September 2006

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
< September 2006 >
M S S R K J S
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, gunakan format berikut:

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Jumat, 29 September 2006[sunting | sunting sumber]

29 - Penerbangan 1907 Gol Transportes Aéreos yang sedang mengangkut 155 orang di dalamnya, jatuh di Mato Grosso, Brasil.

29 - Kolonel Ataf Zahar dari Angkatan Pertahanan Israel, dijatuhi hukuman 6 tahun penjara karena memperkosa seorang prajurit perempuan bawahannya. Pengadilan banding di Tel Aviv juga mewajibkan Zahar membayar denda sebesar NIS 35.000 kepada si korban, dan menurunkan pangkatnya hingga yang terendah di dinas ketentaraan Israel, yaitu prajurit biasa. (Haaretz)

Kamis, 28 September 2006[sunting | sunting sumber]

28 - Ban Ki-Moon, diplomat Korea Selatan merupakan calon terkuat untuk menggantikan Kofi Annan sebagai Sekretaris Jenderal PBB. Untuk ketiga kalinya namanya muncul pada tempat teratas dalam polling tak resmi di Dewan Keamanan PBB. (CNN-IBN)

28 - Abu Hamza al-Muhajir yang juga dikenal sebagai Abu Ayyub al-Masri - pemimpin Al Qaeda di Irak - menyerukan agar para ilmuwan nuklir bergabung dalam perang suci kelompoknya dan menganjurkan agar kaum pemberontak menculik orang-orang Barat agar mereka dapat dipertukarkan dengan seorang syekh buta dari Mesir yang dipenjarakan di Amerika Serikat. (AP)

28 - Pemerintah Sudan dan sebuah kelompok pemberontak Darfur yang sebelumnya menandatangani perjanjian perdamaian, bentrokan di sebuah wilayah ibu kota negara itu. (AP)

28 - Enam dari 10 orang Irak mengatakan mereka menyetujui serangan-serangan terhadap pasukan-pasukan Amerika Serikat. Setengah lebih sedikit di antaranya ingin pemerintah mereka meminta AS menarik pasukannya dalam satu tahun. Demikian menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Program Sikap Kebijakan Internasional Universitas Maryland. (AP)

Selasa, 26 September 2006[sunting | sunting sumber]

26 - PM Jose Ramos Horta bertemu dengan ratusan tentara Timor Timur yang awal tahun ini dipecat sehingga menimbulkan kerusuhan di Dili dan dibentuknya pemerintahan baru di negara itu. Horta mengatakan, ia bersedia mendengarkan keluhan mereka dan membayar tunggakan pemerintah pada mereka. (AP)

26 - Menteri-menteri luar negeri OKI mendesak Paus Benediktus XVI agar meminta maaf atas komentarnya yang menghubungkan Islam dengan kekerasan. (Reuters)

26 - Penguasa militer Thailand mempertimbangkan calon-calon perdana menteri yang akan memimpin negara itu. Seorang mantan panglima Angkatan Darat disebut-sebut akan diangkat sebagai perdana menteri sementara hingga pemilu yang dijanjikan tahun depan. (AP)

Senin, 25 September 2006[sunting | sunting sumber]

25 - Safia Ama Jan, aktivis hak-hak kaum perempuan dan direktur kantor provinsi Departemen Urusan Wanita Afganistan, dibunuh di luar rumahnya di Kandahar kala ia akan berangkat bekerja. Ama Jan membuka sekolah di bawah tanah untuk gadis-gadis Afganistan pada masa pemerintahan Taliban. (AP)

25 - Shinzo Abe, penganjur hubungan militer yang lebih erat dengan Amerika Serikat siap dipilih oleh Parlemen Jepang sebagai perdana menteri negara itu menggantikan Junichiro Koizumi. Abe, penganut garis keras dalam politik, berjanji untuk merevisi konstitusi pasifis Jepang. (Reuters)

25 - Sejumlah veteran perang Irak terus terang menuduh Menteri Pertahanan Amerika Serikat Donald H. Rumsfeld tidak beres dalam menangani perang tersebut, dengan mengirimkan pasukan tanpa perlengkapan terbaik, dan menyembunyikan banyak fakta dari masyarakat. (AP)

25 - Junta militer Thailand mungkin akan menyita aset Thaksin Shinawatra dan para anggota Kabinetnya, bila terbukti mereka mencoba memindahkan kekayaan mereka ke luar negeri. (AP)

Minggu, 24 September 2006[sunting | sunting sumber]

24 - Kerusuhan meletus lagi di Dili, ibu kota Timor Timur, ketika dua kelompok bentrok dengan saling melemparkan batu, dan penduduk terpaksa meninggalkan rumah mereka demi keselamatan.

