Yayi Boni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Thomas Yayi Boni
Thomas Yayi Boni taking the oath of office as President of Benin
Presiden Benin
Masa jabatan
6 April 2006 – Sekarang
Didahului oleh Mathieu Kérékou
Digantikan oleh Sedang Menjabat
Informasi pribadi
Lahir 1952
Tchaourou, Dahomey
Partai politik Independen
Suami/istri Chantal Boni
Agama Protestan[1]

Dr. Thomas Yayi Boni (lahir 1952) adalah seorang banker dan politikus Beninois serta Presiden Benin saat ini. Ia mulai menjabat sejak 6 April 2006 setelah memenangi pemilu pada tahun 2006.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Boni dilahirkan di Tchaourou, di Borgou Department di Benin utara, yang saat itu adalah koloni Perancis yang disebut Dahomey. Ia belajar di ibu kota regional, Parakou, dan belakangan belajar ekonomi di Universitas Nasional Benin. Ia belajar perbankan di Universitas Cheikh Anta Diop di Dakar, Senegal, dan belakangan ekonomi dan politik di Universitas Orleans do Perancis dan di Universitas Paris, hingga selesai dengan gelar doktor pada 1976.

Dari 1980 hingga 1988 Boni bekerja untuk Bank Sentra Negara-negara Afrika Barat (BCEAO), dan menjadi Wakil Direkturnya, dengan basisnya di Dakar. Pada 1988 ia menjadi Wakil Direktur untuk Pengembangan Profesional di Pusat Studi Perbankan Afrika Barat, juag di Dakar. Dari 1992 hingga 1994 ia bekerja di kantor Presiden Benin, Nicéphore Soglo, menangani kebijakan moneter dan perbankan. Akhirnya pada 1994 ia diangkat menjadi Presiden Bank Pembangunan Afrika Barat (BOAD). Untuk pekerjaannya dalam pembangunan Afrika Barat, ia diangkat menjadi Chevalier de l'Ordre National de Mérite dari Republik Perancis.

Pada putaran pertama pemilihan presiden pada 5 Maret, Boni memperoleh 32 persen suara. Penantangnya yang terdekat, Adrien Houngbédji dari Partai Pembaruan Demokratis, memperoleh 25 persen. Sejumlah 26 orang kandidat ikut serta dalam pemilu tersebut, yang dilaporkan berlangsung damai dan adil. Putaran kedua dilangsungkan antara Boni dan Houngbédji pada 19 Maret; Boni menang dengan hampir 75 persen suara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Mathieu Kérékou
Presiden Benin
6 April 2006-
Petahana