John Howard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Honourable

John Winston Howard
Perdana Menteri Australia ke-25
Pemilu: 1987, 1996, 2007
Masa jabatan
Maret 1996 – 3 Desember 2007
Deputi Tim Fischer (1996-99)
John Anderson (1999-2005)
Mark Vaile (2005-2007)
Didahului oleh Paul Keating
Digantikan oleh Kevin Rudd
Informasi pribadi
Lahir 26 Juli 1939 (umur 75)
Bendera Australia Sydney, Australia
Partai politik Liberal
Suami/istri Janette Howard

John Winston Howard (lahir di Sydney, Australia, 26 Juli 1939; umur 75 tahun) adalah Perdana Menteri Australia sejak 11 Maret 1996 hingga 3 Desember 2007. Ia adalah perdana menteri terlama kedua Australia setelah Sir Robert Menzies. Howard juga adalah pemimpin Partai Liberal sejak tahun 1995 hingga 2007. Ia kalah dalam pemilu 2007 yang diadakan pada 24 November sehingga harus melepaskan jabatannya.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Howard dilahirkan di Sydney dan mengikuti sekolah di Earlwood Primary and Canterbury Boys’ High. Ia meneruskan ke Universitas Sydney dan lulus Sarjana Hukum pada 1961. Ia dibesarkan di daerah Earlwood, suatu daerah kelas menengah yang penduduknya hampir semua merupakan keturunan Anglo-Saxon. Ayahnya mempunyai bengkel mobil dan mendapatkan penghasilan memadai. Ia dibesarkan tanpa banyak kontak dengan masyarakat imigran Australia maupun yang miskin.

Ketika John Howard dibesarkan di Australia tahun 1940-1950, permusuhan antara kelompok gereja Katholik dan Protestan gencar. Mereka yang beragama Katolik adalah orang Australia keturunan Irlandia dan mendukung Irlandia dalam konflik Irlandia-Inggris. Pada masa-masa itu kelas menengah Australia kebanyakan beragama Protestan. Kelas pekerja dan yang miskin kebanyakan beragama Katolik.

Untuk keluarga Howard, kehidupan sosial mereka berpusat pada Gereja Methodist Earlwood. Howard datang dari keluarga pro-Protestan dan sangat membenci kelompok Katolik. Mona yang sangat konservatif tetapi memperlihatkan toleransi kepada pihak komunis meskipun sangat tidak menyetujui paham tersebut. Meski demikian, toleransi tidak sampai pada orang Katholik. Seperti banyak wanita Protestan waktu itu yang bersifat sangat prasangka (prejudice).

Howard adalah putra bungsu dan orang yang paling berpengaruh dalam hidupnya adalah Mona (ibunya). Pengaruh Mona sangat dominan dalam kehidupannya terlebih ketika ia baru berusia 16 tahun ketika ayahnya meninggal.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

John Howard di Amerika Serikat pada tahun 1997

Ia aktif dengan Partai Liberal sejak usia 18 tahun saat mengikuti Gerakan Liberal Muda dan ikut dalam mahasiswa politik di perguruan tinggi. Pada Juli 1962, ia diterima sebagai Jaksa Agung Muda Mahkamah Agung New South Wales. Sebelum pemilihannya ke Parlemen, ia merupakan seorang rekanan di sebuah perusahaan pendanaan di Sydney.

John Howard menjadi orang ke-25 yang memegang jabatan Perdana Menteri sejak terbentuknya Federasi Australia. Ini menyusul kemenangan pemilihan Federal yang menentukan pada 2 Maret 1996. Ia mewakili daerah pemilihan federal Bennelong di pinggiran kota barat laut dan telah terpilih sebagai anggota parlemen Bennelong dalam setiap pemilihan federal sejak 1974.

Ia menjadi perdana menteri dengan pengalaman tinggi yang luas dalam pemerintahan dan oposisi. Ia dipilih sebagai Menteri Urusan Bisnis dan Konsumen pada 1975 pada usia 36 tahun dan kemudian menjabat sebagai Menteri Negosiasi Perdagangan Spesial dan sebagai Bendaharawan Persemakmuran selama lebih dari 5 tahun.

Pada September 1985, ia menjabat Wakil Pemimpin yang dipilih koleganya sebagai Pemimpin Partai Liberal Parlementer dan Pemimpin Oposisi sampai Mei 1989. Ia kembali ke kepemimpinan dengan suara bulat koleganya pada 30 Januari 1995. Di masa sementara, ia menjabat sebagai juru bicara Koalisi untuk sejumlah jabatan senior.

Terpilih sebagai perdana menteri untuk pertama kalinya pada 1996, ia terpilih kembali pada pemilu 1998, 2001, dan 2004. Ia maju kembali pada pemilu tahun 2007 namun partainya dikalahkan Partai Buruh. Howard sendiri bahkan kalah di daerah pemilihannya, Bennelong.

Kegemaran dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Di samping komitmen semangat panjangnya pada pelayanan umum dan Partai Liberal, pecinta berat olahraga khususnya kriket ini menyukai permainan tenis, golf dan mendukung tim rugbi Liga Rugby St. George.

Ia menikah dengan seorang guru bernama Janette pada 4 April 1971. Pernikahannya melahirkan tiga anak, yaitu Melanie, Tim dan Richard. Sebagai PM Howard membagi waktunya antara keluarganya tinggal di Kirribilli House (pondok di Canberra, Sydney) dan komitmen resminya di ibukota negeri lainnya, pusat daerah dan pedusunan Australia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh
Paul Keating
Perdana Menteri Australia
1996—2007
Dilanjutkan oleh
Kevin Rudd