Voice of America

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Voice of America
JenisPenyiar internasional
NegaraAmerika Serikat
Didirikan1 Februari 1942; 82 tahun lalu (1942-02-01)
MarkasWilbur J. Cohen Federal Building, Washington, D.C.
PemilikBadan Media Global Amerika Serikat
Situs resmi
voanews.com
Kantor pusat Voice of America di Washington, D.C.

Voice of America atau VOA (bahasa Indonesia: Suara Amerika) adalah penyiar internasional multimedia milik pemerintah Amerika Serikat, yang menyiarkan beragam program dalam 53 bahasa sejak tahun 1942. Berpusat di Washington, D.C., VOA memiliki ratusan koresponden dan jaringan stringer yang tersebar di seluruh dunia. VOA menyiarakan lebih dari 1000 jam program berita, informasi, pendidikan, dan budaya setiap minggu ke lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia. Selain itu VOA juga meyebarluaskan misinya lewat jaringan stasiun afiliasi, yakni stasiun lokal tersebar di ribuan kota, sehingga mampu mencapai lebih dari 93 juta pendengar di dunia.

VOA didirikan pada tahun 1942,[1] dan piagam VOA (Public Laws 94-350 dan 103-415)[2] disahkan pada tahun 1976 oleh Presiden Gerald Ford. Piagam tersebut berisi misi lembaga ini "untuk menyiarkan berita dan informasi yang akurat, berimbang, dan komperhensif kepada seluruh pemirsa internasional", serta menyatakan standar legal dalam kode jurnalistik VOA.[3]

VOA berkantor pusat di Washington, D.C. dan diawasi oleh Badan Media Global Amerika Serikat, sebuah badan independen milik pemerintah Amerika Serikat.[4] Pendanaan lembaga ini diatur secara tahunan oleh Kongres di bawah anggaran bagi kedutaan besar dan konsulat. Pada 2016, VOA menyiarkan sekira 1.800 jam pemrograman radio dan TV setiap minggu hingga kira-kira 236,6 juta orang di seluruh dunia dengan sekitar 1.050 pegawai dan anggaran tahunan yang didanai wajib pajak sebesar US$218,5 juta.[3][5]

Ketersediaan bahasa[sunting | sunting sumber]

Situs web Voice of America memiliki lima penyiaran berbahasa Inggris sejak 2014 (seluruh dunia, Special English, Kamboja, Zimbabwe dan Tibet). Sebagai tambahan, situs web VOA memiliki versi dalam 42 bahasa dunia (program radio ditandai dengan simbol bintang; program TV dengan simbol tambah):

Jumlah ketersediaan bahasa bervariasi menurut prioritas pemerintah Amerika Serikat serta situasi dunia.[6]

VOA bahasa Indonesia[sunting | sunting sumber]

VOA Indonesia dalam bahasa Inggris dikenal sebagai the Indonesian Service of the Voice of America. Program bahasa Indonesia VOA ini merupakan salah satu siaran bahasa asing dari Divisi Asia Timur dan Pasifik di VOA. Siaran Bahasa Indonesia VOA telah mengudara sejak tahun 1942. Kini siaran VOA Indonesia dapat diikuti melalui radio, televisi dan internet. VOA Indonesia dipimpin oleh seorang Kepala Siaran Bahasa Indonesia, dan memiliki sekitar 43 pegawai tetap dan 20 pekerja honorer.

VOA Indonesia menyediakan informasi perkembangan terkini tentang Amerika, Indonesia dan berita internasional lainnya, serta program hiburan musik dan film, dan juga pelajaran Bahasa Inggris.

Agensi[sunting | sunting sumber]

Voice of America merupakan bagian dari beberapa agensi. Sejak didirikan tahun 1942 hingga 1945, lembaga ini merupakan bagian dari Kantor Informasi Perang (Office of War Information), lalu sejak 1945 hingga 1953 sebagai bagian dari Departemen Negara. VOA ditempatkan di bawah Badan Informasi Amerika Serikat (U.S. Information Agency) tahun 1953. Ketika USIA dibubarkan tahun 1999, VOA ditempatkan di bawah Dewan Gubernur Penyiaran (Broadcasting Board of Governors), atau BBG, yang merupakan badan pemerintah otonom Amerika Serikat, dengan keanggotaan bipartisan. Sekretaris Negara memiliki kursi di BBG.[7] BBG didirikan sebagai penyangga untuk melindungi VOA dan penyiar internasional yang disponsori Amerika Serikat dari gangguan politik. Dewan tersebut menggantikan Dewan Penyiaran Internasional (Board for International Broadcasting; BIB) yang mengawasi pendanaan dan operasi Radio Free Europe/Radio Liberty, cabang VOA.[8].