Sabtu, 23 September 2006[sunting | sunting sumber]

23 - Ratusan milisi Somali dalam truk-truk bersenjata lengkap tampaknya siap merebut kota pelabuhan Kismayo dalam upayanya menguasai negara itu. (AP)

23 - Presiden Mahmoud Abbas memperingatkan bahwa upayanya untuk membangun pemerintahan persatuan nasional yang dapat diterima oleh Barat "kembali ke titik nol." Sebelumnya di New York City Abbas mengumumkan bahwa pemerintah Palestina yang baru akan mengakui Israel, namun PM Ismail Haniyeh dari Hamas segera membantahnya. (AP)

23 - Toomas Hendrik Ilves terpilih menjadi Presiden Estonia yang baru, mengalahkan saingannya Arnold Rüütel (BBC).

Jumat, 22 September 2006[sunting | sunting sumber]

22 - Louis Farrakhan, pemimpin Nation of Islam menyurati pengikut-pengikutnya bahwa ia menderita sakit parah, dan meminta agar para pemimpin organisasi itu meneruskan pimpinannya agar gerakan itu "akan tetap hidup lama setelah kami tiada." (AP)

22 - Jumlah korban tewas tentara Amerika Serikat di Irak dan Afganistan - 2.974 orang - kini melampaui jumlah korban Serangan 11 September, yaitu 2.973 orang. (AP)

22 - Sebuah kereta api maglev di Jerman yang meluncur di atas bidang magnet yang sangat kuat menabrak sebuah kereta pemeliharaan hingga menewaskan 23 orang dan melukai 10 orang lainnya. Ini adalah kecelakaan pertama untuk kereta jenis ini. (AP)

22 - Paus Benediktus XVI mengundang para duta besar negara-negara Islam di kediaman musim panasnya hari Senin nanti untuk membahas krisis yang ditimbulkan oleh pernyataannya tentang Islam dan kekerasan. (AP)

22 - Fabianus Tibo, Dominggus da Silva, dan Marinus Riwu ketiganya terpidana mati kasus kerusuhan Poso di Provinsi Sulawesi Tengah, dini hari menjalani eksekusi mati di hadapan regu tembak dari kesatuan Brimob Polda setempat. (Kompas) (Detik.com)

Kamis, 21 September 2006[sunting | sunting sumber]

21 - Presiden Mahmoud Abbas menyampaikan kepada Sidang Umum PBB bahwa pemerintahan persatuan nasional Palestina akan mengakui Israel. Hamas yang menguasai pemerintahan Palestina sebelumnya menolak mengakui Israel, mengakhiri kekerasan dan menghormati kesepakatan-kesepakatan antara Israel dan PLO pada masa lalu. (AP)

Rabu, 20 September 2006[sunting | sunting sumber]

20 - Para pengunjuk rasa Hongaria bersumpah untuk tetap menekan PM Ferenc Gyurcsany agar mundur dari jabatannya setelah mengakui bahwa ia berbohong kepada para pemilih pada pemilu bulan April lalu. (Reuters)

20 - Pejabat-pejabat Indonesia mengatakan ribuan polisi dikerahkan di Poso dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan sehubungan dengan rencana eksekusi terhadap Fabianus Tibo, Marinus Riwu, dan Dominggus da Silva yang dituduh bersalah dalam penyerangan kepada kelompok Muslim pada Mei 2000. Eksekusi akan dilaksanakan pada Jumat dini hari mendatang. (AP)

Selasa, 19 September 2006[sunting | sunting sumber]

