Desember 2006

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
< Desember 2006 >
M S S R K J S
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, gunakan format berikut:

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Minggu, 31 Desember 2006[sunting | sunting sumber]

31 - Menjelang akhir tahun 2006, jumlah tentara Amerika Serikat yang tewas di Irak mencapai 3.000 orang, membuat Desember bulan yang paling mematikan pada 2006. (Reuters)

31 - Ratusan warga Irak berkumpul di Ouja, desa kelahiran Saddam Hussein untuk menghadiri pengebumian jenazahnya di sebuah kompleks bangunan keagamaan, 24 jam setelah ia dihukum gantung. Jenazah Saddam dibawa oleh helikopter Amerika ke pangkalan militer Amerika Serikat di Tikrit. (AP)

31 - PM Australia John Howard memperingatkan bahwa negara itu harus bekerja keras untuk mencegah jatuhnya negara-negara di Pasifik Selatan ke tangan kelompok-kelompok yang dapat menyebabkan ketidakstabilan. (AFP)

31 - Tim penyelamat telah menemukan setidak-tidaknya 177 penumpang, sementara kapal-kapal masih terus mencari lebih dari 400 orang korban lagi dari kapal "Senopati Nusantara". AFP)

Minggu, 30 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

30 - Hukuman gantung atas Saddam Hussein dinilai sejumlah pakar politik memperlihatkan ketidakpekaan Barat terhadap dunia Islam. Saddam digantung pada salah satu hari terpenting dalam agama Islam. (AFP)

30 - Kapal "Senopati" yang mengangkut 850 penumpang, tenggelam di lepas pantai Jawa Tengah. Sejauh ini baru 9 orang yang terselamatkan. Ombak besar dan angin keras dikhawatirkan akan menewaskan banyak orang. (AP)

30 - Saddam Hussein menjalani hukuman mati dengan digantung untuk kekejamannya yang menewaskan ribuan rakyatnya. Human Rights Watch mengkritik hukuman mati ini dan menyebutkan bahwa proses peradilan Saddam penuh dengan cacat. (AP)

Sabtu, 29 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

29 - Korban tewas akibat kebakaran pipa saluran minyak di Lagos, Nigeria, mencapai 284 orang. Pipa ini dilaporkan dirusak oleh para pencuri yang mencuri minyak dalam jumlah besar-besaran. (AFP)

29 - Pemerintah Republik Demokratik Kongo memberikan waktu hingga Sabtu mendatang kepada pasukan-pasukan milisi yang memberontak di wilayah Ituri di timur laut negara itu. (AFP)

29 - Penjabat Gubernur Darfur, Idriss Abdallah Hassan, menyambut kedatangan misi pakar militer dan kepolisian PBB dan berjanji untuk meningkatkan kerjasamanya dengan pasukan-pasukan Uni Afrika yang ditugasi menjaga perdamaian. (AFP)

Jumat, 28 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

28 - Pasukan-pasukan Somalia yang didukung oleh pasukan, tank-tank dan pesawat udara Ethiopia, bersiap-siap untuk menguasai ibukota Mogadishu. Keadaan di kota itu tenang namun tegang setelah terjadinya tembak-menembak dan penjarahan selama satu hari. (AFP)

28 - Mulai 1 Januari, Pengadilan Tertinggi Tiongkok akan meninjau kembali setiap keputusan hukuman mati di negara itu di bawah undang-undang yang berusaha mengakhiri berbagai penyimpangan dalam penegakan keadilan. (AFP)

28 - Gedung Putih menyatakan bahwa Saddam Hussein kemungkinan akan dihukum mati hari Sabtu mendatang. (AFP)

28 - Dengan restu dari Israel, Mesir mengirimkan persenjataan kepada pasukan-pasukan Palestina yang setia kepada Presiden Mahmoud Abbas. (AP)

28 - Banyak tentara AS yang percaya bahwa penambahan pasukan di Irak bukan suatu gagasan yang baik untuk memadamkan pembunuhan-pembunuhan sektarian di negeri itu. Presiden Bush sedang mempertimbangkan penambahan pasukan dan penempatan lebih banyak penasihat militer AS di satuan-satun Irak. (AP)

Kamis, 27 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

27 - Saddam Hussein yang akan digantung dalam tempo 30 hari, mengatakan bahwa hukuman matinya itu harus dilihat sebagai pengorbanan bagi negaranya dan menyerukan bangsa Irak untuk bersatu dan melawan pasukan-pasukan Amerika Serikat. (Reuters)

