Denis Sassou-Nguesso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Denis Sassou-Nguesso
Presiden Republik Kongo
Petahana
Mulai menjabat
25 Oktober 1997
Perdana Menteri Isidore Mvouba
Didahului oleh Pascal Lissouba
Masa jabatan
8 Februari 1979 – 31 Agustus 1992
Perdana Menteri Louis Sylvain Goma
Ange Édouard Poungui
Alphonse Poaty-Souchlaty
Pierre Moussa
Louis Sylvain Goma
André Milongo
Didahului oleh Jean-Pierre Thystère Tchicaya (Penjabat)
Digantikan oleh Pascal Lissouba
Informasi pribadi
Lahir 23 November 1943 (umur 71)
Edou, Persekutuan Afrika Perancis Khatulistiwa
(kini Kongo-Brazzaville)
Partai politik Partai Buruh Kongo
Suami/istri Antoinette Sassou Nguesso
Agama Katolik Roma

Denis Sassou-Nguesso (lahir 23 November 1943; umur 71 tahun) adalah seorang politikus Kongo yang telah menjadi Presiden Republik Kongo sejak tahun 1997, ia sebelumnya juga pernah menjadi Presiden dari tahun 1979 hingga 1992. Selama periode pertamanya sebagai Presiden, ia memimpin rezim partai tunggal, Partai Buruh Kongo (PCT) selama 12 tahun. Di bawah tekanan berat, ia memperkenalkan sistem multipartai pada tahun 1990 dan kemudian kekuasaan eksekutifnya dilucuti oleh Konferensi Nasional 1991, yang tersisa Presiden hanyalah kepala negara seremonial belaka. Dia mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 1992 namun kalah, hanya menempati urutan ketiga.

Sassou-Nguesso adalah pemimpin oposisi selama lima tahun sebelum ia kembali berkuasa pada akhir perang saudara Juni-Oktober 1997, di mana pasukan pemberontak menggulingkan Presiden Pascal Lissouba. Setelah masa transisi, ia memenangkan pemilihan presiden 2002, yang tidak memiliki partisipasi oposisi yang berarti, ia kembali terpilih dalam keadaan yang kontroversial pada pemilihan presiden 2009.

Sassou Nguesso didukung oleh berbagai partai politik, yang paling penting di antaranya adalah PCT. Dia adalah Presiden dari Komite Sentral PCT.

Dugaan korupsi[sunting | sunting sumber]

Pada Juni 2007, Sassou-Nguesso, bersama dengan Presiden Gabon, Omar Bongo, sedang diselidiki oleh polisi Perancis karena klaim bahwa ia telah menggelapkan dana publik untuk memperoleh properti mewah di Perancis. Dia telah disebut dalam beberapa tahun terakhir selama penyelidikan kriminal pungutan liar ratusan juta euro oleh Elf Aquitaine, bekas perusahaan minyak milik negara Perancis.[1]

Pada bulan Juli 2007, LSM Inggris, Global Witness menerbitkan dokumen yang menunjukkan bahwa putra presiden, Denis Christel Sassou Nguesso, mungkin telah menghabiskan uang ratusan ribu dolar yang mungkin berasal dari penjualan minyak negara itu untuk berbelanja di Paris dan Dubai.[2] Dokumen-dokumen itu menunjukkan bahwa pada bulan Agustus 2006 saja, Denis Christel, menghabiskan $ 35.000 untuk pembelian dari desainer seperti Louis Vuitton dan Roberto Cavalli.[3] Upaya yang dilakukan oleh Schillings Solicitors untuk menekan informasi ini gagal dilaksanakan.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Jean-Pierre Thystère Tchicaya
Penjabat
Presiden Kongo-Brazzaville
1979–1992
Diteruskan oleh:
Pascal Lissouba
Didahului oleh:
Pascal Lissouba
Presiden Kongo-Brazzaville
1997–sekarang
Petahana
Jabatan diplomatik
Didahului oleh:
Abdou Diouf
Ketua Uni Afrika
1986–1987
Diteruskan oleh:
Kenneth Kaunda
Didahului oleh:
Olusegun Obasanjo
Ketua Uni Afrika
2006–2007
Diteruskan oleh:
John Kufuor