April 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
< April 2007 >
M S S R K J S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Jika Anda berniat menambahkan berita, pakailah format berikut :

{{Berita
| tgl = 
| ber = 
| HU  = 
| gbr = 
| cap = 
| wid = 
| u1  = 
| n1  = 
| u2  = 
| n2  = 
| u3  = 
| n3  = 
| u4  = 
| n4  = 
| u5  = 
| n5  = 
}}

Senin, 30 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Venezuela

30 - Presiden Venezuela Hugo Chavez mengumumkan bahwa ia akan menarik negaranya keluar dari Bank Dunia dan IMF. Venezuela telah melunasi utangnya kepada IMF tak lama setelah Chavez menjadi presiden. (AP)

30 - Jenderal Sir Richard Dannatt, Kepala Staf Umum Angkatan Darat Britania, menyatakan bahwa Pangeran Harry akan bertugas di Irak bersama resimennya. (AFP)

30 - Untuk pertama kalinya dalam 30 tahun Maroko dan gerilyawan Front Polisario setuju untuk berunding. Pada 1975 Maroko menganeksasi wilayah yang kaya dengan fosfat ini. (AP)

30 - Bursa saham di Turki anjlok sebagai reaksi atas ketegangan politik yang berlangsung di negara itu, sementara pemerintah yang didominasi kelompok Islam mengalami tekanan kuat dari pihak sekular yang menyerukan diadakannya pemilihan parlementer. (AP)

30 - Tiga perusahaan penerbangan membatalkan atau mengubah jadwal penerbangannya ke Sri Lanka sehari setelah para pemberontak Macan Tamil melakukan serangan udara atas Kolombo. Cathay Pacific dan Emirates membatalkan penerbangannya, sementara Singapore Airlines hanya akan terbang ke Kolombo di siang hari. (BBC News)

Minggu, 29 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Israel

29 - Laporan komisi penyelidik tentang perang Israel di Lebanon tahun lalu diduga akan meningkatkan tekanan atas pemerintahan PM Ehud Olmert. Laporan itu menyatakan bahwa Olmert dan Menteri Pertahanan Amir Peretz terburu-buru berperang, ditambah dengan minimnya pengalaman mereka tentang masalah pertahanan. (AP)

29 - Pinjaman dari Program Lingkungan Hidup PBB (UNEP) telah membantu lebih dari 100.000 penduduk pedesaan India untuk memiliki sistem energi matahari untuk kebutuhan penerangan rumah dan toko. (BBC News)

29 - Nayla Karam dan Maria Sarkis, dua perempuan pelukis Lebanon, menampilkan seksualitas perempuan dalam pameran mereka "Erotika". Pameran ini diharapkan akan membantu menerobos tabu di dunia Arab yang biasanya konservatif. (AFP)

29 - Chandigarh, "gudang makanan" India, mengambil langkah-langkah untuk menjadikan diriniya tujuan baru perusahaan-perusahaan teknologi informasi di luar Bangalore. (Reuters)

29 - Gereja Katolik Roma berseru kepada para dokter di Mexico City agar tidak melakukan aborsi dan menyesali keputusan kota itu untuk melegalisasikan prosedur itu untuk usia kehamilan sampai 12 minggu pertama. (AP)

29 - Mahkamah Konstitusi Turki akan meninjau keabsahan pemilihan presiden yang telah mengakibatkan krisis politik di negara itu. (AFP)

{{{title}}}
India

29 - Madhavi Das, perempuan India berusia 40 tahun, disekap selama 15 tahun di sebuah kamar yang gelap karena tidak mampu membayar cukup mahar. Setelah dikeluarkan oleh polisi, ia dibawa ke rumah sakit jiwa akibat penyekapannya yang begitu lama. (Reuters)

Sabtu, 28 April 2007[sunting | sunting sumber]

28 - Iran akan menyaring pesan-pesan video dan audio "tak bermoral" yang dikirim lewat telepon genggam. (Reuters)

28 - Hampir 200 remaja tak mampu ikut serta dalam perayaan quinceañera massal yang diselenggarakan oleh pemerintah Mexico City untuk upacara tradisional peralihan dari usia 14 ke 15 tahun yang kemewahan dan biayanya seringkali melampaui upacara pernikahan. (AP)

28 - Presiden Hugo Chavez menyatakan Venezuela siap menjadi pemasok tunggal energi untuk Kuba, Bolivia, Nikaragua, dan Haiti, empat negara kiri sekutu utamanya di wilayah itu. (AP)

28 - Ratusan pendukung Saddam Hussein membawa lilin dan bunga ke makamnya untuk memperingati hari ulang tahunnya yang ke-70. (AP)

28 - Pemimpin Libya Moammar Gadhafi menuduh bahwa para pemberontak di Darfur berusaha melibatkan dunia internasional dalam konflik di wilayah tersebut. (AFP)

28 - Richard Holbrooke, mantan duta besar Amerika Serikat untuk PBB menyatakan bahwa pemerintahan Hamid Karzai di Afganistan telah kehilangan dukungan dari rakyat negara itu. (AP)

{{{title}}}
Thailand

28 - Beberapa orang bersenjata menembaki sebuah masjid di Thailand selatan, tiga tahun setelah petugas keamanan Thailand menewaskan lebih dari 100 orang Muslim di wilayah itu. Tak ada korban yang jatuh. Penembakan ini diduga dimaksudkan untuk membangkitkan kemarahan masyarakat setempat. (AP)

28 - UNICEF menyatakan sebuah kelompok militan Tamil yang pro pemerintah menahan setidaknya 194 tentara cilik meski sebelumnya telah berjanji untuk membebaskan anggota pasukan di bawah umur. (AFP)

28 - Estonia dan Rusia dilanda krisis setelah pemerintah Estonia menggusur monumen peringatan eks-Soviet berupa patung prajurit Tentara Merah dari pusat ibukota hari Jumat (27/4) akibat kerusuhan yang meletus sehari sebelumnya dan menewaskan satu orang.(kompas.com)

Jumat, 27 April 2007[sunting | sunting sumber]