27 - Partai Ba'ath mengancam untuk membalas dendam bila Saddam Hussein dihukum mati. Peringatan yang dikeluarkan lewat internet itu juga menyatakan akan menyerang kepentingan-kepentingan Amerika Serikat di manapun juga. (AP)

27 - Pertempuran kembali pecah di Kongo timur antara pasukan-pasukan pemerintah melawan pasukan yang dipimpin Laurent Nkunda, seorang jenderal pembangkang, yang menyebabkan tewasnya 19 orang. (AP)

27 - Presiden terpilih Ekuador, Rafael Correa mengangkat tujuh orang perempuan ke dalam kabinetnya, termasuk Guadalupe Larriva, menteri pertahanan yang baru, yang akan menjadi panglima angkatan bersenjata yang tidak pernah berdinas di kemiliteran. (AP)

27 - Amerika Serikat memberikan isyarat dukungan terhadap serangan militer Ethiopia di Somalia, sambil mengatakan bahwa Addis Ababa mempunyai alasan untuk prihatin terhadap perang intern di negara itu. (Reuters)

27 - Rusia berusaha membelokkan investigasi tentang kematian Alexander Litvinenko kepada Leonid Nevzlin, kata Alex Goldfarb, bekas jurubicara Litvinenko. (AFP)

Rabu, 26 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

26 - Gempa bumi berskala 7,1 pada skala Richter melanda Taiwan dan menyebabkan gangguan hebat pada koneksi Internet Indonesia. (detiknet)

26 - Israel akan mengizinkan sejumlah pengungsi Sudan yang telah masuk secara ilegal untuk tetap tinggal di negara itu. (Haaretz)

26 - Pemerintah Israel akan mengubah peraturan yang akan memungkinkan ribuan warga Palestina yang memiliki paspor asing untuk kembali ke tanah airnya dan bersatu kembali dengan keluarga mereka. (Haaretz)

Selasa, 25 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

25 - Ratusan orang memenuhi Gereja Kelahiran di Betlehem untuk merayakan Natal di tempat kelahiran Yesus, namun di antara mereka hanya sedikit wisatawan asing. (AP)

25 - Gurbanguli Berdymukhamedov menjadi penjabat presiden Turkmenistan menggantikan Saparmurat Niyazov yang meninggal karena serangan jantung. Berdymukhamedov sebelumnya menjabat sebagai menteri kesehatan dan wakil perdana menteri. (AP)

25 - Kementerian Kesetaraan Gender Korea Selatan menjanjikan hadiah bagi para pegawai kantor yang berjanji untuk tidak mengunjungi bordil pada musim libur ini. (Reuters)

25 - 16 orang jemaah haji terluka karena sebuah kebakaran di sebuah hotel di Mekkah. Kantor Berita Saudi tidak menyebutkan kewarganegaraan mereka, namun dikatakan bahwa kondisi mereka stabil. (Reuter)

25 - Para duta besar Amerika Serikat dan enam negara Eropa mendesak Thailand agar menyelidiki tuduhan penyelewengan atas bantuan sumbangan untuk para korban tsunami 2004. Seorang diplomat menyebutkan lebih dari setengah sumbangan berjumlah AS$1,7 juta dihamburkan dan digelapkan sebagai biaya-biaya lain. (Reuters)

Senin, 24 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

24 - Presiden Chad, Idriss Déby, dan Mohammad Nour Abdelkerim, panglima militer pemberontak di negara itu, menandatangani persetujuan damai di Libya, namun para pemberontak Chad lainnya menolaknya dan bersumpah untuk terus berjuang. (Reuters)

24 - Ethiopia mengirimkan pesawat-pesawat tempur ke Somalia dan mengebomi sejumlah kota yang dikuasai kelompok pejuang Muslim di negara itu. Perdana Menteri Meles Zenawi mengatakan Ethiopia "dipaksa untuk terlibat dalam perang." (AP)

24 - Mario Scaramella yang bertemu dengan Alexander Litvinenko, bekas agen KGB yang tewas karena keracunan radiasi, ditangkap di Napoli sekembalinya dari London. (AP)

24 - Jejak kokain dapat ditemukan pada 94 persen dari uang kertas yang beredar di Spanyol. (Reuters)

24 - Dalam suratnya kepada rakyat Chili yang diterbitkan setelah kematiannya, Augusto Pinochet mengatakan sebetulnya ia tidak ingin melakukan kudeta berdarah 1973 itu, dan bahwa pelanggaran hak asasi manusia di bawah rezimnya "tidak direncanakan", namun tidak terhindarkan. (AP)

