Alpen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pegunungan Alpen)
Langsung ke: navigasi, cari
Alpen
Range
Negara Slovenia, Perancis, Jerman, Swiss, Italia, Austria, Liechtenstein
Titik tertinggi Gunung Blanc (Italia: Monte Bianco)
 - Elevasi 4.810,9 ft (1.466 m)
 - Koordinat 45°50′01″LU 06°51′54″BT / 45,83361°LU 6,865°BT / 45.83361; 6.86500
Geologi Bündner schist, flysch, molasse
Orogeny Alpine orogeny
Periode Tertiary
Relif Pegunungan Alpen

Pegunungan Alpen (bahasa Inggris: Alps; bahasa Jerman: Alpen; bahasa Perancis: Alpes; bahasa Italia: Alpi; bahasa Swedia: Alpe) adalah nama pegunungan besar di Eropa yang membentang dari Austria dan Slovenia di timur, melalui Italia, Swiss, Liechtenstein, dan Jerman, sampai ke Perancis di barat. Namanya mungkin berasal dari bahasa Latin albus (putih) atau altus (tinggi). Gunung tertinggi di Alpen adalah Mont Blanc dengan ketinggian 4.808 m di perbatasan Perancis-Italia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Pergunungan Alpen dengan perbatasan antara negara.
Puncak Großglockner, selatan Salzburg, Austria.

Pegunungan ini biasanya dibagi menjadi Alpen Barat dan Alpen Timur. Pembahagian ini adalah sepanjang garisan di antara Danau Constance dan Danau Como melalui Sungai Rhine, Liro dan Mera. Peguntngan Alpen Barat lebih tinggi, tetapi rangkaian pergunungannya lebih pendek dan berliku; terletak di Italia, Perancis, dan Swiss. Alpe Timur juga memiliki rangkaian pegunungan yang lebar dan memanjang, yang terletak di Austria, Jerman, Italia, Liechtenstein, Slovenia, dan Swiss. Puncak tertinggi di Alpen Barat adalah Gunung Blanc dengan ketinggian 4.808 m (15,774 kaki). Puncak tertinggi di Alpen Timur ialah Piz Bernina pada ketinggian 4.049 m (13,284 kaki). Dufourspitze, 4.634 m (15,203 kaki) dan Ortler,[1] 3.905 m (12,812 kaki).

Alpen Timur biasanya dibagi berdasarkan pembentukan batuan (litologi) yang berbeda-beda yaitu:

Semtara antara pergunungan Alpen tengah dan pergunungan Alpen Limestone selatan adalah Kelim Periadriatic. Pergunungan Alpen Limestone utara dipisahkan dari pergunungan Alpen timur tengah oleh Zon Graiwak.

Alpen Barat biasa dibagi menurut geografinya:

Pembagian dari sudut geologi berbeda dari segi geografi dan tidak membedakan bagian timur dan barat pegunungan ini. Secara umum, pakar geologi membagi Alpen menjadi tiga wilayah geologi yaitu Helveticum di utara, Penninicum dan pegunungan Austro-Alpen di bagian tengah apabila pegunungan Alpen Selatan di bagian selatan dan sebagian dari Alpen Dinari (yang membentang hingga ke Semenanjung Balkan). Pergunungan Jura dari sudut geologi tergolong di dalam pegunungan Alpen namun tidak dari sudut geografi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Excluding the Piz Zupò and Piz Roseg located in the Bernina range, close to Piz Bernina.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]