Asmuni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Asmuni
LahirToto Asmuni
(1932-06-17)17 Juni 1932
Diwek, Jombang
Meninggal21 Juli 2007(2007-07-21) (umur 75)
Trowulan, Mojokerto
PekerjaanAktor, pelawak
Tahun aktif1950 - 2007

Toto Asmuni (17 Juni 1932 – 21 Juli 2007[1][2]) adalah salah satu pelawak senior Indonesia yang berasal dari grup lawak Srimulat. Ia terkenal dengan "aksesori" kumis kecil ala Charlie Chaplin dan belangkonnya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Asmuni awalnya adalah seorang penyanyi. Kiprah menyanyinya banyak ia lakukan bersama orkes Angkatan Bersenjata. Pada tahun 1950 ia menyanyi bersama orkes Angkatan Darat dan kemudian diminta untuk membina orkes musik Angkatan Laut. Kiprah Asmuni di dunia tarik suara dibuktikan dengan piringan hitam yang sempat ia keluarkan yang berjudul Sungai Barito.

Terjun ke dunia komedi[sunting | sunting sumber]

Perkenalannya dengan dunia komedi dimulai saat dirinya bertemu dengan legenda komedi Bing Slamet saat ia masih membina orkes musik Angkatan Laut di Surabaya. Di saat itulah Asmuni banyak menimba ilmu dari Bing Slamet. Mereka kerap berkelakar dan bertukar pikiran. Namun beberapa saat kemudian Bing Slamet kembali ke Jakarta sedangkan Asmuni tetap memilih bermukim di kota Buaya. Lepas dari dinas di Angkatan Laut, Asmuni mulai tergoda untuk menekuni dunia lawak. Ia memutuskan untuk bergabung dengan grup lawak Lokaria pimpinan Amang Rahman. Dan ternyata banyak yang menganggap aksi Asmuni di panggung lucu.

Bergabung dengan Srimulat[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1976 aksi lawak Asmuni membuat pendiri Srimulat, Teguh tergoda untuk merekrutnya di Srimulat Surabaya. Nah di grup lawak legendaris inilah nama Asmuni semakin dikenal orang karena aksi lucunya. Celetukan-celetukannya yang segar selalu memancing gerr para penonton. Asmuni semakin populer saat dirinya memakai kumis tipis dan belangkon sebagai aksesorinya di panggung. Tak dinyana aksesori itulah yang menjadi ciri khasnya.

Hijrah ke Jakarta[sunting | sunting sumber]

Setelah lama malang melintang di Srimulat Surabaya, Asmuni memutuskan hijrah ke Jakarta dan bergabung bersama Srimulat Jakarta. Di Ibu kota inilah karier lawak asmuni makin bersinar terutama pada era 80-an. Tidak saja dunia lawak yang ia tekuni, dunia akting pun mulai ia rambah. Di antara film layar lebar yang sempat ia perankan adalah Asmuni Jadi Boss.

Saat panggung Srimulat di Taman Ria Senayan ditutup, Asmuni mulai konsentrasi pada bisnis rujak cingurnya di bilangan Slipi, Jakarta barat yang dahulunya sempat menjadi basecamp anggota Srimulat yang belum memiliki rumah. Nasib Srimulat mulai kembali terangkat saat grup lawak ini dipegang Jujuk. Di era 90-an inilah Srimulat kembali bangkit. Lewat binaan Agum Gumelar Srimulat mulai kembali digemari publik lewat tayangan Aneka Ria Srimulat di Indosiar. Bahkan program ini sempat mencatat fenomenal saat tayang 24 jam nonstop disaat hari raya Idul Fitri tahun 1996.

Setelah Aneka Ria Srimulat redup, Asmuni sempat memperkuat Ludruk Glamour yang nasibnya pun sama dengan Srimulat. Dan di akhir hayatnya Asmuni kembali menata bisnis warung rujak cingurnya di Slipi. Bahkan ia akhirnya membuka cabang di daerah Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur sampai akhir hayatnya.

Meninggal dunia[sunting | sunting sumber]

Asmuni meninggal pada tanggal 21 Juli 2007 di Trowulan dikarenakan mengeluh sakit gigi dan salah pemberian obat sakit gigi, jenazahnya dimakamkan di tanah kelahirannya di Kecamatan Diwek, Jombang.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Orang Kaya Kok Salah, Ha-ha-ha-ha-ha" Diarsipkan 2007-09-29 di Wayback Machine., Kompas, diakses Juli 2007
  2. ^ "Toto Asmuni". Diakses tanggal 2010-01-12.