24 - Kabinet Jepang menyetujui rencana pemerintah untuk meningkatkan belanja untuk sistem pertahanan peluru kendali hingga AS$1,54 milyar untuk tahun fiskal mendatang. (Kyodo)

24 - Uni Eropa menjanjikan €1,4 juta untuk lima proyek infrastruktur munisipal di Kosovo tahun depan, yaitu pembangunan sistem saluran air dan buangan di Mitrovica, Srtpce, Firaja dan Kacanik, serta sekolah-sekolah baru di Strpce dan Brod. (SE Times)

24 - Kaum militan Somalia mengundang pasukan-pasukan jihad muslim asing untuk bergabung dalam perang mereka melawan pasukan-pasukan Ethiopia. (NYT) (Reuters)

24 - Pertempuran yang pecah antara kaum pemberontak Darfur dengan pasukan-pasukan pemerintah di kota Kutum menyebabkan tewasnya 7 orang. Kaum pemberontak mengklaim mereka menembak jatuh dua helikopter militer di wilayah yang dilanda kekerasan. (Reuters)

24 - Sebuah harian Yahudi di New York melaporkan bahwa pemerintahan Bush mempertimbangkan rencana untuk mengumumkan terbentuknya negara Palestina merdeka dan berdaulat dengan perbatasan sementara pada akhir 2007. (Ha'aretz)

Minggu, 23 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

23 - K.G. Balakrishnan, seorang Dalit atau kelompok yang diharamkan disentuh di India, terpilih menjadi hakim agung di negara tersebut. (Reuters)

23 - Israel berjanji untuk mengizinkan penyaluran AS$100 juta dari dana-dana yang dibekukan kepada Presiden Mahmoud Abbas dan melonggarkan pembatasan perjalanan di Tepi Barat. Niat baik ini menghidupkan kembali harapan akan perundingan perdamaian antara kedua belah pihak. (AP)

23 - Asher Weissgan, pemukim Tepi Barat yang dihukum empat kali hukuman seumur hidup dan 12 tahun tambahan karena membunuh empat pekerja Palestina dan melukai orang kelima pada Agustus 2005 melakukan bunuh diri di Penjara Ayalon. (Ha'aretz)

Sabtu, 22 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

22 - Konflik baru di Sri Lanka akan meningkat menjadi perang total bila militer meneruskan rencananya untuk mengusir Macan Tamil dari daerah timur pulau itu, demikian diumumkan S.P. Thamilselvan, pemimpin sayap politik Macan Tamil. (Reuters)

22 - Tank-tank Ethiopia dan pasukan tambahan lainnnya dikirim ke daerah konflik dalam hari ketiga pertempuran melawan kaum pemberontak di Somali selatan, sementara kaum pemberontak bersumpah untuk melakukan perang total. (AFP)

22 - Kaum pemberontak di Thailand selatan meningkatkan serangan-serangannya dan memaksakan kontrol yang lebih besar terhadap penduduk setempat, meski pemerintah pusat menawarkan perdamaian dan rekonsiliasi. (AP)

22 - Partai Demokratis Rakyat yang berkuasa di Nigeria memecat Atiku Abubakar, wakil presiden negara itu, dari barisan pimpinannya dan meminta Presiden Olusegun Obasanjo memecatnya sebagai wakilnya setelah ia mengumumkan pencalonannya untuk pemilihan presiden tahun depan. (AP)

Jumat, 21 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

21 - Delapan Marinir Amerika Serikat dituduh terlibat dalam pembunuhan 24 orang warga sipil Irak tahun lalu dalam suatu razia berdarah dari pintu ke pintu di kota Haditha, setelah seorang rekan mereka terbunuh oleh sebuah bom di tepi jalan. (AP)

21 - Sepuluh mahasiswa doktoral dari beberapa universitas elit Tiongkok menyerukan boikot terhadap Natal dan menganjurkan rakyat untuk kembali ke tradisi Tiongkok. (AFP)

21 - Seorang perempuan Britania melahirkan 2 anak kembar dan satu anak lainnya yang dikandung bersamaan dalam dua rahimnya. Ketiga bayinya dilahirkan lewat bedah caesar 7 minggu lebih awal. (AFP)

21 - Kematian Saparmurat Niyazov, yang menguasai sumber-sumber energi yang luas dan mendukung perang Amerika Serikat melawan teror, dapat mengguncangkan wilayah yang tidak stabil dan sangat strategis bagi Rusia, Eropa, Tiongkok, dan Amerika Serikat. (Pravda)

