Moshe Katsav

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Moshe Katsav
Presiden Negara Israel ke-8
Masa jabatan
1 Agustus 2000 – 1 Juli 2007
Didahului oleh Ezer Weizman
Digantikan oleh Shimon Peres
Informasi pribadi
Lahir Musā Qassāb
5 Desember 1945 (umur 69)
Yazd, Iran
Kebangsaan Israel
Partai politik Likud
Suami/istri Gila Katsav
Agama Yahudi
Sudah tidak aktif sejak 25 Januari 2007.

Dalia Itzik kemudian mengantikannya sebagai Pejabat Presiden. Shimon Peres dilantik menggantikannya pada 15 Juli 2007.

Moshe Katsav (Ibrani: מֹשֶׁה קַצָּב), (lahir 5 Desember 1945; umur 69 tahun dengan nama Mussa Ghassab ) tampil ke-8 sebagai Presiden Israel saat ini, suatu jabatan yang diperolehnya pada tahun 2000. Ia menikah dengan Gila Katsav.

Moshe Katsav (Ibrani: משה קצב, lahir Musā Qassāb (Persia: موسی قصاب) pada 5 Desember 1945) adalah mantan Presiden Israel dan anggota Knesset. Ia mengakhiri masa jabatan kepresidenannya akibat sebuah kontroversi atau perselisihan sejak 25 Januari 2007 hingga pengunduran dirinya pada 1 Juli 2007 atas tuduhan melakukan penyerangan seksual terhadap wanita.[1][2] Ia mundur dari kursi kepresidenan setelah berbulan-bulan ditekan berbagai pihak gara-gara skandal seks yang melibatkan dirinya. Katsav menyerahkan surat pengunduran diri kepada parlemen dan jabatannya kemudian diisi oleh Ketua Parlemen Israel Dalia Itzik. Ia menerima penangguhan vonis hukum penjara dan membayar kompensasi sekitar Rp 105 juta kepada dua wanita yang menggugatnya. Satu dari dua wanita bekerja untuk Katsav ketika ia menjabat menteri pariwisata pada akhir 1990-an. Tuduhan pemerkosaan akhirnya dicabut setelah menyetujui keringanan hukuman dengan syarat mengaku bersalah bahwa dirinya telah melakukan penyerangan seksual dan bersedia mundur dari jabatannya. Katsav juga mengakui telah melecehkan seorang saksi dan bersedia mengganti kerugian sebesar US$ 11.000 serta mengundurkan diri dari jabatannya. Keputusan ini menjadikan Katsav sebagai Presiden Israel pertama yang disidang karena isu pelecehan seksual. Bila terbukti bersalah melakukan pemerkosaan, Katsav kemungkinan dihukum tujuh tahun penjara. Hukuman maksimum bagi pemerkosa di Israel adalah 16 tahun.

Periode 1 Juli 2007-15 Juli 2007 sebelum Shimon Peres dilantik, Ketua Parlemen Dalia Itzik menggantikannya sebagai Pejabat Presiden.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Moshe Katsav

Moshe Katsav dilahirkan di Yazd, Iran. Ia pindah dengan keluarganya ke Teheran ketika ia masih kecil; pada Agustus 1951, mereka beremigrasi ke Israel. Ia menjadi anggota Partai Likud dan menjadi walikota Kiryat Malachi, sebuah kota kecil di Israel. Kemudian ia diangkat sebagai anggota Knesset.

Setelah menjadi Deputi Perdana Menteri pada pemerintahan Benjamin Netanyahu, Katsav bersaing dalam posisi presiden, berpacu melawan Shimon Peres. Dalam sebuah proses yang menakjubkan, ia mengalahkan Peres untuk menjadi presiden Israel, diangkat Knesset pada 31 Juli 2000. Ia mendapat 63 suara (melebihi 57 untuk Peres), 2 lebih daripada mayoritas yang dihendaki 61, dan disumpah pada 1 Agustus. Ialah Presiden Israel yang pertama kali telah disumpah selama masa 7 tahun dan juga kandidat pertama dari Partai Likud yang diangkat pada jabatan itu.

Kebijaksanaan Moshe Katsav ditujakan pada perbaikan penuh negara Yahudi, dan kolaborasi pada rencana jangka panjang untuk pembangunan negara Palestina. Di antara idenya ialah Tembok Tepi Barat untuk mengungkung orang Palestina dari luar.

Moshe Katsav menikah dengan Nyonya Gila Katsav dan memiliki 5 anak. Secara besar, jabatan Presiden Israel itu seremonial, dengan tanpa kekuatan eksekutif, menyelamatkan tahanan yang diampuni dan diringankan. Namun, tiap presiden menekankan aspek berbeda tentang peran selama masa jabatannya. Walau mengharapkan tetap netral dari politik Israel dan mewakili seluruh bangsa, kebanyakan presiden telah menunjukkan pandangan mereka dalam pernyataan atau perbuatan. Katsav mendukung 'rencana gencatan senjata' 2002 yang tak sukses antara Israel dan Palestina (ditolak PM saat itu Ariel Sharon) dan menolak mengampuni Yigal Amir, pembunuh PM Yitzhak Rabin.

Pada 8 April 2005 saat acara pemakaman Paus Yohanes Paulus II, ia duduk dekat presiden Mohammad Khatami. Ia adalah presiden Israel yang lahir di Iran, karena penataan kursi yang berdasarkan abjad. Katsav kemudian mengklaim berjabat tangan dan berbicara dengan Khatami. Aksi tersebut adalah kontak politik pertama antara kedua negara sejak 1979. Namun, Khatami membantah hal tersebut terjadi.

Skandal Seks[sunting | sunting sumber]

Pada 24 Januari 2007, pihak kejaksaan mengumumkan segera melayangkan tuntutan hukum terhadap dirinya atas kasus dugaan pemerkosaan, menyerang secara seksual, dan menyalahgunakan kekuasaan. Jaksa Agung Menachem Mazuz memberi kesempatan untuk hadir dalam dengar pendapat sebelum tuntutan diajukan kejaksaan. Atas kasus itu, ia didesak untuk mengundurkan diri dan jika terbukti bersalah bisa dihukum penjara selama 20 tahun.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Tempo 30 Juni 2007 yang diterjemahkan dari AFP
  • Kompas 29 Juni 2007 yang diterjemahkan dari AFP
Didahului oleh:
Ezer Weizman
Presiden Israel
2000—2007
Diteruskan oleh:
Shimon Peres