Abdelaziz Bouteflika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Abdelaziz Bouteflika
عبد العزيز بوتفليقة
Presiden Aljazair
Petahana
Mulai menjabat
27 April 1999
Perdana Menteri Smail Hamdani
Ahmed Benbitour
Ali Benflis
Ahmed Ouyahia
Abdelaziz Belkhadem
Ahmed Ouyahia
Abdelmalek Sellal
Didahului oleh Liamine Zéroual
Informasi pribadi
Lahir 2 Maret 1937 (umur 77)
Oujda, Maroko Perancis
Partai politik Front Pembebasan Nasional
Suami/istri Amal Triki
Agama Islam Sunni

Abdelaziz Bouteflika (Tentang suara ini pengucapan ; bahasa Arab: عبد العزيز بوتفليقة [ʕaːbd lʕziz butfliqa]; lahir 2 Maret 1937; umur 77 tahun) adalah seorang politikus Aljazair yang telah menjadi Presiden Aljazair sejak tahun 1999.[1] Sebelumnya dia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dari tahun 1963 hingga 1979. Sebagai Presiden, dia memimpin akhir Perang Saudara Aljazair pada tahun 2002, dan mengakhiri kekuasaan darurat pada Februari 2011 di tengah kerusuhan regional. Dia juga menjabat sebagai Presiden Majelis Umum PBB.

Protes di Aljazair berlangsung antara tahun 2010 dan 2012; pengunjuk rasa menuntut perubahan rezim, serta solusi untuk masalah pengangguran, korupsi, pembatasan kebebasan berbicara, dan kondisi hidup yang buruk. Selama perang saudara Libya, Bouteflika menolak untuk mengizinkan pesawat koalisi untuk melewati wilayah udara Aljazair.[2]

Pada November 2012 ia mengungguli Houari Boumédienne sebagai Presiden terlama Aljazair.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Abdelaziz Bouteflika dilahirkan pada tanggal 2 Maret 1937 Oujda, Maroko.[3][4]

Ia merupakan anak pertama ibunya dan anak kedua Ayahnya. Kakak perempuannya yang merupakan saudar tiri bernama Fatimah. Ayahnya (Ahmed Bouteflika)serta ibunya (Mansouria Ghezlaoui) berasal dari provinsi Tlemcen. [4] Bouteflika memiliki 3 orang saudara tiri (Fatimah, Yamina, dan Aïcha), 4 orang saudara laki-laki (Abdelghani, Mustapha, Abderahim and Saïd), dan satu orang saudara perempuan (Latifah).

Abdelaziz Bouteflika menikah pada Agustus 1990 dan belum/tidak memiliki anak dari pasangan hidupnya. Istrinya, Amal Triki adalah putri mantan diplomat (Yahia Triki).

Abdelaziz Bouteflika adalah pemimpin Perang Kemerdekaan Aljazair dan pernah menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga saat kemerdekaan Aljazair pada 1962. Pada tahun berikutnya, ia diangkat sebagai Menteri Luar Negeri dan menjadi anggota dewan perwakilan di lembaga legislatif. Selama masa jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri, Al-Jazair menjadi anggota yang sangat terkemuka pada masyarakat internasional dan dihormati sebagai pemimpin GNB bagi bangsa-bangsa yang tak menghendaki ambil bagian pada blok barat (Amerika Serikat) yang kapitalis maupun blok timur (Uni Soviet) yang sosialis. Pada 1965, ia dipromosikan sebagai pimpinan organizer group plotted coup d'êtat oleh Ahmed Ben Bella. Ia berhenti sebagai Menteri Luar Negeri pada 1979 setelah kehilangan tawaran untuk menggantikan Presiden Houari Boumédiènne.

Antara 1981-1987, ia dibuang karena dugaan korupsi sebagaimana yang dikatakan lawan-lawan politiknya, namun kembali setelah kasus itu gugur. Ia menandatangani protes menghadapi kebrutalan pemerintah yang dinyatakan pada 1988 dan menjadi pusat perhatian.

Pada 1999, ia menuju kursi kepresidenan dan diangkat sebagai calon bebas, dengan 74% suara, menurut yang berwenang. Seluruh calon lainnya telah menarik diri dari pemilihan, menyebutkan keprihatinan penipuan. Lalu Bouteflika mengatur referendum pada kebijakannya buat memulihkan perdamaian dan keamanan di al-Jazair dan menguji dukungannya di antara orang senegerinya setelah perebutan pemilihan dan menang dengan 81% suara.

Pada 8 April 2004, si presiden sekuler ini diangkat kembali dengan 85% dalam suatu pemilihan yang dikatakan pengamat sebagai contoh demokrasi di dunia Arab, saat rebutan dengan saingannya dan mantan Kepala Staf Ali Benflis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Introduction ::Algeria". 
  2. ^ http://en.rian.ru/world/20110421/163633415.html
  3. ^ Roger East, Richard Thomas (2003). Profiles of people in power: the world's government leaders. Europa Publications. hlm. 7. ISBN 1-85743-126-X. 
  4. ^ a b Dalila Belkheir and Khadidja B. "Bouteflika : Maquisard, Ministre et Président de la république". Ennahar Online. Diakses 27 August 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Liamine Zéroual
Presiden Aljazair
1999–sekarang
Petahana
Jabatan diplomatik
Didahului oleh:
Leopoldo Benites
Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa
1974–1975
Diteruskan oleh:
Gaston Thorn
Didahului oleh:
Blaise Compaoré
Ketua Organisasi Kesatuan Afrika
1999–2000
Diteruskan oleh:
Gnassingbé Eyadéma