19 - Panglima Angkatan Darat Thailand, Jend. Sonthi Boonyaratkalin mengumumkan bahwa PM Thaksin Shinawatra telah digulingkan dalam sebuah kudeta militer. Sementara itu, tentara dan kendaraan-kendaraan lapis baja bergerak di seluruh Bangkok, dan pemerintah sementara menyatakan kesetiaannya kepada Raja Bhumibol Adulyadej. Thaksin, yang sedang berada di markas besar PBB di New York, kemudian mengumumkan keadaan darurat dan memecat Jend. Sonthi. (BBC) (AP)

19 - Unjuk rasa menentang pemerintahan Perdana Menteri Hongaria Ferenc Gyurcsany, berubah menjadi bentrokan dan kerusuhan. Para pengunjuk rasa bentrok dengan polisi dan menyerang gedung televisi pemerintah untuk menuntut pengunduran diri PM Gyurcsany. Sekitar 10.000 orang sebelumnya telah berkumpul di gedung parlemen untuk menuntut pengunduran diri perdana menteri. (Kompas)

Senin, 18 September 2006[sunting | sunting sumber]

18 - Yunani menginginkan Turki mengakui Siprus yang dipersatukan kembali sebagai syarat untuk menjadi bagian penuh demokrasi Eropa dan anggota Uni Eropa, demikian dikatakan oleh Menlu Yunani Dora Bakoyannis. (AP)

18 - Para ilmuwan dari Conservation International menemukan sejumlah spesies baru di perairan Irian Jaya Barat, di daerah Kepala Burung, antara lain ikan hiu yang berjalan dengan siripnya, dan udang yang tampak seperti belalang sentadu. Tim itu juga memperingatkan bahwa binatang-binatang di daerah itu sangat terancam, karena nelayan menggunakan dinamit dan racun sianida untuk menangkap ikan. (AP)

18 - Mayjen Alain Pelligrini, komandan pasukan penjaga perdamaian PBB dari Perancis mengatakan bahwa pasukannya tidak akan ikut campur dalam melucuti Hizbullah, meskipun menurut Presiden Jacques Chirac, kelompok militan itu tidak boleh mempertahankan sayap militernya. (AP)

Minggu, 17 September 2006[sunting | sunting sumber]

17 - Dalam kunjungannya yang pertama ke Venezuela, Presiden Mahmoud Ahmadinejad bersama Presiden Hugo Chavez membangun oposisi melawan Amerika Serikat. (Reuters)

17 - Paus Benediktus XVI menyatakan "sangat menyesal" bahwa pernyataannya tentang Islam dan kekerasan menyinggung umat Muslim. Pernyataannya ini ditanggapi dengan reaksi bercampur dari para pimpinan Islam di dunia. (AP)

17 - Koalisi kanan-tengah yang dipimpin oleh tokoh Partai Moderat Fredrik Reinfeldt memenangi pemilu di Swedia, mengakhiri kekuasaan Sosial Demokrat yang telah memimpin negara itu selama 12 tahun. PM Goran Persson mengakui kekalahan dan akan mundur dari kedudukannya sebagai pimpinan partai. (Reuters)

17 - Perundingan koalisi antara Presiden Mahmoud Abbas dengan kelompok militan Hamas tertunda karena permintaan AS agar pemerintahan kesatuan nasional Palestina mengakui Israel. Abbas berusaha membuat Hamas memperlunak sikap anti Israelnya untuk mengakhiri sanksi internasional yang melumpuhkan ekonomi Palestina. (AP)

Sabtu, 16 September 2006[sunting | sunting sumber]

16 - Presiden Sudan Umar Hasan Ahmad al-Bashir menyatakan negaranya menolak kehadiran pasukan penjaga perdamaian PBB di Darfur, "apapun juga kondisinya." (Reuters)

16 - Dalam pertemuan puncaknya, wakil-wakil 118 negara anggota Gerakan Non Blok mengutuk serangan-serangan Israel atas Lebanon dan mendukung resolusi damai atas pertikaian nuklir Amerika Serikat-Iran. (AP)

16 - Konfrontasi antara polisi dengan Chee Soon Juan, tokoh politikus oposisi Partai Demokrat Singapura dan beberapa pendukungnya, memasuki hari kedua. Chee menuntut kebebasan menyatakan pendapat di negara itu. (Reuters)

Jumat, 15 September 2006[sunting | sunting sumber]