27 - Abdullah Gul, kandidat presiden dari partai yang berkuasa di Turki, gagal meraih kemenangan dalam putaran pertama pemilihan parlementer. (AP)

27 - George Tenet, bekas direktur CIA, mengaku CIA telah memperingatkan Gedung Putih tujuh bulan sebelum invasi Irak 2003 bahwa penyerangan AS dapat membawa konsekuensi buruk. (USAToday)

27 - Paul Wolfowitz dan Shaha Riza akan tampil bersama di depan sebuah panel khusus hari Senin untuk membahas promosi dan kenaikan gaji yang diatur Wolfowitz untuk pacarnya itu yang melahirkan tuntutan agar ia mundur. (Reuters)

27 - Indonesia dan Singapura menandatangani perjanjian ekstradisi yang mencakup 31 jenis kejahatan termasuk korupsi. (Kompas)

Kamis, 26 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Dick Cheney

26 - Wakil Presiden AS, Dick Cheney, diprotes oleh sejumlah pengunjuk rasa di Universitas Brigham Young, di Salt Lake City, Utah, wilayah yang biasanya mendukung Partai Republik. (AP)

26 - Abdullah Gul, kandidat unggulan untuk presiden dalam pemilu Turki mendatang, berjanji akan mempertahankan sekularisme dan prinsip-prinsip demokrasi bila terpilih. (AP)

26 - Sebuah pengadilan India mengeluarkan surat perintah penangkapan atas Richard Gere dan bintang Bollywood, Shilpa Shetty, dengan alasan telah melanggar tata kesopanan dengan berciuman di depan umum. (AP)

26 - Lebih dari dua-pertiga warga Venezuela menolak rencana Presiden Hugo Chavez untuk menutup stasiun televisi oposisi. (AP)

26 - PM Polandia Jaroslaw Kaczynski yang konservatif menolak kritik Uni Eropa atas rencana untuk memecat guru-guru di negara itu karena menyebarkan "propaganda homoseksual". Menurutnya, meningkatnya jumlah kaum homoseksual akan merugikan masyarakat Polandia. (AP)

26 - Presiden Ekuador Rafael Correa memerintahkan pengusiran wakil Bank Dunia dari negara itu. Correa sebelumnya menuntut Bank Dunia menjelaskan alasan penundaan pinjaman AS$100 juta pada 2005 ketika Correa menjabat menteri ekonomi. (BBC News)

{{{title}}}
Sultan Mizan
Zainal Abidin

26 - Sultan Mizan Zainal Abidin, dari Terengganu dilantik sebagai Yang di-Pertuan Agong Malaysia yang baru. (AP)

Rabu, 25 April 2007[sunting | sunting sumber]

25 - "MT Maulana", sebuah kapal tanker Indonesia, meledak di sungai Siak, Sumatera, setelah menurunkan muatannya berupa minyak solar dan kembali ke pelabuhan. Empat orang awaknya tewas karena ledakan ini. (Kompas)

25 - PM Britania Tony Blair belum menerima Medali Emas Kongres AS yang dianugerahkan kepadanya empat tahun lalu, sebagian karena hal itu akan memperkuat persepsi bahwa ia adalah "anjing pudel" Bush. (AFP)

25 - Jean Bertrand Aristide, presiden Haiti yang terguling dan kini tinggal dalam pengasingan di Afrika Selatan, menerima gelar doktor dalam bahasa-bahasa Afrika. Upacara penganugerahan gelar ini juga dihadiri Presiden Thabo Mbeki. (AFP)

25 - Seruan agar Presiden Bank Dunia Paul Wolfowitz mengundurkan diri semakin kuat setelah Parlemen Eropa menyatakan ketidakpuasannya atas tuduhan bahwa Wolfowitz menunjukkan favoritisme untuk pacarnya, Shaha Riza. (AP)

25 - Ethiopia mempersalahkan Eritrea untuk serangan terhadap sebuah lapangan eksplorasi minyak milik Tiongkok yang menewaskan 74 orang. Tuduhan ini meningkatkan ketegangan antara kedua negara bertetangga yang masih bertikai soal perbatasannya sejak berakhirnya perang pada 2000. (AP)

25 - Tiongkok menahan empat orang Amerika yang menyerukan kemerdekaan untuk Tibet dan memprotes Olimpiade Beijing 2008. (AP)

25 - Para pejabat PBB menuduh Irak menyembunyikan jumlah korban sipil rakyat negara itu untuk mengalihkan perhatian dari kekerasan yang kian meningkat dan semakin buruknya krisis kemanusiaan yang terjadi. (AP)

25 - Sebuah bom lagi meledak di Terminal Angkutan Umum Antarkota Mardika, Batumerah, Ambon dan menyebabkan beberapa orang terluka, namun jumlah yang pasti belum diketahui. (Surya Online)

25 - Pengadilan di Argentina membatalkan pengampunan yang diberikan kepada dua tokoh militer, Jorge Videla dan Eduardo Massera atas pelanggaran hak asasi manusia yang mereka lakukan pada 1976 - 1983. (BBC News)

25 - Presiden Ukraina, Victor Yushchenko, memutuskan untuk menunda tanggal pemilihan umum parlemen setelah munculnya protes di jalan-jalan dan perlawanan dari para pengkritiknya. (BBC News)

Selasa, 24 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Amerika Serikat

24 - Seorang tentara Amerika Serikat mengaku bahwa pihak militer AS menyuruhnya menyembunyikan penyebab sesungguhnya kematian Pat Tillman, mantan pemain American football yang tewas di Afganistan karena salah tembak oleh sesama pasukan AS. (AP)

24 - Para astronom menemukan planet di luar tata surya kita yang berpotensi untuk dihuni manusia. Planet ini diberi nama Gliese 581 c. (AP)

24 - Sayap bersenjata Hamas mengakhiri gencatan senjata dengan Israel yang telah berlangsung lima bulan dengan menembakkan roket ke Israel. Namun pemerintah Palestina menyerukan agar gencatan senjata dipulihkan. (Reuters)

24 - Toyota mengalahkan General Motors dalam penjualan kendaraan dunia pada kuartal pertama tahun ini dan diperkirakan akan menjadi produsen kendaraan terbesar di dunia dalam waktu dekat. (Reuters)