21 - Saparmurat Niyazov, presiden seumur hidup Turkmenistan, meninggal dunia karena serangan jantung dalam usia 66.BBC

21 - Duta besar Amerika Serikat untuk Israel menegaskan bahwa telah terjadi kontak tingkat tinggi antara Israel dan Arab Saudi. (Ha'aretz)

Kamis, 20 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

20 - Tariq al-Hashemi, Wakil Presiden Irak, mengatakan bahwa PM Britania Tony Blair telah dicuci otak oleh Presiden Bush. Beberapa bulan lalu, katanya, Blair sudah setuju terhadap imbauannya agar Amerika Serikat dan Britania menetapkan tanggal penarikan mundur pasukan mereka. (Daily Mail)

20 - Pentagon meminta tambahan AS$99,7 milyar lagi untuk biaya perang di Irak dan Afganistan. Bila disetujui, jumlah anggaran tahun ini untuk perang di kedua negaraitu akan mencapai sekitar AS$170 milyar. (AP)

20 - Raul Castro, pemimpin sementara Kuba, menyerukan diadakannya perdebatan yang lebih luas mengenai kebijakan publik di negara itu. Ia, katanya, mendelegasikan lebih banyak tanggung jawab dan lebih sedikit berpidato daripada Fidel, kakaknya. (Reuters)

20 - Konser grup musik Ungu di Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah, merenggut korban: 10 orang tewas karena terinjak-injak dan bertabrakan dengan penonton keluar dan masuk. Selain terinjak-injak, mereka juga meninggal karena terperosok ke dalam parit di dekat pintu stadion. (Suara Merdeka)

Rabu, 19 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

19 - Rencana Gedung Putih untuk menambah jumlah pasukan Amerika Serikat di Irak menimbulkan kekhawatiran di kalangan sejumlah jenderal terkemuka negara itu karena hasilnya yang diragukan dan bahkan kemungkinan malah menjadi pukulan balik. (AP)

19 - Irak berada di jurang disintegrasi total dan dapat menyeret negara-negara tetangganya ke dalam perang regional, demikian dikatakan oleh International Crisis Group, sebuah kelompok tangki pemikir terkemuka, setelah Pentagon mengkonfirmasikan bahwa kekerasan di Irak mencapai tingkatnya yang tertinggi. (AFP)

19 - Bulgaria dan Uni Eropa mengutuk pengadilan di Libya yang menghukum mati lima perawat Bulgaria dan satu dokter Palestina yang dituduh menularkan HIV kepada 400 anak negara itu. (Pravda)

19 - Jepang, konsumen utama tuna dunia, menangkap tuna bersirip biru lebih dari dua kali jumlah yang diizinkan pada 2003-2005. (Asahi Shimbun

19 - Thailand membatalkan langkah-langkah pengendalian modal yang memicu jatuhnya harga saham di negara itu dan di berbagai pasar modal Asia lainnya. (Wall Street Journal)

19 - Para pemberontak Macan Tamil membebaskan 23 remaja dan dua guru mereka di Sri Lanka timur, yang 'keliru diculik'. (AFP)

Selasa, 18 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

18 - Tembak-menembak meletus kembali antara pasukan Hamas dan Fatah di luar kediaman Presiden Palestina, Mahmud Abbas, dan membuyarkan harapan bahwa gencatan senjata akan membawa ketenangan di Jalur Gaza. (AP)

18 - PM Tony Blair akan mengadakan pembicaraan terpisah dengan Ketua Otoritas Palestina Mahmud Abbas dan PM Ehud Olmert dalam upaya memulai kembali usaha-usaha perdamaian antara Israel dan Palestina. (Haaretz)

18 - Sekitar 1 milyar penduduk Asia terancam kekurangan air pada 2050 yang disebabkan oleh peningkatan panas bumi. Sementara itu, daerah pantai akan tenggelam, kolera merebak dan harga-harga barang akan melonjak. Demikian dikatakan oleh rancangan laporan internasional tentang peningkatan panas bumi. (Kyodo)

Senin, 17 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

17 - Sekitar 250 wartawan Rusia di Moskwa memperingati rekan-rekan mereka yang dibunuh sejak runtuhnya Uni Soviet. Mereka membawa foto-foto, antara lain Anna Politkovskaya dan Paul Klebnikov, dan menyatakan bahwa pemerintah tidak cukup bertindak untuk menemukan para pembunuhnya. (Al Jazeera)