15 - Aktor George Clooney dan penulis Elie Wiesel tampil bersama di hadapan Dewan Keamanan PBB, mengimbau agar Dewan bertindak untuk mengakhiri genosida di wilayah Darfur, Sudan, sementara pasukan pemelihara perdamaian Uni Afrika berencana menarik diri. (AFP)

15 - Berbagai pemimpin Islam di dunia mengecam Paus Benediktus XVI dan menuntut permintaan maaf atas pernyataannya tentang Islam dan jihad di Jerman yang dirasakan menyinggung umat Muslim. (AP)

15 - Penjabat Presiden Kuba Raul Castro mengambil alih kepemimpinan Gerakan Non Blok karena abangnya Fidel Castro baru saja menjalani operasi. Kuba memegang pimpinan gerakan ini untuk masa tiga tahun mendatang. (AP)

Kamis, 14 September 2006[sunting | sunting sumber]

14 - PM Lee Hsien Loong dan ayahnya, Lee Kuan Yew mengajukan tuntutan terhadap majalah Far Eastern Economic Review (FEER) yang dituduh mencemari nama mereka dalam terbitannya Juli lalu. Kelompok-kelompok hak asasi manusia internasional menyatakan tuntutan hukum itu dimaksudkan untuk menekan kebebasan berpendapat dan membungkam kelompok oposisi di Singapura. (AFP)

14 - Di Jerman untuk pertama kalinya setelah habisnya Perang Dunia II, ditahbiskan tiga rabi baru. Mereka ditahbiskan di Dresden dan merupakan warga Jerman, Ceko, dan Afrika Selatan. (Yahoo)

14 - Elie Wiesel, penerima Penghargaan Perdamaian Nobel, menyerukan agar Iran dikeluarkan dari keanggotaan di PBB. (Haaretz)

14 - Kimveer Gill dari Laval, Kanada, melepaskan tembakan dengan senapan mesinnya di Dawson College, Montreal, sehingga menewaskan satu orang dan melukai 19 lainnya, Rabu kemarin. Polisi menembak mati Gill. Gill, kata polisi, meniru penembakan di Columbine, Colorado, tahun 1999. (AP)

14 - Abdullah al-Amiri, hakim kepala dalam pengadilan Saddam Hussein menyatakan ia tidak percaya bahwa Saddam seorang diktator. (AP)

Selasa, 12 September 2006[sunting | sunting sumber]

12 - 7 orang tewas dan 14 cedera dalam ledakan bom di sebuah jalan di kota Diyarbakir, Turki. Ledakan terjadi di jalan dekat sebuah taman di kota itu yang berpenduduk mayoritas Kurdi. (Kompas)

12 - Senator Russ Feingold menyerukan Presiden Bush agar tidak menggunakan ungkapan "fasis Islam", karena kata itu melukai umat Muslim dan tidak ada hubungannya dengan perang melawan teroris di dunia. (AP)

12 - Sejumlah pasukan militan menyerbu Kedutaan Besar Amerika Serikat di Damaskus. Empat orang terbunuh, termasuk tiga orang penyerang. Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas penyerangan ini. (AP)

12 - Demokrat menyatakan, Presiden Bush mempolitisir peringatan 11 September untuk membenarkan perang di Irak. (AP)

Senin, 11 September 2006[sunting | sunting sumber]

11 - Ayman al-Zawahri, orang kedua Al Qaeda, mengutuk pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon sebagai musuh Islam, dan memperingatkan bahwa kelompoknya akan menyerang Teluk Persia dan Israel. Demikian dikatakannya dalam sebuah video yang menandai peringatan lima tahun Serangan 11 September. (AP)

11 - Peringatan lima tahun peristiwa 11 September di tengah reruntuhan bangunan World Trade Center (WTC), New York, ditandai dengan unjuk rasa mengecam Presiden Amerika Serikat George Walker Bush.(Kompas)

11 - Dalam tiga tahun mendatang Ford Motor Co. akan mengurangi jaringan penyalurnya di AS, karena menurunnya penjualan produknya belakangan ini. (Reuters)

Sabtu, 9 September 2006[sunting | sunting sumber]

9 - PM Ehud Olmert berkata, ia akan menemui Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan bekerja sama dengannya demi upaya-upaya perdamaian. (AP)