24 - Abdullah Gul, menteri luar negeri Turki, dipilih oleh partai yang berkuasa di negara itu sebagai kandidat presiden dalam pemilihan umum mendatang. (AP)

24 - Sebuah kelompok yang terkait dengan Al-Qaeda mengklaim telah menggunakan "metode baru" dalam melakukan bom bunuh diri berganda yang menewaskan 9 pasukan Amerika Serikat dan melukai 20 orang lainnya. (AP)

24 - Pengadilan Negeri Manado membebaskan Presiden Direktur PT Newmont Minahasa Raya, Richard B. Ness dalam kasus pencemaran di Teluk Buyat, Sulawesi Utara. (SP)

24 - Pemerintah Singapura dan Indonesia sepakat untuk menandatangani perjanjian ekstradisi pada Jumat depan. Perjanjian ini diharapkan akan meningkatkan perjuangan melawan korupsi. (SP)

Senin, 23 April 2007[sunting | sunting sumber]

[[Berkas:|80px||Boris Yeltsin|alt={{{title}}}]]
Boris Yeltsin

23 - Boris Yeltsin, tokoh Rusia yang meruntuhkan Uni Soviet, lalu memimpin Rusia pada tahun-tahun pertama kemerdekaannya, meninggal dunia pada usia 76 tahun. (Reuters)

23 - Iran tak akan tunduk terhadap tekanan Barat dan tak akan menghentikan kegiatan atomnya apapun yang terjadi, demikian dinyatakan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. (Reuters)

23 - Presiden Pakistan Pervez Musharraf akan dipilih kembali untuk masa jabatan kedua oleh parlemen yang ada sekarang, demikian dinyatakan oleh Perdana Menteri Pakistan Shaukat Aziz. (Reuters)

23 - Komisi Penyelidik Harta Kekayaan Thailand yang dibentuk oleh pemerintahan militer menghukum dua anak Thaksin Shinawatra, perdana menteri terguling negara itu, dengan denda dan pajak sebesar AS$789 juta atas penjualan perusahaan telekomunikasi Thaksin. (AFP)

23 - Para anggota parlemen Mexico City akan memberikan suaranya Selasa ini untuk menerima atau menolak legalisasi aborsi. (Reuters)

23 - Mahkamah Konstitusi Ekuador, pengadilan tertinggi di negara itu, mengembalikan ke-51 anggota parlemen yang dipecat bulan lalu karena dituduh mencampuri referendum tentang kebutuhan konstitusi baru Ekuador. (AP)

23 - David Satterfield, seorang penasihat Menteri Luar Negeri AS, mengajak negara-negara tetangga Irak untuk menanamkan modalnya di negara itu. Masalah keamanan bukan penghalang, karena banyak wilayah di Irak yang tidak dilanda kekerasan, katanya. (AP)

Minggu, 22 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Bank Dunia

22 - Jerman percaya bahwa posisi Paul Wolfowitz sebagai presiden Bank Dunia tidak dapat dipertahankan lagi. Wolfowitz menempatkan pacarnya di Departemen Luar Negeri AS, namun tetap digaji oleh Bank Dunia. (Reuters)

22 - Hasil putaran pertama pemilu Perancis menunjukkan Nicolas Sarkozy mendapat 31,1% suara, sementara Ségolène Royal mendapat 25,8%. Dengan demikian keduanya maju ke putaran kedua pada 6 Mei nanti. (AP)

22 - Dua belas orang akan diajukan ke pengadilan di Turki dengan tuduhan pembunuhan atas tiga orang Kristen di Malatya; 5 orang di antaranya ditahan, 6 dibebaskan sambil menunggu peradilan, dan seorang lagi dirawat di rumah sakit. (AP)

22 - Menteri Keuangan Israel Avraham Hirchson melepaskan jabatannya untuk sementara, sambil polisi menyelidiki tuduhan penggelapan oleh bawahannya (AP)

22 - Calon partai yang berkuasa di Nigeria, Umaru Yar'Adua tampaknya akan menang dalam pemilu negara itu, namun para pengamat menilai prosesnya penuh dengan kecurangan, kekerasan, dan kurangnya jutaan kertas suara. (Reuters)

Sabtu, 21 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Irak

21 - Sami Abdul-Amir al-Jumaili, Ketua Dewan Kota Fallujah dan pengritik Al Qaeda, tewas ditembak sementara sedang berjalan di luar rumahnya. Tiga orang pendahulunya juga tewas dalam cara yang sama. (AP)

21 - Setidaknya 73 orang tewas di Mogadishu sehingga korban minggu ini telah mencapai ratusan jiwa. Pertempuran antara kaum milisi melawan pasukan-pasukan Somali dan Ethiopia juga telah menyebabkan lebih dari 321.000 penduduk mengungsi. (Reuters)

21 - Mullah Mohammad Omar, pemimpin Taliban dalam pelarian, menganjurkan para pengikutnya untuk meningkatkan serangan bunuh diri terhadap pasukan-pasukan asing dan Afganistan, serta tetap bersatu. (Reuters)

21 - Ribuan rakyat Bhutan berlatih memberikan suaranya dalam sebuah adegan pemilihan umum dalam rangka menghapuskan monarki mutlak yang telah berlangsung hampir 100 tahun di negara itu. (AP)

21 - Uskup Fu Tieshan, pemimpin Gereja Katolik Roma yang diakui oleh pemerintah Tiongkok dan yang telah sering berbenturan dengan Vatikan, wafat kemarin pada usia 76 tahun. (AP)

Jumat, 20 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Pakistan

20 - Seorang anak lelaki sekitar 12 tahun diperlihatkan dalam rekaman video memenggal kepala seorang tahanan yang dituduh mata-mata Amerika. Orang itu diduga bernama Ghulam Nabi, militan Pakistan yang dituduh mengkhianati pejabat tinggi Taliban. (AP)