17 - Dua paroki Episkopal di Virginia, Amerika Serikat memutuskan untuk meninggalkan Gereja Episkopal Amerika Serikat dan berafiliasi dengan uskup agung Anglikan Nigeria, seorang pemimpin konservatif di Komuni Anglikan yang memerangi homoseksualitas. (New York Times)

17 - Para sekutu Mahmoud Ahmadinejad gagal mendominasi pemilu untuk menduduki Dewan Ulama dan dewan-dewan lokal di Iran. (Reuters)

17 - Sebuah pengadilan Mesir menolak hak pemeluk Baha'i untuk menyebutkan agama mereka dalam dokumen-dokumen resmi dan menggambarkan mereka sebagai orang-orang murtad yang pro-Israel. Menurut Sayed Nofal, hakim dalam kasus ini, konstitusi Mesir mengakui kebebasan beragama hanya untuk tiga agama samawi, yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi. (Al Jazeera)

17 - Luis Bersamin Jr., anggota Kongres Filipina, ditembak mati hari Sabtu sore setelah menghadiri pernikahan di Gereja Mount Carmel di New Manila, Quezon City. Seorang pengawal pribadi Bersamin juga mati tertembak dan seorang lagi tertembak di kakinya. (Manila Times)

Minggu, 16 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

16 - Sekitar 3.000 orang etnis Tamil menyeberang ke daerah-daerah yang dikuasai pemerintah untuk menghindari kekerasan yang membuat Sri Lanka semakin dekat ke perang total antara kaum separatis dan pemerintah. (AP)

16 - Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat, lima negara pengguna setengah energi dunia, sepakat untuk bekerja sama guna meningkatkan efisiensi energi, meningkatkan diversifikasi campuran sumber energi mereka dan berjaga-jaga dalam menghadapi keadaan darurat yang disebabkan melonjaknya harga minyak dunia. (Kyodo)

16 - Raja Bhutan Jigme Singye Wangchuk turun takhta dan menyerahkan kekuasaan kepada anaknya, Putra Mahkota Jigme Khesar Namgyel Wangchuck yang berpendidikan di Oxford. Sebelumnya raja pernah menyatakan akan mundur pada 2008. (AFP)

16 - Empat orang ditembak mati oleh sekelompok orang bersenjata yang diduga terdiri atas kaum militan di Provinsi Yala, Thailand selatan. [5]

Sabtu, 15 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

15 - Rakyat Iran berbondong-bondong pergi ke tempat-tempat pemilihan umum untuk memilih anggota-anggota dewan setempat. Mahmoud Ahmadinejad diduga akan kehilangan dukungan sesama kelompok konservatif karena dianggap terlalu banyak berkonfrontasi dengan Barat, dan kurang memperhatikan masalah ekonomi dalam negeri. (AP)

15 - Polisi Britania yakin bahwa mereka semakin dekat ke sasaran mereka yaitu orang yang dicurigai terlibat dalam pembunuhan lima orang pekerja seks komersial di kota Ipswich. (AFP)

15 - Pasukan-pasukan Chad masuk ke wilayah Darfur, Sudan untuk mengejar kaum pemberontak Chad, sementara PBB dan kelompok-kelompok bantuan kemanusiaan bersiap-siap menarik sejumlah petugasnya keluar dari sebuah kota penting di perbatasan, karena khawatir akan terjadinya pertempuran. (AP)

15 - Uni Afrika menyerukan kepada pemerintah Sudan agar "segera melucuti" para milisi Arab Janjaweed yang pro pemerintah di wilayah Darfur yang tercabik-cabik perang, atau menghadapi sanksi. (AFP)

Jumat, 14 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

14 - Panglima Angkatan Darat AS, Jenderal Peter J. Schoomaker mengatakan bahwa pasukannya "akan gagal" bila tidak ada tambahan dengan pasukan aktif dan tentara cadangan. Schoomaker mengharapkan pasukannya ditambahkan hingga mencapai jumlah 500.000 orang. (AP)

14 - Institut Arab-Amerika menerbitkan survai yang menunjukkan, lebih dari 80% orang di Arab Saudi dan Mesir memandang AS negatif, sama seperti tahun sebelumnya, namun di Maroko, Yordania, dan Lebanon, sikap mereka semakin buruk. (Reuters

14 - Jepang diduga akan membentuk sebuah departemen pertahanan penuh, dan meninggalkan tabu yang diberlakukan sejak kekalahan negara itu pada Perang Dunia II. (AFP)

