Agustus 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kunjungi halaman utama Portal Peristiwa Terkini
Kunjungi halaman utama Portal Peristiwa Terkini
Rabu,
03
April 2024
Rabu, 14.13 UTC
Rabu, 21.13 WIB
Rabu, 22.13 WITA
Rabu, 23.13 WIT

ProyekWiki

Anda dapat membantu Wikipedia memperbarui peristiwa terkini dengan bergabung ke ProyekWiki Peristiwa Terkini.

Ringkasan

2009: Jan · Feb · Mar · Apr · Mei · Jun · Jul · Agu · Sep · Okt · Nov · Des
2008: Jan · Feb · Mar · Apr · Mei · Jun · Jul · Agu · Sep · Okt · Nov · Des
2007: Jan · Feb · Mar · Apr · Mei · Jun · Jul · Agu · Sep · Okt · Nov · Des
2006: Jan · Feb · Mar · Apr · Mei · Jun · Jul · Agu · Sep · Okt · Nov · Des
2005: Jan · Feb · Mar · Apr · Mei · Jun · Jul · Agu · Sep · Okt · Nov · Des
2004: Nov · Des

Arsip otomatis

2024: Jan · Feb · Mar · Apr · Mei · Jun · Jul · Agu · Sep · Okt · Nov · Des
2023: Jan · Feb · Mar · Apr · Mei · Jun · Jul · Agu · Sep · Okt · Nov · Des
2022: Jan · Feb · Mar · Apr · Mei · Jun · Jul · Agu · Sep · Okt · Nov · Des
2021: Jan · Feb · Mar · Apr · Mei · Jun · Jul · Agu · Sep · Okt · Nov · Des
2020: Jan · Feb · Mar · Apr · Mei · Jun · Jul · Agu · Sep · Okt · Nov · Des
2019: Jan · Feb · Mar · Apr · Mei · Jun · Jul · Agu · Sep · Okt · Nov · Des

Kamis, 30 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

30 Agustus - Pihak Taliban di Afganistan telah membebaskan kesembilan belas sandera Korea Selatan, menyusul persetujuan Korea Selatan untuk menghentikan kegiatan misionaris serta menarik pasukannya di Afghanistan, dan kemungkinan membayar tebusan. (Al Jazeera English)

Rabu, 29 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

29 - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik H. Mardiyanto sebagai Menteri Dalam Negeri, menggantikan M. Ma'ruf yang tidak dapat melanjutkan tugas karena sakit. (presidensby.info)

Selasa, 28 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

{{{title}}}
Abdullah Gül

28 - Menteri Luar Negeri Abdullah Gül terpilih sebagai Presiden Turki dalam pemilihan putaran ketiga di Parlemen Turki. Sebelumnya pencalonannya dihambat oleh pihak sekuler, termasuk militer, yang mengkhawatirkan latar belakang Islam Gül serta kenyataan bahwa istrinya menggunakan hijab. (BBC News)

Senin, 27 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

27 - Tim karate Indonesia menarik diri dari kejuaraan karate Asia di Malaysia sebagai bentuk protes terhadap perlakuan anggota polisi setempat terhadap juri asal Indonesia, Donald Kolopita. Polisi Malaysia memukuli Donald tanpa sebab yang jelas sehingga yang bersangkutan menderita lebam di seluruh wajah, patah tulang rusuk dan alat vitalnya bengkak. (AFP melalui Yahoo! News)

Sabtu, 25 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

25 - Dua buah bom meledak pada malam hari di sebuah restoran keluarga dan sebuah arena outdoor di Hyderabad, India, menewaskan 42 orang. Kelompok Pejuang Muslim dituduh bertanggung jawab atas pengeboman tersebut. Peristiwa ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara kaum Hindu-Muslim di India Selatan (AP)

{{{title}}}
Yunani

25 - Setidaknya 41 orang tewas dalam dua kebakaran hebat di semenanjung Peloponnesia di selatan Yunani. Jumlah korban masih dapat bertambah seiring upaya pencarian yang dilakukan tim SAR. (AFP)

25 - Dalam acara perayaan 132 tahun penyebrangan pertama Selat Inggris, perenang asal Bulgaria Petar Stoychev menjadi perenang tercepat yang pernah melintasi selat tersebut. (Timed Finals)

Jumat, 24 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

24 - Mantan anggota Ku Klux Klan James Seale dihukum penjara seumur hidup akibat perannya dalam peristiwa pembunuhan dua pria kulit hitam di Mississippi, Amerika Serikat, pada tahun 1964. (Reuters via News Limited)

24 - Mengutip sebuah sumber "yang dapat dipercaya" dari Universitas Miami, harian Swedia Norra Skåne melaporkan bahwa pemimpin Kuba Fidel Castro telah meninggal dunia. (Norra Skåne)

Senin, 20 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

20 - China Airlines Penerbangan 120, meledak setelah mendarat di Bandar Udara Naha, Okinawa, Jepang dari Bandara Internasional Taoyuan Taiwan. Semua 165 penumpang dan awak pesawat selamat. (AP via Yahoo!)

Minggu, 19 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

19 - Petinju Indonesia Chris John berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu WBA setelah mengalahkan Zaiki Takemoto lewat kemenangan TKO pada ronde ke-9 pada pertandingan di Rokko Island, Kobe, Jepang. (detiksport.com)

Sabtu, 18 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

18 - Dua pembajak pesawat Atlasjet di Turki menyerahkan diri, setelah seluruh 136 penumpang dan awak pesawat tersebut berhasil melarikan diri dalam pendaratan darurat di Antalya, Turki. (BBC News)

Rabu, 15 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

15 - Banjir besar di selatan Korea Utara menyebabkan sedikitnya 600 orang tewas dan kerusakan pada sebagian wilayah pertanian yang paling produktif di negara tersebut.

15 - Gempa bumi dengan kekuatan 7,7 pada Skala Richter mengguncang 100 mil dekat kota Lima, Peru. (Fox News)

Senin, 13 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

13 - Sedikitnya 175 orang tewas dalam ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Kahtaniya, Irak Utara. (Reuters)

Sabtu, 11 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

11 - Sebuah ledakan dahsyat di Perumahan Anggrek, Pasuruan, Jawa Timur, menewaskan 3 orang. (Jawa Pos)

Kamis, 9 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

9 - Gempa bumi dengan kekuatan 7,5 pada Skala Richter terjadi di hampir sebagian besar pulau Jawa, sebagian kecil pulau Sumatra dan Bali. Gempa bumi ini juga dapat dirasakan di beberapa wilayah di Malaysia. Pusat gempa terletak pada kedalaman 290 km di bawah permukaan laut 75 km barat kota Indramayu, Jawa Barat. Tidak hanya di Jawa Barat tetapi pulau Bali pun terkena guncangannya. (DetikCom)

Jumat, 3 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

3 - Banjir besar melanda India, Nepal, dan Bangladesh, mengakibatkan korban jiwa 145 di India dan 65 di Bangladesh, serta membuat jutaan orang kehilangan rumah. (BBC/AFP via ABC News Australia)

Kamis, 2 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

2 - Sebuah gempa bumi dengan kekuatan 6,7 Skala Richter terjadi di bagian selatan Sakhalin, Rusia. Gempa ini juga mengakibatkan tsunami kecil di Hokkaido, Jepang. (Russian News and Information Agency)

Rabu, 1 Agustus 2007[sunting | sunting sumber]

1 - Jembatan Mississippi yang melintasi Sungai Mississippi di Minnesota, Amerika Serikat ambruk. Sedikitnya 4 orang tewas dan puluhan lainnya dinyatakan hilang. (CNN)