20 - 3,2 juta lapangan kerja di pabrik-pabrik di Amerika Serikat telah hilang sejak awal tahun 2000. Kebanyakan dari industri itu dipindahkan ke Meksiko, Tiongkok dan negara-negara lain. Meski demikian, kehilangan ini diimbangi dengan pertumbuhan dalam industri jasa. (AP)

20 - Jose Manuel Barroso, ketua Komisi Uni Eropa mendesak Presiden dan Perdana Menteri Rumania agar menyelesaikan krisis politik di negara itu secara demokratis dan konstitusional. (AFP)

20 - William Phillips (60), seorang pegawai kontrak NASA membawa pistol ke gedung di Pusat Antariksa Johnson dan menembak hingga tewas seorang sandera, lalu bunuh diri. Seorang sandera lainnya lolos dengan luka-luka ringan. (AP)

20 - Pemerintah Kuba mengecam Gedung Putih karena membebaskan Luis Posada Carriles yang dituduh mengebom pesawat terbang Kuba dan menewaskan 73 orang di dalamnya. (AP)

Kamis, 19 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Hong Kong

19 - Nina Wang, perempuan Asia terkaya yang meninggal dunia awal bulan ini, meninggalkan harta kekayaannya sejumlah AS$4,2 miliar kepada juru ramalnya. Hal ini menimbulkan kecurigaan bahwa Wang dipaksa menulis wasiatnya seperti itu. (AFP)

19 - Australia memperingatkan bahwa bila hujan lebat tidak segera turun, air irigasi untuk tanah pertanian utama negara itu akan dihentikan. (AFP)

19 - Jaksa Agung Amerika Serikat Alberto Gonzales yang berusaha meyakinkan para senator bahwa ia tidak melakukan penyimpangan dalam kasus pemecatan 8 jaksa federal, kehilangan satu lagi pendukungnya dari partainya sendiri. (AP)

19 - Para peneliti Jerman telah menemukan potensi obat AIDS yang baru dengan ditemukannya sebuah protein kecil yang beredar dalam darah manusia yang menghalangi berbagai varian HIV, bahkan yang resistan terhadap obat-obat yang ada sekarang. (SF Chronicle)

19 - WHO menyatakan bahwa tabrakan mobil adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia bagi orang antara usia 10-24 tahun. Hampir 400.000 orang di bawah 25 tahun terbunuh dalam kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya. (AP)

{{{title}}}
Australia

19 - Komentar Helen Liddell, Komisioner Tinggi Britania untuk Australia, yang menyatakan bahwa pemerintahnya tidak memandang invasi yang dipimpin Amerika Serikat di Irak sebagai bagian dari "perang melawan terorisme" telah memicu kontroversi di negara itu. (AFP)

19 - Amerika Serikat dan Uni Eropa akan menekan Rusia agar menerima rencana PBB untuk memberikan kemerdekaan kepada provinsi Kosovo yang memisahkan diri dari Serbia. (AP)

Rabu, 18 April 2007[sunting | sunting sumber]

18 - Tiongkok semakin banyak menggunakan kereta api yang lebih cepat sebagai bagian dari usahanya untuk mengatasi kebutuhan transportasi yang kian meningkat. (AP)

18 - Di antara penembakannya, Cho Seung-Hui sempat pergi ke kantor pos untuk mengirimkan paket ke stasiun TV NBC yang berisi foto-foto dan video yang berisi pesan-pesan yang mengecam "anak-anak kaya". (AP)

18 - Tiga orang yang bekerja di sebuah penerbitan yang mendistribusikan Alkitab di Malatya, Turki diikat kemudian dibunuh. Ini adalah serangan paling mutakhir dari rangkaian serangan terhadap kelompok minoritas Kristen di negara itu. (AP)

18 - Argentina tidak akan mengekstradisi mantan pemimpin junta, Jorge Videla ke Jerman untuk menghadapi tuduhan menculik dan membunuh seorang perempuan Jerman pada masa Perang Kotor negara itu. (AP)

Selasa, 17 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Thailand

17 - Ratusan biarawan di Bangkok menuntut agar agama Buddha dijadikan agama negara. Usul ini pernah ditolak pada 1997 karena dianggap akan memecah negara. (AP)

17 - Pembantaian Virginia Tech menuai kritik dari seluruh dunia terhadap budaya senjata di Amerika Serikat yang memudahkan orang memiliki senjata. (AP)

17 - Sekitar 140 murid dan guru dirumahsakitkan di provinsi Guizhou, Tiongkok barat daya, setelah sebuah pabrik pupuk mengeluarkan "sejumlah besar' gas sulfur dioksida (AFP)

17 - Setelah serangkaian kecelakaan pesawat terbang, pemerintah Amerika Serikat memperingatkan warganya untuk tidak menggunakan pesawat terbang Indonesia, karena otoritas penerbangan sipil Indonesia dianggap tidak memenuhi standar keamanan internasional. (AP)

17 - Rakyat Aljazair berdemonstrasi mengutuk serangan bunuh diri yang menewaskan 30 orang minggu ini, sementara polisi di Maroko menangkap sekitar 20 orang karena serangan serupa di negara itu. (AFP)

17 - Parlemen Somalia memecat mantan ketuanya dan 29 anggota parlemen lainnya karena tidak menghadiri sesi-sesi pada bulan-bulan terakhir. Langkah ini diambil pemerintah untuk memperkuat kontrolnya terhadap badan legislatif itu. (AP)

17 - Walikota Nagasaki, Itchō Itō (61), meninggal karena luka-luka yang dialaminya setelah ditembak hari Selasa malam sementara ia keluar dari mobilnya di kantor pemilihan umumnya. (AFP)

Senin, 16 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Perancis

16 - Dinas rahasia Perancis menerbitkan laporan pada 2000-2001 yang menunjukkan bahwa mereka telah mengetahui tentang rencana pembajakan pesawat terbang oleh Al-Qaeda di Amerika Serikat, demikian dilaporkan oleh Le Monde. (Reuters)

16 - Tingkat popularitas Partai Buruh di Britania Raya anjlok hingga tingkat terendah sejak Tony Blair menjadi pemimpinnya 13 tahun yang lalu. (AFP)