14 - Parlemen Spanyol memperdebatkan rancangan undang-undang tentang ganti rugi bagi para korban Perang Saudara Spanyol 1936-1939 dan diktatur Francisco Franco. RUU ini juga memuat larangan pemasangan segala lambang dan rujukan kepada rezim Franco di bangunan-bangunan umum, dan mengganti semua nama jalan atau plaza yang diberi nama Franco atau merujuk kepada rezimnya. (AP)

14 - Pemerintah Lebanon dan pihak oposisi setuju untuk membentuk kabinet persatuan nasional. Ini adalah kemajuan besar ke arah kestabilan politik di negara itu. (AP)

14 - Kuba bertekad untuk melawan segala usaha AS untuk menimbulkan perubahan ekonomi dan politik di negara itu. (AP)

Kamis, 13 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

13 - Partai berkuasa di Fiji yang tergulingkan dalam kudeta militer, merencanakan mogok duduk massal dan mengganggu sistem daftar gaji pemerintah untuk mencegah pihak militer berkuasa penuh di negara itu. (AFP)

13 - Vietnam berjanji untuk memperkuat pembaruan kelembagaan dan memberantas korupsi dalam pertemuan hari pertamanya dengan negara-negara donor dan badan-badan bantuan pembangunan. (AFP)

13 - Cucu Augusto Pinochet dipecat dari kemiliteran karena pidatonya pada kematian kakeknya menimbulkan kehebohan. Augusto Pinocet Molina membela kakeknya yang melakukan kudeta berdarah pada 1973 dan menuduh bahwa hakim yang berusaha mengajukannya ke pengadilan sekadar berupaya supaya terkenal dan bukan mencari keadilan. (AP)

13 - Polisi Britania memperingatkan para pelacur agar menghindari jalan-jalan demi keselamatan mereka. Lima mayat ditemukan dalam 11 hari terakhir, dan mereka diyakini sebagai pelacur yang baru-baru ini dilaporkan hilang. (AP)

13 - Pemimpin oposisi baru Australia, Kevin Rudd, mengulangi kembali komitmen partainya untuk menarik pasukan negara itu dari Irak bila ia terpilih tahun depan. (AFP)

Rabu, 12 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

12 - Mantan diktator Ethiopia, Mengistu Haile Mariam, dinyatakan bersalah melakukan genosida dan berbagai tuntutan lainnya. Mengistu diadili in absentia, karena tinggal di pengasingan di Zimbabwe. (AP)

12 - Chili bersiap menghadapi kemungkinan benturan antara pendukung dan lawan bekas diktator Augusto Pinochet sementara teman-temannya mempersiapkan upacara kemiliteran untuk penguburannya. Presiden Michelle Bachelet yang pernah disiksa bersama orangtuanya oleh Pinochet, menolak memberlakukan hari berkabung tiga hari sebagaimana biasanya. (AFP)

12 - Ribuan militan Somali mengepung Baidoa, satu-satunya kota yang dikuasai pemerintah Somali yang diakui dunia internasional. Pasukan-pasukan itu siap menyerang dalam seminggu kecuali pasukan-pasukan Ethiopia meninggalkan negara itu. (AP)

12 - Pasukan-pasukan Hamas menembaki para pengunjuk rasa Al Fatah, melukai empat orang dan meningkatkan kekhawatiran akan gelombang konflik baru antara sesama bangsa Palestina. (AP)

Selasa, 11 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

11 - Polisi anti huru-hara bentrokan dengan ribuan pengunjuk rasa yang merayakan kematian Pinochet. Sementara itu, pemerintahan kiri Chili menyatakan tidak akan memberikan upacara kenegaraan dalam penguburannya namun mengizinkan pengibaran bendera setengah tiang di fasilitas militer. (AFP)

11 - Belanda mengakhiri siaran televisi analog dan menjadi negara pertama yang beralih sepenuhnya ke sinyal-sinyal digital. (AP)

11 - Pilkada memilih gubernur dan 19 bupati/walikota secara serentak digelar di Aceh

Senin, 10 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

10 - Sekitar 10.000 pengunjuk rasa turun ke jalan di Karachi, Pakistan, menentang undang-undang baru yang menghapuskan kewajiban bahwa korban pemerkosaan mengajukan empat saksi laki-laki. (Reuters)

10 - Presiden Irak, Jalal Talabani, mengkritik keras laporan yang disusun oleh Kelompok Studi Irak, dan menyebut rekomendasi yang diberikannya berbahaya dan isinya merupakan "penghinaan terhadap rakyat Irak." (AP)