Piagam VOA[sunting | sunting sumber]

"Kepentingan jangka panjang Amerika Serikat tercapai lewat komunikasi dengan rakyat seluruh dunia melalui radio. Supaya efektif, VOA berusaha membangun reputasi yang baik dan mendapat perhatian pendengarnya. Prinsip-prinsip berikut ini akan senantiasa menjadi pedoman siaran VOA:

  1. VOA senantiasa merupakan sumber berita yang konsisten, andal, dan bisa dipercaya. Berita VOA akurat, obyektif dan menyeluruh
  2. VOA mewakili Amerika, bukan golongan tertentu saja, dan oleh karena itu akan menyajikan secara berimbang dan menyeluruh refleksi pemikiran Amerika yang signifikan
  3. VOA akan menyajikan kebijakan Amerika Serikat secara jelas dan efektif, dan juga akan menyuguhkan diskusi dan opini yang bertanggung jawab sehubungan dengan kebijakan itu."

Ruang redaksi[sunting | sunting sumber]

Ruang redaksi pusat Voice of America memiliki ratusan jurnalis dan puluhan koresponden dalam dan luar negeri, yang merupakan pegawai pemerintah Amerika Serikat atau pekerja honorer. Mereka ditambah oleh ratusan koresponden kontrak dan stringer di seluruh dunia, yang mengerjakan produksi bahasa Inggris atau salah satu bahasa siaran radio dan televisi VOA lainnya.

Pada akhir 2005, VOA menggeser beberapa operasional pusat-berita ke Hong Kong yang mengontrak penulis untuk bekerja dari kantor "virtual" dengan rekan-rekannya pada waktu paruh kerja semalam di Washington, D.C., tetapi operasi ini dihentikan pada awal 2008.

Frekuensi gelombang pendek[sunting | sunting sumber]

Pada Desember 2014, jumlah pemancar dan frekuensi yang digunakan oleh VOA telah sangat berkurang. VOA masih menggunakan transmisi gelombang pendek untuk mencakup beberapa wilayah Afrika dan Asia. Siaran gelombang pendek masih berlangsung dalam bahasa-bahasa ini: Afaan Oromoo, Amharik, Bambara, Kanton, Tionghoa, Inggris, Indonesia, Korea, dan Swahili.

Jadwal program Shortwave Radiogram[sunting | sunting sumber]

Sumber:[9]
Hari Waktu (UTC) Frekuensi Gelombang Pendek (MHz) Asal
Sabtu 16:00–16:30 9.4 Space Line, Bulgaria
Minggu 06:00–06:30 7.73 WRMI, Florida
Minggu 20:30–21:00 11.58 WRMI, Florida
Minggu 23:30–00:00 11.58 WRMI, Florida

Fasilitas pemancaran[sunting | sunting sumber]

Salah satu fasilitas pemancar radio VOA awalnya berbasis di sebuah lokasi seluas 625-ekar (2,53 km2) di Union Township (sekarang West Chester Township) di Butler County, Ohio, dekat Cincinnati. Situs ini sekarang menjadi taman rekreasi dengan danau, pemondokan, taman anjing, dan museum Voice of America. Stasiun Relai Bethany beroperasi sejak 1944 hingga 1994.[10] Bekas lokasi pemancar lainnya termasuk California (Dixon, Delano), Hawaii, Okinawa, (Monrovia) Liberia, Kosta Rika, Belize, dan setidaknya dua di Yunani.

Antara tahun 1983 dan 1990, VOA melakukan peningkatan signifikan pada fasilitas transmisi di Botswana, Maroko, Thailand, Kuwait, dan Sao Tome.[11]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ VOA Public Relations. "Mission and Values". InsideVOA.com (dalam bahasa Inggris). Voice of America. Diakses tanggal 10 Agustus 2017. 
  2. ^ 90 Stat. 823, 108 Stat. 4299
  3. ^ a b VOA Public Relations (5 Desember 2016). "The Largest U.S. International Broadcaster" (PDF). VOANews.com (dalam bahasa Inggris). Voice of America. Diakses tanggal 11 Agustus 2017. 
  4. ^ VOA Public Relations. "VOA Charter". InsideVOA.com (dalam bahasa Inggris). Voice of America. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 November 2016. 
  5. ^ Borchers, Callum (26 Januari 2017). "Voice of America says it won't become Trump TV". The Washington Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 11 Agustus 2017. 
  6. ^ "FAQs, How do you make decisions to cut or add languages or programs?". bbg.gov. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Desember 2014. Diakses tanggal 3 Desember 2014. 
  7. ^ Rugh (2006), hlm. 14
  8. ^ Raghavan, Sudarsan V., Stephen S. Johnson, and Kristi K. Bahrenburg. "Sending cross-border static: on the fate of Radio Free Europe and the influence of international broadcasting," Journal of International Affairs, Vol. 47, 1993, diakses tanggal 25 Maret 2011.
  9. ^ "Shortwave Radiogram Tumblr Site". swradiogram.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 27 Juni 2017. 
  10. ^ "Voice of America - Ohio History Central". www.ohiohistorycentral.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2 Desember 2019. 
  11. ^ "VOA Through the Years". VOA (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2 Desember 2018. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]