Siad Barre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Siad Barre
Presiden Somalia Ke-3
Masa jabatan
21 Oktober 1969 – 26 Januari 1991
Didahului oleh Abdirashid Ali Shermarke
Digantikan oleh Ali Mahdi Muhammad
Informasi pribadi
Lahir 1919
Flag of Ethiopia.svg Shilabo, Ethiopia
Meninggal 2 Januari 1995
Flag of Nigeria.svg Lagos, Nigeria
Kebangsaan somali
Partai politik Partai Sosialis Revolusioner Somali
Suami/istri Khadija Maalin and Dalyad Haji Hashi[1]
Agama Islam

Mohamed Siad Barre (bahasa Somali: Maxamed Siyaad Barre) (1919, Shilaabo, Ogaden2 Januari 1995, Lagos, Nigeria) adalah Kepala Negara Somalia periode 1969 - 1991. Ia adalah mantan presiden yang berhaluan sosialis dan bertugas sebagai komandan tentara dalam pemerintahan demokratik Somalia.

Karier kemiliteran Barre bermula saat ia bergabung dengan kepolisian kolonial Italia. Anak yatim piatu ini sebelumnya hidup sehari-hari sebagai penggembala. Beberapa ilmu kemiliteran dituntutnya di Italia. Ia menjadi Wakil Komandan Tentara Somalia saat merdekanya wilayah tersebut dari Italia pada 1960. Barre menyokong tipe pemerintahan Marxisme ala Uni Soviet setelah berinteraksi dengan kader-kader Soviet saat latihan militer bersama pada awal 1960-an.

Pada 1969, menyusul terjadinya kekosongan kekuasaan pascapembunuhan Presiden Abdirashid Ali Shermarke, oknum militer yang dipimpin oleh Barre melancarkan kudeta. Barre kemudian diangkat sebagai Presiden dan memimpin negara itu untuk 22 tahun ke depan. Semasa pemerintahannya, ia mencoba membangun pemujaan kepribadian; poster-poster bergambar dirinya mudah ditemui di Kota Mogadishu pada saat itu.

Semasa Perang Dingin, Uni Soviet dan Amerika Serikat berminat besar untuk menguasai wilayah Somalia karena lokasinya yang strategis sebagai pintu masuk menuju Laut Merah. Pemerintahan Barre awalnya didukung oleh Uni Soviet, namun dibatalkan pada 1977 menyusul upaya Somalia untuk menganeksasi wilayah Ogaden milik Ethiopia. AS menggantikan peran Uni Soviet sebagai pendukung kuat pemerintahan Barre hingga 1989 dengan memberikan dana ekonomi dan militer sebesar ±100 juta dolar AS per tahun.

Dukungan terhadap pemerintahan Barre secara domestik berasal dari jalinan antar-etnis dan -suku. Pada pertengahan 1980-an, beberapa kelompok musuh berhasil menguasai sebagian wilayah, terutama di daerah Somalia bagian utara (kini wilayah Somaliland). Barre lalu melancarkan serangkaian serangan balasan. Menurut laporan Africa Watch tahun 1990, sekitar 50.000-60.000 orang tewas akibat aksi perlawanan antara tahun 1988 dan 1990. Barre akhirnya terguling dari kekuasaannya pada 26 Januari 1991. Penggantinya sebagai presiden ialah Ali Mahdi Muhammad hingga November 1991, tetapi pemerintahan Ali Mahdi sendiri tidak berhasil menguasai wilayah Somalia secara efektif.

Setelah meninggalkan Mogadishu pada Januari 1991, Barre menetap sementara di wilayah barat daya yang dikuasai menantunya Mohamed Said Hersi. Barre dua kali berusaha mengambil-alih Mogadishu, tetapi ia kewalahan menghadapi tentara pimpinan Ali Mahdi, lalu mengasingkan diri pada Mei 1992. Keinginan untuk tinggal di Nairobi, Kenya gagal setelah kelompok-kelompok oposisi setempat memprotes kehadirannya dan lebih mendukung pemerintah Kenya. Akhirnya Barre menetap di Nigeria dua pekan kemudian. Pada 2 Januari 1995, ia meninggal di Kota Lagos akibat serangan jantung. Jenazahnya dimakamkan di Somalia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Abdirashid Ali Shermarke
Presiden Somalia
1969 – 1991
Diteruskan oleh:
Ali Mahdi Muhammad
Jabatan diplomatik
Didahului oleh:
Yakubu Gowon
Ketua Uni Afrika
1974-1975
Diteruskan oleh:
Idi Amin