9 - Elif Shafak, seorang penulis terkemuka Turki akan segera diadili karena dituduh "menghina Turki". Novelnya yang terbaru menyentuh episode yang paling banyak dipertikaikan dalam sejarah negaranya, yaitu pembantaian bangsa Armenia pada tahun-tahun terakhir Kerajaan Ottoman. (AP)

9 - Kapten Leo Docherty, seorang perwira militer Britania mengundurkan diri sebagai protes atas kelakuan militer negaranya di Afganistan. (AFP)

9 - Gordon Brown, menteri keuangan Britania Raya yang ingin menggantikan Tony Blair sebagai perdana menteri menyambut tantangan untuk menghadapi saingan-saingannya di Partai Buruh untuk memimpin partai dan negara itu. (AFP)

Jumat, 8 September 2006[sunting | sunting sumber]

8 - Indonesia menuntut akses kepada Hambali, yang disebut-sebut sebagai tangan kanan Osama bin Laden di kawasan itu, setelah mendapatkan konfirmasi dari Washington bahwa ia masih hidup dan dipindahkan ke Teluk Guantanamo, Kuba. (AP)

8 - Shinzo Abe, calon kuat perdana menteri pengganti Junichiro Koizumi, menyerukan agar Jepang membangun militer yang kuat dan mendorong pembaruan ekonomi di negara itu. Abe juga mengkritik Tiongkok dan Korea Selatan karena sikap menantang kedua negara tersebut. (AP)

8 - Saddam Hussein menganggap Al Qaeda lebih sebagai ancaman ketimbang sekutunya, demikian kesimpulan laporan Senat Amerika Serikat yang bertentangan dengan penegasan Presiden Bush selama ini. (AP)

Kamis, 7 September 2006[sunting | sunting sumber]

7 - Aktivis hak asasi manusia dan keluarga para korban pelanggaran HAM memperingati dua tahun kematian Munir, sekaligus peringatan Hari Pembela HAM Indonesia. Acara yang juga dihadiri utusan Amnesty International ini berlangsung di Tugu Proklamasi Jakarta. (Liputan6)

7 - Lebih dari setahun sebelum penyerangan ke Irak, CIA berusaha memancing Saddam Hussein untuk perang, agar tercipta alasan untuk menyerang negara itu. Demikian diungkapkan oleh Michael Isikoff dan David Corn, dua wartawan investigatif dalam buku mereka "Hubris" yang akan beredar besok. (The Guardian)

7 - Untuk mengatasi krisis yang mengancam pemerintahannya, PM Tony Blair berjanji mundur dalam waktu setahun. Sebelumnya Blair berulang kali menolak menyinggung pengunduran dirinya, seperti yang telah dijanjikannya dalam pemilu yang lalu. (AFP)

7 - Para penyelamat menemukan jenazah 30 buruh tambang yang tewas karena ledakan dan gas bocor di sebuah tambang batu bara di India timur. Petugas masih mencari 23 buruh tambang lainnya, namun kecil kemungkinan mereka terselamatkan. (AP)

Rabu, 6 September 2006[sunting | sunting sumber]

6 - Puluhan ribu pendukung pemberontak Maois membuat pusat ibukota Nepal, Kathmandu, lumpuh melalui pawai umum saat para pemimpin serikat kerja berjanji akan melindungi hak pekerja dalam demokrasi baru. (Kompas)

6 - Ledakan bom terjadi di Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menewaskan seorang warga. (Kompas)

6 - Meningkatnya korban di antara tentara Kanada di Afganistan menyebabkan pemerintah didesak untuk mempertimbangkan ulang keterlibatan militernya. Seorang komentator terkemuka meramalkan bahwa kehadiran tentara Kanada di Afganistan akan mengancam PM Stephen Harper dalam pemilu mendatang. (Reuters)

6 - Gerry Adams, pemimpin Sinn Fein bertemu dengan seorang anggota Parlemen Hamas di Tepi Barat dan menasihati Israel dan Palestina untuk memecahkan masalah mereka dengan mencontoh perundingan yang dilakukan Irlandia Utara. (AP)

6 - Presiden Bush mengakui bahwa CIA telah mengelola sejumlah penjara rahasia di seluruh dunia dan 14 orang tahanan penting anggota Al Qaeda telah dipindahkan ke Teluk Guantanamo untuk diadili. Sebelumnya pemerintahan Bush menyangkal adanya penjara rahasia dan praktik penyiksaan para tahanannya. (AP)

6 - Putri Kiko melahirkan keturunan laki-laki pertama Keluarga Kekaisaran Jepang dalam 40 tahun terakhir.

