Mogok makan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mogok makan adalah sebuah cara perlawanan tanpa kekerasan; dalam tindakan ini, peserta berpuasa untuk menunjukkan protes politiknya, atau untuk membangkitkan rasa bersalah atau untuk mencapai tujuan misalnya perubahan politik. Kebanyakan peserta protes menerima cairan atau minuman, tetapi menolak makanan yang solid.

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Mogok makan digunakan sebagai metode protes dan menuntut keadilan di Irlandia masa pra-Kristen. Cara ini disebut Troscad atau Cealachan. Cara ini diuraikan secara terinci dalam hukum masa kini di negara itu. Dijelaskan pula aturan-aturan yang spesifik tentang bagaimana protes ini mestinya dilakukan. Mogok makan ini seringkali dilakukan di depan pintu rumah si pelanggarnya. Para pakar menduga bahwa ini disebabkan oleh sangat pentingnya nilai keramah-tamahan yang diberikan oleh budaya Irlandia saat itu. Membiarkan seseorang mati di dalam atau di depan rumah kita karena kesalahan yang dituduhkannya, dianggap sebagai sesuatu yang sangat mencemarkan. Yang lain mengatakan bahwa dalam praktik ini, orang berpuasa selama sepanjang malam. Namun tak ada bukti tentang orang yang mogok makan sampai mati di Irlandia Gaelic. <- Menggunakan Puasa itu adalah terutama untuk memulihkan hutang atau mendapatkan keadilan untuk salah dirasakan!. Ada legenda St Patrick, santo pelindung Irlandia, menggunakan aksi mogok makan juga.

Dalam India, praktek dharma', bentuk protes kelaparan mana puasa demonstran di pintu menyinggung pihak (biasanya debitur) dalam panggilan publik untuk keadilan, itu dihapus oleh pemerintah dalam 1861 (meskipun istilah ini masih digunakan di Asia Selatan hari ini), ini menunjukkan prevalensi praktek sebelum tanggal tersebut, atau setidaknya kesadaran masyarakat itu.

Gandhi[sunting | sunting sumber]

Mahatma Gandhi dipenjarakan pada tahun 1922, 1930, 1933 dan 1942. Karena perawakannya Gandhi di seluruh dunia, secara luas dipandang bahwa Inggris pemerintah tidak ingin membiarkan dia mati dalam tahanan. Hal ini mungkin reputasi Inggris akan menderita sebagai akibat dari peristiwa semacam itu. Namun, banyak juga mengklaim bahwa Gandhi tidak akan martir dirinya sendiri tanpa alasan yang baik.

Gandhi terlibat dalam dua aksi mogok makan terkenal. Yang pertama memprotes Inggris aturan India, dan yang kedua protes otokrasi aturan di India yang baru merdeka.

Inggris dan Amerika hak pilih[sunting | sunting sumber]

Pada awal abad 20 [hak pilih [Wanita | hak pilih]] sering mengalami mogok makan di penjara Inggris. Marion Dunlop adalah yang pertama di 1909. Ia dirilis sebagai pihak berwenang tidak ingin dia menjadi martir. Hak pilih lainnya di penjara juga melakukan mogok makan. Pihak berwenang penjara dikenakan mereka untuk memaksanya makan, yang mereka dikategorikan sebagai bentuk penyiksaan. Mary Clarke dan beberapa orang lainnya meninggal akibat kekuatan-makan.

Pada tahun 1913 Discharge Sementara Tahanan Kesehatan III Undang-Undang (dijuluki "Cat dan Mouse Act") kebijakan berubah. Mogok makan ditoleransi tetapi tahanan dibebaskan ketika mereka menjadi sakit. Ketika mereka pulih, hak pilih dibawa kembali ke penjara untuk menyelesaikan kalimat mereka.

Seperti rekan-rekan Inggris mereka, hak pilih Amerika juga menggunakan metode protes politik. Beberapa tahun sebelum bagian dari Amandemen Kesembilan Belas untuk Konstitusi Amerika Serikat, sekelompok hak pilih Amerika yang dipimpin oleh Alice Paulus terlibat dalam mogok makan dan mengalami menyusui terpaksa sementara dipenjara di rumah sosial untuk gelandangan Occoquan dalam Virginia.