16 - Mahkamah Agung Nigeria memutuskan bahwa Wakil Presiden Atiku Abubakar harus diizinkan ikut serta dalam pemilihan presiden negara itu Sabtu mendatang. Abubakar didiskualifikasi karena tuduhan korupsi. (BBC News)

16 - Mereka yang selamat dari penembakan di Universitas Virginia Tech mengecam pemerintah karena sangat lambat dalam mengeluarkan peringatan tentang keberadaan seorang penembak di kampus itu. Dua jam setelah penembakan pertama, si penembak menewaskan 31 orang lagi. (BBC News)

16 - 33 orang tewas dan banyak lainnya luka-luka setelah seorang pria bersenjata melakukan penembakan di Universitas Virginia Tech, Blacksburg, Virginia, Amerika Serikat dan lalu bunuh diri. Ini adalah jumlah korban terbanyak dalam peristiwa penembakan di sekolah AS. (AP) (Virginia Tech)

{{{title}}}
Australia

16 - Komunitas Serbia di Australia bertekad untuk membiayai pertempuran di pengadilan tertinggi negara itu untuk menghalangi ekstradisi Dragan Vasiljkovic, seorang mantan komandan Serbia yang dituduh melakukan kejahatan perang di Balkan. (Reuters)

Minggu, 15 April 2007[sunting | sunting sumber]

15 - Dua pejabat yang dekat dengan Muqtada al-Sadr mengatakan bahwa pengikut Sadr akan melepaskan enam jabatan di Kabinet Irak. Hal ini dapat membuat kedudukan PM Nouri al-Maliki sangat lemah. (AP)

15 - Presiden Ekuador Rafael Correa menyatakan negaranya telah melunasi utangnya kepada IMF dan akan memutuskan hubungannya dengan lembaga itu. Ini terjadi pada minggu yang sama Venezuela melunasi utangnya kepada IMF dan Bank Dunia. (AP)

15 - Semakin banyak negara di Timur Tengah yang berminat untuk mengembangkan program energi nuklir bersamaan dengan meningkatnya harga minyak. Arab Saudi, Mesir, Yordania, Turki dan negara-negara kecil di Teluk Persia menyatakan akan mempelajari kemungkinan PLTN. (AP)

15 - Kekerasan di Mogadishu, Somalia, telah menunda rencana konferensi perdamaian dan rekonsiliasi untuk kedua kalinya. (AP)

15 - Menteri Pariwisata Pakistan, Nilofar Bakhtiar, menyatakan rasa khawatir akan nyawanya setelah para ulama di sebuah masjid radikal mengeluarkan fatwa bahwa ia telah berdosa karena merangkul instruktur terjun payung prianya yang berkebangsaan Perancis, sementara ia adalah seorang wanita. (AP)

15 - 21 orang tewas di Nigeria sehubungan dengan ketegangan menjelang pemilihan umum dan presiden pada hari Sabtu mendatang. (AFP)

Sabtu, 14 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Maroko

14 - Dua pelaku bom bunuh diri meledakkan dirinya dekat Konsulat Amerika Serikat di Casablanca, Maroko, dan melukai seorang perempuan yang lewat di situ. (BBC)

14 - Setidaknya 36 orang tewas dan lebih dari 160 orang luka-luka dalam sebuah serangan mobil bunuh diri di Karbala, kota suci Syiah di Irak. Banyak para korbannya terdiri dari perempuan dan anak-anak. (BBC)

14 - Sebuah rekaman video memperlihatkan seorang instruktur militer Jerman memerintahkan pasukannya membayangkan dirinya sedang berada di New York City dan menghadapi orang-orang kulit hitam yang bersikap bermusuhan sementara menembakkan senapan mesinnya. (AP)

14 - Sekitar 300.000 pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di Ankara, Turki untuk memprotes pencalonan diri Recep Tayyip Erdogan yang pro-Islam sebagai presiden. (AP)

14 - California melindungi sekitar 300 km wilayah pantainya dari kegiatan menangkap ikan dan aktivitas manusia yang dapat merusakkan habitat kelautannya. Para aktivis lingkungan menyambutnya sebagai "kompromi yang seimbang dengan menggunakan sains berkualitas tinggi." (New York Times)

14 - Eulogi Gubernur Gunther Oettinger dari Baden-Württemberg untuk Hans Filbinger, seorang hakim pada rezim Nazi telah mengundang kecaman, karena ia menyatakan Filbinger bukan Nazi. (AP)

{{{title}}}
Rusia

14 - Lawan-lawan Presiden Vladimir Putin yang tergabung dalam kelompok "Rusia yang Lain" akan mengadakan unjuk rasa untuk memprotes apa yang mereka sebut tindakan yang menginjak-injak kemerdekaan demokratis di negara itu. (BBC News)

Jumat, 13 April 2007[sunting | sunting sumber]

13 - India membatalkan rencana mewajibkan pegawai negeri perempuan negara itu untuk menguraikan secara terinci tentang "riwayat menstruasi" mereka dalam sebuah formulir. (BBC News)

13 - Para anggota Parlemen Eropa menuduh Singapura bertindak seperti "negara otoriter" karena melarang mereka berbicara pada sebuah forum tentang demokrasi di Eropa dan Asia. Salah seorang dari mereka menyamakan tindakan Singapura dengan Korea Utara. (BBC News)

13 - Presiden Ahmet Necdet Sezer memperingatkan bahwa sistem sekular di Turki menghadapi ancaman yang paling serius sejak terbentuknya republik itu pada 1923 dengan munculnya usaha membawa agama ke dalam politik. (BBC News)

13 - Ilmuwan mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menciptakan sel sperma yang belum dewasa dari sampel sumsum tulang manusia. Bila sel-sel ini dapat ditumbuhkan menjadi sperma dewasa, mereka dapat digunakan dalam perawatan kesuburan. (BBC News)

{{{title}}}
Korea Utara
{{{title}}}
Korea Selatan

13 - Korea Utara dan Selatan sepakat untuk memperluas program penyatuan kembali keluarga-keluarga yang terceraikan akibat Perang Korea. Meskipun begitu, tak ada kesepakatan yang tercapai tentang ratusan orang yang menurut pihak Selatan diculik oleh Utara. (AFP)

