Abdullahi Yusuf Ahmed

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Abdullahi Yusuf Ahmed
Presiden Somalia ke-8
Masa jabatan
14 Oktober 2004 – 29 Desember 2008
Perdana Menteri Muhammad Abdi Yusuf
Ali Muhammad Ghedi
Salim Aliyow Ibrow
Nur Hassan Hussein
Mohamoud Mohamed Gacmodhere (Tidak diakui)
Didahului oleh Abdiqasim Salad Hassan
Digantikan oleh Adan Mohamed Nuur Madobe (Pjs)
Informasi pribadi
Lahir 15 Desember 1934 (umur 79)
Galkacyo, Mudug, Somalia
Kebangsaan  Somalia
Partai politik TFG
Agama Islam

Abdullahi Yusuf Ahmed (bahasa Somali: Cabdulaahi Yuusuf Axmed) (lahir di Galkacyo, Mudug, 15 Desember 1934; umur 79 tahun) adalah Presiden Transisi Somalia sejak 14 Oktober 2004 hingga 29 Desember 2008. Ia terpilih pada sebuah sesi dalam sidang parlemen sementara di sebuah gedung di Nairobi, ibukota Kenya pada 10 Oktober 2004 dan diambil sumpahnya pada 14 Oktober 2004.

Sejak pemilihannya itu, ia tinggal di Kenya. Pemilihan dilakukan di Kenya karena keamanan di Somalia sangat tidak terjamin. Presiden berjanji untuk menciptakan rekonsiliasi dan memulai proses pembangunan kembali negaranya. Namun pemerintahannya telah dilanda oleh pertikaian internal.

Khususnya Yusuf berbeda pendapat dengan sejumlah jawara perang dan anggota pemerintahan tentang di mana pemerintahannya harus dipusatkan. Presiden dan perdana menteri menentang pemindahan ibukota ke Mogadishu, sambil menyebutkan alasan-alasan keamanan. Pada 14 Juli 2006, pemerintah sementara yang nyaris tak berdaya menolak mengirimkan juru runding dan berbicara dengan kelompok aliansi Islam yang telah mengambil alih kontrol atas hampir seluruh wilayah selatan Somalia. Pemerintah menuduh aliansi itu melalukan pembunuhan warga sipil dalam pertempuran dan didukung pihak asing.

Pertikaian lainnya menyangkut kemungkinan pembentukan pasukan asing pemelihara perdamaian - khususnya dengan mengikutsertakan pasukan-pasukan Ethiopia. Ethiopia telah dituduh mendukung para jawara perang Somali lawannya untuk tetap membuat negara itu lemah.

Yusuf yang pernah menjadi perwira tentara dan pemimpin faksi, pernah memimpin sebuah gerakan gerilya pada tahun 1970-an. Diktator Somali Siad Barre kemudian dijatuhkan pada tahun 1991.

Pada era 1990-an, Yusuf muncul pemimpin terkemuka di daerah Puntland tempat kelahirannya. Ia menyatakan daerah itu otonom pada 1998. Konon kepemimpinannya bersifat otoriter. Namun ia ikut memindahkan Badan-badan Federal Transisi bersama-sama dengan perdana menterinya, Ali Mohammed Ghedi dan Ketua Parlemen Sharif Adan dari Nairobi ke kota Mogadishu dan Jowhar.

Kepada parlemen, ia menjelaskan bahwa Eritrea (negara tetangga Somalia) telah mempersenjatai dan melatih aliansi Islam. Dikatakan, para pejuang aliansi juga berhasil merebut wilayah terbesar di selatan Somalia dengan bantuan pasukan asing. Pembicaraan yang disponsori Liga Arab dirancang untuk dilanjutkan di Khartoum (ibukota Sudan) pada 15 Juli 2006. Tujuannya untuk mengembalikan fungsi pemerintah pusat yang sudah terkoyak. Pada 7 Agustus 2006, ia membubarkan kabinet yang dianggap tidak efektif.

Jabatan politik
Didahului oleh:
Abdiqasim Salad Hassan
Presiden Somalia
14 Oktober 200429 Desember 2004
Diteruskan oleh:
Adan Mohamed Nuur Madobe
(Pejabat Sementara)