Presiden Aljazair

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bendera Aljazair
Abdelaziz Bouteflika menjabat Presiden sejak 27 April 1999

Presiden Aljazair adalah kepala negara dan kepala eksekutif di Aljazair, serta Panglima-in-Chief angkatan bersenjata Aljazair.

Sejarah Jabatan[sunting | sunting sumber]

Program Tripoli yang berfungsi sebagai konstitusi Aljazair ketika memenangkan dalam perang kemerdekaan dari Perancis pada 1962 membentuk jabatan Presiden sebagai kepala negara dengan Perdana Menteri membantu dalam menjalankan pemerintahan negara. Manuver politik internal menghasilkan konstitusi baru pada 1963 yang menghapuskan posisi Perdana Menteri dan devolusi semua kekuasaan eksekutif pada jabatan Presiden. Selama empat dekade pertama kemerdekaan pemerintahan negara dikendalikan satu partai oleh Front Pembebasan Nasional atau FLN. Presiden diadakan oleh suksesi anggota FLN; Ahmed Ben Bella, Houari Boumedienne dan Chadli Bendjedid. Konstitusi ditulis pada 1976 guna mempertahankan kekuasaan eksekutif Kepresidenan, tetapi modifikasi 1979 dilucuti kepala status pemerintah dari kantor.

Menjelang akhir tahun 1980-an, ada liberalisasi rezim FLN. Namun, ketika Front Penyelamatan Islam memenangkan pemilihan parlemen pada 1991, Chadli dipaksa militer untuk membubarkan parlemen dan Bendjedid mengundurkan diri pada tanggal 11 Januari 1992. Militer mengumumkan keadaan darurat dan mengambil alih pemerintahan negara, mendirikan lima anggota Dewan Tinggi Negara. Dewan menunjuk seorang Presiden, Muhammad Boudiaf untuk mengambil jabatan pada jangka waktu tiga tahun untuk memfasilitasi transfer kembali ke pemilihan normal ke posisi presiden. Namun, Boudiaf dibunuh dan digantikan oleh Ali Kafi. Sementara negara itu mengalami masa perang sipil, antara pemerintah militer dan gerilyawan Islam. Kafi diganti pada 1994 berdasarkan Liamine Zeroual yang disebut pertama pemilu ini dalam 1995, memenangkan jangka lima-tahun penuh dengan mudah yang disengketakan di pemilu sebagai perang saudara. Ia menyebut pemilu lain di awal 1999, dengan pemberontakan Islam sebagian besar ditekan. Abdelaziz Bouteflika memenangkan pemilu 1999 setelah semua kandidat lainnya mundur. Dia memenangkan pemilihan ulang pada tanggal 8 April 2004 dalam pemilihan yang juga diperdebatkan dan menang lagi pada pemilu 2009 yang relatif tak tertandingi; berakhir masa jabatannya pada 2014.

Daftar Presiden Aljazair, 1962-Sekarang[sunting | sunting sumber]

Hasil Pemilu[sunting | sunting sumber]

Templat:Pemilihan Umum Presiden Aljazair, 2009

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]