Steve Irwin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Stephen Robert Irwin
Steve Irwin di Australia pada tahun 2005
Lahir 22 Februari 1962
Essendon, Victoria, Australia
Meninggal 4 September 2006 (umur 44)
Batt Reef, Queensland, Australia
Pekerjaan Zoologi, Personel Animal Planet
Pasangan Terri Irwin
Anak Bindi Sue Irwin
Robert (Bob) Clarence Irwin
Situs web
CrocodileHunter.com.au

Stephen Robert Irwin (lahir di Essendon, Victoria, 22 Februari 1962 – meninggal di Queensland, 4 September 2006 pada umur 44 tahun) adalah seorang tokoh televisi Australia. Ia terutama terkenal karena acara televisinya The Crocodile Hunter (“Sang Pemburu Buaya”), sebuah dokumentasi mengenai hewan-hewan buas yang tidak lazim. Seringkali acara ini dibawakan bersama istrinya Terri Irwin. Ia juga memiliki dan mengelola Australia Zoo di Beerwah, Queensland.

Ia tewas secara tragis pada 4 September 2006 ketika seekor ikan pari menusuk dada dan jantungnya saat ia sedang melaksanakan syuting untuk sebuah fragmen dokumentasi untuk acara televisi putrinya.

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Dilahirkan di Essendon, bagian dari Melbourne, Steve Irwin, semasa kanak-kanak pindah bersama kedua orang tuanya ke Queensland. Ibu bapaknya yang bernama, Lyn dan Bob, mendirikan sebuah kebun binatang kecil yang bernama Queensland Reptile and Fauna Park (Taman Reptil dan Fauna Queensland). Steve dibesarkan di tempat yang penuh dengan buaya dan binatang reptilia yang lain. Dia pun menjadi seorang penangkap buaya yang handal, mengusir buaya yang masih berkeliaran di tempat perkampungan terdekat. Ia bersedia melakukan pekerjaanya secara gratis menurut prinsip quid pro quo yang diabadikan di tamannya itu. Sebagai seorang anak-anak, dia mengalami satu pengalaman yang buruk dengan burung kakaktua, suatu pengalaman yang tidak dapat dilupakannya sampai akhir hayatnya.

Pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Kenaikan ke kemasyhuran[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1991, Steve mengambil alih pengelolaan kebun binatang Australia, kini dinamakan sebagai Zoo Australia, dan pada tahun 1992 bertemu (di kebun binatang ini) dan menikahi Terri. Rekaman bulan madu mereka bersama buaya menjadi episode pertama The Crocodile Hunter, dan menarik banyak penonton di Amerika Serikat dan Inggris. Gaya pembawaan acaranya antusias dan hidup dengan menggunakan logat Australia. Selain itu ia selalu menggunakan pakaian khaki dan frasa "Crikey!" yang menjadi terkenal di seluruh dunia: acara The Crocodile Hunter ditayangkan di lebih dari 120 negara di dunia.

Di bawah kepemimpinan Irwin yang ekspansif, pengelolaannya berkembang dan meliputi kebun binatang, seri televisi, Yayasan Konservasi Steve Irwin (Steve Irwin Conservation Foundation), dan Badan Penyelamatan Buaya Internasional (International Crocodile Rescue). Perbaikan terhadap "Kebun Binatang Australia" (The Australia Zoo) termasuk Animal Planet Crocoseum, kandang burung hutan tropis, dan kuil harimau. Irwin pernah menyatakan bahwa ia sedang berpikir untuk membuka sebuah kebun binatang Australia di Las Vegas, Nevada, dan kemungkinan di beberapa tempat lainnya di seluruh dunia.

Film[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, Steve muncul sebagai karakter kameo dalam salah sebuah film Eddie Murphy, Dr. Dolittle 2. Pada tahun 2002 pula, film ceritanya yang pertama, (The Crocodile Hunter: Collision Course), telah ditayangkan. Secara keseluruhan, ulasan-ulasan dari para pengkritik adalah negatif. Pada tahun 2003, Irwin dilaporkan termasuk dalam susunan untuk menjadi pembawa acara bagi rancangan temu bual dalam serial televisi Australia.