10 - Augusto Pinochet, bekas diktator Chili, meninggal dunia dalam usia 91 tahun. Kematiannya memupus harapan banyak orang yang berharap ia diadili atas pelanggaran hak asasi manusianya pada 1973-1990. Sebagian pendukung Pinochet turun ke jalan-jalan menyerukan "Hidup Pinochet!", sementara lawan-lawannya bentrokan dengan polisi. Mereka melempari batu ke mobil-mobil dan membangun barikade api di jalan utama Santiago dan polisi membalasnya dengan melemparkan gas air mata dan semprotan air. (AP) (AP)

Minggu, 9 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

9 - Muhammad Yunus, penerima Penghargaan Perdamaian Nobel 2006 mengatakan bahwa kemiskinan dapat dihapuskan bila bank-bank dan pemerintah merangsang energi kreatif dari jutaan orang miskin. (Reusters)

9 - Dengan bantuan seorang polisi, kemenakan Saddam Hussein yang dipenjara seumur hidup karena mendanai para pemberontak dan memiliki bom, lolos dari penjara di Irak utara. (AP)

9 - 30 peraturan baru yang diputuskan dalam pertemuan tingkat tinggi Taliban mengincar guru-guru di Afganistan. Mereka diberi peringatan, lalu pukulan, dan bila terus mengajar, mereka harus dibunuh. (AP)

9 - Frank Bainimarama, pemimpin kudeta Fiji memasang iklan di koran-koran setempat untuk mencari orang yang mau mengisi jabatan Kabinet yang kosong. (AP)

9 - Para pemimpin Amerika Selatan sepakat untuk membentuk sebuah komisi tingkat tinggi untuk mempelajari kemungkinan pembentukan komunitas di seluruh wilayah itu yang mirip dengan Uni Eropa. (AP)

Sabtu, 8 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

8 - DPR-RI menyetujui 16 RUU tentang pembentukan 16 kabupaten dan kota baru di sejumlah provinsi. (Antara)

8 - Persemakmuran menjatuhkan sanksi skorsing terhadap Fiji setelah terjadinya kudeta militer di negara itu awal minggu ini. Sebelumnya Dewan Keamanan PBB, Amerika Serikat, Uni Eropa dan beberapa negara lainnya, ditambah Australia dan Selandia Baru telah menolak pemerintahan sementara di Fiji. (AFP)

8 - Uni Eropa menolak tawaran Turki yang berusaha meredakan pertikaian dagang dengan Siprus agar perundingan tentang lamaran Turki sebagai anggota UE dapat dilanjutkan. PM Finlandia, Matti Vanhanen, menyatakan tawaran Turki tidak memadai. (AFP)

8 - Kebakaran di rumah sakit perawatan korban narkoba di Moskwa menyebabkan 42 orang tewas. (AP)

8 - Persenjataan nuklir Israel dapat memacu perlombaan senjata di Timur Tengah yang dapat melibatkan negara-negara moderat sekalipun, kata Pangeran Muqrin bin Abdul-Aziz, kepala intelijen Arab Saudi. (Reuters)

Jumat, 7 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

7 - Dmitry Kovtun, seorang kenalan almarhum bekas mata-mata Rusia, Alexander Litvinenko, berada dalam keadaan kritis di rumah sakit karena keracunan radiasi. Kovton mengalami koma setelah para penyelidik Rusia selesai menanyainya di sebuah rumah sakit di Moskwa. (Reuters)

7 - Turki yang menghadapi kemungkinan pembekuan perundingan dengan Uni Eropa, menyatakan siap membuka sebuah pelabuhan di Laut Tengah untuk kapal-kapal Siprus dan mungkin juga sebuah lapangan terbang, untuk masa percobaan setahun. Langkah ini diharapkan membuka kemungkinan diterimanya Turki sebagai anggota UE. (AFP)

7 - 59 pemimpin paramiliter sayap kiri Kolombia mengakhiri perundingan damai dengan pemerintahan Presiden Alvaro Uribe, lima hari setelah mereka dipindahkan ke penjara dengan penjagaan maksimum. (AFP)

7 - Senator Sam Brownback dari Kansas, Amerika Serikat, mengatakan bahwa Irak harus mencapai suatu "keseimbangan politik" meskipun itu berarti membagi negara tersebut sesuai dengan garis-garis etnis dan agama. (AP)

Kamis, 6 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

6 - Laisenia Qarase menyatakan bahwa ia masih tetap menjabat sebagai perdana menteri Fiji. Tentara-tentara yang menahannya di rumahnya tiba-tiba melarikan diri. Sementara itu, kepala polisi Moses Driver menyatakan bahwa tindakan militer ini tidak sah. Ini bertentangan dengan pernyataan Bainimarama bahwa polisi dan militer bekerja sama dalam kudeta. (SMH)