13 - Sebuah uji coba peluru kendali India memaksa pesawat Garuda Indonesia yang penuh dengan jemaah haji menuju Arab Saudi berbalik terbang ke tanah air. (Kompas)

13 - PM Australia John Howard menyatakan bahwa pernyataan Syeikh Taj Aldin al-Hilali bahwa ia "lebih Australia" daripada Howard – yang disamakan Hilali dengan Saddam Hussein – harus dianggap sebagai "lelucon". (AFP)

13 - PM Tiongkok Wen Jiabao mendesak parlemen Jepang agar tidak melupakan agresi perangnya meskipun kedua kekuatan itu berusaha memperbaiki hubungan diplomatik dan meningkatkan perdagangannya. (AP)

Kamis, 12 April 2007[sunting | sunting sumber]

12 - Maroko mengusulkan referendum untuk otonomi di wilayah Sahara Barat yang dipertikaikan, namun kelompok yang menentang kekuasaan Rabat dan didukung oleh Aljazair mengajukan rancangan yang berlawanan untuk mengakhiri konflik yang sudah 32 tahun berlangsung. (AFP)

12 - Seorang guru di Malaysia dihukum pukulan rotan oleh kepala sekolahnya, karena keliru disangka sebagai murid sekolah yang sedang bermalas-malasan di luar kelas. (Reuters)

{{{title}}}
Planet HD 209458b
dan bintangnya

12 - Para astronom menemukan bahwa atmosfer dari planet HD 209458b yang terletak 150-tahun cahaya dari tata surya, mengandung uap air. Planet ini merupakan planet gas raksasa mirip-Jupiter di rasi bintang Pegasus. (SMH)

12 - Delapan orang tewas, 22 terluka dan beberapa mobil jatuh ke sungai Tigris dalam serangan bom di sebuah jembatan di Baghdad, Irak. Polisi Irak mengatakan serangan ini terjadi di jam sibuk, dan merusak jembatan Sarafiya di utara Baghdad. (Reuters)

12 - Diplomat Iran Jalal Sharafi, yang baru saja dibebaskan dari Irak, menunjukkan luka-luka yang dideritanya akibat penyiksaan selama penahanannya. Ia mengatakan petugas Amerika Serikat turut serta dalam penyiksaannya. Pihak AS sendiri membantah keterlibatan mereka dalam penculikan ini. (BBC)

Rabu, 11 April 2007[sunting | sunting sumber]

11 - Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao menemui PM Jepang Shinzo Abe di Tokyo, Jepang untuk membicarakan hubungan kedua negara. Mereka menyerukan hubungan kepercayaan antara Tiongkok dan Jepang.(AFP)

11 - Serentetan ledakan bom mengguncang ibukota Aljazair Aljir, yang menewaskan 30 orang dan melukai 160 lainnya. Kantor Perdana Menteri Aljazair termasuk salah satu sasaran serangan bom. Cabang Al Qaeda mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini. (Independent)

11 - Seorang laki-laki pengangguran di India memotong lidahnya dan mempersembahkannya kepada dewi Hindu. Ia segera dibawa ke rumah sakit, dan dokter menjahit luka-lukanya, namun laki-laki itu mungkin tidak akan mampu berbicara kembali. (Reuters)

11 - Presiden Rafael Correa menyatakan Kepulauan Galapagos, tempat tinggal beberapa lusin spesies yang terancam punah, sebagai wilayah berisiko dan menjadi prioritas nasional negaranya. Kepulauan ini mengalami krisis lingkungan dan sosial, kata Correa. (BBC News)

Selasa, 10 April 2007[sunting | sunting sumber]

10 - Polisi Maroko mengepung sebuah bangunan yang diduga menjadi tempat persembunyian empat pelaku terorisme. Tiga orang kabur dan meledakkan diri, sementara orang keempat ditembak mati oleh polisi. (AP)

10 - Empat anggota satuan paramiliter Serbia dinyatakan bersalah melakukan kejahatan perang atas pembunuhan hampir 8.000 laki-laki dan anak-anak Muslim Bosnia dalam pembantaian Srebrenica. Peradilan atas orang Serbia di negaranya sendiri baru dimungkinkan setelah tersingkirnya Presiden Slobodan Milosevic pada 2000. (AP)

10 - PBB, Uni Afrika dan pemerintah Sudan sepakat untuk memperkuat pasukan Afrika di wilayah Darfur dengan pasukan, polisi dan perlengkapan PBB. (AP)

10 - Australia berusaha memindahkan setan Tasmania, hewan marsupialia yang hanya ada di Pulau Tasmania ke Pulau Maria, untuk menyelamatkannya dari kepunahan karena kanker yang menular. (AP)

{{{title}}}
Thailand

10 - Pengamanan di seluruh Thailand ditingkatkan setelah sebuah bom meledak di luar sebuah pusat belanja di Bangkok yang juga diserang pada malam Tahun Baru yang lalu. Tak ada korban yang jatuh dalam serangan ini. (AFP)

10 - Hasil perhitungan sementara pemilu Presiden Timor Timur menunjukkan tak ada yang menang mutlak, sehingga putaran kedua mungkin akan diadakan bulan depan. (AP)

Senin, 9 April 2007[sunting | sunting sumber]

9 - Iran mengumumkan telah memperluas secara dramatis program pengayaan uraniumnya hingga sepuluh kali dari jumlah sebelumnya, hingga secara teoretis cukup untuk menghasilkan senjata nuklir dalam satu tahun. (AP)

9 - Orang yang berat badannya kelebihan 45 kg atau lebih menjadi kelompok yang paling cepat berkembang di seluruh Amerika Serikat. (Reuters)

9 - Presiden Rafael Correa menyatakan ia yakin bahwa rakyat Ekuador akan menyetujui pembentukan dewan konstituante untuk menyusun kembali konstitusi negaranya untuk membatasi kekuasaan partai-partai politik tradisional yang dituduhnya korup dan mengguncangkan politik. (AP)

