Saparmurat Niyazov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Saparmurat Niyazov
Saparmyrat Ataýewiç Nyýazow
Presiden Turkmenistan ke-1
Masa jabatan
21 Juni 1991 – 21 Desember 2006
Didahului oleh Muhammetnazar Gapurow (sebagai Sekretaris Jenderal)
Digantikan oleh Gurbanguly Berdimuhammedow
Informasi pribadi
Lahir 19 Februari 1940
Gypjak, Republik Sosialis Soviet Turkmenistan
Meninggal 21 Desember 2006
Aşgabat[butuh rujukan]
Partai politik Partai Demokrat Turkmenistan
Suami/istri Muza Sokolova
bahasa Rusia: Муза Соколова[1]

Saparmurat Atayevich Niyazov (bahasa Turkmen: Saparmyrat Ataýewiç Nyýazow) (19 Februari 194021 Desember 2006) adalah Presiden Turkmenistan pertama sejak tahun 1991 hingga meninggalnya pada 2006. Ia pertama kali mengambil kekuasaan sebagai Sekretaris Pertama Partai Komunis Turkmenistan sejak 1985. Ia biasa menggunakan sebutan Serdar Saparmurat Turkmenbashi yang Agung atau Turkmenbashi ("Pemimpin Banga Turkmen") dan berasal dari Kipchak.

Setelah Soviet runtuh, dia tetap berkuasa dengan tangan besi. Dia memaksa lawan-lawan politiknya ke pengasingan, melarang media bebas, dan pada tahun 1999 mengangkat dirinya sebagai presiden seumur hidup. Foto dan patungnya dipasang di seluruh negeri. Salah satunya patung emas yang berputar untuk menghadap matahari di Ashgabat. Ia mengganti nama bulan Januari dengan namanya. Namanya juga diberikan untuk sebuah pelabuhan, tanah-tanah peternakan, unit-unit militer, bahkan sebuah meteorit.

Niyazov menjalani operasi besar jantung di Jerman pada tahun 1997. Pada November 2006, ia mengakui secara terbuka untuk pertama kalinya bahwa dia mengidap penyakit jantung. Namun, ia tidak tampak sakit parah. Pada Desember 2006, ia muncul di muka umum untuk membuka secara resmi sebuah taman ria dengan namanya di luar ibukota negara. Selama memerintah, ia membuat negaranya menjadi salah satu negara bekas Soviet yang paling opresif. Dia adalah pengarang buku Rukhnama ("Buku Jiwa") yang merupakan bacaan wajib di sekolah. Setiap pagi anak-anak mengucapkan janji kesetiaan kepadanya.

Ia membangun masjid terbesar di Asia Tengah yang disebut "Semangat Turkmenbashi" dengan biaya lebih dari 100 juta dollar AS. Pada 21 Desember 2006 ia meninggal dan digantikan oleh Gurbanguly Berdimuhammedow

Didahului oleh:
Muhammad Gapusov
Sekretaris Jenderal Partai Komunis Republik Soviet Sosialis Turkmenistan
1985 – 21 Juni 1991
Diteruskan oleh:
Tidak ada (jabatan ditiadakan)
Didahului oleh:
Tidak Ada (Jabatan baru)
Presiden Turkmenistan
21 Juni 199121 Desember 2006
Diteruskan oleh:
Gurbanguly Berdimuhammedow

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]