Rabu, 5 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

5 - Komite Senat Amerika Serikat untuk Angkatan Bersenjata secara bulat menyetujui Robert Gates yang dinominasikan Presiden AS Bush sebagai Menteri Pertahanan Amerika Serikat menggantikan Donald Rumsfeld. (Reuters)

5 - Seorang dokter Perancis menyatakan bahwa Vojislav Seselj, tokoh ultranasionalis Serbia yang mogok makan sejak 11 November, dapat meninggal dunia dalam dua minggu bila mogoknya berlanjut. (AP)

5 - Polisi menahan Flavio Sosa yang menjadi lambang perlawanan rakyat Oaxaca yang telah melancarkan protesnya selama enam bulan, setelah Sosa menyatakan bahwa ia akan pergi ke ibukota dan merundingkan penyelesaian damai di wilayahnya. (AP)

5 - Sementara bantuan asing berupa makanan dan obat-obatan mulai tiba di Filipina, korban taifun Durian telah mencapai setidaknya 1.266 orang meninggal atau hilang. Sementara itu, badai tropis yang sama menyebabkan tewasnya 46 orang di Vietnam. (AFP) (AP)

5 - PM Fiji Laisenia Qarase digulingkan melalui kudeta militer yang dipimpin oleh komandan militer Voreqe Bainimarama. (BBC)

Selasa, 4 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

4 - Anggota DPR-RI Yahya Zaini menyatakan mundur dari jabatannya di Golkar terkait dengan kasus peredaran rekaman video mesranya bersama penyanyi dangdut Maria Eva. (detikcom)

Senin, 3 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

3 - Presiden Venezuela Hugo Chavez terpilih kembali dalam pemilihan umum setelah menang besar atas lawannya Manuel Rosales. Hasil sementara menunjukkan Chavez memperoleh 61% suara dan Rosales hanya 38%. (AP)

3 - Para arkeolog menemukan apa yang menurut mereka lambang kekaisaran satu-satunya milik Kaisar Maxentius, sebuah benda berharga yang disembunyikan dari lawan-lawannya ketika ia dikalahkan oleh saingannya Konstantin. (AP)

3 - Bekas diktator Chili Augusto Pinochet berjuang melawan maut setelah menjalani operasi karena serangan jantung. Seorang imam Katolik Roma memberikan sakramen pengurapan orang sakit kepadanya, sementara rumah sakit menyatakan bahwa kondisinya "serius namun stabil". (AFP)

3 - Mario Scaramella yang bertemu dengan Alexander Litvinenko pada hari ia jatuh sakit mengatakan bahwa tubuhnya mengandung lima kali jumlah polonium daripada dosis yang dianggap mematikan. (AFP)

3 - Jumlah korban longsor akibat taifun Durian di Filipina dikhawatirkan dapat mencapai 1000 orang, sementara Presiden Gloria Arroyo menyatakan kejadian ini sebagai bencana nasional. (AFP)

Minggu, 2 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

2 - Korban tewas akibat taifun Durian di Filipina mencapai lebih dari 300 orang, sementara 300 orang lainnya hilang. Para pejabat khawatir bahwa jumlah korban ini masih akan bertambah sementara para petugas penyelamat terus berusaha mencari korban di desa-desa di lereng gunung Mayon sekitar 320 km di tenggara Manila (AP)

2 - Tiga bom mobil meledak hampir bersamaan di pasar makanan di distrik al-Sadriyah, daerah Syi'ah di Baghdad pusat, menewaskan setidaknya 51 orang. (AP)

2 - Sebuah jembatan yang berusia 150 tahun roboh dan jatuh ke atas jalur kereta api di Bhagalpur, 220 km dari Patna, India timur, menewaskan sekurang-kurangnya 33 orang penumpang. (AP)

2 - Panglima militer Fiji Voreqe Bainimarama menyatakan dirinya bertanggung jawab atas negara itu, sementara PM Laisenia Qarase kembali ke ibu kota Suva untuk mencoba menghindarkan kudeta yang disebut Bainimarama sebagai "transisi damai". (AFP)

2 - Kabinet Lebanon bersumpah untuk tidak menyerah kepada seruan untuk mengundurkan diri setelah sebuah demonstrasi besar-besaran yang dipimpin Hizbullah. (AFP)

Sabtu, 1 Desember 2007[sunting | sunting sumber]

1 - Asian Games 2006 dibuka di Doha, Qatar, dan akan berlangsung sampai 15 Desember. (Antara)