru. (ABC News Australia)

24 - Lima perawat Bulgaria dan seorang dokter Palestina dibebaskan oleh pemerintah Libya setelah mendekam selama 8 1/2 tahun di penjara dengan tuduhan menulari anak-anak dengan virus AIDS. (AP)

Minggu, 22 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

22 - Beberapa praja IPDN kembali terlibat pengeroyokan, yang menyebabkan tewasnya seorang warga Jatinangor, Sumedang. (Detik)

Sabtu, 21 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

21 - India memilih Pratibha Patil dari Partai Kongres sebagai presiden wanita pertamanya. (AP via MSNBC)

21 - Pelawak Asmuni tutup usia. Anggota Srimulat itu meninggal dunia dalam usia 76 tahun pada pukul 13.30 WIB di Kampung Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. (Detik)

21 - Seri ketujuh kisah penyihir Harry Potter dijual secara serentak di seluruh dunia. Harry Potter and the Deathly Hallows merupakan seri terakhir dari serial novel Harry Potter karangan J. K. Rowling. (Detik)

Kamis, 19 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

19 - Rusia membalas pengusiran diplomatnya oleh Inggris yang dilakukan pada tanggal 16 Juli yang lalu. Sebanyak 4 orang diplomat Inggris diusir dari negeri itu. Pejabat pemerintah Rusia pun dilarang untuk pergi ke Inggris dan kerjasama menyangkut pemberantasan terorisme antara kedua negara juga dihentikan. (Detik)

Rabu, 18 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Logo Piala Asia 2007

18 - Kesebelasan Indonesia gagal menembus babak perempat final pada putaran final Piala Asia AFC 2007 yang dilangsungkan di Stadion Bung Karno setelah dikalahkan 1 - 0 oleh kesebelasan Korea Selatan. Pada saat yang bersamaan, pada pertandingan dari grup yang sama (Grup D), Arab Saudi berhasil menaklukkan Bahrain dengan 4 - 0 di Stadion Jakabaring, Palembang.

Selasa, 17 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

17 - Penerbangan 3054 TAM Linhas Aéreas menabrak sebuah pompa bensin di Bandara Internasional Congonhas, São Paulo, Brasil ketika mendarat. Semua 176 penumpang tewas dan sedikitnya 40 orang yang berada di darat turut menjadi korban jiwa. (AP via Yahoo!) (Wikinews)

Minggu, 15 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

15 - Brasil keluar sebagai pemenang Copa America setelah mengalahkan Argentina 3-0. Dua gol dicetak oleh Julio Baptista dan Dani Alves, sedangkan satu gol lainnya adalah gol bunuh diri dari Roberto Ayala. (Detik)

Sabtu, 14 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

14 - Penjualan komik Tintin di Kongo di Britania Raya meningkat 3.800% setelah adanya keributan mengenai unsur-unsur rasis dan menghina dalam buku ini. (AFP via Yahoo!)

Rabu, 11 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

11 - Pelawak kawakan Indonesia, Taufik Savalas, meninggal dunia. Taufik meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di jalan antara Yogyakarta dan Purworejo. (Detik)

Selasa, 10 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

10 - Tentara Pakistan melakukan penyerangan bersenjata terhadap Masjid Merah (dikenal pula dengan nama Masjid Lal) di Islamabad, menyebabkan berakhirnya pendudukan militan atas masjid tersebut. Setidaknya 8 prajurit dan 60 militan termasuk ulama masjid tewas dalam pertempuran. (Reuters)

10 - Sedikitnya sembilan prajurit angkatan darat Irak dan 21 lainnya cedera ketika sebuah bom pinggir jalan meledak dan mengenai bus mereka di provinsi Salaheddin, Irak Utara. (Kompas)

10 - Sekitar 4.000 warga dari sembilan desa di sekitar Gunung Gamkonora mengungsi menyusul peningkatan aktivitas gunung tersebut. (Kompas)

Minggu, 8 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

8 - Seorang pelaku penyerangan bunuh diri menabrakkan truk berisi bom ke kendaraan yang sedang mengangkut anggota tentara Irak sehingga menewaskan 23 orang. (Kompas)

8 - Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia memperingatkan warganya tentang adanya kemungkinan serangan teroris di Indonesia. (AAP via News Limited)

8 - Pertempuran berdarah terjadi antara pasukan angkatan laut Sri Lanka dengan pemberontak Macan Tamil di bagian pantai timur provinsi Trincomalee. (AP via CNN)

Rabu, 4 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

4 - Alan Johnston, wartawan BBC yang diculik sekelompok pejuang Palestina di Jalur Gaza pada 12 Maret 2007, dilepas.

Minggu, 1 Juli 2007[sunting | sunting sumber]

1 - PM Australia John Howard diam-diam merencanakan penarikan mundur pasukan negaranya dari Irak pada Februari 2008, demikian dilaporkan oleh The Sunday Telegraph. (Reuters)

1 - Pemerintah Sri Lanka telah meminta Norwegia menghidupkan kembali perundingan perdamaian dengan Macan Tamil di tengah-tengah meningkatnya pertempuran antara kedua belah pihak. (AFP)

1 - Pihak intelijen Pakistan berhasil membongkar sebuah geng militan yang memasok para pelaku bom bunuh diri dan peralatan ledak kepada pihak Taliban di negara tetangga Afganistan. (AFP)