9 - Anwar Ibrahim akan terjun kembali ke politik, meskipun ia dilarang ikut memperebutkan jabatan politik hingga 2008. Katanya, ia tak akan takluk kepada "sistem kehakiman yang korup". Anwar, yang pada 1998 dipecat sebagai Wakil Perdana Menteri Malaysia, akan ikut serta dalam perebutan ketua Partai Keadilan 26 Mei nanti. (AP)

Minggu, 8 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Paus Benediktus XVI

8 - Dalam pesan Paskahnya, Paus Benediktus XVI membuat imbauan untuk perdamaian dunia yang menyesalkan "pembantaian yang berkelanjutan di Irak dan pergolakan yang kian meningkat di Afganistan. (Reuters)

8 - Para uskup Katolik Roma Zimbabwe menyerukan kepada Presiden Robert Mugabe agar melepaskan jabatannya atau menghadapi "revolusi terbuka" dari mereka yang menderita di bawah pemerintahannya. (AP)

8 - Ali A. Allawi, orang dalam pada pemerintahan Irak menerbitkan "The Occupation of Iraq" yang berisi analisisnya bahwa salah kelola oleh Amerika Serikat dalam pendudukannya di Irak menyebabkan pada 2007 rakyat Irak "telah memalingkan diri dari calon pembebas mereka". (AP)

8 - Laurie Baker, arsitek kelahiran Britania yang menghabiskan 60 tahun hidupnya di India membangun rumah-rumah yang ramah lingkungan dan terjangkau oleh orang miskin, meninggal dunia seminggu lalu. Baginya, rumah murah tidak berarti kualitas rendah, melainkan bagaimana menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dengan tepat. (AP)

8 - Iran membantah perlakuan buruk terhadap pelaut Britania yang baru saja dibebaskan. Para pelaut tersebut mengaku diinterogasi dan diperlakukan secara buruk, sedangkan pihak Iran menyebut pengakuan ini hanyalah sebuah "pertunjukan".(Xinhua)

Sabtu, 7 April 2007[sunting | sunting sumber]

7 - Israel meluncurkan serangan udara ke Jalur Gaza yang menewaskan seorang militan dan melukai dua lainnya. Kelompok Jihad Islami membalas dengan meluncurkan roket ke Sderot, Israel Selatan, merusak sebuah bangunan namun tidak mengakibatkan korban jiwa.(AFP)

7 - Perwakilan tinggi dan diplomat dari Amerika Serikat berada di Somalia untuk mendesak gencatan senjata dan penghentian kekerasan di negara tersebut.(BBC)

7 - Seorang diplomat Iran, Jalal Sharafi yang baru saja dibebaskan dari penculikan di Irak, mengatakan ia telah disiksa oleh agen CIA selama penculikannya. Pejabat intelijen AS membantah keterlibatan CIA dalam penculikan ini.(Al Jazeera)

7 - Kapten dan lima kru dari kapal pesiar Yunani M/S Sea Diamond dituntut oleh pemerintah Yunani atas tuduhan kelalaian, melanggar peraturan keselamatan, dan mencemari lingkungan. Kapal tersebut tenggelam di Laut Aegea pada 6 April 2007.(CTV)

Jumat, 6 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Afghanistan

6 - Presiden Afganistan Hamid Karzai untuk pertama kalinya mengaku bahwa ia telah bertemu dengan kaum militan Taliban untuk menciptakan perdamaian di negara itu. Pernyataan ini langsung dibantah oleh juru bicara Taliban. (AP)

6 - Para pelaut dan marinir Britania yang baru saja dibebaskan Iran menyatakan bahwa mereka dipaksa untuk membuat pengakuan yang disiarkan di televisi negara itu (AP)

6 - Para blogger Malaysia membentuk Aliansi Blogger Nasional dengan tujuan melindungi para blogger dan berusaha membuat pemerintah mengerti sudut pandang mereka. (AP)

6 - Maulana Abdul Aziz, seorang ulama Pakistan, membentuk pengadilan Islam untuk melakukan kampanye anti kemungkaran di negara itu, sambil mengancam akan melakukan serangan bunuh diri bila pemerintah berusaha menghalanginya. (AP)

Kamis, 5 April 2007[sunting | sunting sumber]

5 - Erwin Arnada, editor majalah Playboy edisi Indonesia dibebaskan dari tuduhan kasus pornografi. Keputusan ini menyebabkan sekitar 100 pengunjuk rasa dari Front Pembela Islam merasa kecewa. (BBC Indonesia)

{{{title}}}
Ethiopia

5 - Ethiopia ditekan untuk menyiarkan rincian tentang para tahanan dari 19 negara yang disekap di penjara-penjara rahasia di negara itu. Di sana agen-agen AS menginterogasi mereka untuk memburu al-Qaeda di Tanduk Afrika. (AP)

5 - Ke-15 awak Angkatan Laut Kerajaan yang dibebaskan dari Iran disambut dengan sampanye dan pelukan dengan cucuran air mata. Namun sebagian warga Britania mempertanyakan pengakuan yang mereka berikan di tahanan. (AP)

5 - Perawatan kanker dengan bedah, kemoterapi atau radiasi kadang-kadang dapat menyebabkan tumor menyebar, demikian dinyatakan oleh para peneliti Amerika Serikat. (Reuters)

5 - Polisi di Orlando, Florida, menangkap Eric Montanez, aktivis organisasi Food Not Bombs, yang membagikan makanan kepada sekelompok besar tuna wisma di kota itu. (Reuters)

5 - Sebuah pengadilan Uganda membatalkan undang-undang perzinaan di negara itu yang dianggap tidak konstitusional dan menguntungkan laki-laki. Menurut undang-undang lama, perempuan dapat dihukum denda atau penjara hingga 10 tahun bila berzina, sementara laki-laki tidak akan dihukum bila melakukan yang sama. (AP)

5 - Ramzan Kadyrov, mantan kepala keamanan yang dikaitkan dengan banyak pelanggaran hak asasi manusia, disumpah sebagai presiden baru Chechnya. (AP)