6 - PM Tony Blair dipukul gelombang pengunduran diri orang-orang yang sebelumnya setia kepadanya. Mereka kecewa karena Blair tak kunjung menetapkan tanggal pengundurannya, seperti janjinya dalam kampanye pemilunya yang lalu. (BBC)

Selasa, 5 September 2006[sunting | sunting sumber]

5 - Pemerintah Denmark menyatakan berhasil membongkar rencana teror yang serius dan meringkus sembilan orang yang diduga mempersiapkan serangan bom di negara itu. (AP)

5 - Memo yang bocor di kalangan pemerintah Britania menunjukkan bahwa PM Tony Blair kemungkinan akan mengundurkan diri dari jabatannya awal tahun depan. Blair mengalami tekanan dari lingkungan Partai Buruh sendiri, terutama karena keputusannya untuk mendukung Presiden Bush untuk memerangi Irak, yang sangat tidak populer di Britania Raya. (AP)

5 - Mayoritas hakim di pengadilan pemilu Meksiko mengungkapkan dukungannya untuk menyatakan kandidat presiden Felipe Calderón sebagai pemenang dalam pemilu Meksiko 2 Juli lalu. Andrés Manuel López Obrador, saingannya, menegaskan bahwa ia tidak akan mengakui keputusan ini. (AP) (AP)

5 - Presiden Mahmoud Ahmadinejad menyerukan diadakannya pembersihan terhadap dosen-dosen liberal dan sekular dari universitas-universitas negara itu, dan mendesak agar mahasiswa Iran kembali kepada radikalisme tahun 1980-an. Ahmadinejad mengeluh bahwa pembaruan di perguruan-perguruan tinggi Iran sulit dilaksanakan dan bahwa sistem pendidikan negara itu telah dipengaruhi oleh sekularisme selama 150 tahun terakhir. (AP)

Senin, 4 September 2006[sunting | sunting sumber]

4 - Menteri Luar Negeri Timor Timur, Australia, dan Indonesia akan membahas upaya peningkatan keamanan, sementara lolosnya Mayor Alfredo Reinado dari penjara di Becora, Dili, mengancam stabilisasi Timor Timur. (Bloomberg)

4 - Pertandingan Copa Dji Sam Soe antara Arema Malang melawan Persebaya berubah rusuh menjelang akhir pertandingan saat para bonek mulai masuk menyerbu lapangan. Kerusuhan sepak bola ini adalah yang terparah di Jawa Timur dalam dua tahun terakhir. (Kompas)

Minggu, 3 September 2006[sunting | sunting sumber]

3 - Spanyol mengalahkan Yunani di final 2006 FIBA World Championship di Jepang. FIBA

3 - Hamed Jumaa Farid al-Saidi alias Abu Humam atau Abu Rana, orang kedua Al Qaeda, tertangkap beberapa hari lalu sementara bersembunyi di sebuah gedung di barat daya Baqouba. (AP)

3 - PM Fouad Siniora berkata, "Yang dituntut dari Israel ialah ... menarik diri dari wilayah Lebanon ... dan berhenti melanggar resolusi (gencatan senjata) PBB ..." Katanya lagi, "Lebanon akan menjadi negara terakhir yang menandatangani persetujuan damai dengan Israel..." Demikian tanggapan Siniora terhadap berita-berita tentang inisiatif perdamaian Ehud Olmert kepada Lebanon (Haaretz)

3 - Mayor Alfredo Reinado, pemimpin pemberontak Timor Timur yang kabur dari penjara beberapa hari lalu, muncul di televisi setempat dan mengkritik pemerintah. Reinado mengecam pemerintahan PM Jose Ramos Horta yang dianggapnya tidak memiliki kepemimpinan. (Sydney Morning Herald)