Hambali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Encep Nurjaman alias Hambali alias Riduan Isamudin
Lahir 4 April 1966 (umur 48)
Bendera Indonesia Cipanas
Kewarganegaraan Indonesia
Pekerjaan Pemimpin Militer
Agama Islam

Encep Nurjaman (atau dikenal dengan nama samaran Hambali atau Riduan Isamuddin; lahir di Sukamanah, Cibeber, Cianjur, 4 April 1966; umur 48 tahun) adalah mantan pemimpin militer Jemaah Islamiyah, sebuah organisasi berbasis Islam garis keras di Indonesia yang diduga kuat berhubungan dengan Al-Qaidah.

Kasus[sunting | sunting sumber]

Hambali diduga kuat mempunyai peran penting dalam peristiwa berdarah Bom Bali 2002 yang menghancurkan Sari Club dan Paddy's Bar tanggal 12 Oktober 2002 yang menewaskan 202 orang, termasuk 88 warga negara Australia. Tiga penggerak utama peristiwa berdarah tersebut, Amrozi dan Mukhlas bersaudara dan Imam Samudra telah dihukum mati di Nusakambangan pada bulan November 2008.

Penangkapan dan Penahanan[sunting | sunting sumber]

Ia ditangkap di Thailand pada tanggal 11 Agustus 2003 dan ditahan di Yordania, lalu dipindahkan ke penjara milik Amerika Serikat di Kamp Tahanan Teluk Guantanamo, Kuba.

Kontroversi Keterlibatan Bom Bali[sunting | sunting sumber]

Bulan Agustus 2009, pejabat senior Amerika Serikat menyatakan bahwa walaupun para ahli, analis intelijen dan pejabat pemerintah mereka mempunyai dugaan kuat bahwa Hambali terlibat dalam peristiwa Bom Bali 2002, keterlibatannya dalam peristiwa tersebut tidak dapat dibuktikan oleh jaksa militer karena kurangnya bukti. Walaupun keterlibatannya tidak dapat dibuktikan, dinyatakan bahwa keterlibatan Hambali lainnya dalam rentetan peristiwa terorisme di kepulauan Indonesia akan hampir memastikan bahwa dia akan tetap ditahan. [1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Hambali menikah dengan wanita Malaysia bernama Noralwizah Lee Abdullah. Setelah penangkapan Hambali, Noralwizah ditahan di Malaysia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]