Animal Planet[sunting | sunting sumber]

Saluran televisi Animal Planet kemudian meluncurkan episode Crocodile Hunter istimewa yang disebut "Crocodiles & Controversy", dalam bahasa Indonesia "Buaya dan Kontroversi", yang dikatakan ingin mencoba menjelaskan tentang "Insiden Bayi Bob" dan peristiwa di Antartika. Siaran istimewa ini memberi alasan bahwa anak lelaki Irwin tidak mungkin berada dalam bahaya dimangsa buaya dan Irwin tidak akan bisa mengancam hewan-hewan di Antartika.

Animal Planet mengakhiri siaran acara The Crocodile Hunter dengan seri finale berjudul "Steve's Last Adventure", dalam bahasa Indonesia "Petualangan Steve Yang Terakhir". Dokumentasi terakhir acara itu memaparkan pelayaran Steve di seluruh dunia, ia menjelajahi tempat-tempat seperti pegunungan Himalaya, sungai Yangtze, Kalimantan, dan Taman Nasional Kruger. Para pemirsa menganggap kepergiannya itu "menyedihkan".

2006[sunting | sunting sumber]

Steve memberi makanan kepada seekor buaya di Australia Zoo.

Pada bulan Januari 2006 sebagai bagian dari perayaan Pekan Australia di Amerika Serikat, Steve muncul dalam acara Pauley Pavilion, UCLA Los Angeles, California. Pada sebuah wawancara di The Tonight Show with Jay Leno, Steve mengumumkan bahwa Discovery Kids akan meluncurkan satu rancangan pertunjukan untuk anak perempuannya, Bindi Sue.[1] Acara tersebut, Gadis Hutan, mirip The Wiggles, dengan lagu dalam sebuah cerita. Satu episode panjang acara TV Kanak-kanak Australia The Wiggles berjudul "Wiggly Safari" nampak ditujukan khusus kepada Steve, dan ia muncul banyak sekali didalamnya beserta isteri dan anak perempuannya. Rancangan tersebut termasuk lagu "Pemburu Buaya, Steve Irwin Yang Besar".

Pada Hari Sabtu 24 Juni, 2006, satu dari kura-kura paling tua yang terdapat di Zoo Australia Steve Irwin, mati akibat kegagalan jantung. Kura-kura tersebut, Harriet, berusia 176 tahun dan dianggap sebagai bagian dari keluarga Irwin. Harriet dipercayai masih milik Charles Darwin.

Steve Irwin aktif dalam politik dan merupakan seorang pendukung konservatif Partai Liberal Australia. Ia dengan kuat mendukung Perdana Menteri bertahan John Howard.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Steve Irwin mempunyai seorang istri yang bernama Terri Irwin dan dua anak-anak: seorang perempuan bernama, Bindi Sue Irwin (dilahirkan pada 24 Juli 1998), dan seorang lelaki bernama, Robert (Bob) Clarence Irwin (dilahirkan pada 1 Desember 2003). Nama Bindi Sue diambil dari nama dua anjing Steve. Anjing pertamanya, Bindi, dibunuh dengan tidak sengaja oleh seorang pemburu, dan anjing keduanya, Sue, adalah nama tengah anak betinanya, yang mati pada bulan Juni 2004.

Insiden Bayi Bob[sunting | sunting sumber]

Masalah utama timbul semasa pertunjukan umum pada 2 Januari 2004, ketika Irwin mengangkat anak lelakinya, Bob, di salah satu tangannya sambil menyuap bangkai ayam kepada buaya dengan tangan sebelahnya. Jarak antara anaknya dan buaya itu amat kecil. Wartawan-wartawan melakukan perbandingan insiden ini dengan insiden Michael Jackson mengayunkan anaknya di luar balkon di Jerman.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Steve Irwin meninggal dunia pada usia 44 tahun ketika ia melakukan syuting untuk sebuah acara televisi di Great Barrier Reef, Queensland, Australia. Ketika itu ia melakukan pengambilan gambar di dekat seekor ikan pari (Sting-Ray). Merasa terdesak karena dikerumuni oleh banyak orang, Sting-Ray tersebut segera menyerang Steve dengan menyengat tepat di dadanya. Secara refleks, Steve segera berusaha untuk mencabutnya, sehingga duri-duri racun yang masuk malah membuat robekan luka di jantungnya semakin melebar, sehingga tidak dapat diselamatkan lagi. Di sepanjang sejarah Australia, Steve adalah orang ketiga yang meninggal dunia karena serangan Sting-Ray.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. '^ 'The Tonight Show with Jay Leno, 13 Januari 2006.