Irlandia republiken[sunting | sunting sumber]

Taktik ini digunakan oleh Irlandia republiken dari 1917 dan, kemudian, selama Perang Anglo-Irlandia, pada tahun 1920. Penggunaan awal mogok makan oleh republiken telah dimentahkan oleh Inggris dengan memaksanya makan, yang memuncak pada tahun 1917 dalam kematian Thomas Ashe di Mountjoy Prison.

Pada bulan Oktober 1920, Wali Kota dari Cork Terence MacSwiney, meninggal mogok makan di Brixton penjara. Dua lainnya Cork IRA pria, Joeseph Murphy dan Michael Fitzgerald juga meninggal mogok makan sebagai protes ini. Para Guinness Book of Records daftar rekor dunia dalam aksi mogok makan (tanpa dipaksa makan) sebagai 94 hari, yang didirikan dari Agustus ke November, 1920 oleh Yohanes dan Petrus Crowley, Thomas Donovan, Michael Burke, Michael O'Reilly, Christopher Upton, John Power, Joseph Kenny dan Seán Hennessy di penjara dari Cork. Arthur Griffith membatalkan pemogokan setelah kematian MacSwiney, Murphy dan Fitzgerald.

Setelah akhir dari Perang Saudara Irlandia pada Oktober 1923, hingga 8000 IRA tahanan melakukan mogok makan untuk memprotes penahanan mereka yang berlanjut oleh Free State Irlandia (total lebih dari 12.000 republiken telah diinternir bulan Mei 1923). Dua pria, Denny Barry dan Andrew O'Sullivan, meninggal pada pemogokan. Pemogokan Namun, dibatalkan sebelum kematian lagi terjadi. Free State kemudian relased para tahanan wanita republik. Sebagian besar Partai Republik jantan tidak dirilis hingga tahun berikutnya.

Di bawah pemerintahan Fianna Fail deValera tiga pemogok makan meninggal di Republik Irlandia pada 1940-an. Mereka Sean McCaughey, Tony d'Arcy dan Sean (Jack) McNeela. Ratusan orang lain melakukan mogok makan lebih pendek selama tahun deValera tanpa simpati dari Pemerintah.

Taktik itu dihidupkan kembali oleh IRA Sementara dan pada awal tahun 1970 ketika beberapa republiken seperti Martin McGuiness dan Sean MacStiofain mogok makan berhasil digunakan untuk mendapatkan diri mereka dibebaskan dari tahanan tanpa dakwaan di [ [Republik Irlandia]].

Namun, penggunaan utama datang pada awal tahun 1980. Pada tahun 1980, tahanan Repubican di Penjara Maze meluncurkan mogok makan massal sebagai protes terhadap pencabutan oleh pemerintah Inggris dari tawanan perang seperti Status Kategori Khusus untuk paramiliter tahanan di Irlandia Utara. Pemogokan yang dipimpin oleh Brendan Hughes dibatalkan sebelum kematian. Namun, sejak pemogokan itu gagal dalam tujuannya lain disebut pada tahun berikutnya. Kali ini bukan tahanan banyak menyerang pada saat yang sama, yang mogok makan mulai berpuasa satu demi satu untuk memaksimalkan publisitas atas nasib masing-masing.

Bobby Sands adalah yang pertama dari sepuluh paramiliter Irlandia tahanan mati selama mogok makan di 1981. Ada dukungan luas untuk pemogok makan dari republikan Irlandia dan lebih luas nasionalis masyarakat di kedua sisi dari perbatasan Irlandia . Beberapa pemogok makan terpilih untuk kedua Irlandia dan Inggris parlemen oleh pemilih yang ingin mendaftarkan jijik mereka pada sikap keras kepala dari [pemerintah [Inggris]]. Sepuluh pria bertahan tanpa makanan selama 46-73 hari . Setelah kematian para pria dan huru berikut parah, pemerintah Inggris diberikan tahanan bermotif politik Status Kategori Khusus. Serangan kelaparan memberikan dorongan propaganda besar ke sangat demoralisasi.

