TeleSUR

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Artikel ini tidak sama dengan Canal Sur

TeleSUR
Jenis Jaringan televisi
Slogan "Nuestro Norte es el Sur" (bahasa Spanyol untuk "Utara Kami adalah Selatan")
Negara Venezuela
Tanggal siaran perdana 24 Juli 2005
Tanggal peluncuran 24 Juli, 2005
Pemilik Venezuela, Argentina, Kuba, dan Uruguay
Tokoh kunci Andrés Izarra, Presiden
Situs web resmi http://www.telesurtv.net/

Televisora del Sur (bahasa Spanyol untuk "Stasiun Televisi Selatan"), yang disingkat teleSUR, adalah sebuah jaringan televisi pan-Amerika Latin yang berbasis di Caracas, Venezuela. Stasiun ini memulai siaran dengan jadwal terbatas pada 24 Juli 2005, sementara siaran penuh dimulai pada 31 Oktober 2005.

Struktur[sunting | sunting sumber]

TeleSUR yang diusulkan oleh Presiden Venezuela Hugo Chávez, dimaksudkan sebagai saingan dari jaringan swasta populer di Amerika Selatan seperti CNN en Español dan Univisión. Jaringan ini pun dimaksudkan untuk mendorong terciptanya integrasi Amerika Latin. Jaringan ini didukung dengan dana sebesar AS$10 juta yang disediakan oleh negara-negara yang bersama-sama memiliki jaringan tersbut: Venezuela (saham 51%), Argentina (20%), Kuba (19%), dan Uruguay (10%), dengan kemungkinan negara-negara lain bergabung pula kelak. Negara-negara ini, termasuk pula Brasil (yang sedang mengembangkan stasiun internasionalnya sendiri yang berbahasa Portugis, TV Brasil), akan bekerja sama dalam isi dan teknologinya.

Dewan penasihat TeleSUR terdiri atas banyak intelektual internasional dan regional, termasuk pemenang Penghargaan Nobel untuk Perdamaian, Adolfo Pérez Esquivel, penyair Ernesto Cardenal, penulis Eduardo Galeano, Tariq Ali dan Saul Landau, redaktur kepala Le Monde diplomatique dan sejarahwan Ignacio Ramonet, perintis perangkat lunak gratis Richard Stallman, dan aktor Danny Glover. Presiden TeleSUR sekarang ini adalah Andrés Izarra, yan gpernah untuk waktu singkat menjadi Menteri Komunikasi dalam pemerintah Venezuela. Izarra juga seorang jurnalis veteran dan pernah bekerja untuk CNN maupun RCTV, sebuah jaringan swasta Venezuela.

Stasiun ini berjanji untuk menjadi alternatif terhadap konglomerat media besar seperti CNN, dan mengambil slogan "Berita dari Selatan." Siarannya dapat ditonton sekurang-kurangnya di 15 negara melalui sekurang-kurangnya 53 pelayanan kabel, maupun lima stasiun gratis. TeleSUR memberikan pelayanan umum berita pengumuman gratis dan selingan musik dan bukan iklan. Saluran berita ini mempunyai 160 pegawai dan koresponden di Argentina, Brasil, Kolombia, Kuba, Haiti, Meksiko dan Amerika Serikat.

Program[sunting | sunting sumber]

Program berita utama saluran ini dinamai "Noticias del Sur" (bahasa Spanyol untuk "Berita dari Selatan") dan didanai oleh Kementerian Ekonomi Rakyat Venezuela.

Reaksi A.S.[sunting | sunting sumber]

Seminggu sebelum jaringan ini memulai siaran, Dewan Perwakilan Amerika Serikat mengumpulkan suara untuk Resolusi Dewan No. 2601. Amandemen A024 diusulkan oleh Connie Mack IV, seorang Republikan dari Distrik 14 Florida. Amandemen ini diajukan sebagai:

"Amandemen nomor 25 yang ditulis sebagai bagian dari Laporan Dewan 109-175 untuk memberikan wewenang kepada Dewan Direktur Penyiaran untuk memulai siaran radio dan televisi ke Venezuela untuk sekurang-kurangnya 30 menit sehari yang berisi program berita yang seimbang, objektif, dan menyeluruh."

Mack belakangan menyerang sebuah kesepakatan pada Februari 2006 antara jaringan al-Jazeera yang berbasis di Qatar dengan Telesur [1].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Telesur and al-Jazeera sign deal". BBC News. February 1, 2006.  Text "http://news.bbc.co.uk/2/hi/americas/4669268.stm" ignored (help);

Pranala luar[sunting | sunting sumber]