Rabu, 4 April 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Iran

4 - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, mengumumkan pembebasan ke-15 pelaut dan marinir Britania yang ditahan sejak 23 Maret sebagai "hadiah Paskah" bagi rakyat Britania. PM Tony Blair mengatakan "tidak menyimpan dendam" terhadap rakyat Iran. (AP)

4 - Suriah memainkan peranan penting dalam memecahkan ketegangan antara Britania dengan Iran akibat ditahannya 15 pelaut dan marinir mereka oleh negara itu. (AP)

4 - Jenazah 3 petugas Taiwan yang helikopternya menabrak sebuah menara radio diangkat sehari setelah kecelakaan yang menewaskan 8 petugas. Kelima jenazah rekan mereka telah diangkat tak lama setelah kecelakaan itu terjadi. (AP)

4 - Presiden Timor Timur Xanana Gusmao, memperingatkan kemungkinan terjadinya kekerasan pada pemilihan umum Senin depan untuk memilih penggantinya. (AFP)

4 - Ribuan peziarah melakukan napak tilas jejak Yesus dalam rangka Minggu Suci di tempat-tempat penyaliban, kematian, dan kebangkitannya. Berkurangnya kekerasan antara Palestina dan Israel menghadirkan banyak pengunjung ke Yerusalem lama. (AP)

4 - Sepotong tulang rusuk yang konon ditemukan di tempat Jeanne d'Arc dibakar hidup-hidup di tiang sesungguhnya adalah tulang sebuah mumi Mesir, demikian menurut para peneliti yang menyelidikinya dengan menggunakan teknologi canggih. (AP)

{{{title}}}
Jepang

4 - PM Tiongkok, Wen Jiabao, mendesak agar PM Jepang, Shinzo Abe, tidak mengunjungi Kuil Yasukuni. (AP)

4 - Seorang perempuan meninggal dunia karena flu burung di Jakarta, hanya beberapa jam setelah ia dirawat di rumah sakit. Dengan demikian sudah 72 orang tewas karena penyakit ini, jumlah tertinggi dibandingkan negara-negara lainnya. (AFP)

Selasa, 3 April 2007[sunting | sunting sumber]

3 - Cliff Muntu, praja tingkat dua di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Sumedang meninggal akibat dianiaya seniornya. (Metrotvnews)

3 - Milisi Janjaweed menyerang dua desa Chad di perbatasan dekat Sudan, membakar rumah-rumah, menembaki penduduk yang lari dan menewaskan setidaknya 65 orang. (AP)

3 - Negara-negara Eropa harus mengadili 37 orang yang dicurigai terlibat dalam Genosida Rwanda pada 1994 yang kini tinggal di benua itu, kata kelompok-kelompok pembela hak asasi manusia. (Reuters)

3 - Ketua Parlemen Lebanon, Nabih Berri, menghalangi para anggota parlemen memasuki gedung dalam upayanya untuk mencegah mereka menyetujui dibentuknya sebuah peradilan internasional untuk mengadili orang-orang yang dicurigai terlibat dalam pembunuhan PM Rafik Hariri. (AP)

{{{title}}}
Kep. Solomon

3 - Gempa dan tsunami yang melanda Kepulauan Solomon menyebabkan setidaknya 24 orang tewas dan lebih dari 5.400 orang kehilangan tempat tinggalnya. Jumlah korban tewas diduga masih akan bertambah. (AFP)

3 - Tentara Sri Lanka menyatakan berhasil merebut empat basis Macan Tamil dan menewaskan 23 pemberontak dalam bentrokan di bagian timur pulau itu semalam. (BBC News)

Senin, 2 April 2007[sunting | sunting sumber]

2 - Untuk kedua kalinya tentara Amerika Serikat yang kelelahan dikirim kembali ke Irak tanpa mendapatkan istirahat minimum satu tahun. Hal ini memperlihatkan betapa pasukan AS sangat kelelahan. (AP)

2 - Iran menyatakan keinginannya untuk menyelesaikan pertikaiannya dengan Britania tentang 15 pelaut dan marinir negara itu melalui jalur diplomasi, tanpa harus mengadili mereka. (Reuters)

2 - Presiden Ukraina Viktor Yushchenko membubarkan parlemen dan menyerukan diadakannya pemilihan umum dini. Namun para wakil rakyat mengatakan Yuschenko tak mempunyai basis hukum untuk mengambil keputusan itu. (AP)

2 - Ketua Dewan Perwakilan AS, Nancy Pelosi, mengabaikan kritik Gedung Putih atas rencana kunjungannya ke Suriah dan berharap bahwa ia akan menghidupkan kembali hubungan AS dengan negara itu dan mengubah perilakunya. (AP)

{{{title}}}
Kep. Solomon

2 - Gempa yang kuat di Pasifik Selatan dengan kekuatan 8 pada skala Richter menyebabkan gelombang tsunami di Gizo, Kepulauan Solomon, sehingga menghancurkan setidaknya satu desa dan menewaskan 12 orang. (Reuters)

2 - Reruntuhan salju menghantam rumah-rumah dari bata lumpur di Pakistan utara dan menewaskan 10 orang, hingga jumlah seluruh korban mencapai lebih dari 40 orang. (AFP)

Minggu, 1 April 2007[sunting | sunting sumber]

1 - Televisi Iran menampilkan gambar-gambar dua dari 15 pelaut dan marinir Britania yang ditahan, yang menyatakan mereka ditangkap setelah memasuki perairan Iran. Sementara itu, kantor Departemen Luar Negeri Britania langsung menolaknya dan mengatakan bahwa hal itu tak dapat diterima. (AP)

1 - Matthew Dowd, tokoh utama di balik strategi pemenangan George W. Bush dalam pemilu 2004, mengatakan bahwa ia telah kehilangan kepercayaannya terhadap Bush dalam berbagai masalah. (Reuters)

1 - Amerika Serikat dan Mesir mendesak Israel agar segera memulai percakapan dengan sebuah komite negara-negara Arab tentang bagaimana melangkah lebih jauh dalam proses perdamaian. (Reuters)

1 - Uni Eropa menyambut pembentukan pemerintahan sementara yang baru di Nepal dan mendesaknya agar mengembangkan perdamaian dan demokrasi. (AFP)