Mogok makan memiliki akar dalam masyarakat Irlandia dan dalam jiwa Irlandia. Puasa untuk membawa perhatian pada ketidakadilan yang satu merasa di bawah tuannya, dan dengan demikian mempermalukan dia ke solusi, adalah fitur umum dari masyarakat di Irlandia Awal masyarakat dan taktik ini sepenuhnya dimasukkan ke dalam Brehon sistem hukum. Tradisi ini pada akhirnya bagian paling mungkin dari tradisi Indo-Eropa masih lebih tua dari yang orang Irlandia adalah bagian.

Mogok makan di penjara Guantanamo[sunting | sunting sumber]

Selama pertengahan tahun 2005 tahanan di Amerika Serikat adalah memegang di Teluk Guantanamo basis Angkatan Laut, dimulai dua mogok makan.

Aksi mogok makan pertama berakhir pada 28 Juli 2005, ketika otoritas penjara sepakat untuk membuat konsesi. Menurut beberapa catatan setengah lusin tahanan kemudian dekat dengan kematian. Menurut beberapa catatan tahanan begitu banyak orang dipaksa untuk menerima rehidrasi intravena yang dilengkapi dengan baik rumah sakit penjara kewalahan dan tahanan harus dipindahkan ke rumah sakit Angkatan Laut.

Menurut para pekerja hak asasi manusia, otoritas penjara memiliki bentuk pengabaian mereka dipanggil tahanan untuk menandatangani jika mereka ingin menolak rehidrasi intravena. Para tahanan semua telah disarankan, oleh pengacara mereka, belum menandatangani apa pun pengacara mereka tidak ditinjau.

Satu konsesi pemerintah Amerika mengakui membuat adalah untuk memasok tahanan dengan sebotol air bersih untuk minum setiap makan.

Para tahanan dilaporkan, para pengacara mereka, bahwa otoritas penjara telah sepakat bahwa mereka akan mulai memperlakukan mereka dengan cara yang konsisten dengan. Konvensi Jenewa Seminggu kemudian, ketika mereka mengatakan bahwa otoritas penjara tidak mematuhi komitmen mereka, mereka memulai mogok makan kedua di awal Agustus.

Salah satu yang mogok makan, delapan belas tahun Omar Khadr, telah mengatakan kepada pengacaranya bahwa pemicu lain untuk mogok makan para tahanan termasuk kekhawatiran yang sedang berlangsung bahwa para penjaga yang melecehkan agama mereka, termasuk menyalakan kipas keras, bermain keras musik, dan bersiul, untuk mengganggu pertemuan doa para tahanan. Khadr melaporkan bahwa otoritas penjara tidak menghormati kewajiban mereka dengan menyiarkan panggilan untuk shalat empat kali sehari, bukan lima. Khadr melaporkan bahwa banyak tahanan marah karena GI terkadang perempuan disiarkan panggilan untuk doa.

Amerika Departemen Pertahanan (DoD) juru bicara Letnan Komandan Flex Plexico mengatakan pada 21 Juli 2005 bahwa lima puluh tahanan yang terlibat dalam mogok makan pertama, dan juru bicara Brad Blackner mengatakan pada September 2005 bahwa tujuh puluh enam tahanan yang berpartisipasi dalam aksi mogok makan kedua. Manusia-hak pekerja memperkirakan bahwa kedua mogok makan memiliki antara 150 dan 200 peserta.

Pada 26 Oktober 2005, seorang hakim federal memerintahkan Pemerintah untuk memberikan informasi tentang kondisi tahanan untuk pengacara yang mewakili yang mogok makan. Pemerintah telah diperebutkan klaim para tahanan dari perlakuan kasar selama makan paksa. Keputusan pengadilan mencerminkan perubahan besar dari tahun-tahun awal operasi kamp, ​​ketika informasi hampir tidak ada yang diperoleh oleh pengacara. Pemerintah tidak segera mengumumkan apakah akan melakukan banding keputusan hakim.

Pada 4 November Menteri Pertahanan AS Donald Rumsfeld menyatakan pada Pentagon konferensi pers bahwa ia tidak akan mengizinkan PBB peneliti untuk mewawancarai para tahanan mencolok. Dia mengatakan Internasional Komite Palang Merah akan terus memiliki akses tak terbatas untuk mewawancarai mereka. Pada 30 November 2005, militer melaporkan bahwa ada delapan puluh empat striker pada Hari Natal, empat puluh enam setelah bergabung hari itu.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]